Tips Cara Membuat Opening Video Yang Mengesankan

0
21441
Halojasa cara membuat opening video

Bagaimana cara membuat opening video yang mengesankan? tips cara membuat opening video yang mengesankan akan mampu memberi kesan mendalam saat pertama kali menyaksikan film atau video yang akan kita tonton. Opening film biasanya ditujukan agar dapat menghasilkan firt impression dan menjadi hal yang identik serta mudah diingat oleh penonton. Ketika suatu film yang disajikan tak mampu membuat orang terkesan saat pertama kali diputar, bisa jadi membuat penonton malas untuk melihat kelanjutan film. Sama seperti judul film, openin yang mengesankan menjadi poin plus. Bukan hanya itu, penontonpun jadi lebih betah menyaksikan film sampai akhir.

Sebaliknya, opening yang kurang menarik justru membuat penontong tidak semangat untuk menyaksikan. Untuk itu, Anda yang ingin membuat sebuah film documenter atau video untuk kebutuhan bisnis, hiburan ataupun pekerjaan, maka opening yang berkesan menjadi kunci utama. Dan berikut ini cara mengoptimalkan penampilan opening film supaya lebih berkesan dan menarik untuk ditonton.

  1. Gunakan program khusus untuk membuat opening film

Untuk membuat video atau film, tentunya Anda membutuhkan software pendukung agar video yang dihasilkan sesuai dengan keinginan. Begitu juga dengan opening film, software khusus akan membantu Anda mendukung desain opening film. Anda bisa mencari software aplikasi seperti After Effect CC atau aplikasi lain yang sejenis. Cari informasi software mana yang bisa membantu mendukung kerja Anda saat membuat video. Anda juga bisa membeli beberapa software khusus dengan fitur lengkap. Jika baru belajar, cobalah download beberapa tutorial cara membuat video animasi menarik. Sementara itu untuk dapat menggunakan software aplikasi editing video juga tidak sulit. Yang terpenting perbanyak refrensi dan latihan cara mengedit opening video. Jika ingin, coba situs online penyedia editing vide lengkap dengan template nya.

  1. Tanpilkan adegan klimak yang menegangkan

Saat membuat film atau video, hal paling dinanti oleh penonton adalah adegan klimaknya. Beberapa video ternama mampu membuat orang penasaran dengan kelanjutan kisahnya. Meskipun hanya berupa opening, kesan menegangnya nyatanya mampu membuat banyak orang penasaran dan ingin melihat kelanjutan video tersebut. Jika video yang akan Anda buat berupa video animasi tentu openingnya berkisah harus menyuguhkan karakter animasi dengan efek-efek menarik. Misalnya, coba gunakan opening scene dengan menambahi credit di awal video. Anda bisa juga menambah teknik freeze-cam supaya penonton dapat terbius dengan film sederhana Anda.

  1. Menampilkan korelasi pada setiap karakter

Membuat video dengan seri lebih banyak atau berkelanjutan tentu membutuhkan penampilan karakter yang saling berkolerasi. Langkah ini bisa membantu meningkatkan keinginan penonton untuk melihat video Anda. Langkah ini juga membantu penonton mengingat kembali jalan cerita dari video yang sebelumnya Anda buat. Ada banyak contoh video animasi anak yang menampilkan karakter sama. Coba buat banyak flash scene agar membantu mengkolerasikan video Anda, atau bisa menyelipkan credit title di opening film. Cara mudah lain yang dapat membantu mengkolerasikan karakter animasi adalah dengan jalan cerita flashback.

  1. Tak perlu menghilangkan identitas bawaan

Usahkan untuk tidak menghilangkan identitas bawaan video atau film yang anda buat. Langkah ini berlaku untuk video film yang memiliki seri dan memiliki versi sebelumnya. Anda dapat menyaksikan video yang memiliki banyak sekuel yang berkelanjutan sehingga membuat penonton jadi lebih penasaran dengan jalan ceritanya. Tambahkan beberapa adegan menarik di opening dan masing-masing opening dalam video dibuat berbeda dari video pertama, atau seterusnya.

  1. Buatlah opening yang tak terlalu sulit

Cara membuat opening video film yang berikutnya ini adalah mudah dipahami oleh penonton. Jangan sampai penonton dibuat kesulitan dalam memahami isi cerita pada video yang telah Anda buat. Apabila video Anda berupa video yang menggambarkan adegan dramatis maka bisa menyelikan beberapa scene adegan dalam opening video. Tambahkan juga kalimat atau obrolan yang dikenams dengan gaya lebih santai dan mudah dipahami semua orang. Jangan sampai nanti di awal pembuka film, penonton merasa kebingungan dengan jalan ceritanya.

  1. Gunakan musik pendukung yang menarik

Musik bisa membuat video film semakin lebih dramatis dan menarik. Kadang kala efek dari suara musik bisa membuat penonton ikut terbawa suasana. Penonton juga akan menikmati video setelah melakukan proses penambahan efek musik atau suara. Coba tambahkan beberapa musik atau efek suara yang mampu mendukung video dengan suara jernis dan bebas noise. Lakukan proses cut to cut editing agar hasilnya terlihat lebih rapi. Bagaimanapun juga, musik menjadi kompone pelengkap utama dan akan membuat opening video film jadi lebih menarik ditonton. Hal lain yang bisa meningkatkan nilai dari video atau film Anda adalah rangkaian cerita, alur yang menarik serta efek suara sehingga membantu penonton menghasilkan emosi dan pengalaman.

  1. Tambahkan kreativitas saat membuat video animasi

Satu yang tak boleh dilupakan saat membuat opening video adalah menambahkan daya imajinasi dan kreativitas Anda. Misalnya saat membuat video animasi, Anda diharuskan menciptakan imajinasi dan kreativitas supaya video terlihat bernilai dan berkesan. Jangan ragu tambahkan beberapa adegan dramatis serta efek-efek.

Demikian beberapa langkah mudah menghasilkan opening video film yang berkesan dan membekas di benak penonton. Pastikan semua langkah diatas bisa Anda terapkan ketika akan membuat sebuah video animasi yang menarik dan berkesan. Apabila Anda membutuhkan bantuan dari ahlinya, tak usah ragu untuk mengubungi jasa video animasi.

Baca juga: Trik Membuat Video Animasi Jadi Lebih Menarik Dengan Videoscribe

Facebook Comments
love
Senang
44%
haha
Terinspirasi
28%
wow
Netral
12%
sad
Sedih
8%
angry
Marah
8%