Berencana Lakukan Liburan Bersama-sama, Inilah Langkah Sewa Bus Pariwisata Yang Aman

0
1629
Halojasa Langkah sewa bus pariwisata

Langkah sewa bus pariwisata – Kebutuhan akan hiburan dan pariwisata sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat masa kini. Bukan hanya masyarakat umum saja yang bisa menikmati kunjungan ke sebuah tempat bersama-sama dengan keluarga besarnya, tetapi rekan kantor dan anak-anak sekolah juga senang bisa menikmati liburan bersama.

Berbicara soal liburan bersama, tak lepas dari urusan transportasi. Bus adalah transportasi yang umum digunakan. Selain nyaman, kendaraan yang satu ini mampu mengangkut banyak penumpang. Dengan banyaknya permintaan liburan banyak pula agen bus paririwisata yang menawarkan segudang fasilitas. Mulai dari bus pariwisata ber AC, bus dengan jaringan Wifi, hingga fasilitas kenyamanan tempat duduk.

Sayangnyat tidak semua fasilitas pelengkap bus pariwisata bisa didapat dengan mudah. Yang terpenting adalah Anda pandai dalam memilih jenis bus mana yang sesuai dengan harga dan fasilitasnya. Jangan sampai nanti Anda tertipu dengan harga mahal namun minum fasilitas. Bahkan harga yang mahal belum tentu mendapat bus yang prima. Salah-salah ujungnya bus jadi mudah mogok, kurang nyaman ketika dikendarai dan membuat molor perjalanan.

Agar dapat menghindari masalah ini, paling penting adalah ikuti tips supaya pada waktu menyewa bus pariwisata Anda tak tertipu. Berikut tahapan wajib diperhatikan saat menyewa bus pariwisata agar nanti tak kecewa.

  1. Lakukan pemesanan

Tahapan pertama yang bisa dilakukan saat ingin menyewa bus pariwisata untuk acara liburan adalah melakukan pemesanan. Anda bisa mencari tahu dimana lokasi agen penyedia rental bul pariwisata di kota Anda. Kemudia datangi agen tersebut atau bisa browsing melalui situs online pemilik jasa sewa bus. Akan tetapi jika Anda tidak membutuhkan waktu untuk pergi ke kantor agen jasa bus, bisa menghubunginya lewat telepon. Mintalah customer service menceritakan tentang keunggulan agen bus tersebut beserta harganya. Tanyakan kapan bus bisa di pesan, lama durasi pemakaian bus, jumlah kapasitas penumpang serta tujuan wisata. Jika anda berkeinginan memesan, maka data Anda sangat membantu agar pemilih jasa sewa bus dapat menentukan harga sewa bus yang harus dikelarkan.

  1. Lihat jumlah dan kapasitas kursi bus

Jumlah penumpang menentukan kapasitas bus pariwisata yang Anda pilih. Jangan sampai nanti jumlah penumpang melebihi kapasitas tempat duduk bus. Sangan tak disarankan karena dapat mengganggu perjalanan saat bus mulai beroperasi. Akan tetapi jika jumlah penumpah lebih sedikit daripada jumlah kursi bus maka Anda hanya akan rugi sebab biasanya harga yang dipatok oleh agen sesuai dengan jumlah kursi. Pastikan data penumpang Anda sesuai dengan jumlah kursi yang dipesan agar tak ikut menanggung biasa. Anda bisa memilih bus pariwisata besar dari 44 sampai 60 kursi, bus pariwisata mini mulai 24 kursi atau bus pariwisata medium dengan 27 sampai 31 kursi.

  1. Tanyakan detail fasilitas bus dan service

Umumnya, harga sewa yang diberikan pihak rental bus sudah termasuk dengan fasilitas penunjang operasional seperti bahan bakar dan driver. Sementara biaya melewati tol, biaya parker atau tiket masuk pariwisata tidak termasuk dalam biaya operasional bus. Dan biaya ini akan dibebankan oleh pihak penyewa bus pariwisata termasuk biasa konsumsi driver dan kernetnya. Ditambah persaingan antar jasa penyedia transportasi bus pariwisata juga mendorong banyak perusahaan bus berlomba-lomba menyajikan layanan dengan aneka fasilitas. Mulai dari AC, perangkat multimedia, wifi hingga karaoke. Fasilitas ini sudah menjadi hal wajib disediakan oleh agen bus. Tak lupa menambahkan kursi yang nyaman, empuk dengan leg room yang luar. Ada pula yang memasangkan plugin charger untuk penumpang yang membutuhkan layanan isi batrei. Jadi, pastikan Anda menanyakan detail tentang fasilitas dengan kesesuaian harga bus yang disewa.

  1. Perhatikan proses pembayarannya

Anda mendapat pelayanan dalam kemudahan pembayaran adalah hal yang penting. Setelah Anda menyelesaikan tahap pemesanan dan memberikan informasi secara terperinci kepada agen saatnya mencari tahu berapa harga satu hari sewa bus pariwisata beserta driver nya. Pembayaran dapat dilakukan secara bertahap dengan menyerahkan DP nya terlebih dahulu. DP dapat diberikan satu har sebelum proses pemesanan bus. Besarnya DP juga ditentukan oleh agen bus dan berbeda tergantung kebijakan agen masing-masing.

Tak lupa untuk Anda juga ikut memastikan bahwa harga yang Anda dapatkan sesuai dengan perjanjian dan layanan fasilitas atau service yang diberikan pihak agen. Setelah melakukan booking dengan uang muka, proses pelunasan biasanya dapat dilakukan paling lama 7 hari sebelum keberangkatan. Langkah ini berguna untuk menghindari hal yang tak diinginkan seperti pembatalan keberangkatan karena bus sudah lebih dahulu dipesan oleh pihak lain. Selain itu, penting memastikan Anda melunasi biaya supaya tidak ada pembatalan keberangkatan karena pihak agen tidak kunjung mendapat kepastian dari Anda kapan bisa melunasi dan apakah benar ingin melanjutkan perjalanan.

  1. Pilih waktu pemesanan sesuai dengan kebutuhan dan hari

Biasanya, harga sewa juga bisa berupah karena disesuaikan dengan waktu. Memesan bus pada waktu lebaran tentu harga yang disewa akan berbeda dibanding hari-hari biasa. Pemakaian bus pariwisata di hari libur panjang, lebaran, tahun baru atau weeken meningkat. Karena meningkatnya jumlah pemesan karena rencana liburan masyarakat yang dilakukan secara bersamaan membuat harga sewa bus jadi meningkat bahkan lebih tajam. Sewa bus di musim tertentu membuat penyedia jasa rental bus memasang harga yang tak biasa. Jadi alangkah baiknya Anda menghindari kehabisan armada dengan melakukan pemesanan buah jauh-jauh hari. Anda bisa mulai memesan bus kapan saja untuk menghindari biaya yang naik. Atau jika ingin menghindar dari kemacetan karena musim liburan, Anda dapat memesan bus di hari-hari biasa, bisa saat weekend atau hari-hari aktif.

Demikian tips sewa bus pariwisata yang aman dan mudah. Pastikan juga Anda menghubungi jasa rental bus yang dapat dipercaya dan professional.

Baca juga: Tips Sewa Mobil Untuk Liburan Agar Lebih Untung

love
Senang
0%
haha
Terinspirasi
0%
wow
Netral
0%
sad
Sedih
0%
angry
Marah
0%