Tips Merawat Mesin Cuci Agar Tidak Mudah Rusak

0
5945
Tips Merawat Mesin Cuci

Tips Merawat Mesin Cuci – Mesin cuci menjadi produk elektronik yang wajib dimiliki oleh semua masyarakat urban perkotaan. Pasalnya, kegiatan yang sibuk dan tidak memiliki waktu banyak sehingga tidak sempat mencuci pakaian, kini dapat diatasi dengan kehadiran mesin cuci ini. Kini banyak produsen alat elektronik ini melaunching berbagai mesin cuci dengan fitur yang beragam. Mulai dari dua tabung, satu tabung dengan sistem sekali cuci. Selain itu,  kini banyak prodsen alat elektronik ini menawarkan berbagai mesin cuci dengan kapasitas besar, 5 kg, hingga 10 kg. Sangat memudahkan Anda bukan? Namun yang perlu diperhatikan adalah mesin cuci ini merupakan alat elektronik yang setiap  hari digunakan, untuk itu perlu adanya sebuah perawatan khusus untuk menjaga mesin cuci ini bertahan lama, dan awet dipakai. Maka dari itu, harus ada sebuah tips atau cara merawat mesin cuci agar tidak mudah rusak.

Alih-alih jika mesin cuci Anda rusak, cucian akan menumpuk dan tidak ada waktu untuk meluangkan waktu untuk mencuci pakaian tersebut. Untuk itu, kali ini kami akan hadirkan beberapa ulasan dan tis untuk merawat mesin cuci Anda agar tetap tahan lama dan tidak mudah rusak walauun dgunakan setiap hari. Berikut ulasannya.

Jangan Memasukkan Terlalu Banyak Pakaian

Karena faktir terbur-buru dan tidak sabar dengan cucian yang menumpuk, terkadang Anda memasukkan pakaian terlalu banyak atau melebih kapasitas mesin cuci itu sendiri. Selain tidak bagus untuk ekadaan mesin cuci (membuat lebih cepat rusak(, mencuci seperti ini akan mengakibatkan kotoran yang ada di pakaian terjebak dan tidak akan bersih dicuci. Percuma bukan Anda sudah lelah mencuci, meluangkan waktu Anda sementara pakaian itu tidak bersih.

Untuk mengindari hal ini, sebelumnya Anda harus mengetahui berapa takaran atau kapasitas yang dsediakan oleh mesin cuci tersebut, misalnya 5 atau 10 kg, maka dari itu jangan melebihi dari kapasitas tersebut. Hal ini juga berguna untuk menjaga mesin cuci Anda lebih tahan lama.

Menggunakan Detergen Terlalu Banyak

Menggunakan detergen terlalu banyak bukan berarti Anda dapat mencuci pakaian Aanda lebih bersih, namun hal ini akan membuat pakaian Anda rusak. Warna pakaian akan cepat pudar dan kain akan cepat tipis. Selain itu, menggunakan detergen terlalu banyak juga dapat menurunkan perfoma atau car kerja mesin cuci dalam menggiling pakaian.

Jarang Membersihkan Filter

Agar mesin cuci lebih awet dan tetap bersih. Pastikan Anda selalu membersihkan filter yang berada di dalam tabung dua hari sekali. Membersihkan filter ini berguna untuk menghindari bakteri atau kotoran yang akan menempel di pakaian-pakaian Anda.

Dengan membersihkan filter dalam tabung ini, juga akan membuat mesin cuci tidak terlalu banyak menampung kotoran yang dapat merusak mesin cuci Anda juga.

Meninggalkan Baju di dalam mesin cuci

Hal ini merupakan kebiasan buruk yang sering dilakukan oleh orang. Meninggalkan pakaian terlalu lama di dalam tabung mesin cuci akan berakibat negatif untuk mesin cuci itu sendiri. Baik pakaian itu kering atau basah, pakaian yang ada di dalam mesin cuci terlalu lama akan membuat tabung berbau tidak sedap.

Dan ketika Anda hendak mencuci pakaian kembali, Anda akan mendapatai bau yang tidak sedap yang berasal dari pakaian Anda sebelumnya. Maka dari itu, jangan pernah lupa untuk langsung mengangkat pakaian dari mesin cuci itu setelah selesai mencucinya.

Jarang mencuci Tabung

Memang mesin cuci adalah alat elektronik yang selalu berurusan dengan sabun detergen, namun jangan salah sangka, tidak berarti alat elektronik ini selalu dalam keadaan bersih. Namun kegiatan mencuci ini ternyata tidak selamanya bersih.

Untuk itu, disarankan Anda untuk mencuci tabung minimal 1 kali seminggu untuk mengangkat semua kotoran yang tersisa di dalam tabung mesin cuci tersebut. Jika Anda perhatikan, ketika proses pencucian tabung, akan terlihat betapa kotornya air yang dibuang dari pembersihan tabung tersebut. Untuk itu, jangan pernah lewatkan mencuci tabung ini agar cucian selanjutnya akan lebih bersih.

Menggunakan setting yang sama untuk semua jenis pakaian

Produsen mesin cuci menyediakan fitur untuk beberapa jenis pakaian tidaklah tidak tanpa arti dan tujuan. Hal ini dimaksudkan untuk memilah jenis pakaian sesuai dengan kemampuan mencuci si mesin cuci. Untuk itu perhatikanlah, ketika Anda hendak mencuci selimut tekan setting untuk berbahan selimut, ketika Anda ingin mencuci kaos katun tekan setting untuk mencuci jenis bahan tersebut.

Hal ini selain dapat menjaga pakaian agar tetap bagus dan tidak rusak, ini juga dapat menjaga mesin cuci Anda dalam keadaan awet dan tahan lama.

Mencampurkan semua jenis pakaian dalam satu tabung

Sama hanya menggunakan satu settingan untuk semua jenis pakaian. Menyampurnak semua jenis pakaian ke dalam mesin cuci pun dapat merusak atau menurunkan cara kerja mesin cuci. Misalnya ketika Anda memasukkan pakaian jenis jeans, katun, hingga pakaian berwarna di satu waktu. Hal ini dapat memberatkan mesin cuci untuk mencucinya karena tidak sesuai dengan settingannya. Untuk itu, usahakan jangan sampai menyampurkan semua jenis pakaian dalam satu waktu mencuci.

Listrik yang tidak stabil

Listrik yang tidak stabil memang sering kali membuat alat elektronik rusak. Termasuk mesin cuci, ketika Anda sedang mencuci dan mendapati listrik yang mati, otomatis cara kerja mesin cuci mati dengan tiba-tiba, dan ketika listrik kembali menyala daya mesin cuci akan langsung melonjak naik. Jika keaadan terus menerus seperti itu, akan merusak mesin cuci Anda.

Baca juga: Tips Memperbaiki Mesin Cuci yang Tidak Mau Berputar

Facebook Comments
love
Senang
61%
haha
Terinspirasi
23%
wow
Netral
7%
sad
Sedih
0%
angry
Marah
7%