Panduan Mengembangkan SEO Untuk Situs Pemula, Wajib Dicoba!

0
1528
Halojasa Panduan mengembangkan SEO untuk situs pemula

Panduan mengembangkan SEO untuk situs pemula – Memiliki bisnis di bidang online bisa dibilang gampang-gampang susah. Akan tetapi bagi mereka yang telah mahir dan lama bekerja di bisnis online tentu tidak akan melewatkan banyak hal untuk menjaring pelanggan. Bagi pemilik usaha, memperkenalkan bisnisnya lewat situs bisa jadi solusi memperkaya jaringan konsumen. Sambil berselancar di dunia maya, kita bisa memperkenalkan produk dengan lebih mudah tanpa harus memakan banyak tenaga.

Akan tetapi dalam kenyataannya, menjalankan bisnis online tak semudah membalikkan telapak tangan. Salah satu hal utama yang menjadikan situs Anda mudah dikenali adalah bagaimana tentang SEO tersebut berjalan. Jangan sampai nanti situs Anda minim visitor karena ada masalah pada SEO nya. Lantas bagaimana solusinya?

Pada dasarnya, situs Anda mudah terlihat atau belum pernah dikunjungi oleh calon pembeli bisa dikaitakn dengan masalah SEO. Dan SEO adalah salah satu metode marketing yang paling efektif terlebih bagi pemilik situs berskala kecil dan belum memiliki modal besar. Artinya SEO adalah senjata terbaik untuk pemilik situs yang baru memulai bisnis namun minim modal. Berbeda dengan pebisnis besar yang memiliki modal untuk beriklan. Jadi, bagi Anda penasaran tentang cara memulai upaya menjalankan situs supaya mudah dikunjungi visitor, berikut cara menjalanan SEO bagi para pemilik situs online pemula.

  1. Kembangkan content strategi

Mengambangkan strategi konten termasuk teknik yang pertama kali harus Anda kuasai, atau setidaknya paham dan mengerti. Untuk melakukan teknik ini membutuhkan banyak persiapan serta langkah. Supaya bisa memberi hasil yang diingkan jadi lebih maksimal maka dibutuhkan langkah untuk optimalisasi konten. Yakni dengan content strategy atau strategi untuk memaksimalkan konten pada situs. Sayangnya masih banyak pemilik situs masih ragu menjalankan strategi ini karena banyak hal yang harus dilakukan. Artinya keterbatasan waktu juga jadi kendala.

Akan tetapi bagi yang memiliki keinginan kuat mengembangkan bisnis online, selain niat hal berikut dalam menunjang adalah paham akan konsep apa yang konsumen butuhkan. Jadi bukan membuat konten yang asal tetapi buatlah tulisan yang tepat sesuai bidang bisnis. Selain itu buatlah konten yang berkualitas dan benar-benar mampu memberi solusi soal apa yang konsumen inginkan. Jadi, apa yang Anda inginkan? Adalah konten authority.

Langkah konten authority dimulai dari memikirkan apa yang akan ditulis lalu tulislah. Secara detail Anda bisa menghubungkan antara produk atau jasa dengan apa yang tengah diinginkan konsumen. Anda bisa mencarinya di pencarian dengan mengetik kata kunci. Pikirkan juga apa kelebihan produk dan layanan Anda. Karena biasanya pelanggan akan melakukan tiga tahapan untuk mengenal produk yakni mengenal, melakukan pendekatan dan akhirnya memutuskan untuk membeli atau tidak.

  1. Proses membuat konten

Konten yang menarik tentunya akan menambah nilai jual. Setelah Anda tahu apa yang dibutuhkan konsumen langkah selanjutnya adalah membuat konten. Untuk bisa membuat konten berkualitas seperti konten authority, Anda membutuhkan tulisan yang cukup panjang. Konten yang terlalu pendek membuat para pembaca kurang puas sebab penjelasan yang ditulis kurang detail.

Sebelum memulai membuat konten authority, pertama Anda harus berfokus pada konten yang dibutuhkan konsumen dengan tidak melupakan keyword research. Dan tips membangun strategi konten biar sukses adalah pertama, jangan terlalu memasang target yang besar dengan membuat situs besar. Anda bisa mencoba dengan membuat blog tanpa biaya. Kemudian terapkan long tail keyword. Kedua, rencanakan untuk menulis konten secara rajin. Ketiga, mulailah kembangkan jenis konten lain dengan menambah beberapa tema pada blog. Dan keempat, jaring lebih banyak pembaca dengan membagikan konten Anda. Cara ini juga merupakan senjata ampuh untuk menyebarkan konten.

  1. Jaga hubungan baik dengan konsumen

Agar proses marketing Anda berjalan searah buatlah marketing yang bersifat interaktif yang berkaitan antara bisnis dengan konsumen. Akrablah dengan konsumen melalui media pembantu seperti media social. Tingkatkan interaksi dna komunikasi dengan para konsumen. Atau Anda bisa menambahkan kolom komentar atau forum pada situs. Hubunganya dengan SEO adalah mendatangkan trafik, mendapat komentar konsumen dan membangun authority.

  1. Tambah optimasi situs untuk perangkat mobile

Berikutnya tambahkan optimasi situs untuk perangkat mobile. Situs versi mobile tentu berbeda dengan situs versi desktop karena lokasi untuk melihat situs tentu sangat berbeda. Situs mobile akan membuat konsumen nyaman ketika membaca konten melalui perangkat mobile. Supaya bisa mengembangkan situs mobile yang friendly adalah dengan memilih template responsive sehingga mudah diakses sebab menggunakan perangkat lebih kecil.

Anda bisa buat bentuk yang lebih jelas dengan menambahkan menu atau tombol serta ukuran forn yang nyaman dicaba. Lalu hindari pemakaian pop ups atau fitus dimana situs akan menampilkan informasi tertentu dengan spontan melalui tampilan visual. Bahkan menurut Google, fitur ini bisa berpengaruh pada kinerja situs dan menurunkan rankingnya. Sebagai pengganti pop up bisa memakai tombol CTA. Tambahkan juga layanan saran untuk mengoptimalkan situs.

Belajar blogging sejatinya memang sangat menyenangkan namun membutuhkan banyak waktu untuk menguasainya. Pengetahuan menguasai SEO dan teknik blog lainnya begitu berharga terlebih lagi perkembangan industry online saat ini sudang begitu berkembang. Mulai belajar tentang programmer adalah langkah baru di era globalisasi. Dan hal yang tak boleh dilupakan yakni tidak tergesa-gesa dalam melakukan langkah bagaimana membuat situs untuk pemula. Jika kurang dalam memiliki ilmu tentang cara mmebuat situs, bisa gunakan jasa programmer. Sekian panduan mengembangkan SEO untuk situs pemula, semoga bermanfaat!

Baca juga: Faktor Penting Sebelum Menyewa Jasa SEO Yang Harus Anda Pertimbangkan

Facebook Comments
love
Senang
0%
haha
Terinspirasi
0%
wow
Netral
0%
sad
Sedih
0%
angry
Marah
0%