3 Cara Menguasai Ilmu Biologi, Kamu Wajib Tahu!

0
18594
Halojasa Cara menguasai ilmu Biologi

Cara menguasai ilmu Biologi – Untuk menguasai ilmu Biologi memang terbilang gampang-gampang susah. Tidak jarang banyak orang yang memilih untuk mempelajari pelajaran atau ilmu lain selain ilmu Biologi. Padahal bila menguasai ilmu Biologi, kita akan mendapatkan manfaat yang sangat luar biasa. Bila kita menguasai ilmu Biologi makan kita pun bisa sedikit banyak mengetahui prinsip-prinsip kehidupan. Hal ini karena ilmu Biologi adalah ilmu yang mengkaji perihal kehidupan dan alam di sekitar kita. Sayangnya, tidak semua orang mampu menguasai dan mendalami ilmu tersebut. Banyak hal yang berkaiatan dengan ilmu Biologi yang harus dikaji lebih dalam. Mulai dari topik yang terlihat sederhana contohnya saja manfaat dari makanan bagi tubuh manusia hingga topik yang terbilang rumit yaitu susunan genetika dan penurunan sifat-sifat manusia dari orang tua ke anak. Untuk menguasai hal tersebut diperlukan ketekunan dan kesungguhan. Nah, berikut ada  beberapa cara agar Anda bisa menguasai ilmu Biologi dengan lebih mudah.

  1. Menggunakan Media Yang Benar

Salah satu cara agar kita bisa lebih mudah memahami ilmu Biologi ialah menetapkan media yang benar. Dalam dunia pendidikan, media menjadi hal yang penting demi memudahkan para pembelajar menyerap ilmu yang diberikan. Sama halnya di sekolah, saat Anda belajar mandiri di rumah sebaiknya Anda menggunakan media yang tepat. Media yang tepat akan membantu Anda untuk menguasai ilmu tersebut. Salah satu media yang tepat untuk Anda gunakan dalam mempelajari ilmu Biologi ialah gambar. Seringkah Anda melihat gambar di berbagai tempat? Ternyata gambar sangat bermanfaat lho untuk mempelajari sesuatu. Dengan menggunakan media gambar, Anda bisa lebih mudah memahami konsep bahkan mengingat informasi yang mungkin sulit diingat. Dalam mempelajari ilmu Biologi pastinya banyak kata-kata asing yang kita temui. Kata-kata asing yang belum kita pahami tersebut bisa kita pelajari dan hafalkan lebih mudah dengan memanfaatkan media gambar. Agar lebih maksimal, buatlah gambar berupa diagram bila ingin mempelajari tentang tubuh misalnya jantung manusia dan sebagainya. Diagram tersebut akan membantu Anda dalam mengingat kembali bagian-bagian jantung lengkap dengan cara kerjanya. Satu gambar bisa digunakan untuk beberapa teori. Selain gambar berupa diagram, gambar jari-jari tangan Anda juga bisa menjadi media yang efektif lho. Coba gambarlah jari-jari tangan Anda pada kertas. Gunakan gambar-gambar tersebut untuk merangkum teori-teori yang sulit dan harus Anda hafalkan.

  1. Mengerucutkan Hal Spesifik

Salah satu cara paling mudah untuk mempelajari ilmu Biologi ialah dengan membuat konsep yang tepat. Membuat konsep yang tepat membutuhkan trik-trik khusus lho agar konsep tersebut lebih mudah dipahami. Mulailah dengan membuat konsep umum terlebih dahulu. Untuk mempelajari ilmu yang satu ini agar lebih efektif, sebaiknya buatlah konsep umum sebelum menggali hal-hal yang lebih spesifik. Contohnya, apabila Anda ingin memahami faktor-faktor yang berkaitan dengan binatang primata maka sebelumnya Anda harus membuat konsep tentang faktor-faktor apa yang saja berkaitan dengan hewan mamalia. Intinya, agar kita lebih memahami apa yang sedang dipelajari maka buatlah konsep secara menyeluruh terlebih dahulu baru kemudian beralih ke hal-hal yang spesifik. Masih bingung dengan langkah yang satu ini? Jangan khawatir, buatlah peta konsep dengan informasi yang lengkap. Peta konsep ini bisa berupa gambar pohon yang bercabang. Buat gambar pohon lengkap dengan cabang dan rantingnya. Dari gambar ini Anda bisa memulai mengaitkan hal umum ke hal-hal yang lebih spesifik. Contohnya, pada bagian gambar batang pohon tulislah hal-hal yang pokok misalnya saja konsep mengenai hewan mamalia. Kemudian isi bagin cabang pohon tersebut dengan hal-hal yang lebih mengerucut misalnya makanan dan ciri-cirinya. Dengan mengerucutkan hal-hal yang umum ke khusus Anda akan lebih mudah mempelajari ilmu Biologi.

  1. Pelajari Terminologi Yang Anda

Cara selanjutnya ialah mempelajari terminologinya. Kebanyakan pembelajar ilmu Biologi akan disulitkan dengan beragam istilah yang berbeda. Bahkan tidak hanya memahaminya, kita pun harus menghafal beragam istilah tersebut bila ingin menjadi pembelajar ilmu Biologi yang sukses. Singkatnya, bila Anda ingin sukses belajari ilmu Biologi maka Anda harus selalu membiasakan diri dengan semua istilah yang ada. Nah, metode yang paling tepat untuk mengatasi permasalahan ini ialah dengan menggali lebih dalam informasi dari setiap istilah yang kita temui. Bila Anda menemui sejumlah istilah rumit atau asing di telinga Anda, sebaiknya pecahlah istilah tersebut dan cari tahu asal istilah terseut. Identifikasi kata-kata tersebut dan catat di buku Anda. Setiap kali Anda mencatatnya di buku, Anda juga diharuskan mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai definisi istilah tersebut. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah menguasai beragam istilah di dalam ilmu Biologi. Ingatlah bahwa informasi tidak harus berupa kata-kata atau penjelasan lho. Informasi juga harus mencangkup gambar. Misalnya saja istilah spora. Cari tahu definisi spora tersebut, darimana asal kata tersebut dan bila ada gambar yang berkaitan atau menerangkan tentang spora lilahtlah detail gambarnya. Anda juga bisa mengulik seluk beluk spora dengan mencari tahu hal-hal yang berkaitan dengan spora lainnya.

Nah, itulah 3 cara paling sederhana dan mudah untuk menguasai ilmu Biologi. Ilmu Biologi sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia karena itu tidak ada salahnya kita memperdalam materi yang satu ini. Selain memanfaatkan cara di atas, kita juga bisa meminta bantuan kepada guru Biologi yang profesional. Dengan begitu, kita bisa bertanya tentang seluk beluk Biologi dan mengenal lebih dalam manfaat ilmu yang satu ini untuk kehidupan. Semoga membantu!

Baca juga: Tips Belajar Bahasa Thailand Mudah Dan Dijamin Berhasil

Facebook Comments
love
Senang
11%
haha
Terinspirasi
56%
wow
Netral
20%
sad
Sedih
4%
angry
Marah
7%