Tahun Baru Butuh AC Baru? Perhatikan 5 Poin Berikut ini

0
108
Service AC Panggilan

Service AC Panggilan – Halo sobat berjasa! Gimana liburan tahun baru nya? Apakah berkesan? Memasuki tahun 2021, ada baik nya kita mulai berbenah dan memberi suasana baru pada rumah ya. Terlebih kita masih berada pada masa pandemi, sehingga memiliki hunian yang nyaman masih menjadi prioritas banyak orang. Sebelumnya, kita sudah membahas apa saja yang harus dilakukan sebelum membeli AC disini. Sekarang, yuk kita pahami, apa yang harus dilakukan sebelum memasang AC dirumah.

Sebelum memasang AC, beberapa aspek yang perlu kita pertimbangkan adalah aspek internal yang berasal dari rumah kita sendiri. Selain menentukan merk, fitur, dan keunggulan lain nya dari AC, kita juga harus mengetahui seberapa kuat rumah kita menampung AC dan jenis seperti apa yang cocok untuk digunakan di rumah. Selain itu, kita juga harus memperhatikan layanan maintenance dari jasa service AC tersebut, mulai dari tukang service AC, jasa bongkar pasang AC, hingga AC panggilan yang bisa di hubungi di kondisi darurat.

Nah, apa saja sih aspek yang harus diperhatikan sebelum memasang AC? Yuk simak di bawah ini.

Service AC Panggilan 2

 

Gunakan AC Split

AC split adalah unit yang paling sering digunakan di rumah. Sesuai nama nya, AC ini memisahkan antara unit indoor dan unit outdoor nya. Sehingga secara estetika tak terlalu berantakan dan tidak memakan banyak tempat.

Dalam sejarah nya, AC sebenar nya memiliki banyak jenis, mulai dari Split, Cassette, Standing AC, hingga AC central. Cassette & Central merupakan AC yang umum digunakan di gedung dan instalasi nya menyatu dengan atap. Sementara AC standing adalah AC yang sifat nya sementara, karena bisa di pindah sesuai kebutuhan. AC split lah yang paling cocok untuk kamu gunakan di rumah.

Cek Daya Listrik Rumah

Setiap jenis AC split memiliki tingkatan nya masing-masing. Mulai dari ½ PK, 1 PK, 1 ½ PK, hingga 2 PK. Masing-masing PK ini mengindikasikan luas ruangan yang mampu dicakup oleh AC. Selain itu, semakin besar PK maka akan semakin besar pula tarikan listrik yang digunakan oleh AC tersebut. Oleh karena itu, wajib hukum nya bagi kamu terlebih dahulu mengetahui konsumsi daya listrik di rumah.

AC merupakan salah satu elektronik yang memakan listrik cukup banyak dalam waktu yang cukup lama. bersamaan dengan penggunaan AC, beberapa alat elektronik berat juga menggunakan listrik dalam daya yang besar, seperti kulkas dan juga mesin cuci. Pastikan pasokan listrik mencukupi, agar semua alat elektronik berdaya besar tetap dapat berfungsi normal.

Jasa Service AC Terdekat

 

Periksa Kondisi Ventilasi

Tak semua rumah memiliki lokasi dan jumlah ventilasi yang sama. Beberapa ventilasi umum nya hanya berupa jendela yang bisa di buka dan tutup sesuai kebutuhan. Namun pada beberapa rumah, mereka memiliki ventilasi udara yang berada di atas jendela dan umum nya tak bisa di tutup. Sehingga udara akan selalu keluar masuk.

Ketika kamu membeli AC, pastikan ventilasi tersebut sudah tertutup, kamu bisa gunakan berbagai hal, mulai dari mika, plastik berbahan tebal, atau menutup keseluruhan dengan semen. Namun karena AC akan secara permanen berada di ruangan, maka kamu pun harus menutup ventilasi itu secara layak. Agar tak ada udara yang keluar dan pendinginan ruangan bisa maksimal.

Perhatikan Letak Pemasangan

AC split pada umum nya selalu berada di bagian atas tembok. Ini bertujuan agar udara yang dihasilkan bisa berputar ke seluruh ruangan. Namun yang perlu kamu tahu, kamu tak boleh memasang nya terlalu mepet dengan plafon. Sebab, unit AC indoor akan bekerja dan menjadi panas. Ketika dipasang terlalu mepet dengan plafon, maka sirkulasi udara panas dari mesin AC tak bisa berputar dengan baik.

Sirkulasi udara yang tak benar akan membuat udara panas kembali masuk ke AC, menyebabkan kerusakan unit karena overheat alias kepanasan. Selain itu, plafon juga lama kelamaan akan keropos karena terus menerus terpapar hawa panas.

Setelah memastikan rumah dalam kondisi yang siap, maka selanjut nya adalah menentukan AC seperti apa yang kamu inginkan. Sobat berjasa bisa baca panduan membeli AC disini. Setelah nanti nya AC sudah di beli, sobat berjasa juga jangan lupa untuk selalu melakukan perawatan unit ya. Kalian bisa pakai jasa service AC terdekat dari halo fix untuk urusan cuci AC, hingga bongkar pasang AC ke lokasi lain. Cuci AC setiap 4-6 bulan sekali ya sobat berjasa!

Facebook Comments
love
Senang
0%
haha
Terinspirasi
100%
wow
Netral
0%
sad
Sedih
0%
angry
Marah
0%