Mengenal OTP pada aplikasi dan mengapa itu penting

0
59
Mengenal OTP dan mengapa itu penting-02

Saat ini, transaksi digital mulai marak dilakukan. Berbekal ponsel Anda, berbelanja hingga membayar bermacam tagihan bisa dilakukan dari mana pun. Di balik kemudahan bertransaksi tersebut, pasti Anda akan familiar dengan namanya OTP (One Time Password).

OTP ini merupakan kata sandi sekali pakai yang digunakan saat bertransaksi secara daring maupun untuk login akun digital. Kode ini berisikan kombinasi angka yang bersifat unik dan rahasia. Kode ini dikirim melalui SMS oleh pihak bank, aplikasi, atau operator dengan masa berlaku kode tersebut selama beberapa menit. Salah satu keunggulan dengan hadirnya OTP adalah mampu menggantikan password yang terkadang kita lupa saat login ke dalam akun.

Kegunaan kode OTP ini ditujukkan untuk keamanan akun Anda, dan kode OTP ini mempunyai banyak manfaat diantaranya.

  1. Memudahkan proses dan penyetujuan transaksi internet banking.
  2. Mengubah password akun digital Anda.
  3. Bermanfaat untuk mengganti akun bank pada website e-commerce.

Untuk itulah mengapa Halo Jasa menggunakan OTP ini setiap kali Anda login ke dalam akun Anda. Namun bukan berarti OTP ini benar-benar 100% aman, Anda DILARANG memberi tahu kode OTP yang Anda terima kepada siapapun TERMASUK kepada karyawan Halo Jasa itu sendiri.

Ini dilakukan demi mencegah orang-orang yang tidak berkepentingan menggunakan akun Anda untuk berbuat kriminal seperti penyalahgunaan kartu kredit untuk transaksi besar, pencurian dana di rekening korban, hingga pemerasan. Di mana hal ini sudah tidak termasuk tanggung jawab dari Halo Jasa atas keteledoran Anda memberi tahu OTP kepada yang tidak berwenang.

love
Senang
0%
haha
Terinspirasi
0%
wow
Netral
0%
sad
Sedih
0%
angry
Marah
0%