Tips Merawat Sofa Kulit Mewah dan Mahal

0
1633
Halojasa Tips Merawat Sofa Kulit

Memilih sofa kulit yang besar dan mewah memang bisa membuat ruang tamu berukuran besar menjadi lebih indah. Karena sangat sulit membersihkan maka Anda bisa mengikuti tips merawat sofa kulit mewah dan mahal. Sofa kulit berbeda dengan jenis sofa lain yang lebih lembut dan mudah dibersihkan. Bercak pada sofa kulit sering sulit untuk dihilangkan. Kemudian bekas goresan saat membersihkan sofa kulit juga sering terjadi.

Karena Anda mungkin juga merasa khawatir tidak bisa membersihkan sofa kulit, maka ikuti saja beberapa tips dibawah ini.

  1. Mengikuti semua tips dari toko

Biasanya sofa yang dijual dengan harga mahal juga memiliki kualitas bahan yang lebih bagus. Karena itu biasanya toko juga akan memberikan instruksi atau cara untuk membersihkan sofa saat kotor. Buku panduan juga bisa diberikan oleh toko. Sebelum Anda mencoba berbagai cara maka lebih baik untuk mengikuti semua petunjuk dari toko  tersebut. Ikuti setiap langkah sehingga sofa Anda tidak rusak. Jangan sekali-kali membersihkan sofa berbahan kulit dengan metode atau cara Anda sendiri.

  1. Menggunakan vakum yang lembut

Berbeda dengan jenis sofa biasa maka sofa kulit sangat sensitif dengan mesin vakum. Panas dari mesin vakum bisa merusak kualitas kulit. Karena itu lebih baik untuk mencoba vakum dengan tingkat panas yang rendah. Vakum juga bisa digunakan dalam kondisi terpaksa saja saat kotoran masuk ke celah sofa yang sulit diambil. Jangan menggunakan sabun atau bahan kimia pada vakum karena bisa merusak kulit sofa.

  1. Hindari material keras

Saat membersihkan sofa maka Anda sebaiknya juga menghindari semua alat yang keras. Jangan menggunakan sikat atau benda keras lain yang bisa merusak atau menggores kulit sofa. Gunakan kain atau handuk yang lembut karena itu tidak menyebabkan bekas pada sofa. Saat membersihkan juga tidak boleh menggunakan tekanan yang berlebihan. Jadi usap lembut selama berulang kali sehingga sofa Anda menjadi lebih bersih.

  1. Hindari dari sinar matahari langsung

Sofa kulit yang mahal memiliki tekstur yang sangat lembut. Karena itu biasanya kulit juga sangat sensitif dengan panas matahari. Jadi letakkan sofa pada bagian ruangan yang terlindungi dari sinar matahari. Kemudian pastikan Anda juga meletakkan alas atau kain untuk melindungi sofa. Selain sebagai hiasan maka kain yang lembut sangat baik agar warna kulit sofa tidak mudah pudar.

  1. Segera bersihkan noda cair

Lalu bagaimana jika secara tidak sengaja Anda atau keluarga menumpahkan cairan atau minuman ke kursi. Karena sofa berbahan kulit sangat sensitif dan tidak bisa menghisap cairan maka lebih baik untuk segera mengelapnya. Gunakan handuk yang sangat lembut untuk menghisap cairan. Handuk harus digunakan untuk menyerap cairan bukan meratakan cairan. Kemudian ulangi lagi dengan kain yang sudah dibasahi dengan air biasa. Dan terakhir bersihkan lagi dengan kain yang bersih dan kering. Dengan cara ini maka bisa menghindari noda membandel.

  1. Membersihkan noda berwarna

Semua jenis sofa berbahan kulit juga sangat sensitif dengan kotoran yang berwarna. Baik itu kotoran yang cair atau sifatnya padat. Jika noda seperti tinta atau bahan lain yang mengandung bahan kimia maka gunakan kapas yang sudah dicelupkan dengan alkohol. Kemudian keringkan bekas noda dengan pengering rambut dan beri panas yang ringan. Jika terkena noda minyak maka usap dengan handuk basah dan ulangi dengan handuk kering. Jadi sesuaikan cara membersihkan dengan noda pada sofa.

  1. Memberihkan setiap hari

Membersihkan sofa kulit setiap hari lebih baik dibandingkan membersihkan hanya jika terkena kotoran. Untuk pembersihkan dasar maka Anda bisa menggunakan mesin penyedot debu atau kain. Kain bisa menghilangkan kotoran dari celah yang lembab dan membersihkan bekas yang sering tertinggal pada kursi kulit. Anda bisa menggunakan bahan khusus untuk membuat kulit sofa berkilau.

  1. Melindungi sofa dari benda tajam

Meskipun sofa kulit berharga mahal ternyata juga sangat sensitif dengan benda tajam. Jadi lebih baik untuk tidak menggunakan benda tajam di atas sofa seperti gunting, pisau dan perhiasan yang keras. Anak-anak sebaiknya juga tidak dibiasakan untuk bermain dengan benda tajam di atas sofa kulit. Saat terlanjut terkena benda tajam maka Anda tidak bisa melakukan apa-apa. Reparasi sofa hanya bisa dilakukamn oleh jasa profesional perawatan sofa.

  1. Menjauhkan hewan peliharaan dari sofa

Jika Anda tinggal bersama dengan hewan peliharaan maka jangan sampai hewan Anda terbiasa bermain di sofa. Hewan seperti anjing atau kucing memiliki kuku yang tajam. Kemudian hewan ini juga memiliki kebiasaan untuk menggaruk – garuk sofa sehingga akan meninggalkan bekas yang tidak bisa hilang. Bulu binatang yang masuk ke celah sofa juga akan sulit untuk dibersihkan.

  1. Menggunakan jasa profesional

Membersihkan sofa kulit bisa menjadi pekerjaan yang rumit. Kesalahan saat membersihkan juga bisa meningkatkan resiko buruk seperti bekas bahan kimia untuk mengelap sofa kulit dan goresan. Sofa kulit yang mahal adalah bentuk investasi sehingga juga membutuhkan perawatan yang tepat. Sementara itu ada jasa khusus untuk membersihkan sofa kulit. Jasa yang sudah profesional ini bisa mengetahui perawatan yang paling tepat untuk sofa kulit Anda. Bahkan jika perawatan membutuhkan bahan kimia khusus maka jasa perawatan profesional bisa menggunakan bahan yang tepat.

Jadi inilah langkah-langkah sebagai tips untuk merawat sofa kulit yang mewah dan mahal. Anda bisa mengikuti semua tips tersebut agar sofa kulit Anda tetap terawat.

Baca juga: 5 Penyebab Utama Sofa Rumah Gampang Bau

love
Senang
0%
haha
Terinspirasi
0%
wow
Netral
0%
sad
Sedih
100%
angry
Marah
0%