Batuk Gak Kelar-Kelar? Ini 11 Cara Pijat Batuk dan Keajaiban Titik-Titik Akupunktur-nya!

0
767
Cara Pijat Batuk yang Efektif Redakan Batuk Kering & BerdahakCara Pijat Batuk yang Efektif Redakan Batuk Kering & Berdahak
Cara Pijat Batuk yang Efektif Redakan Batuk Kering & Berdahak

Tahukah kamu, cara meredakan batuk berdahak tidak hanya dengan mengonsumsi obat, loh. Anda juga bisa mengatasi batuk dengan teknik pijatan tertentu. Lantas, bagaimana cara mengusir batuk berdahak dengan cara pijat? Yuk, simak artikel yang akan membahas mengenai cara pijat batuk berikut ini sampai tuntas, ya!

Jadi, di dalam tubuh manusia, terdapat beberapa titik yang saling terhubung dengan jaringan lainnya. Titik-titik tersebut dipercaya mampu membantu mengatasi sejumlah gejala atau masaalah yang dialami oleh tubuh. Titik-titik yang dimaksud tersebut biasa disebut dengan titik akupuntur. 

Nah, seperti penyakit pada umumnya, batuk juga dapat diatasi dengan memberikan treatment atau terapi tertentu pada titik-titik akupuntur tersebut. Meski begitu, Anda juga tidak bisa melakukannya secara sembarangan. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar pijatan tersebut efektif meredakan batuk.

Sebelumnya, perlu Anda ketahui, batuk sendiri memiliki jenis yang berbeda-beda, mulai dari batuk berdahak, hingga batuk kering yang kerap membuat tenggorokan tidak nyaman. Meskipun batuk seringkali dianggap sebagai penyakit sepele, akan tetapi perlu Anda ketahui, batuk memiliki dampak yang cukup signifikan terhadap tubuh. 

Ini Masalah Batuk dan Dampaknya yang Perlu Kamu Tahu

Gunakan Alternatif Pijat untuk Redakan Batuk Berdahak
Gunakan Alternatif Pijat untuk Redakan Batuk Berdahak

Sebelum membahas lebih jauh mengenai cara pijat batuk untuk orang dewasa, sebaiknya kita kenali terlebih dahulu berbagai permasalahan batuk dan dampaknya terhadap kesehatan tubuh. Banyak yang menganggap batuk merupakan masalah biasa bahkan terjadi secara alami dalam tubuh. 

Batuk dapat terjadi lantaran terjadinya pembuangan udara secara cepat dari paru-paru untuk membersihkan tenggorokan dari lendir, mikroba, cairan asing, dan iritan lainnya. Umumnya, batuk terjadi paling lama 18 hari. Namun, jika lebih dari itu, batuk tersebut bisa digolongkan ke dalam batuk kronis.

Jika sudah demikian, maka batuk bisa jadi pertanda dari adanya masalah kesehatan lain yang lebih berat. Dalam waktu yang cukup lama, gejala ini tanpa disadari, dapat menimbulkan efek tertentu pada tubuh, seperti nyeri otot, keretakan tulang rusuk, cedera pembuluh darah, pecahnya diafragma, hernia, cedera saraf tenggorokan, hingga batuk darah.

Mengingat dampaknya yang cukup signifikan pada tubuh, Anda tentu tidak ingin membiarkan batuk mengganggu tubuh begitu saja. Selain bantuan medis yang memadai, terdapat cara ampuh untuk meredakan batuk, yakni dengan pijatan. Kok bisa, sih? Yuk, cari tahu bagaimana peran penting pijat untuk meredakan batuk!

Ini Peran Penting Pijat Sebagai Alternatif Pengobatan Batuk

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, teknik pijat tertentu ternyata dapat meredakan batuk, baik batuk berdahak maupun batuk kering. Cara pijat batuk yang efektif sendiri membutuhkan pengetahuan khusus, terutama tentang titik akupuntur, lebih khusus lagi titik pijat untuk batuk.

Titik pijat batuk berdahak berbeda dengan titik pijat pada batuk kering. Namun, sebelum membahas lebih jauh mengenai cara pijat untuk meredakan batuk, perlu Anda ketahui, apa sebenarnya peran penting titik-titik tersebut terhadap kesehatan tubuh, terutama untuk meredakan batuk? 

Setidaknya, terdapat sebelas titik penting dalam tubuh yang berhubungan dengan batuk. Masing-masing titik tersebut, jika mendapatkan treatment, akan memiliki fungsi yang hampir sama. Sebut saja, misalnya, Titik Tiantu yang memiliki efek melebarkan otot dada dan mengatur energi dalam tubuh. 

Titik Tiantu ini akan berguna untuk membersihkan paru-paru dan melegakan napas. Tentu hal tersebut akan membantu meringankan gejala batuk, sakit tenggorokan, hingga asma karena penyempitan saluran pernapasan. Begitu pula dengan Titik Taiyuan titik pijat batuk di tangan, Titik Yunmen di pundak, dan sebagainya. 

Hal inilah yang membuat pijatan dapat menjadi alternatif yang relatif lebih alami untuk membantu meredakan batuk yang membuat tubuh tidak nyaman. Agar Anda dapat menentukan treatment yang sesuai, yuk, cari tahu lebih dalam tentang batuk, penyebab dan jenis-jenisnya.

Memahami Gejala Batuk Pada Tubuh dan Treatment-nya

Jadi, Anda harus mengetahui terlebih dahulu gejala batuk yang terjadi pada tubuh Anda, sebelum memutuskan untuk memberikan treatment tertentu. Ada berapa, sih, jenis batuk yang bisa menyerang tubuh?

  • Batuk Berdahak dan Penyebabnya

Jenis batuk yang umum terjadi pada tubuh adalah batuk berdahak. Hal ini dapat terjadi pada tubuh lantaran terdapat cairan asing, seperti lendir, yang mengganggu saluran pernapasan, sehingga harus dikeluarkan. 

Baca Juga  Manfaat dan Teknik Pijat Akupresur: Keajaiban Titik-Titik Energi

Batuk berdahak sendiri memiliki beberapa gejala, di antaranya adalah batuk berdahak bening, batuk berdahak kehijauan, batuk berdahak putih, dan batuk berdahak hitam (melanotypsis). Masing-masing gejala tersebut memiliki penyebab yang berbeda-beda. 

  • Batuk berdahak bening biasa terjadi akibat bulu hewan peliharaan atau alergi.
  • Batuk berdahak kuning atau hijau dapat terjadi akibat infeksi pada saluran pernapasan. 
  • Batuk berdahak putih bisa menjadi indikasi beberapa jenis penyakit lainnya, seperti gerd, COPD, bronkitis virus, gagal jantung. Batuk ini biasanya akan disertai dengan gejala sesak napas, kelelahan, hingga kelemahan pada otot kaki.
  • Batuk berdahak hitam (melanotypsis) dapat terjadi akibat mengonsumsi rokok, menghirup debu batu bara atau bahan beracun lainnya.
  • Batuk Kering dan Penyebabnya

Batuk kering biasa terjadi akibat flu, akan tetapi kondisi lain juga dapat memicu terjadinya batuk kering, seperti bronkitis, asma, gerd, dan sebagainya. Bahayanya, jika batuk kering dibiarkan berkepanjangan, maka akan dapat menyebabkan sakit kepala, muntah, pingsan, hingga patah tulang rusuk.

Adapun yang menjadi gejala atau tanda-tanda bahwa Anda sedang mengalami batuk kering adalah demam, menggigil, tubuh terasa pegal, sakit tenggorokan, mual, muntah, sakit kepala, dan pilek. 

Nah, itulah beberapa jenis batuk, gejala, dan penyebabnya yang bisa Anda ketahui. Jika sudah mengetahui gejala-gejalanya, barulah Anda bisa menentukan treatment atau alternatif lain untuk mengatasinya. 

Salah satu alternatif yang ampuh dan dipercaya masyarakat sejak ribuan tahun lalu untuk mengatasi gejala batuk adalah pijat. Masih ragu menggunakan pijat sebagai alternatif pengobatan batuk? Ini saatnya Anda mengetahui pentingnya pijat untuk meredakan batuk. 

Dasar-Dasar Cara Pijat Batuk yang Benar dan Efektif

Meski terdengar mudah, cara pijat batuk sebenarnya membutuhkan pengetahuan dasar, terutama soal titik-titik akupuntur yang tepat. Seperti yang telah dijelaskan di atas, terdapat sejumlah titik dalam tubuh yang berhubungan dengan saluran pernapasan. 

Jika mendapatkan treatment yang tepat dan pas, maka pijatan tersebut akan efektif untuk meredakan batuk. Sebab, pijatan pada titik-titik tersebut dapat melonggarkan saluran pernapasan serta membersihkan paru-paru dari cairan asing yang mengganggu. 

Sebelum mengetahui titik-titik akupuntur yang efektif meredakan batuk, kenali terlebih dahulu teknik yang menjadi prinsip dasar pijat untuk batuk. 

  • Teknik Pijat Melingkar dengan Tekanan Ringan

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, pastikan Anda memberikan treatment dengan teknik pijat yang benar. Salah satu cara atau teknik yang dapat diterapkan adalah teknik pijat melingkar pada titik-titik akupuntur. 

Tidak perlu menggunakan otot terlalu kuat untuk memberikan pijatan pada titik-titik akupuntur, Anda cukup membuat gerakan melingkar dengan tekanan yang ringan. Hal itu untuk menghindari sakit yang berlebihan bekas pijatan. 

Teknik ini berguna untuk membuka simpul atau meregangkan pembuluh darah maupun otot pada saluran pernapasan yang menyempit akibat gejala batuk tertentu.

  • Peregangan Otot Dada

Teknik pijat berikutnya yang dapat Anda terapkan untuk mengatasi masalah batuk adalah dengan meregangkan otot dada. Lakukan gerakan-gerakan pijat yang dapat memberikan peregangan pada otot dada. Misalnya, dengan memberikan pijatan pada pundak dan punggung. 

Itulah teknik-teknik dasar yang bisa Anda terapkan pada titik-titik akupuntur untuk meredakan pijat. Nah, berikut ini adalah titik-titik akupuntur yang dapat meredakan gejala batuk yang perlu Anda ketahui.

Memahami 11 Titik Akupuntur, Cara Pijat Batuk yang Ampuh

Kenali Titik-Titik Akupresur: Keajaiban Pijat Batuk Alami
Kenali Titik-Titik Akupresur: Keajaiban Pijat Batuk Alami

Setidaknya, terdapat 10 titik pijat atau akupuntur yang dapat digunakan untuk meredakan batuk. Cara pijat ini kerap kali diterapkan dalam pengobatan tradisional Tiongkok, di antaranya adalah sebagai berikut. 

  • Titik Fengchi di Belakang Kepala

Salah satu titik akupuntur yang bermanfaat untuk mengatasi masalah pada saluran pernapasan adalah titik Fengchi. Titik ini terletak di belakang kepala pada area tulang belakang, tepatnya sejajar dengan daun telinga bagian bawah. 

Anda bisa memanfaatkan jari tengah dan telunjuk Anda untuk meredakan batuk dengan memberikan treatment pada titik Fengchi ini. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, pastikan Anda menekan kedua titik Fengchi tersebut. 

  • Titik Hegu di Area Wajah dan Jari Tangan

Titik berikutnya yang juga berhubungan dengan saluran pernapasan adalah titik Hegu yang terletak di area kepala dan wajah, serta di antara telunjuk dan pangkal ibu jari. Memberikan treatment pada titik ini juga dapat meredakan batuk yang berkepanjangan. 

Anda bisa memijat titik ini kombinasi jari telunjuk dan ibu jari dengan tekanan yang sedikit lebih kuat. Lakukan treatment pada titik tersebut setidaknya satu hingga dua menit. Anda bisa melakukannya secara rutin untuk meredakan batuk yang membuat tenggorokan tidak nyaman.

  • Titik Tiantu di Antara Tulang Selangka dan Pangkal Leher

Titik ini berada di tengah tulang selangka (Sternoclavicular) kiri dan kanan. Memijat titik ini akan memberikan efek melebarkan dada dan mengatur energi dalam tubuh. Selain itu, pijatan pada titik ini akan membantu membersihkan paru-paru dan melegakan saluran pernapasan. 

Baca Juga  Berikut 6 Rekomendasi Tempat Spa Terdekat di Depok dengan Treatment Terlengkap dan Harga Bersahabat!

Secara spesifik, titik pijat Tiantu ini berguna untuk mengeluarkan dahak dan meredakan sakit tenggorokan saat batuk. Selain di tengah tulang selangka, titik ini juga dapat Anda temukan di pangkal leher. 

Untuk memberikan treatment yang efektif pada titik ini, Anda bisa menggunakan jari tengah dan telunjuk untuk memijatnya. Lakukan pijatan pada titik ini selama satu hingga dua menit untuk mendapatkan hasil yang optimal.

  • Titik Tanzhong di Tengah Tulang Dada

Berikutnya, titik akupuntur yang juga dapat meredakan batuk berdahak adalah titik Tanzhong yang berada di tengah tulang dada, sejajar dengan puting payudara. Cara pijat batuk pada titik ini dapat Anda lakukan menggunakan jari tengah dan telunjuk. 

Adapun gerakan yang bisa dilakukan dengan kedua jari tersebut adalah ke atas dan ke bawah dengan perlahan hingga gejala batuk mereda.

  • Titik Yingxiang di Smile Line

Nah, titik yang satu ini dapat Anda temui di kedua sisi hidung, tepatnya berada di lipatan nasolabial alias lipatan senyum di area bibir dan hidung. Agar dapat meredakan batuk dengan lebih optimal, Anda bisa memijat titik ini menggunakan dua jari telunjuk secara bersamaan.

Gerakan yang bisa Anda lakukan untuk memberikan treatment pada titik ini adalah dengan menekan dan mengangkat. Ulangi cara yang sama setelah satu atau dua detik selama beberapa kali. 

  • Titik Zusanli di Tungkai dan di Bawah Tulang Lutut

Cara meredakan gejala batuk berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan memijat titik Zusanli. Memijat titik ini akan dapat membantu pemulihan batuk maupun asma. Titik Zusanli terletak di area kaki. 

Posisi tepatnya titik Zusanli adalah berada di tungkai bawah, tepatna empat jari di bawah tulang lutut. Agar mendapatkan hasil yang optimal, lakukan gerakan memutar menggunakan jari tengah dan telunjuk pada titik tersebut. 

Ulangi gerakan yang sama pada sisi kaki lainnya jika sudah memijat titik Zusanli selama dua atau tiga menit pada kaki yang lain.

  • Titik Yongquan di Bagian Depan Telapak dan Jari Kaki 

Titik berikutnya yang efektif dapat mengatasi gejala batuk kering maupun berdahak adalah titik Yongquan. Titik akupuntur yang satu ini sama dengan Zusanli yang berada di daerah kaki. Hanya saja, titik Yongquan berada di bagian depan telapak kaki dan jari-jari kaki.

Lantas, bagaimana cara yang tepat untuk memberikan pijatan pada titik Yongquan? Nah, Anda bisa memberikan gerakan pijat pada garis yang menghubungan sisi tepi telapak kaki dengan tekanan yang lembut. 

Tekan titik-titik yang berada di tepi telapak kaki ini menggunakan telunjuk dan ibu jari selama beberapa menit hingga gejala mereda. 

  • Titik Lie Que di Lengan Luar 

Nah, titik yang satu ini tidak hanya dapat meredakan gejala batuk, akan tetapi juga gejala pilek. Titik Lie Que berada di lengan bagian luar. Anda bisa menggunakan kedua tangan secara bergantian untuk memberikan pijatan pada titik ini. 

Lakukan gerakan memijat pada umumnya dengan tekanan yang sedang dalam beberapa menit agar mendapatkan hasil yang optimal. 

  • Titik Chize di Luar Lipatan Siku

Titik pijat lainnya yang dapat digunakan untuk meredakan batuk berdahak yang disertai kehilangan nafsu makan, seksak, dan rasa tidak nyaman pada perut adalah titik Chize. Titik ini berada di luar lipatan siku. 

Untuk merasakan manfaatnya dalam meredakan batuk, lakukan pijatan pada titik ini dengan tekanan yang cukup kuat selama beberapa menit hingga gejala mereda.

  • Titik Shaoshang

Berikutnya, titik Shaoshang juga dapat Anda manfaatkan untuk meredakan gejala batuk, seperti gangguan di tenggorokan. Titik ini terletak di sudut kaki bagian luar ibu jari. Adapun cara meredakan batuk dengan pijatan pada titik ini dapat Anda lakukan hanya dengan cara menekan-nekan titik tersebut.

  • Titik Taiyuan di Bawah Ibu Jari

Di bagian tangan juga terdapat titik akupuntur yang dapat meredakan batuk, yakni Titik Taiyuan. Titik ini berguna untuk meredakan batuk kering tanpa dahak. Anda bisa menemui titik ini di bawah ibu jari, tepatnya pada lipatan melintang di luar pergelangan tangan. 

Nah, itulah beberapa titik akupuntur yang berhubungan dengan saluran pencernaan, sehingga dapat Anda manfaatkan untuk meredakan gejala batuk. Namun, jika semua gerakan pijat sudah dilakukan, akan tetapi kondisi tidak kunjung membaik hingga lebih dari 18 hari, Anda bisa mengunjungi dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Oke, sampai di sini dulu, ya, artikel yang membahas tentang cara pijat batuk. Semoga artikel ini bisa membantu Anda memberikan alternatif pengobatan yang lebih alami di samping mengonsumsi obat, salah satunya dengan menggunakan jasa pijat di Halo Jasa!