7 Cara Merawat AC Agar Tidak Mudah Rusak

0
4734
HaloJasa Cara Merawat AC Agar Tidak Mudah Rusak

Cara Merawat AC Agar Tidak Mudah Rusak – AC atau air conditioner merupakan salah satu perangkat elektronik yang sering Anda temui atau bahkan Anda sendiri merupakan salah satu pengguna AC di rumah. Nyatanya meskipun setiap hari orang selalu bersentuhan dengan AC, tidak semua orang memahami bagaimana menjaga AC agar tetap awet dan tidak mudah rusak. Memakai AC secara sembarangan tentu akan memperpendek umur AC itu sendiri. Tidak jarang orang selalu bergantung pada jasa service AC untuk menjaga AC, padahal tukang service AC hanya datang beberapa bulan sekali itu pun jika pemilik AC merasa butuh untuk membersihkan AC. Atau jika Anda berpikir hanya dengan memanggil jasa cuci AC maka AC sudah aman, hal ini tidak benar.

Banyak faktor yang mempengaruhi kerusakan pada AC, baik dari komponen atau pun dari faktor eksternal. Saat memasang AC pastikan Anda memillih jasa pasang AC yang tepat. Dengan memilih orang berpengalaman maka Anda bisa meminimalisir kerusakan. Atau jika Anda ingin memindahkan AC dari ruang tamu ke ruang tengah pastikan jasa bongkar pasang AC yang Anda pilih juga profesional.  Memperlakukan AC dengan sembarangan hanya akan merusak AC secara perlahan, meskipun Anda sering melakukan service Ac nyatanya ada 7 fakta yang harus Anda ketahui agar AC tidak mudah rusak.

  1. Setting Suhu 22 derajat Celcius untuk Pemakaian Lebih Dari 8 Jam

Hidup ditengah kota dengan suhu panas memang tidak nyaman, itu sebabnya banyak sekali kantor atau pun rumah yang memilih AC sebagai salah satu solusi untuk mengatasi suhu panas. Jika Anda termasuk orang yang dalam sehari memakai AC lebih dari 8 jam maka Anda seharusnya menyetel suhu AC 22 derajat celcius dan tidak boleh dibawah 22 derajat celcius. Pengaturan suhu dibawah 22 derajat celcius hanya akan membuat AC semakin cepat rusak karena AC harus bekerja keras dalam jangka waktu yang lama dan juga boros energi. Komponen pada AC juga akan bekerja lebih keras yang mana hal ini akan membuat AC cepat rusak pada bagian internalnya. Anda juga harus mengetahui bahwa AC seharusnya menjadi pengatur suhu ruang bukan pendingin ruang dan sebagai pengatur suhu ruang maka suhu 24 sampai 25 derajat sudah cukup untuk iklim Indonesia. Dengan pengaturan suhu yang tepat maka AC tidak mudah rusak. Dan juga perubahan suhu yang drastis pada ruangan dari panas menjadi dingin tidak terlalu baik untuk tubuh.

  1. Rutin Membersihkan Debu

Penyakit memang menjadi musuh utama manusia, tetapi debu merupakan musuh utaman yang harus dibasmi. Debu yang menempel pada lemari dan dinding tembok harus dibersihkan secara rutin. Hal ini harus Anda lakukan agar ruangan tetap bersih dan sehat. Adanya debu dalam partikel udara memang tidak bisa dihindari, itu sebabnya penting untuk rajin membersihkan debu apalagi debu memiliki potensi besar membawa berbagai macam penyakit dan dapat menimbulkan gangguan kesehatan pada pernafasan manusia. Belum lagi debu merupakan salah satu unsur yang mudah menempel pada sudut-sudut sempit dan tidak terjangkau. Debu yang menempel di atas lemari dan dinding seringkali luput saat Anda sedang membersihkan ruangan. Padahal debu yang terakumulasi akan memperberat kerja AC.

  1. Posisi On ke Off Lalu On Kembali Harus Diberi Jeda 5 Menit

Menjaga agar AC tidak mudah rusak sebenarnya mudah namun harus terus menerus. Salah satunya dalam proses menyalakan dan mematikan AC. Terkadang Anda tanpa sengaja salah memencet tombol Off dan AC langsung mati lalu buru-buru Anda menekan tombol On. Hal ini sangat tidak baik. Karena tidak jedah dari Anda menekan tombol Off ke tombol On. Dalam AC sedang terjadi proses yaitu adanya pengaturan refrigerant dalam proses yang mana membutuhkan waktu lima menit. Untuk itu sebelum menyalakan kembali AC sebaiknya beri jedah waktu lima menit

  1. Gunakan Mode Cool Bukan Auto Dry

Pada remote AC ada banyak simbol yang mana masing-masing simbol memiliki fungsi yang berbeda-beda. Banyak orang yang sering mengeluh bahwa suhu Ac kurang dingin padahal sudah disetel dibawah 20 derajat celcius. Jika hal ini juga Anda alami maka Anda bisa mengubah mode AC menjadi Cool. Saat Anda memilih mode Auto Dry maka AC akan mengurangi kelebapan udara pada ruangan. Dan hal ini tidak sehat untuk kulit karena bila udara terlalu kering kelembapan akan hilang dan kulit menjadi kering sehingga dapat mengakibatkan kulit keriput.

  1. Cuci AC Rutin

Pentingnya untuk melakukan cuci AC secara rutin, penumpukan debu dan kotoran akan memiliki dampak yang tidak baik untuk mesin AC dan juga untuk kesehatan manusia. Apalagi jika Anda memiliki anak balita yang mana di dalam ruangan Anda harus memakai AC. Untuk pemakaian normal  kurang dari 12 jam maka Anda bisa mecuci AC setiap tiga bulan sekali. Tetapi untuk pemakaian AC 12 sampai 18 jam Anda bisa mencucinya dua bulan sekali. Dan untuk ruangan berdebu seperti dipinggir jalan maka Anda bisa mencucinya setiap bulan. Durasi pemakaian dan lokasi akan menentukan banyaknya debu yang tersaring pada filter AC, dan disinilah pentingnya melakukan cuci AC.

  1. Gunakan Timer AC Saat Tidur

AC memang memiliki peran sebagai penunjang kenyamanan saat tidur tetapi menyetel AC semalaman juga tidak baik untuk kesehatan tubuh. Yang mana semburan AC secara langsung pada tubuh bisa menyebabkan gangguan syaraf dan kurang baik bagi penderita asma. Untuk itu Anda bisa mengaktifkan timer sebelum tidur. Pastikan Anda menyetel suhu 25 derajat celcius dan  mengaktifkan timer, dengan begitu AC akan otomatis mati setelah beberapa jam dan suhu ruangan tetap dingin.

  1. Pastikan Sirkulasi Udara Pagi Lancar

Meskipun Anda memakai AC dan rajin membersihkannya, jangan lupa untuk tetap mengatur sirkulasi udara dengan membuka jendela di pagi hari. Dengan membuka jendela kamar maka ada terjadi pergantian udara.

Baca juga: Serba-Serbi Tentang AC

Facebook Comments
love
Senang
0%
haha
Terinspirasi
50%
wow
Netral
0%
sad
Sedih
50%
angry
Marah
0%