4 Peralatan Utama Seorang Teknisi AC

0
6150
Halojasa Peralatan Utama Seorang Teknisi AC

Peralatan Utama Seorang Teknisi AC – Tahukah Anda bahwa seorang profesional yang melakukan pemasangan AC selalu membawa alat-alat penting. Bahkan peralatan tersebut harus dimiliki agar setiap saat dapat digunakan untuk membongkar dan memasang AC. Peralatan tersebut pastinya akan membantu pekerjaan mereka dalam memasang AC di rumah, gedung, perkantoran. Dalam mengerjakan pekerjaannya sebagai pemasang AC, orang-orang ini harus memiliki pengetahuan yang luas terutama mengenai kelistrikan dan komponen AC. Tak hanya pengetahuan tersebut, seorang yang memasang dan membongkar AC juga wajib memiliki keahlian dalam menggunakan peralatan yang dimiliki.

Halojasa Peralatan Utama Seorang Teknisi AC

Berikut adalah peralatan utama yang wajib dimiliki oleh seorang jasa pasang AC yang sudah profesional:

  1. Thermometer

Peralatan pertama yaitu thermometer. Peran utama alat yang satu ini ialah untuk mengukur suhu. Bila dilihat dari sistem kerjanya, thermometer bekerja berdasarnkan efek pemuaian serta penyusutan air raksa. Saat ini perkembangan tehnologi membuat banyak produsen menciptkan thermoter yang lebih baik. Ada dua jenis thermometer yaitu manual dan digital. Thermometer manual digunakan  dengan mengetes air raksa. Sementara thermometer digital tidak menggunakan air raksa dalam pengetesannya melainkan menggunakan sensor panas. Seseorang harus melihat digit angka yang muncul untuk mengetahui suhu.

Seorang tukang AC disarankan untuk menggunakan thermometer digital dalam melakukan pekerjaanya. Hal ini karena thermometer digital memiliki tingkat keakuratan yang lebih tinggi dalam mengukur suku. Tak hanya itu, alat yang satu ini lebih mudah digunakan bila dibandingkan dengan thermometer manual. Seorang tukang servis juga harus memahami cara membaca suhu lewat alat tersebut. Untuk mengecek suhu mesin pendingin AC serta refrigerator ada dua jenis skala. Kedua skala tersebut ialah skal Celcius dan skala fahrenheit. Sementara itu, untuk mengukur suhu refrigerator lemari es dan freezer tukang dapat menggunakan thermometer yang memiliki bulb dengan tambahan pipa kapiler yang panjang. Jenis thermometer tersebut ialah manual.

  1. Peralatan untuk pencucian AC

Tak hanya terbatas pada penguasaan dalam menggunakan thermoter saja, tukang AC juga biasanya memiliki peralatan untuk mencuci AC. Alat ini juga dibagi menjadi beberapa jenis yaitu Jet Pump, plastik steam AC, dan baik air. Jet Pump adalah mesin stem yang memiliki tekanan tinggi. Funfgsi utama alat ini ialah untuk mencuci unit AC indoor. Tak hanya itu, Jet Pump juga dapat digunakan untuk mencuci evaporator dan kondensor pada Air Conditioner atau AC.

Sementara itu, plastik steam AC lebih mirip dengan plastik yang digunakan untuk cor. Peran utama plastik steam ialah untuk melindungi dan mengalirkan bekas air cucian pada unit AC. Tentu saja air bekas tersebut sudah kotor lantaran terkena berbagai macam kotoran dan debu. Alat selanjutnya yaitu baik air. Bak air atau ember kecil digunakan sebagai wadah tampung air bekas cucian AC sehingga air tidak mengotori tempat. Untuk memudahkan pekerjaan, tukang service perlu memiliki ketiga perlengkapan tersebut untuk pencucian AC tersebut.

  1. Alat deteksi kebocoran Refrigerant Elektronik

Alat selanjutnya ialah pendeteksi kebocoran Refrigerant Elektronik. Alat ini juga disebut sebagai leak detector. Tahukah Anda bahwa AC yang menyala namun tak menghasilkan udara dingin maksimal dikarenakan kerusakan atau kebocoran. Untuk mendeteksi adanya kebocoran pada komponen-komponen AC, tukang service perlu menggunakan pendeteksi refrigerant Elektronik. Namun, apabila tidak memiliki alat yang satu ini tukang service diharuskan menggunakan cara konvensional. Cara tersebut dilakukan dengan mendeteksi kebocoran menggunakan pendeteksi kebocoran sistem yang berisi refrigerant dan alat sensor deteksi. Alat ini didekatkan dan diarahkan ke bagian yang dideteksi mengalami kebocoran. Misalnya bagian penghubung atau sambungan pipa.

Cara lain yang dilakukan untuk mendeteksi kebocoran apabila tidak mempunyai alat leak detector ialah dengan menggunakan Gas Nitrogen. Gas ini biasa digunakan untuk mengetes kebocoran. Hal ini karena Gas Nitrogen memiliki sifat inert dan konon tidak mudah terbakar. Air Conditioner atau kulkas biasanya akan diisi dengan refrigerant. Namun untuk mendeteksi kebocoran, sistem AC diisi terlebih dahulu dengan Gas Nitrogen yang memiliki tekanan. Selanjutnya, bagian-bagian tertentu akan diolesi dengan air sabun untuk memastikan bagian mana yang bocor. Pada titik tertentu atau bagian yang bocor, air sabun yang ditempelkan akan menggelembung. Setelah itu, Gas Nitrogent akan dikeluarkan dengan sistem vakum sebelum diisi dengan refrigerant atau Freon.

  1. Alat pemotong pipa

Alat selanjutnya ialah pemotong pipa atau yang biasa disebut sebagai tubing cutter. Ada dua macam alat pemotong pipa yang harus diketahui diantaranya tubing cutter dan hacksaw atau gergaji. Dalam penggunannya, tukang service diharuskan lebih teliti terutama saat memotong pipa. Serpihan-serpihan bekas potongan tidak boleh masuk ke dalam pendingin AC. Pasalnya, serpihan tersebut dapat mengakibatkan mesin pendingin menjadi rentan rusak.

Untuk memotong pipa dengan memanfaatkan tubing cutter, tukang service diharuskan memasukkan pipa antara roller dan cutting wheel terlebih dahulu. Tightening knob juga perlu diperhatikan untuk menyesuaikan diameter pipa yang akan dipotong. Selain itu, rupanya alat pemotong ini bisa dialihfungsikan lho terutama saat cuttting wheel ditukar dengan roda penekan yang tumpul. Fungsinya ialah untuk menekan pipa tembaga untuk menghasilkan diameter pipa yang lebih kecil dan menyambung dengan pipa berdiameter yang besar.

Itulah peralatan yang harus dimiliki oleh jasa pasang AC profesional untuk memudahkan setiap pekerjaannya. Karena menggunakan alat-alat tersebut juga membutuhkan keahlian dan pengetahun, tidak heran pemilik rumah yang hendak memasang AC lebih disarankan untuk memanggil jasa atau tukang profesional. Memanggil tukang lebih aman dan cepat ketimbang kita harus memasang AC sendiri di rumah.

Facebook Comments
love
Senang
100%
haha
Terinspirasi
0%
wow
Netral
0%
sad
Sedih
0%
angry
Marah
0%