10 Fakta Menarik Tentang Saxophone

0
7966
Fakta Menarik Tentang Saxophone

Fakta Menarik Tentang Saxophone – Bagi Anda pecinta musik jazz pastinya sudah tidak asing lagi bukan dengan alunan suara dan istrumen saxophone? Ya, instrumen pengiring jazz ini adalah alat musik yang masuk dalam instrumen earphone, single-reed woodwind instrument. Kenyataannya tak banyak lho yang bisa memainkan alat musik satu ini, khususnya di Indonesia. Nah, oleh karenanya tak ada salahnya bukan mengenal lebih jauh alat musik satu ini?

Artikel Kita kali ini akan sedikit banyak mengulas tentang 10 fakta menarik tentang saxophone yang jarang orang orang ketahui. Berikut ini adalah ulasannya :

Kelas Saxophone

Tak hanya sekolah yang memiliki kelas, saxophone pun memiliki kelas juga lho. Beberapa kelas ini dikelompokkan berdasarkan pada ukuran, range harga serta fungsi yang melekat pada saxophone itu sendiri. Mulai dari yang paling kecil, ada Sopranino Saxophone, Soprano Saxophone, Alto Saxophone,Tenor Saxophone, Baritone Saxophone hingga Contrabass Saxophone.

Instrumen Tiup

Hal berikutnya yang membedakn antara saxophone dengan alat musik yang lain adalah penggunaan material logam. Jika Kita lihat bersama untuk jenis instrumen tiup yang satu dengan yang lain pastinya Saxophone paling berbeda.

Bagian Saxophone

Well, selanjutnya yang perlu Anda ketahui adalah bagian bagian saxophone itu sendiri. Saxophone terbagi menjadi empat bagian utama, yakni mountpiece, neck, body dan bell yang masing masing bagian memiliki peran panting dalam terbentuknya suara serta nada yang indah. Hal ini tentunya sangat penting untuk diketahui, utamanya untuk Anda yang ingin belajr memainkan saxopohne.

Mouthpiece atau corong yang digunakan oleh pemain dulunya terbuat dari kayu lunak seperti boxwood dan kayu kayu solid lainnya seperti granadilla dan rosewood. Bhkan hingga saat ini produsen saxophone ternama dunia, Theo Wanna masih menggunakan bahan kayu. Namun semakin majunya zaman, dan berkat penemuan karet fulkanisi, corong karet keras lebih sering digunakan untuk bagian mouthpiece ini lantaran memiliki kekuatan dan fleksibilitas.

Perawatan Saxophone

Beberapa bagian saxopohe memiliki komponen yang tipis dan peka terhadap benturan. Oleh karenanya Anda harus ekstra hati hati dalam memakai maupun merawat saxophone kesayangan Anda. Mulailah dari memegang dan menggunakan saxophone secara benar, dan simpan saxophone di tempat yang tak rawan terkena benturan, sehingga komponen didalam saxophone terjaga kualitasnya.

Pembersihan Instrument Usai Digunakan

Langkah selanjutnya yang perlu Anda ketahui adalah perihal membersihkan instrumen usai digunakan. Usahakan saxophone dibersihkan  serta di keringkan usai digunakan. Beberapa bagian dalam Saxophone sangat rawan basah akibat nafas yang ditiupkan selama bermain, oleh karenanya Anda harus mengeringkan bagian dalam saxophone menggunakan lap bersih dan lembut. Pada bagian dalam mouthpiece haru segera dicuci setelah digunakan agar tetap bersih serta terhindar dari bakteri.

Cara Meletakkan Saxophone Yang Benar

Selanjutnya yang wajib Anda ketahui adalah cara meletakkan saxophone dengan benar. Saxophone dengan harga berjuta juta tentunya akan sangat saying sekali bukan jika Kita meletakkannya secara sembarangan. Saxophone kesayangan Anda sebaiknya diletakkan di tempat duduk khusus saxophone atau yang biasa disebut dengan saxophone stand. Dengan alat ini saxophone kesayangan Anda akan terhindar dari goresan goresan serta resiko lainnya. Sistem saxophone stand ini akan mendirikan saxophone dengan bertumpu pada bagian bell.

Pembuat Saxophone

Sejarah mencatatkan bahwa saxophone pertama dibuat oleh Adolphe Sax pada tahun 1840. Adolphe  adalah seorang musician asal Belgia. Hal tersebut bermula ketia dirinya memiliki keinginan untuk dapat menciptakan clarinet dengan nada octave menggunakan jari-jari tangan posisi atas  dan bawah. Kemudian tercetus lah sebuah instrument yang kini disebut dengan saxophone.

Saxophone  dalam Dunia Musik

Setiap inovasi tentunya memiliki jeda waktu untuk dapat diterima di masyarakat, bergitu pun saxophone ini. Sejak kemunculannya pertama kali saxophone hingga pada abad ke 19 nyatanya saxophone belum dapat diterima oleh symphony orchestra hingga pada abad ke 20 instrumen ini baru dapat diterima, itupun belum langsung masuk dalam kancah music jazz sepertis ekarang ini. Saxophone dulunya diterim pertama kali di ranah marching band militer.

Namun kini saxophone semakin dikenal oleh masyarakat luas, hal tersebut terbukti dengan masuknya saxophone ke aliran music jazz yang kini mulai di minati masyarakat. Fakta tersebut tentunya menunjukkan bahwa saxophone pun tak kalah jika dibandingkan dengan instrument yang lebih dulu ada seperti halnya clarinet.

Pemain Saxophone

Anda pastinya pernah mendengan Kenny G dan Dave Koz bukan? Yak, betul sekali, kedua pemain alat instrumental tersebut adalah beberapa nama yang fenomenal dalam memainkan saxophone. Lagu dari Kenny G yang paling popular adalah “For ever in love”, bahkan kedatangannya di Indonesia beberapa tahun lalu sangat dikenang lantaran namanya yang melegenda di jagat music jazz instrumental.

Merek Saxophone Yang Terkenal

Setelah mengenal sejarah, pemain, serta cara perawatannya selanjutnya yang perlu Anda ketahui adalah merek merek saxophone ternama yang sering kali digunakan oleh pemain instrumental. Sebut saja nama merek saxophone yang terkenal adalah “Selmer”. Awalnya merek ini berawal dari nama seorang warga Negara Perancis yang kemudian di abadikan menjadi nama sebuah merek saxophone.

Well, demikianlah beberpa hal yang patut Anda ketahui dari saxophone. Jika ingin mengenal saxophone lebih jauh tentunya bukan hanya mampu memainkannya saja, melainkan juga setidaknya harus tau latar belakang instrument satu ini. Nah, untuk Anda yang ingin belajar lebih jauh tentang saxophone, bisa cari instruktur saxophone yang handal dibidangnya. Selamat mencoba!

Facebook Comments
love
Senang
25%
haha
Terinspirasi
75%
wow
Netral
0%
sad
Sedih
0%
angry
Marah
0%