Siap Kerja Optimal lagi Dengan 3 Rekomendasi Pijat ini

0
159
Kerokan

Libur panjang akhir tahun selesai, kini kita memasuki tahun baru 2021. Buat kamu yang akan kembali beraktifitas dan bekerja di kantor, yuk mulai lebih memperhatikan kesehatan tubuh kamu ya. Pasalnya, duduk terlalu lama di kursi dan menatap layar monitor adalah sebuah kebiasaan buruk yang lama kelamaan bisa merusak tubuh mu. Nah, sobat berjasa tahu ngga sih kalau ada beberapa jenis pijat yang bisa sobat berjasa lakukan kalau pekerjaan nya banyak duduk di depan komputer. Salah satu pijat yang paling populer adalah kerokan, untuk menghilangkan masuk angin.

Sebelum masuk ke pembahasan lebih lanjut, ada baiknya kamu mengetahui dulu nih resiko penyakit yang mengintai tubuh mu. Apalagi jika kamu jarang melakukan peregangan tubuh karena terlalu asyik di depan komputer.

Kerokan

Bahaya Bekerja di Depan Komputer Seharian Tanpa Peregangan Tubuh

1.    Rawan Mengalami Postur Tubuh tak Ideal

Bagaimana posisi duduk kamu ketika sedang bekerja? Kebanyakan orang umum nya akan sedikit membungkuk saat bekerja. Terlebih bagi mereka yang menggunakan laptop, posisi layar yang agak rendah membuat kepala juga akan sedikit membungkuk. Lama kelamaan postur tubuh seperti ini tak bagus bagi tulang. Selain itu, beberapa karyawan bekerja sembari melipat kaki nya di kursi, membuat kaki seringkali terasa pegal.

Masih ada berbagai kebiasaan lain yang seringkali dilakukan oleh pekerja kantoran saat bekerja di depan komputer. Seperti memiringkan tubuh, agak berselonjor, hingga menggunakan meja atau kursi yang terlalu tinggi/rendah. Semua kebiasaan ini lama kelamaan akan membuat postur tubuh dan tulang punggung menjadi tidak sehat. Hingga berpotensi membuat postur tubuh menjadi tak ideal di masa tua nanti.

2.    Mudah Stres

Ketika kita di hadapkan dengan sejumlah pekerjaan yang banyak dan tak kunjung selesai. Maka lama kelamaan otak kita pun bisa stres. Membuat kinerja menurun dan sulit fokus. Sebagai seorang pegawai kantoran, umum apabila kita merasa stres karena pekerjaan. Namun jika sudah berlarut-larut, maka stres ini juga akan berpegaruh pada fisik. Seperti mudah pegal dan badan terasa kaku.

Menarik nya, perusahaan modern zaman sekarang sudah lebih terbuka pada rasa stres karyawan nya. Sehingga mereka cenderung lebih memperhatikan rasa stres karyawan nya. Dengan memberikan sejumlah spot-spot bagi karyawan untuk rileks sejenak. Baik itu tempat istirahat, hingga tempat bermain sejenak.

Lantas, apa yang bisa kita lakukan untuk mencegah dua hal tersebut terjadi? Tentu kita bisa mulai dengan mengatur postur tubuh saat bekerja. Mulai dari duduk dengan teratur dan secara rutin melakukan peregangan tubuh setelah bekerja 1-2 jam. Nah selain faktor internal dari kamu sendiri, kamu juga mendukung kinerja kamu dengan rutin melakukan pijat. Yup, beberapa metode pijat dibawah ini bisa kamu terapkan nih untuk membuat tubuh menjadi lebih segar dan siap bekerja lagi.

3 Jenis Pijat yang Cocok untuk Pegawai Kantoran

1.    Full Body Massage

Jika kamu jarang bergerak dan lebih sering duduk ketika bekerja, peregangan tubuh dan otot seringkali jarang dilakukan. Full Body Massage, sesuai namanya, berfokus pada pemijatan seluruh area tubuh, termasuk sendi, sehingga tubuh terasa lebih ringan dan dan kaku lagi. Pijat ini bisa membantu kamu meredakan kecemasan emosional karena pijatan ini bisa mempengaruhi hormon kortisol bekerja lebih optimal. Selain itu, jika kamu memiliki permasalahn dengan pola tidur, pijat ini bisa membantu memperbaiki pola tidur kamu.

2.    Reflexology Massage

Sesuai dengan nama nya, pijat ini berfokus pada bagian refleks tubuh. Mulai dari kaki dan pergelangan nya, serta tangan dan pergelangan. Kamu juga bisa berfokus pada beberapa bagian yang dirasa membutuhkan perhatian khusus. Seperti punggung dan bagian pinggul. Dengan melakukan reflexology massage ini, tubuh akan terasa lebih ringan. Pergelangan tangan dan kaki juga akan terasa lebih ‘enteng’. Tak hanya itu, bagian pinggul dan punggung mu juga akan lebih nyaman, apalagi setelah bekerja seharian dan banyak di dominasi dengan duduk.

3.    Kerokan

Kerokan merupakan salah satu pengobatan tradisional yang sudah ada sejak lama. Pengobatan tradisional yang satu ini cocok sekali untuk kamu yang sering merasa masuk angin karena terkena hembusan angin AC. Kerokan dipercaya bisa membuat aliran darah mu lebih lancar. Aliran darah yang lancar akan meredakan rasa pusing di kepala. Meski begitu, selain memanfaatkan kerokan badan, kamu juga harus rutin melakukan peregangan tubuh ya, karena sangat berbahaya jika tubuh terkena hembusan angin AC terus menerus.

Refleksi Massage Terdekat

Namun kamu tak bisa melakukan kerokan ini terlalu sering ya. Karena memiliki efek samping bagi permukaan kulit, seperti terjadi infeksi karena jaringan kulit yang rusak karena terlalu sering di kerok. Selain itu kerokan tidak aman untuk anak kecil karena lapisan kulit mereka yang masih tipis. Kamu bisa baca manfaat dan bahaya kerokan lebih lanjut disini.

Nah, ketiga aktivitas pijat di atas bisa kamu terapkan di sela-sela padat nya pekerjaan kamu di awal tahun ini nih. Kamu bisa pesan segala jenis pijat di atas bahkan kerokan melalui refleksi massage terdekat di halo massage ya. Intensitas pijat nya pun bisa kamu sesuaikan dengan padat nya pekerjaan kamu. apabila pekerjaan kamu padat dan jarang beraktivitas di luar ruang, maka kamu bisa pijat setiap 2 minggu sekali. Jangan biarkan nyeri otot membuat tubuh dan kinerja kamu menurun ya sobat berjasa!

Facebook Comments
love
Senang
0%
haha
Terinspirasi
100%
wow
Netral
0%
sad
Sedih
0%
angry
Marah
0%