Yuk Ketahui Manfaat Urut Perut Mulai dari Kesehatan Fisik Sampai Kesehatan Psikologis Disini

0
373
urut perut
urut perut

I. Pendahuluan

A. Latar Belakang

Urut perut – Pada dasarnya sakit perut merupakan salah satu jenis penyakit yang cukup menganggu, mengapa? Sebab sakit perut ini meski kadang-kadang hanya dianggap penyakit biasa saja tetapi bisa menganggu aktivitas sehari-hari, entah itu kerja, atau aktivitas lain di luar ruangan. Bahkan saat beristirahat pun, jika kamu mengalami sakit perut pastinya waktu istirahat kamu akan terganggu dan nggak nyaman.

Ada beberapa faktor penyebab mengapa sakit perut ini bisa terjadi, termasuk kondisi medis, gaya hidup, atau konsumsi makanan tertentu. Salah satu penyebab umum adalah gangguan pada sistem pencernaan, seperti gastritis, maag, atau gangguan usus. Gastritis, misalnya, adalah peradangan pada dinding lambung yang dapat menyebabkan rasa sakit perut, sementara maag melibatkan luka pada lapisan lambung. Gangguan usus, seperti sindrom iritasi usus atau divertikulitis, juga dapat menyebabkan ketidaknyamanan perut.

Infeksi bakteri, virus, atau parasit yang menyerang saluran pencernaan dapat menjadi penyebab lainnya. Gejala sakit perut yang disebabkan oleh infeksi dapat melibatkan diare, muntah, dan demam. Beberapa kondisi kronis, seperti penyakit radang usus atau penyakit celiac, juga dapat menyebabkan rasa sakit perut yang berulang.

Stres dan kecemasan juga dapat berperan dalam timbulnya sakit perut. Sistem pencernaan dapat dipengaruhi oleh faktor psikologis, dan stres dapat memicu atau memperburuk masalah pencernaan, seperti sindrom iritasi usus. Selain itu, ketegangan otot di perut akibat stres dapat menyebabkan ketidaknyamanan.

Makanan dan minuman tertentu juga bisa menjadi pemicu sakit perut. Konsumsi makanan pedas, berlemak, atau berminyak, serta minuman berkafein atau beralkohol, dapat menyebabkan iritasi pada lambung dan usus, menghasilkan gejala seperti rasa terbakar, kembung, atau nyeri perut.

Penyakit pada organ lain, seperti batu empedu, radang kandung empedu, atau gangguan ginjal, dapat menciptakan rasa sakit yang terasa di perut. Selain itu, kondisi ginekologis pada wanita, seperti kista ovarium atau endometriosis, juga dapat menyebabkan ketidaknyamanan perut.

  • Pentingnya Peran Perut dalam Kesehatan Keseluruhan

Peran perut dalam kesehatan sangat penting karena perut bukan hanya organ pencernaan, tetapi juga memiliki hubungan yang erat dengan berbagai aspek kesehatan tubuh secara menyeluruh. Pertama-tama, perut merupakan bagian utama dari sistem pencernaan, tempat di mana makanan dipecah menjadi nutrisi yang dapat diserap oleh tubuh. Fungsi pencernaan yang baik sangat menentukan ketersediaan nutrisi esensial bagi sel-sel dan organ tubuh, sehingga mempunyai peran vital dalam pertumbuhan, pemeliharaan, dan fungsi seluruh organisme.

Selain itu, perut juga memiliki keterkaitan dengan sistem kekebalan tubuh. Sebagian besar sel-sel kekebalan tubuh terdapat di saluran pencernaan, dan keseimbangan flora bakteri yang sehat dalam usus dapat mendukung fungsi kekebalan tubuh. Ketidakseimbangan mikrobiota usus dapat berkontribusi pada berbagai penyakit, termasuk gangguan sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu, menjaga kesehatan perut dapat membantu mendukung sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi dan penyakit.

  • Perkenalan Terhadap Urut Perut sebagai Terapi Pijatan

Sakit perut kadang-kadang menjadi penyakit yang harus segera diatasi karena jika dibiarkan begitu saja dapat menganggu jalannya kehidupan, atau bahkan bisa jadi indikasi penyakit lainnya, sehingga harus dicari tau penyebabnya terlebih dahulu. Nah, pilihan paling mudah dalam mengatasi penyakit perut ini tanpa menggunakan bantuan medis adalah dengan pijat.

Sejak jaman dahulu, pijat dipakai sebagai alternatif untuk mereka yang ingin sembuh dari penyakut perut tanpa menggunakan obat-obatan. Pijat bukan hanya memberikan kesehatan fisik saja, tetapi relaksasi yang didapatkan dari pijat pastinya membuat pasien pijat ini merasa rileks dan santai sehingga kesehatan psikologis dari pasien pijat juga dapat meningkat.

Umumnya, pijat di bagian perut dilakukan dengan teknik urut, teknik urut ini dilakukan terapis dengan menekan pada bagian perut yang mana pertama-tama diolesi oleh minyak pijat terlebih dahulu supaya gerakan jemari dari terapis saat mengurut bisa membuat nyaman pasien pijat.

Teknik urut ini akan memberikan energi positif ke dalam tubuh pasien pijat, selain itu, urut yang dilakukan pada bagian perut ini dipercaya dapat meningkatkan peredaran darah dari pasien pijat dan juga melemaskan otot-otot yang tadinya tegang. Rasa rileks akan tercipta di tengah-tengah pijatan ini, makanya pijat dari dulu sampai sekarang masih banyak peminatnya.

urut perut
urut perut

II. Manfaat Urut Perut untuk Kesehatan 

A. Peningkatan Sirkulasi Darah di Daerah Perut

Peningkatan sirkulasi darah di daerah perut dapat memiliki banyak manfaat untuk kesehatan secara keseluruhan. Sirkulasi darah yang baik di perut adalah kunci untuk memastikan pasokan oksigen dan nutrisi yang memadai ke organ-organ dan jaringan di daerah tersebut. Berikut penjelasan lengkapnya.

  • Memfasilitasi Suplai Oksigen dan Nutrisi ke Jaringan

Jika sirkulasi darah di daerah perut lancar maka pasokan oksigen dan nutrisi ke dalam jaringan-jaringan akan terpenuhi dengan baik. Fasilitasi suplai oksigen dan nutrisi ke jaringan merupakan elemen kritis dalam menjaga kesehatan dan fungsi optimal seluruh tubuh. Peningkatan suplai oksigen dan nutrisi ke jaringan berperan penting dalam berbagai aspek kesehatan.

Baca Juga  Terbukti! Body Massage Juga Bisa Menurunkan Berat Badan

Oksigen adalah nutrisi esensial bagi sel-sel tubuh untuk melakukan respirasi seluler, sebuah proses di mana energi dibentuk. Sirkulasi darah yang efisien memastikan bahwa oksigen yang diangkut oleh sel darah merah dapat mencapai setiap sel tubuh. Ketika oksigen mencapai sel-sel dengan baik, metabolisme sel dapat berlangsung secara optimal, mendukung pertumbuhan, perbaikan sel, dan fungsi organ yang sehat.

Selain itu, nutrisi dari makanan yang kita konsumsi juga diangkut oleh darah ke seluruh tubuh. Sirkulasi darah yang baik memastikan bahwa nutrisi penting seperti vitamin, mineral, protein, dan lemak dapat disampaikan ke jaringan dan organ-organ tubuh yang memerlukannya. Ini mendukung fungsi organ secara keseluruhan, membantu menjaga kesehatan tulang, kulit, otot, dan organ-organ vital lainnya.

  • Meningkatkan Detoksifikasi Tubuh

Seperti yang diketahui, detoksifikasi adalah proses mengeluarkan zat-zat racun dari dalam tubuh. Nah, agar proses ini bisa lancar tanpa kendala, dengan adanya peningkatan sirkulasi darah yang baik dari pijat urut, maka proses detoksifikasi ini dapat memiliki hasil yang maksimal. Peningkatan detoksifikasi tubuh adalah proses penting yang dapat memberikan dampak positif pada kesehatan keseluruhan. Detoksifikasi merujuk pada upaya tubuh untuk mengeluarkan atau mengurangi toksin dan limbah yang terakumulasi dari lingkungan dan metabolisme. Meningkatkan detoksifikasi tubuh melibatkan berbagai sistem organ, termasuk hati, ginjal, saluran pencernaan, dan kulit. Peningkatan sirkulasi darah di daerah perut dapat mendukung beberapa aspek kunci dari proses detoksifikasi ini.

B. Meredakan Ketegangan Otot dan Nyeri

Pijat urut perut dipercaya dapat mengurangi ketegangan otot dan juga bisa meredakan nyeri, teknik-teknik yang dilakukan di bagian perut ini akan bermanfaat banyak hal, termasuk manfaat pengurangan ketegangan otot dan juga nyeri tersebut. Berikut penjelasan lengkapnya.

  • Pijatan untuk Merilekskan Otot Abdomen

Pijatan dapat menjadi cara yang efektif untuk merilekskan otot abdomen dan mengurangi ketegangan yang terkumpul di daerah tersebut. Pijatan pada area perut dapat memiliki beberapa manfaat, termasuk meningkatkan sirkulasi darah, mengurangi nyeri atau ketidaknyamanan, serta merangsang respons relaksasi dari sistem saraf.

  • Mengurangi Kram dan Ketidaknyamanan

Mengurangi kram dan ketidaknyamanan di daerah perut bisa menjadi tujuan yang penting untuk meningkatkan kenyamanan dan kualitas hidup. Beberapa metode yang dapat membantu mengurangi kram dan ketidaknyamanan di area perut menggunakan kombinasi pijatan, peregangan, dan teknik relaksasi.

III. Pijatan Perut untuk Mengatasi Masalah Pencernaan 

A. Merangsang Gerakan Usus

Pijatan perut ini paling banyak digunakan bagi pasien yang mengeluh sakit perut akibat sistem pencernaannya yang bermasalah. Pijatan perut ini dipercaya dapat mengurangi atau bahkan bisa menyembuhkan masalah pada pencernaan karena bisa merangsang gerakan usus sehingga usus bisa berfungsi normal kembali. 

  • Teknik Pijatan untuk Meredakan Konstipasi 

Pijatan dapat menjadi salah satu metode yang dapat membantu meredakan konstipasi dengan merangsang pergerakan usus dan meningkatkan sirkulasi darah di area perut. Berikut adalah beberapa teknik pijatan yang mungkin membantu meredakan konstipasi:

  • Gerakan Melingkar di Arah Jarum Jam:

Posisikan tangan Anda di sekitar pusar dan buat gerakan melingkar kecil dengan tekanan yang lembut. Lakukan gerakan ini searah jarum jam di sekitar perut Anda, menyusuri jalur usus besar. Lakukan selama beberapa menit dengan tekanan yang nyaman untuk merangsang pergerakan usus.

  • Pijatan Teknik Jari Pencet:

Gunakan ujung jari atau ibu jari untuk menekan titik-titik tertentu di sekitar perut dengan tekanan yang lembut. Mulailah dengan menekan area di bawah tulang rusuk di sisi kanan perut dan perlahan-lahan geser ke bawah. Ulangi proses ini di sepanjang jalur usus besar hingga mencapai area di sebelah kiri perut.

  • Teknik Lingkaran di Area Paha:

Lakukan pijatan lembut di area perut bagian bawah dengan membuat gerakan melingkar di sekitar panggul. Tekan dengan lembut sambil bergerak ke arah panggul untuk merangsang otot-otot perut dan usus kecil.

  • Peregangan dan Teknik Pijatan Kombinasi:

Gabungkan gerakan pijatan dengan peregangan lembut otot perut. Contohnya, usap perlahan tangan Anda ke atas dari panggul ke arah dada sambil memberikan pijatan melingkar.

  • Pijatan Perut dengan Minyak Aromaterapi:

Gunakan minyak aromaterapi yang dapat membantu merilekskan otot dan menenangkan sistem pencernaan. Campurkan beberapa tetes minyak esensial seperti peppermint, lavender, atau chamomile dengan minyak pembawa dan gunakan saat melakukan pijatan.

  • Mengatasi Kembung dan Gas dengan Pijatan Perut

Pijatan perut dapat membantu mengatasi kembung dan gas dengan merangsang pergerakan usus, meredakan ketegangan otot, dan membantu pelepasan gas yang terperangkap di dalam tubuh. Maka dari itu, pijatan perut ini digunakan sebagai salah satu alternatif pengobatan untuk penyakit kembung dan gas yang terperangkap dalam tubuh karena emang efektif dalam penyembuhannya.

B. Pijatan pada Titik Akupresur untuk Menyehatkan Sistem Pencernaan

Pijatan pada titik akupresur tertentu dapat merangsang energi vital atau “qi” dalam tubuh dan dipercaya dapat memberikan manfaat untuk menyehatkan sistem pencernaan. Teknik akupresur merupakan bagian dari tradisi pengobatan Tiongkok yang telah digunakan selama ribuan tahun.

  • Identifikasi dan Stimulasi Titik Akupresur yang Relevan

Titik akupresur yang dapat diidentifikasi dan distimulasi untuk kesehatan pencernaan, ada 3 bagian yakni:

Baca Juga  Kenko Reflexology - Pondok Indah Mall 1, Pijat Terbaik di Jakarta Selatan

Titik Perut Besar 4 (ST 36):

Lokasinya berada di empat jari di bawah lutut, di bagian luar tulang kering. Titik ini digunakan supaya bisa merangsang energi dalam sistem pencernaan, meningkatkan sirkulasi darah, meredakan ketegangan.

Titik Perut Besar 25 (ST 25):

Berada di dua jari di bawah pusar, di garis lurus ke bawah dari pusar. Dimana juga bisa merangsang energi pencernaan, membantu meredakan konstipasi.

Titik Intestin Besar 11 (LI 11):

Ada di pada bagian luar siku, di ujung lipatan ketika lengan ditekuk. Supaya bisa merangsang pergerakan usus, membantu mengurangi kembung.

  • Meningkatkan Kesehatan Organ Pencernaan melalui Pijatan

Meningkatkan kesehatan organ pencernaan melalui pijatan dapat membantu merangsang sirkulasi darah, merilekskan otot-otot, dan memfasilitasi fungsi sistem pencernaan. Berbagai macam manfaat akan dapat kamu terima ketika menggunakan pijat sebagai alternatif pilihan dalam menghadapi permasalahan perut, karena selain mendapatkan kesehatan fisik, kesehatan psikologis kamu juga akan meningkat dari stress yang hilang dan rasa rileks yang meningkat.

urut perut
urut perut

IV. Urut Perut sebagai Terapi Relaksasi dan Pengurang Stres

A. Pengaruh Pijatan pada Sistem Saraf dan Hormonal

Pijatan dapat memiliki dampak positif pada sistem saraf dan hormonal dalam tubuh seseorang. Pijatan dapat merangsang respons relaksasi dan mengurangi aktivitas saraf simpatis. Berbagai teknik pijatan, seperti pijatan aromaterapi, pijatan jaringan dalam, atau pijatan refleksi, dapat meredakan ketegangan otot, mengurangi stres, dan menstimulasi produksi hormon relaksasi, seperti endorfin dan oksitosin.

  • Meningkatkan Produksi Hormon Pemulihan dan Kesejahteraan

Pijatan juga dapat memengaruhi sistem hormonal dengan merangsang kelenjar endokrin. Sentuhan fisik pada kulit selama pijatan dapat merangsang pelepasan oksitosin, hormon yang terkait dengan rasa sosial dan relaksasi. Pijatan yang memberikan tekanan lembut dan memanfaatkan teknik-teknik pernapasan dapat mengurangi kadar hormon stres, seperti kortisol, dalam tubuh. Selain itu, pijatan dapat merangsang produksi serotonin, hormon yang berperan dalam regulasi suasana hati dan tidur. Dalam jangka panjang, pengaruh positif pijatan pada sistem hormonal dapat membantu menurunkan tingkat stres kronis, yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk gangguan tidur, gangguan pencernaan, dan penurunan sistem kekebalan tubuh. Pijatan yang teratur juga dapat berkontribusi pada peningkatan kesejahteraan mental dan emosional.

  • Pengurangan Hormon Stres Melalui Teknik Pijatan yang Tepat

Pijatan dapat memberikan kontribusi penting dalam pengurangan hormon stres, terutama melalui penggunaan teknik pijatan yang tepat. Teknik pijatan yang lembut, terfokus, dan teratur dapat merangsang respons relaksasi dalam tubuh, yang pada gilirannya membantu mengurangi produksi hormon stres, seperti kortisol dan adrenalina.

Salah satu teknik pijatan yang efektif dalam mengurangi hormon stres adalah pijatan aromaterapi. Penggunaan minyak esensial yang menenangkan, seperti lavender atau chamomile, dapat meningkatkan efek relaksasi. Baunya yang menyenangkan dapat merangsang sistem limbik dalam otak, menghasilkan perasaan nyaman dan menurunkan tingkat stres.

Pijatan dengan tekanan lembut pada titik-titik tertentu juga dapat merangsang saraf parasimpatik, yang bertanggung jawab untuk respons relaksasi tubuh. Teknik pijatan jaringan dalam dengan gerakan melingkar dan tekanan perlahan di area tertentu dapat membantu meredakan ketegangan otot dan mengurangi aktivitas saraf simpatis yang terkait dengan respons stres.

V. Kesimpulan 

A. Merangkum Manfaat Urut Perut untuk Kesehatan dan Kesejahteraan

Urut perut, juga dikenal sebagai pijatan perut atau abdominal massage, memiliki sejumlah manfaat yang baik untuk kesehatan seseorang, diantaranya sebagai berikut.

  • Meningkatkan Sirkulasi Darah. Urut perut dapat merangsang sirkulasi darah di area perut, membantu mengoptimalkan suplai oksigen dan nutrisi ke organ-organ pencernaan, otot-otot, dan jaringan di sekitar perut.
  • Merilekskan Otot-otot Abdomen. Teknik pijatan yang tepat dapat membantu meredakan ketegangan otot-otot abdomen, mengurangi kekakuan, dan meningkatkan fleksibilitas otot.
  • Mengurangi Kram dan Ketidaknyamanan. Pijatan perut dapat membantu mengurangi kram dan ketidaknyamanan yang terkait dengan berbagai kondisi, seperti masalah pencernaan, menstruasi, atau ketegangan otot.
  • Peningkatan Fungsi Pencernaan. Pijatan dapat merangsang peristaltik usus, membantu memperlancar gerakan makanan melalui saluran pencernaan, dan mendukung fungsi pencernaan yang sehat.
  • Mengurangi Kembung dan Gas. Melalui stimulasi pergerakan usus, urut perut dapat membantu mengurangi kembung dan gas yang terperangkap dalam saluran pencernaan.
  • Mengurangi Stres dan Kecemasan. Merangsang sistem saraf parasimpatik, yang bertanggung jawab untuk respons relaksasi, sehingga membantu mengurangi tingkat stres dan kecemasan.
  • Peningkatan Kesadaran Tubuh. Melalui sentuhan yang penuh perhatian, urut perut dapat membantu meningkatkan kesadaran tubuh, memungkinkan seseorang untuk terhubung dengan sensasi fisiknya.

B. Mendorong Kesadaran akan Terapi Urut Perut

Mendorong kesadaran akan terapi urut perut dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang manfaat kesehatan yang dapat diperoleh melalui praktik ini. Hal ini dapat kamu jumpai dengan mudah dan praktis karena sudah ada Halo Massage, layanan dari Halo Jasa yang memungkinkan kamu untuk mendapatkan pijat dimanapun dan kapanpun.

Melalui aplikasi yang dihadirkan dan bisa diunduh secara gratis di smartphone kamu, kamu dapat memesan layanan pijat yang disediakan dan bisa dipesan sesuai kebutuhan kamu. Adapun layanan pijat ini nggak hanya disediakan dengan mudah saja, tetapi juga dibarengi dengan kualitas dari terapisnya. Dibekali pengalaman dan sertifikasi yang tinggi sehingga akan memberikan kualitas pijat yang tinggi.

Jadi untuk apa kamu menunggu lama-lama, segera pesan layanan tersebut melalui aplikasi Halo Jasa, dan rasakan apa yang seharusnya bisa dirasakan.