Ingin Membuat Website? Ini Beberapa Tips Membuat Website yang Harus Anda Perhatikan

0
2586
Tips Membuat Website

Tips Membuat Website – Dalam pembangunan sebuah website terdapat beberapa point yang perlu diperhatikan.Point-point penting yang harus diperhatikan tersebut meliputi beberapa hal, diantara adalah sebagai berikut:

Pilih hosting yang sesuai kebutuhan Anda

Apa itu hosting? Hosting adalah tempat Anda menyimpan data-data website Anda kelak. Setiap artikel, gambar, dan berbagai video yang kelak Anda masukkan di website, harus dirumahkan di satu tempat. Nah, tempat itulah yang disebut hosting.

Pada dasarnya, website Anda hanyalah sekumpulan file-file. File-file ini harus disimpan di satu tempat, agar orang lain dapat mengaksesnya kapan saja, 24 jam sehari. Di sinilah hosting berperan, yaitu menjadi rumah bagi website Anda sekaligus menjaganya agar tidak dibajak. Hosting sendiri ada yang gratis dan berbayar.

Kalau hosting yang gratis, Anda bisa mendapatkannya di wordpress dan blogspot. Kalau menggunakan yang gratis, ada banyak keterbatasan, dan juga nama situs Anda nanti akan diberi embel-embel wordpress.com atau blogspot.com. Kalau menggunakan hosting berbayar, website Anda kelak diberi ekstensi .com. Atau .id, atau .org, apapun yang Anda pilih kelak. Sehingga terlihat lebih profesional.

Hosting berbayar saat ini sudah banyak di Indonesia. Harganya pun cukup bersaing. Namun yang perlu Anda perhatikan adalah, Anda harus memilih hosting yang sesuai kebutuhan Anda. Pilihan layanan hosting bervariasi, tergantung seberapa besar kapasitas penggunaan yang Anda butuhkan. Selain itu, kecepatan dan keamanan situs juga seringkali dipengaruhi layanan hosting yang Anda pilih.

Ada beberapa layanan hosting murah, namun pilihan kapasitasnya kecil. Selain itu tidak dilengkapi dengan keamanan yang memadai.

Sebaiknya sebelum memilih hosting, pikirkan dulu: apa yang Anda butuhkan untuk situs Anda? Apakah Anda butuh kapasitas besar (untuk menyimpan banyak gambar)? Atau hanya untuk menampung tulisan-tulisan saja?

Gunakan CMS yang Anda paling nyaman

Jika Anda ingin punya situs tapi tidak paham kode-kode komputer, menggunakan CMS adalah pilihan paling aman. CMS adalah singkatan dari content management system. Secara gampang, CMS adalah sistem untuk mengelola isi situs Anda kelak.

Pilhan CMS ada banyak, tergantung kebutuhan. Namun yang paling populer adalah CMS milik wordpress. CMS wordpress tergolong mudah dipelajari, banyak plugin untuk memberi fitur-fitur tambahan, dan artikelnya mudah masuk halaman satu google.

Sebenarnya selain wordpress, ada banyak CMS lain. Di antaranya:

  • CMS untuk membangun e-Commerce, seperti OsCommerce, Opencart, dan Drupal.
  • CMS untuk membangun web e-Learning, contohnya Moodle.
  • CMS untuk membangun personal web, seperti joomla!, Mambo.
  • CMS untuk membangun web e-Forum, contohnya phpBB, MYBB, Vbulletin.

Untuk CMS wordpress sendiri sebenarnya paling nyaman, karena dari wordpress pun sudah bisa dibuat situs toko online, forum, dan personal web. Namun kembalikan lagi ke kebutuhan Anda.

Pilih tema yang sesuai

Tema adalah tampilan utama yang terlihat di situs Anda. Dengan tema yang indah, situs Anda bisa tampil nyaman di mata pengguna. Ini membuat pengunjung betah berlama-lama di situs Anda. Atau mungkin, jadi tertarik membeli produk yang Anda pasang di situs.

Sebenarnya sudah ada banyak tema situs yang tersedia di internet, namun jika Anda ingin tema yang khusus, Anda dapat mencari jasa pembuatan website.

Awasi kecepatan website

Website yang baik tidak hanya yang tampil memukau, namun juga cepat diakses. Jika situs Anda menarik namun lama munculnya, orang-orang akan segera menutup situs Anda dan beralih ke website lain. Sayang sekali, kan? Kecepatan akses sebuah situs tergantung dari banyak hal, seperti kualitas server hosting, gambar-gambar di situs, dan berapa banyak fitur yang Anda masukkan.

Untuk meningkatkan kecepatan situs, Anda perlu memilih-milih fitur apa saja yang mau Anda pasang di situs. Misalkan situs Anda tidak memerlukan pemutar audio, ya tidak usah memasang plugin lagu di situs Anda. Tidak perlu juga memasang hiasan kelap kelip di situs.

Selain itu perhatikan juga ukuran gambar. Kecilkan saja ukuran gambar di situs Anda, jadi semakin ringan dan cepat file gambar Anda diakses.

Gunakan fitur AMP dari Google

Ada sebuah fitur dari Google yang disebut AMP, atau accelerated mobile pages. Fitur ini adalah sebuah opsi dari Google yang membuat situs Anda lebih mudah dan ringan diakses melalui ponsel. Dengan menggunakan fitur AMP, ada beberapa hal yang bisa Anda dapatkan, di antaranya adalah kecepatan situs Anda lebih cepat saat diakses ponsel dan situs Anda mendapat peringkat lebih tinggi di Google.

Bila website Anda kelak menggunakan CMS WordPress, AMP dapat diterapkan dengan menggunakan plugin AMP. Jika Anda menggunakan CMS jenis lain, AMP harus diterapkan dengan kode tertentu. Kalau Anda menggunakan jasa pembuatan website, Anda dapat meminta untuk menerapkan AMP di situs Anda kelak.

Perhatikan SEO dalam website

Anda pasti ingin situs buatan Anda terlihat oleh banyak orang. Dan semua orang menggunakan mesin pencari (Google) untuk menemukan situs yang mereka inginkan. Nah, agar situs Anda terlihat di hasil pencarian teratas Google, Anda harus menerapkan SEO di website Anda. SEO, atau Search Engine Optimization.

Membahas Search Engine Optimization akan butuh penjelasan panjang. Namun jika Anda tidak ingin direpotkan dengan urusan teknis seperti SEO, Anda dapat berkonsultasi dengan jasa konsultan SEO.

Gunakan HTTPS

HTTPS adalah Hypertext Transfer Protocol Secure. Fungsinya adalah memastikan transfer file data antara situs dan pengunjung dapat dilakukan melalui saluran pengiriman yang aman. HTTPS tidak memberi dampak yang kasat mata, namun sebenarnya keamanan privasi dan data sangat diperlukan di era informasi modern, apalagi jika situs Anda kelak adalah situs toko online. Selain itu, Google saat ini lebih menyukai situs yang telah memiliki HTTPS. Agar situs Anda dilengkapi HTTPS, Anda harus berlangganan sertifikat keamanan. Layanan keamanan ini biasanya berbayar, tapi ada juga yang gratis, seperti layanan HTTPS dari Let’s Encrypt.

Manfaatkan sosial media

Hampir semua orang saat ini memiliki sosial media. Orang-orang berinteraksi dan berbagi banyak hal di sosial media. Jika Anda kelak sudah memiliki situs, bagikan saja link website Anda ke sosial media. Kabari juga beberapa teman untuk melihat dan membagikan link situs Anda ke teman-teman yang lain. Dengan demikian, situs Anda lebih cepat dikenali.

Nah, demikianlah beberapa tips yang dapat kami berikan seputar membuat website. Semoga dapat membantu Anda.

Facebook Comments
love
Senang
0%
haha
Terinspirasi
66%
wow
Netral
0%
sad
Sedih
0%
angry
Marah
33%