AC Bermasalah, Ikuti Tips Service AC Ini!

0
2840
AC Bermasalah, Ikuti Tips Service AC Ini

AC bermasalah, ikuti tips service AC ini! Setiap orang yang memasang AC di rumah pasti pernah mengalami permasalahan. Hal tersebut umumnya tak terjadi pada saat awal pemasangan melainkan setelah AC terpasang dan sering digunakan. Memperbaiki AC yang bermasalah memang tidak mudah. Namun bukan berarti AC yang bermasalah tersebut tidak dapat diperbaiki lho. Setiap orang sebenarnya dapat memperbaiki kondisi AC yang kurang berfungsi optimal asalkan memiliki pengetahuan tentang AC yang cukup. Yang terjadi di masyarakat adalah ketidaktahuan pemiliki rumah dalam memperbaiki AC tersebut. Alhasil, hal pertama yang sering dilakukan kebanyakan orang saat melihat AC rumah yang rusak ialah mengeluh. Untuk itu, agar keluhan tersebut dapat Anda atasi secepat mungkin, tak ada salahnya mengetahui seluk beluk permasalahan AC dan cara mengatasinya berikut ini.

AC Bermasalah, Ikuti Tips Service AC Ini

  1. AC hidup tapi tak terasa dingin

Permasalahan pertama yang sering dikeluhkan oleh kebanyakan orang ialah AC hidup namun tidak terasa dingin. Bila Anda mendapati AC di rumah yang menyala namun ruangan justru tidak terasa dingin yang harus Anda lakukan ialah jangan panik dan mengeluh. Selanjutnya yang harus Anda lakukan ialah mendeteksi penyebab tidak berfungsinya AC tersebut. Anda dapat mengecek apakah permasalahan terjadi lantaran AC yang kotor. Lihat apakah evaporator indoor dan kondensor outdoor AC tersebut terdapat banyak debu. Pasalnya, bila kedua komponen AC tersebut tertutup oleh debu yang tebal hawa dingin tidak dapat keluar secara maksimal di seluruh ruangan.

Apabila Anda sudah memastikan penyebabnya sebaiknya segera lakukan service AC seperti mencuci AC. Anda juga dapat melakukan perawatan dengan membersihkan filter indoor seminggu satu kali. Caranya ialah dengan membuka tutup indoor yang ada di bagian atas. Setelah itu, ambil filter udara tersebut. Cucilah filter udara debgan menggunakan sabun deterjen. Bila sudah selesai mencuci, keringkan filter udara dan pasang kembali. Namun, bila Anda kurang yakin dapat melakukan servise tersebut tak ada salahnya memanggil jasa service AC. Sebaiknya agar AC tetap berfungsi untuk jangka panjang, service dilakukan paling tidak satu kali dalam 3 bulan. Sementara untuk AC kantoran perawatan tersebut bisa dilakukan selama satu kali setiap dua bulan.

  1. AC bersih namun tak bekerja maksimal

Permasalahan kedua yang juga sering dialami oleh kebanyakan orang ialah AC tidak bekerja dengan maksimal alias tidak menghasilkan udara dingin. Padahal setelah dicek, AC tersebut bersih. Bila mendapati AC rumah yang sudah dirawat dan dibersihkan namun tetap tak bekerja dengan maksimal sebaiknya Anda tidak perlu bingung. AC bersih namun tidak bekerja dengan maksimal mungkin terjadi karena tekanan freon kurang atau bahkan habis. Langkah yang dapat Anda lakukan ialah dengan mengecek tekanan gas freon pada AC. Cobalah untuk memasang manifold pada nepel agar freon pada unit outdoor terisis. Setelah itu, cek kembali apakah masih ada tekanan atau bahkan tekanan habis sampai nol.

Apabila setelah Anda cek masih ada tekanan, barangkali kinerja AC yang tak maksimal terjadi lantaran freon yang kurang. Jangan khawatir karena hal tersebut wajar terjadi. Penyebabnya bisa jadi adanya kebocoran atau nepel yang kendor. Langkah antisipasi yang Anda ambil ialah mengencangkan semua baut nepel dan menambah tekanan pada freon. Namun pastikan jenis freon sama dengan AC. Tak hanya itu, lihat batas maximal ampere atau kekuatan mesin kompresor AC.

Bila Anda mengecek jarum manifold dan menunjukkan angka nol, maka bisa dipastikan tidak maksimalnya kinerja AC dikarenakan tekanan freon yang habis. Hal inilah yang perlu diwaspadai. Bila tekanan freon habis mungkin hal tersebut terjadi karena kebocoran pada ecaporator indoor, pipa instalasi, kondensor outdoor, nepel yang ada pada outdoor atau nepel sambungan pipa yang mengarah ke indoor. Untuk mengatasinya, Anda harus benar-benar memastikan bagian mana yang mengalami kebocoran. Setelah itu, lakukan pengisian ulang freon hingga penuh. Biasanya mencapai 80-90 PSI dan 125 PSI khusus untuk AC Inverter. Lakukan pembukaan body indoor dan outdoor. Jangan lupa untuk membuka juga bagian amarflex pembungkus pipa pada AC. Kemudian ambil spon yang telah diberi sabun. Ambil bisa tersebut dan oleskan ke seluruh pipa tembaga, kondensor maupun outdoor. Perhatikan apakah ada gelembung udara atau olie di pipa, evaporator atau kondensor. Bila iya, maka di situlah letak kebocoran freon.

  1. Indoor AC hidup sementara bagian outdoor mati

Permasalahan AC lainnya yang juga merisaukan banyak orang ialah indoor AC hidup dan bagian outdoor mati. Hal tersebut nyatanya sangat berpengaruh pada udara yang dikeluarkan oleh AC. Kebanyakan akan merasakan udara dari AC yang tak terlalu dingin. Sebenarnya ada beberapa tips untuk mengatasinya namun Anda dapat mencoba tips yang satu ini yaitu dengan memastikan mode remote dalam posisi tanda bintang (*). Tanda tersebut menandakan tingkatan AC pada mode Cool. Anda juga perlu memastikan agar remote tak berada pada mode Dry. Pasalnya, mode tersebut hanya digunakan untuk menyalakan motor FAN dan unit pada Outdoor tidak akan mendapatkan kiriman arus listrik. Sementara itu, lain halnya dengan mode bintang (*) atau mode Cool. Mode ini fungsinya untuk menyalakan kipas FAN dan mesin kompresor pada AC.

Nah, itulah tips service AC di rumah yang sederhana dan bisa Anda coba. Tetapi, ingatlah melakukan service pada AC harus dilakukan dengan hati-hati dan pengetahuan yang luas. Bila Anda masih ragu untuk memperbaiki permasalahan tersebut, akan lebih baik bila Anda menggunakan jasa service AC. Meski harus keluar biaya lebih, namun mempercayakan penangangan permasalahan AC pada ahlinya akan lebih aman.

love
Senang
55%
haha
Terinspirasi
16%
wow
Netral
11%
sad
Sedih
5%
angry
Marah
11%