Cara Membuat Sofa Selalu Tampak seperti Baru

0
3182
cara membuat sofa selalu tampak seperti baru

Sofa merupakan salah satu perabotan yang sering ditemui di setiap rumah. Baik di ruang tamu atau pun di ruang santai. Ketika pertama kali membeli sofa tentu sofa memiliki penampilan yang bagus dan juga bersih, hanya saja setelah beberapa waktu sofa bisa menjadi kotor dan juga kusam. Apalagi jika sofa memiliki warna cerah atau warna pastel yang mana kekusaman pada sofa akan terlihat jelas. Belum lagi Anda memiliih sofa yang dilapisi  kain maka kelembutan pada kain sudah berkurang. Berbeda lagi dengan sofa kayu yang mana memiliki penampilan yang tidak cepat memudar. Ditambah lagi Anda sangat sibuk dan tidak memiliki asisten rumah tangga, tentu saja membersihkan sofa cukup sulit. Ketika hari libur tiba Anda pastinya lebih memilih untuk istirahat atau menghabiskan waktu bersama keluarga. Sebenarnya jika Anda mengalami kesulitan untuk membersihkan sofa maka Anda bisa mencari profesional untuk membantu meringankan pekerjaan Anda. Di situs halojasa Anda bisa mendapatkan salah satu profesional dengan mudah dan terpercaya tanpa harus repot-repot berkeliling. Cukup dari handphone dan memesannya. Dengan adanya order express yang bisa Anda order dan datang dalam kurun waktu tidak lebih dari 60 menit. Anda bisa mendapatkan sofa bersih dan tampak baru hanya dalam hitungan menit. Atau jika Anda meluangkan waktu untuk merawat sofa, barikut ini ada beberapa cara membuat sofa selalu tampak seperti baru.

Noda Membandel Harus Dibersihkan

Memiliki sofa yang nyaman serta bersih pasti menjadi hal yang diinginkan setiap orang. Apalagi jika sofa yang Anda beli merupakan sofa yang mahal dan sudah lama Anda inginkan. Tidak hanya itu, sofa yang juga harus tetap lembut agar ketika kulit bersentuhan dengan sofa tidak terjadi gesekan yang membuat kulit iritas. Anda mungkin harus mengingat-ingat lagi kapan terhakir kali membersihkan sofa. Bisa jadi sudah beberapa tahun yang lalu atau bahkan Anda belum pernah membersihkannya. Jika hal ini yang terjadi, Anda harus berhati-hati pasalnya sofa bisa menjai sarang jamur dan bisa menyebabkan berbagai macam penyakit. Membersihkan noda membandel harus Anda lakukan jika ingin sofa selalu tampak baru. Noda membandel yang tidak dibersihkan akan menumpuk dan semakin sulit untuk dibersihkan, apalagi jika noda berasal dari makanan dan minuman yang tumpah ke sofa, tentu saja noda tidak akan hilang jika tidak dibersihakn. Untuk membersihkan noda ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan. Noda sendiri juga memiliki beberapa bentu yaitu noda besar dan noda kecil. Untuk noda dengan ukuran kecil Anda bisa memakai cuka lalu mengelapnya dengan memakai kain mikrofiber. Atau Anda bisa membuat campuran dari satu sendok teh cairan pembersih cuci piring dan air hangat. Lalu kocok dengan memakai mixer atau bisa juga memakai pengocok adonan untuk melarutkannya. Kocok sampai muncul busa lembut pada permukaan cairan. Lalu letakkan cairan pada wadah spary agar mudah untuk digunakan. Anda juga bisa memakainya berkali-kali. Untuk membersihkan sofa, ambil busa secara perlahan dan gosok memakai sikat lembut pada permukaan kain yang terkena noda. Anda juga bisa memijat secara lembut pada sofa sampai noda hilang. Lalu bilas dengan memakai kain putih yang sudah diberi sedikit air. Jika memang belum hilang Anda bisa mengulangi langkah tersebut bebebrapa kali sampai noda membandel hilang.

Memakai Penghisap Debu         

Vacuum cleaner atau penghisap debu bisa menjadi salah satu pilihan mudah untuk Anda gunakan membersihkan sofa.  Dengan memakai penghisap debu maka Anda bisa mengusir debu dan kotoran dari sofa. Untuk memudahkan pekerjaan Anda membersihkan debu maka Anda bisa memilih penghisap debu yang memiliki pegangan tangan atau penghisap debu portable yang mana bisa menjangkau sudut-sudut sempit dari ruangan. Jika Anda memiliki sofa dengan permukaan bulu maka Anda bisa memilih sikat lembut untuk dipasang pada vacuum cleaner.  Untuk membersihkan sofa dengan memakai penghisap debu Anda bisa memulainya dari bagian atas lalu bagian bawah kursi. Kemudian dari arah kanan ke kiri. Untuk membersihkan sofa Anda harus membersihkannya dengan arah yang teratur agar semua area terjangkau dan tidak ada area yang tertinggal. Pastikan Anda membersihkannya dengan teratur agar sofa selalu tampak baru.

Membersihkannya Secara Total

Setelah noda membandel dan debu berhasil Anda bersihkan maka Anda harus melakukan pembersihan secara total. Anda juga perlu untuk menyikat seluruh permukaan dengan memakai sikat lembut. Selain sikat lembut, busa lembut juga bisa Anda pilih. Pastikan Anda menyikat seluruh permukaan dengan memakai sikat lembut atau pun dengan memakai spons untuk menghilangkan residu yang terisa. Memakai busa atau lap yang lembab menjadi pilihan yang tepat untuk membersihkan sofa, hal ini bertujuan agar sofa cepat kering. Jika Anda memakai lap basah maka proses pengeringan akan memakan waktu cukup lama dan membuat sofa menjadi lembap. Anda juga harus ingat jika tidak semua sofa bisa Anda berishkan sendiri, ada beberapa jenis sofa yang hanya boleh dibersihkan oleh ahlinya mengingat bahan sofa yang digunakan cukup mahal dan harus mendapatkan perawatan dari ahlinya.

Biarkan Mengering Sendiri

Setelah membersihka sofa maka langkah terhakir yang harus Anda lakukan adalah melakukan pengeringan. Dan untuk melakukan pengeringan ini Anda bisa membiarkannya secara alami. Mengeringkan sofa menjadi hal yang wajib Anda lakukan karena ketika furnitur utama sofa atau biasa disebut upholstery tidak kering dengan maksimal maka akan menjadi tempat bersarannya lumut dan jamur. Untuk itu setelah membersihkan sofa biarkan mengering secara alami, Anda bisa membuka jendela atau atau pintu untuk mempermudah proses pengeringan permukaan sofa.

Baca juga: 4 Keunggulan Sofa Warna Putih Ini Menjadi Alasan Kenapa Anda Harus Memilihnya

Facebook Comments
love
Senang
0%
haha
Terinspirasi
0%
wow
Netral
100%
sad
Sedih
0%
angry
Marah
0%