Waspadai Resiko Penyakit Akibat AC Kotor Berikut!

0
13681
HaloJasa Resiko Penyakit Akibat AC Kotor

Resiko Penyakit Akibat AC Kotor – AC memang menjadi salah satu benda elektronik yang disukai hampir semua kalangan, apalagi bagi Anda yang tinggal di daerah panas dan suhu yang tidak menentu. Belum ketika Anda sudah terbiasa di suhu dingin yang nyaman maka sudah pasti Anda tidak bisa tidur tanpa AC. Sebelum membeli AC Anda harus sudah menyiapkan budget untuk jasa cuci AC dan juga service AC. Dua hal ini sangat penting untuk menjaga AC tetap awet dan juga udara yang dihasilkan sehat dan bersih. Tidak hanya itu setelah membeli AC yang diinginkan maka Anda membutuhkan jasa pasang AC profesional. Agar AC terpasang dengan benar tidak menimbulkan masalah lagi kedepannya.  Jika Anda sudah memasang AC di rumah dan jarang Anda bersihkan maka Anda harus wasapda dengan kuman dan kotoran. Pasalnya saat membersihkan AC, filter AC merupakan bagian yang harus dibersihkan.

Jika pori-pori filter AC sudah penuh dengan debu maka udara kotor yang disaring hanya sebatas partikel-partikel kasar dan partikel-partikel halus pada udara tidak akan tersaring.  Partikel udara yang halus akan terbawa hembusan sejukanya AC dan masuk ke dalam paru-paru Anda. Dari sinilah akan timbul gejala gangguan pernafasan. Dalam hal ini Anda bisa melakukan percobaan ringan untuk mengetahui apakah filter AC Anda bersih atau tidak. Anda bisa memakai kain putih yang sudah dibasahi dengan air lalu letakkan pada lubang AC selama satu menit. Hasil yang terlihat pada kain merupakan kondisi udara yang dihasilkan oleh AC. Filter pada AC memiliki pori-pori karena memang bahan dasar yang digunakan adalah kertas kaku sehingga ketika pori-pori sudah tertutup maka hanya udara dengan kotoran kasar saja yang akan tersaring.  Untuk itu penting membersihkan AC secara rutin agar terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh udara kotor.

  1. Gangguan Pernapasan

Ketika Anda jarang membersihkan AC dengan teratur maka kotoran akan menumpuk, semakin lama akan semakin banyak. Itu sebabnya penting memilih jasa service AC yang sudah berpengalaman dan profesional. Filter memiliki peranan penting dalam proses sirkulasi, dan juga dengan adanya kuman pada filter sudah pasti bakteri dan jamur akan berkembang biak. Dengan bentuk yang relatif kecil dan Anda tidak menyadari, Anda menghisap udara yang mengandung kuman dan penyakit. Tidak hanya itu ketika Anda menghirup mikroorganisme maka gangguan pernapasan bisa timbul kapan saja termasuk yang paling berbahaya seperti radang pada paru-paru.

  1. Sakit Kepala

Sakit kepala memang sering dirasakan oleh kebanyakan orang apalagi mereka yang memakai Ac. Sayangnya sebagian besar orang merasa lumrah dengan adanya sakit kepala ini. Apalagi bagi mereka yang bekerja dan sering merasa sakit kepala saat sepulang kerja. Sebenarnya sakit kepala ketika berada di ruangan dingin disebut dengan “sick building syndrome” yang disebabkan oleh pendingin ruangan. Bahkan penelitian di tahun 2004 membuktikan bahwa pekerja yang berada di dalam ruangan berAC akan lebih sering mengalami gejala tidak enak badan dan sakit kepala.

  1. Terkontaminasi

Memakai AC memang sangat membantu untuk kenyamanan, apalagi di tengah udara yang panas dan juga suhu yang tidak menentu. Meskipun begitu Anda tetap harus menjaga sirkulasi udara agar tetap segar. Anda bisa membuka jendela ruangan saat mematikan AC agar udara segar bisa masuk. Jika Anda termasuk orang yang jarang membersihkan AC dan jarang membuka ruangan yang terdapat AC maka ditakutkan adanya polutan berbahaya di dalam ruangan. Hal ini bisa menyebabkan udara dari AC akan terkontaminasi dan juga dengan kata lain udara yang sudah terkena polusi akan disirkulasi lagi oleh Ac. Dengan kata lain jamur, polusi dan virus tidak akan berubah. Dan udara yang Anda hirup tetap kotor.

  1. Kulit Kering

Berada di dalam ruangan berAC memang menyenangkan dan juga nyaman. Selain suhu yang sejuk, Anda juga tidak akan merasa kegerahan. Hanya saja terlalu lama berada dalam ruangan yang terpapar oleh AC sangat tidak baik untuk kesehatan kulit Anda. kulit akan menjadi kering dan keriput.

  1. Penyakit Legionaires

Penyakit satu ini merupakan penyakit yang diakibatkan oleh bakteri legionella pneumophie. Legionaires merupakan salah satu jenis penyakit yang berkaitan dengan AC. Apalagi jika yang digunakan AC central. Penyakit ini ditandai dengan gejala seperti batuk-batuk dan demam tinggi. Ditambah lagi nyeri tubuh dan sakit kepala serta badan terasa kelelahan. Jika dibiarkan saja maka bisa membahayakan kesehatan karena dapat menyebabkan komplikasi.

  1. Berat Badan Bertambah

Memang ada banyak sekali faktor yang menyebabkan berat badan bertambah. Ternyata penelitian yang dilakukan oleh university of Albama di Brimingham, Inggris juga menjelaskan bahwa AC bisa menjadi salah satu faktor peningkatan berat badan. Hal ini dikarenakan ketika Anda menggunakan AC maka suhu di dalam rumah akan konstan dan juga tubuh tidak perlu mengeluarkan energi dan juga tidak perlu membakar kalori untuk menyesuaikan dengan perubahan suhu pada lingkungan. Hal inilah yang membuat berat badan relatif tetap dan naik. Karena memang tubuh tidak melakukan pembakaran kalori. Apalagi jika Anda malas berolahraga maka sudah pasti tubuh akan tetap dan tidak ada perubahan.

Itu sebabnya penting untuk membersihkan AC secara rutin, apalagi jika Anda memiliki keluarga dan balita yang masih kecil. Pastikan Anda memilih jasa service terpercaya dan sudah berpengalaman.

Baca juga: 7 Cara Merawat AC Agar Tidak Mudah Rusak

Facebook Comments
love
Senang
37%
haha
Terinspirasi
12%
wow
Netral
12%
sad
Sedih
37%
angry
Marah
0%