Tips Mempercantik Interior Mobil

0
1213
Tips Mempercantik Interior Mobil

Tips Mempercantik Interior Mobil – Bagi Anda yang memiliki kendaraan mobil, pastinya akan selalu ingin melihat mobil Anda terlihat selalu bersih dan terawat. Layaknya seperti manusia, kini beberapa layanan salon mobil disediakan untuk mempercantik sisi eksterior dan interior mobil Anda. Selain itu, kini salon mobil merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi bagi pemilik mobil, karena waktu mereka yang padat tidak akan sempat untuk mempercantik mobil mereka.

Sebenarnya apa saja yang dapat diberikan dalam layanan jasa salaon mobil tersebut? berikut kami sajikan ulasannya.

Poles & Detailing Interior

Pada salah satu salon mobil yang menyediakan layanan tersebut, mereka menyediakan layanan pembersihan interior mobil, seperti pembersihan kursi, karpet, plafon, dashboard, sekat-sekat AC dan sebelum finishing diberikan uap panas untuk membunuh bakteri di bagian mobil Anda. Kemudian mereka memberikan lapisan perlindungan extra pada semua bagian interior mobil.

Body Ceramic Coating

Tahap ini adalah memberikan proteksi maksimum untuk body mobil Anda dengan memberikan lapisan nano ceramic yang seperti kaca. Coating di sini tidak hanya melindungi mobil Anda dari jamur atau cuaca ekstra seperti hujan ataupun terik matahari saja. Akan tetapi dapat mempertahankan kilau poles mobil. Selain itu, karena coating ditambahkan lapisan nano sehingga jamur tidak akan melekat di mobil Anda.

Coating ini memiliki daya tahan yang jauh lebih lama daripada dengan coating wax. Coating ini dapat bertahan hingga 8-12 bulan, dan dapat melindungi cat mobil Anda dari goresan halus.

Coating Kaca Mobil

Coating kaca mobil sebenarnya memiliki fungsi sama dengan coating body mobil, yakni melindungi kaca dari jamur. Selain itu, dengan menggunakan coating kaca ini, Anda dapat melihat dengan jelas saat berkendaraan dalam kondisi hujan atau malam hari, karena coating kaca mobil ini dapat memberikan pandangan lebih jelas. Karena memang sebenarnya, kaca mobil yang sudah dipoles dan dibersihkan idealnya harus diberikan coating agar selalu terjaga kejernihannya. Jika Anda merasa kaca mobil kotor, hal yang perlu Anda lakukan hanya mencuci dengan air lalu keringkan dengan kain bersih.

Itulah beberapa fitur yang diberikan oleh salah satu salon mobil. Namun bagi Anda yang ingin mempercantik dan merawat mobil Anda sendiri, berikut kami juga sediakan beberapa tipsnya.

Membersihkan Jok Mobil

Jok mobil terdiri dari beberapa bahan, yaitu jok berbahan kain dan kulit. Jika jok mobil Anda berbahan kain cara membersihkannya bisa dilakukan dengan menggunakan detergen yang lembut. Namun, sebelum memulai membersihkannya, ada beberapa hal uang harus diperhatikan, antara lain adalah bersihkan debu dan kotoran pada jok mobil Anda dengan bantuan vaccum cleaner. Hal ini dilakukan agar tidak menyisakan debu dan kotoran saat dibersihkan nanti. Kemudian, isi ember dengan air hangat lalu tuangkan sedikit detergen tersebut.

Setelah itu, rendam spons ke dalam ember tersebut hingga berbusa dan gosokan ke seluruh bagian jok mobil. Namun jangan biarkan jok mobil Anda teralu basah dan juga hindari penggunaan spons yang terlalu besar. Hal ini bertujuan agar jok lebih cepat kering. Setelah jok mobil bersih, basahi handuk dngan air dingin, lalu gosok seluruh permukaan jok dengan handuk untuk mengilangkan sisa-sisa detergen yang mengendap di jok mobil Anda.

Lantas bagaimana jika jok mobil berbahan kulit? Memang jok mobil berbahan kulit ini membutuhkan perawatan yang ekstra dibanding dengan jok mobil berbahan kain. Namun sama halnya dengan jok berbahan kain, Anda dapat menggunakan vaccum cleaner untuk membersihkannya.

Sebenarnya caranya sama dengan jok berbahan kain yaitu bersihkan semua remah-remah pada jok sebelum Anda membersihkannya dengan vaccum cleaner. Namun yang membedakan adalah penggunaan sabun khusus untuk jok berbahan kulit.

Setelah Anda membersihkannya dengan sabun khusus, lap dengan kain lembut untuk menghilangkan sabun tersebut. Pastikan juga Anda mengelapnya secara sempurna agar tidak tersisa sabun tersebut. tahap terakhir adalah mengoleskan cairan atau kondisoner khusus untuk merawat jok berbahan kulit.

Selalu Jaga Kebersihan

Jika Anda hendak membawa mobil Anda ke salon mobil, ada baiknya jika Anda mulai merawat mobil Anda terlebih dahulu. Pasalnya, jika Anda pergi ke salon mobil hal itu akan bertahan dalam renta waktu yang tidak akan lama, maka dari itu, Anda juga harus ikut merawat mobil Anda sendiri. Hal yang Anda dapat lakukan adalah selalu menjaga kebersihan mobil, yakni memperhatikan dashboard Anda.

Terkadang pemilik mobil hanya memperhatikan tampilan mobil luar saja, namun untuk keadaan mobil di dalam terkadang diabaikan. Dashboard sangat mudah terpapar oleh debu dan bakteri, untuk itu Anda harus membersihkannya dengan cara mengelap menggunakan kain yang sudah direndam dengan sabun khusus atau detergen. Namun jangan terlalu banyak menuangkan detergen, hal ini akan mengakibatkan permukaan dashboard licin dan tidak dapat dibersihkan secara maksimal. Anda juga dapat menggunakan tisu basah untuk mengelapnya. Usahakan Anda membersihkan dashboard ini seminggu sekali, atau bahkan 3 hari sekali jika keadaan dashboard sudah berdebu.

Gunakan Jok Sarung

Bagi Anda yang ingin selalu tampil berbeda, Anda dapat mengganti jok mobil Anda dengan jok sarung. Jok sarung ini adalah jok untuk melindungi jok aslinya. Jok sarung ini juga dapat dilepas jika Anda sudah merasa bosan dengan jok sebelumnya, dan jok ini juga mudah dibersihkan jika terkena noda atau kotor.

Ya, berikut adalah tips seputar merawat dn mempercantik mobil Anda. Jika memang Anda ingin maksimal dalam mempercantik mobil,  membawa mobil Anda ke salon mobil adalah salah satu pilihan yang dapat dilakukan. Selamat mencoba!

love
Senang
0%
haha
Terinspirasi
100%
wow
Netral
0%
sad
Sedih
0%
angry
Marah
0%