Tips dan Trik Membuat Dispenser Awet Lebih Lama

0
2290
HaloJasa Tips dan trik membuat dispenser awet lebih lama

Tips dan trik membuat dispenser awet lebih lama. Dispenser merupakan peralatan rumah tangga yang penting peranannya dalam memenuhi kebutuhan air minum keluarga. Dispenser juga berguna untuk mempertahankan kualitas air minum agar terbebas dari bahaya kontaminasi bakteri polusi udara. Itu sebabnya agar bisa mendapatkan kualitas air minum keluarga yang sehat maka perlu menjaga kualitas dari peralatan ini. Kuncinya adalah rutin membersihkan dispense dan dengan cara yang tepat.

Cara benar merawat dispenser air minum

Dispenser merupakan tempat atau wadah penampung dimana Anda bisa menikmati air minum. Untuk membersihkannya, lebih baik dilakukan 6 minggu sekali. Waktu tepat untuk membersihkannya adalah ketika air dalam botol telah kosong sehingga tidak ada air minum yang terbuang dan mudah dalam mengangkat galon beserta dispensernya. Agar lebih aman, Anda juga bisa membaca petunjuk perawatan dari buku panduan yang sudah ada.

Merawat dispenser harus dilakukan secara teratus dan berkala. Dimulai dengan membasuh bagian dalam dispenser dengan air bersih serta mengelap bagian luarnya minimal seminggu sekali. Ganti air dalam botol berguna meminimalisir kontaminasi. Anda dapat memakai tisu basah yang aman untuk mengelap bagian luar dispenser dan botol. Menyeka bagian luar botol dapat mencegah kontaminasi bakteri yang dapat masuk ke dalam air minum sekaligus mencegah potensi masuknya debu atau kotoran saat botol lama berada di gudang toko.

Siapkan perlengkapan pembersih dispenser

Sebelum mulai melakukan pembersihan mendalam terhadap dispenser Anda, pertama siapkan terlebih dahulu peralatan pembersih. Ada baiknya menyiapkan dispenser baik dalam bentuk guci atau elektronik. Jika dispenser yang Anda pakai merupakan elektronik, pastikan semua kabel sudah tercabut dengan memutuskan kontak kabel ke colokan listrik. Karena dispenser listrik bisa rusak maka perlu berhati-hati ketika mengambilnya.

Bahan yang dapat Anda persiapkan berupa 1 sdt karbon dengan bau yang tidak terlalu tajam. Siapkan wadah atau ember, 5 liter air bersih, kain berserat halus atau microfiber yang bersih, dan sepasang sarung tangan karet untuk melindungin kulit tangan dari karbol yang nanti dipakai untuk membersihkan dispenser. Pilih juga tempat yang memiliki sirkulasi udara baik supaya proses pembersihan bisa lebih nyaman.

Tips membersihkan dispenser elektronik

  • Kuras semua air dalam dispenser

Poin penting sebelum mulai membersihkan dispenser adalah dengan memutuskan aliran listri dari dispenser serta pindahkan sesegera mungkin botol air minumnya. Berikutnya kuras air minum jika masih tersisa di dalam dispenser melalui keran atau jika airnya sangat sedikit bisa buang airnya melalui lubang besar dispenser. Lepaskan alas penampung keluarnya air yang berada di baah keran. Lepaskan juga penyaring air yang terletak didalam dispenser.

  • Siapkan ember dan racik karbol

Siapkan ember dan mulailah meracik campuran karbol dengan dosis karbol yang tepat. Gunakan komposisi satu sendok tek untuk setiap 5 liter air bersih dan jangan berlebihan. Setelah air dan karbol tercampur, saatnya lap bagian tabung dispenser dengan kain microfiber yang lembut. Sebelumnya basahi lap tersebut dengan larutan karbol. Rendamlah penambung asal dispenser serta saringan ke dalam larutan karbol selama 5 menit saja. Apabila keran dispenser bisa dilepas, Anda dapat rendam keran ini ke dalam larutan karbol selama 5 menit juga.

  • Membersihkan dispenser dengan jeruk nipis

Jika anda terlalu ragu dan kurang yakin membersihan dispenser dengan karbol maka bisa memakai bahan alami sebagai pengganti karbol. Salah satu bahan alami tersebut ialah jeruk nipis. Jeruk nipis dapat anda gunakan untuk membersihkan tabung atau bagian dalam dispenser. Bahan alami yang terkandung dalam jeruk nipis bisa mengangkat kotoran dan bakteri didalam tabung karena kadar ph nya sangat tinggi. Jeruk nipis juga mengandung bahan alami lain berupa enzyme yang sangat baik ketika dicampur dengan air hangat. Perasan air jeruk nipis yang sudah dicampur air hangat ini bisa dipakai untuk memersihkan tabung, alas dispenser hingga bagian lain dengan spon bersih caranya dengan

  • Bilas hingga bersih komponen dispenser

Saatnya bilas tabung dispenser, alas beserta penyaringnya dengan air bersih sebanyak 3 kali. Membasuh tabung dispenser akan membantu menghilangkan sisa karbol yang masih tertinggal dan agar bau karbol didalam dispenser benar-benar lenyap. Jika belum ulangi membilas bilasan air agar bau karbol hilang. Terakhir, lap semua komponen dispenser menggunakan kain lembut lalu pasanglah kembali kompinen-komponen tersebut. Siapkan botol beserta air mineral yang baru dan sudah dibersihkan bagian luarnya.

Demikian langkah beserta tips trik dalam mempertahankan usia dispenser agar awet dan tahan lama dengan cara membersihkan secara berkala. Seperti yang sudah disebutnya, pada saat membersihkan dispenser usahakan tidak menggunakan karbol berbau tajam serta merajik dalam dosis berlebihan. Sebagai penyempurna, bilas hingga bersih komponen dispenser agar bau karbol benar-benar lenyap.

Kunci agar dispenser tetap awet dan tahan lama lainnya adalah dengan rajin mengecek kondisi perangkat ini. Jika ada kabel yang rusak maka segera lakukan perbaikan. Lihat juga apakah keran dan komponen lain dispenser masih bekerja dengan baik. Sebagai salah satu perangkat elektronik, kadang kala dispenser tak bisa berjalan normal karena masa pakai atau masalah pada komponen. Untuk itu ahli service dispenser adalah tujuan tepat untuk Anda bisa membuat dispenser kesayangan kembali bisa digunakan. Semoga pembahasa tentang tips dan trik membuat dispenser dirumah Anda menjadi lebih awet dan tahan lama meski sering digunakan selama bertahun-tahun.

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli Dispenser

Facebook Comments
love
Senang
0%
haha
Terinspirasi
0%
wow
Netral
0%
sad
Sedih
0%
angry
Marah
0%