Tips dan Trik Dalam Sound Mixing Agar Suara Lebih Keren

1
36209
Tips dan Trik Dalam Sound Mixing

Tips dan trik dalam sound mixing yang benar akan menghasilkan suara yang indah. Untuk dapat menyatukan elemen musik rekaman tentu dibutuhkan perangkat yang memadai. Maka dari itu, bagi orang awam mungkin akan sulit membedakan maka kode atau kunci dalam membuat sebuah suara yang nantinya memberi efek menarik.

Dewasa ini, kebutuhan akan sound mixing menjadi kunci agar sebuah karya terlihat lebih menarik di telinga pendengar. Suara yang dipadukan dengan video tentunya menjadi cikal bakal daya tarik sebuah film. Untuk bisa menghasilkan efek suara yang menarik, berikut tips sound mixing yang benar.

1. Dengarkan semua trek lagu

Belum puas rasanya jika hanya sebagian trek lagu Anda perdengarkan. Semakin lama anda mendengarkan maka semakin terasa lagu tersebut. Setelah lagu diperdengarkan, Anda bisa mengambil kesimpulan tentang apa lagu tersebut, kemana arahnya, dan bagaimana elemen lagu dapat melengkapi. Dimulai dengan atur volume kenop fader, bila suara snare terdengar cukup keras maka kurangi volumenya. Tetapi jika suara gitar thythm tidak bisa didengarkan maka kencangkan volumenya.

2. Dengarkan musik lainnya

Jangan hanya mendengarkan satu atau dua lagu saja tetapi perdengarkan semua musik yang ada dalam list. Langkah ini berguna agar mengetahui kemana instrument musik akan dihasilkan sehingga menghasilkan sebuah trek lagu yang lengkap. Dengarkan musik-musik dengan jenis yang berbeda tetapi masih bisa saling terhubung. Missal dengan mencampur dua jenis musik berbeda, bisa jadi trek Anda akan menghasilkan nada jaz beralunan soul. Carilah inspirasi agar mendapatkan campuran berbagai gender lagu.

3. Lakukan staging

Staging merupakan langkah menempatkan instrument musik. Staging masuk dalam proses mixing musik. Singkat kata, staging ini bertujuan agar semua tingkatakan trek musik dapat disesuaikan sehingga nada yang dihasilkan tidak akan terdengar mengganggu. Proses ini juga akan menghasilkan distorsi, yakni efek yang dihasilkan dari sumber audio pada instrument musik.

4. Hubungkan setiap trek musik

Bagian paling melengkapi adalah menghubungkan setiap trek musik yang Anda pilih. Misalnya dengan menghubungkan trek gitar rhythm, dapat dimainkan bergantian. Jika kelihatnya ada sebagian trek yang tidak berguna, cobalah geser kenop fader ke arah bawah. Namun perlu diingat untuk memeriksa setiap trek agar tak berpengaruh pada suara lagu. Langkah ini akan membantu menghasilkan melodi lagu yang indah.

5. Lakukan mixing dengan botton up

Dengarkan dengan seksama suara lagu yang dihasilkan jika sudah mulailah melakukan mixing dengan bantuan botton up. Susun bagian nada dari yang terendah atau terberat seperti suara drum bas atau gitas bas. Lalu susun dengan menyertakan vocal atau bagian lead ada di atas seperti suara gitas, keyboard atau nada dari perkusi.

6. Jangan takut bereksperimen dengan equalizer

Jangan takut untuk melakukan eksperimen musik dengan menggunakan EQ atau equalizer. Langkah ini berguna untuk mengarahkan fokus instrument. Tambah dan kurangi frekuensi suara yang diinginkan bisa rendah ataupun tinggi. Cara yang bisa anda lakukan seperti menguatkan suara dengan menambah beberapa frekuensi atau bisa menghilangkan frekuensi yang dirasa kurang pas. Misalnya menambahkan frekuensi drum snare, hit-hat atau tom-tom. Gunakan juga equalizer untuk keperluan fine-tuning untuk rekaman berkualitas renda.

7. Gunakan alat kompresi untuk trek lagu

Tujuan utama menggunakan alat kompresi adalah memastikan trek lagu yang dibuat memiliki volume suara yang konstan terutama pada bagian bas rhythm. Alat kompresi membantu memperbaiki suara dengan cara membesarkan suara yang terlihat pelan (upward) atau mengurangi suara yang keras (downward). Jangan lupa periksa kembali suara drum dan bas agar terdengar dengan jelas dan tidak terdengar janggal.

8. Gunakan efek noise gate

Noise gate effect berguna untuk menghilangkan semua suara yang tidak sesuai dengan ukuran volume terkecil. Efek ini berguna ketika melakukan rekaman untuk hasilkan suara backsound. Bukan hanya itu, noice gate juga membantu menghasilkan suara perkusi dan suara yang lebih bersih (tajam). Jika sudah selesain dengan noise gate, jangan takut bermain dengan bagian tengah memakai efek stereo. Efek ini sama dengan ketika Anda mendengarkan sebuah headphone diamana setiap trek yang didengar akan menghasilkan suara berbeda ketika didengarkan di kelinga kanan dan kiri.

9. Tambahkan efek chorus hingga maksimalkan lagu dengan automation

Coba tambahkan efek-efek chours yang akan memberikan suara lagu seperti memiliki beberapa instrument. Jika sudah lanjutkan dengan menambahkan proses automation untuk membuat lagu Anda terlihat lebih maksimal. Automation sendiri merupakan proses yang digunakan untuk menciptakan suara musikalitas. Ada dua bagian yang bisa digunakan, pertama dengan automation master buss untuk hasilkan chorus lebih keras daripada verse. Kedua menggunakan automation effect return untuk reverb atau delay.

  1. Tahap terakhir, satukan semuanya!

Jika semua runtutan proses editing mix sound sudah selesai dilakukan, terakhir satukan semua trek. Sesuaikan setiap bagian terkecil trek dan secara menyeluruh. Perdengarkan kembali hasil produk yang telah anda buat agar menjadi suara yang harmoni dan menyatu. Saran tambahan, jangan takut untuk melanggar aturan ketika melakukan proses mixing. Latih terus kreativitas dalam editing musik supaya menghasilkan lagu yang menarik dan keren.

Itulah tips dan trik mudah melakukan sound mixing agar bisa menghasilkan suara yang enak didengar dan keren. Ada banyak kegunaan melakukan mixing pada musik salah satunya untuk menghasilkan karya video music production dengan latar belakang musik yang keren. Kemudahan semua itu juga bisa didapat dengan bantuan editing musik professional.

Baca juga: 9 Tips Bermain Gitar Untuk Pemula

Facebook Comments
love
Senang
16%
haha
Terinspirasi
20%
wow
Netral
4%
sad
Sedih
4%
angry
Marah
54%