Ingin Pijat Ibu Hamil? Simak Informasi Ini Agar Tidak Salah Langkah

0
245
Pijat ibu hamil
Pijat ibu hamil

Ingin Pijat Ibu Hamil? Simak Informasi Ini Agar Tidak Salah Langkah

Pijat Ibu Hamil – Berbicara tentang pijat, pijat sudah daridulu digunakan sebagai terapi untuk penyembuhan berbagai macam penyakit. Pijat merupakan proses penekanan atau gesekan pada tubuh seseorang dengan tujuan meredakan ketegangan otot, meningkatkan sirkulasi daarah, meredakan sakit dan meningkatkan fisik. Pijat ini dilakukan oleh seorang professional yang biasa disebut terapis. Ada beberapa jenis pijat, masing-masing dengan Teknik khusus dan manfaat yang berbeda-beda. Beberapa daari jenis pijat yang paling umum adalah pijat relaksasi, pijat refleksi dan masih banyak lagi. 

Pijat bisa menjadi pengalaman yang menenangkan dan membuat seseorang mengurangi stress, meningkatkan kesehatan fisik dan mengurangi ketegangan dari otot. Praktik pijat ini sudah ada sejak zaman dulu, bahkan sudah ada selama ribuan tahun yang lalu. Contohnya di Mesir Kuno, peninggalan yang ada mencatat bahwa pijat sudah ada di Mesir Kuno sejak 2500SM. Pijat di Mesir ini digunakan untuk praktek medis dan terapi pengobatan beberapa penyakit.

Meski kini medis sudah berkembang luas, pijat masih menjadi pilihan yang tepat untuk beberapa masalah penyakit. Selain masih banyak ditemukan praktek pijat, juga pijat ini memiliki manfaat yang cukup banyak sehingga tak heran jika masih banyak penggunanya. Pijat ini bervariasi, tidak hanya untuk orang yang memiliki masalah kesehatan saja, akan tetapi pijat untuk ibu hamil juga bisa dilakukan. Pijat hamil merupakan jenis pijatan didesain khusus untuk wanita hamil. Pijatan ini dilakukan dengan mempertimbangkan perubahan fisik dan kebutuhan khusus dari ibu hamil. 

Ini menjawab pertanyaan banyak orang, bolehkan ibu hamil dipijat? Jawabannya boleh. Tujuan dari pijat untuk ibu hamil ini yakni dapat merasa lebih nyaman, mengurangi adanya ketegangan, kelancaran selama masa kehamilan dan lain-lain. Namun, pijat untuk ibu hamil harus dilakukan oleh seorang yang professional, memiliki pengalaman atausudah mengikuti pelatihan tertentu. Hal ini dikarenakan dapat berakibat fatal apabil terapis dari pijat yang satu ini merupakan seorang yang bukan ahlinya.

Seperti di Halo Jasa, jasa layanan pijat panggilan menyediakan layanan pijat untuk ibu hamil ini supaya kamu tidak kesulitan dalam mencari terapis professional dan berkualitas. Kamu bisa memanggil kami kapanpun dan dimanapun, karena layanan kami sudah berbasis aplikasi jadi kamu dapat memesan tanpa ribet.

Penasaran dengan informasi mengenai pijat di masa kehamilan ini? Simak informasi berikut ini.

pijat ibu hamil
pijat ibu hamil

Apa Sih Pengertian Pijat Ibu Hamil?

Pijat untuk ibu hamil ini menjadi solusi masa kini bagi ibu-ibu yang sedang dalam masa kehamilan ingin merasakan dipijat, selain memberikan rasa rileks dan nyaman, juga dapat bermanfaat bagi kesehatan. Ditambah lagi dengan adanya perkembangan zaman, pijat untuk ibu hamil semakin aman untuk dilakukan karena bantuan alat-alat khusus serta terapis yang sudah terlatih dan profesional. Tapi tahukah kamu sejak kapan pijat untuk ibu hamil ini pertama kali ada? Ada beberapa catatan sejarah yang meninggalkan jejak mengenai hal ini, berikut penjelasannya.

  • Tradisi Asia

Di beberapa negara bagian Asia, seperti Cina, India sampai Indonesia, pijat selama masa hamil sudah menjadi bagian dari tradisi budaya secara turun-temurun. Seperti di India, Ayurveda, salah satu pengobatan alternatif di India turut memasukkan pijat prenatal atau pijat hamil meningkatkan kesehatan bagi ibu dan perkembangan janinnya.

  • Tradisi Timur Tengah dan Afrika

Begitu pula dengan kehidupan masyarakat di Timur Tengah dan Afrika, pijat selama kehamilan juga sudah menjadi bagian dari praktik perawatan zaman dulu. Teknik pijat yang digunakan dalam praktik ini yakni untuk meningkatkan sirkulasi darah, mengurangi rasa tidak nyaman dan mempersiapkan tubuh ibu untuk proses persalinan.

  • Pijat dalam Tradisi Barat

Berbeda dengan tradisi masyarakat barat karena pijat prenatal ini baru berkembang seiring berjalannya waktu. Baru pada abad ke-20, pijat prenatal sudah mulai mendapatkan pengakuan dalam dunia medis sebagai metode relaksasi dan meredakan rasa tidak nyaman selama kehamilan.

  • Ilmuan dan Profesional Medis

Pada abad ke-20 sampai sekarang, mulai ada peningkatan penelitian ilmiah mengenai pijat prenatal ini. Penelitian ilmiah ini yang kemudian menunjukkan bahwa pijat selama proses kehamilan bisa membantu mengurangi rasa stress, meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi rasa tidak nyaman.

Baca Juga  Memangnya Boleh Pijat Bayi Baru Lahir? Ini Penjelasannya!

Sampai sekarang sudah banyak ditemukan pijat prenatal di berbagai negara, dengan kualitas yang makin meningkat ini maka tak heran peminat dari pijat prenatal ini cukup banyak dan akan terus bertambah banyak. Pijat prenatal ini bukan tanpa prinsip, ada prinsip-prinsip yang harus dipenuhi agar jalannya pijat ini lancar dan sesuai harapan, adapun prinsip-prinsip pijat prenatal diantaranya, konsultasi medis, posisi tubuh yang nyaman, sentuhan lembut, fokus pada area spesifik, minimalkan getaran, aromaterapi yang aman, komunikasi terbuka dan trained professionals.

Berbicara mengenai prinsip, pijat ini juga memiliki berbagai macam manfaat utama untuk wanita hamil ini, diantaranya:

  • Relaksasi

Pijat payudara ibu hamil bisa membantu mengurangi stress dengan rileks sejenak, ini akan membantu si ibu merasa lebih tenang dan santai.

  • Mengurangi nyeri

Pijat ini juga bermanfaat guna mengurangi nyeri, nyeri yang ada di beberapa titik seringkali menganggu ibu hamil sehingga dengan dilakukannya pijat ini dapat membantu mengurangi rasa sakit akibat nyeri.

  • Meningkatkan sirkulasi darah

Pijat hamil ini dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah, menghilangkan adanya bengkak dan dapat memberikan lebih banyak oksigen serta nutrisi ke bayi.

  • Kualitas tidur meningkat

Pijat untuk wanita hamil bisa membantu meningkatkan kualitas tidur, ini sangat berharga sebab tidur yang baik sangat penting untuk kelancaran bagi ibu hamil.

  • Hubungan Ibu Bayi

Pijat hamil ini bisa membantu ibu merasa lebih dekat dengan bayinya yang ada dalam kandungan. Sentuhan lembut selama masa pemijatan bisa menjadi pengalaman yang sangat berkesan.

pijat ibu hamil
pijat ibu hamil

Berbagai Manfaat Pijat Ibu Hamil

Selain manfaat yang dituliskan di atas, ada beberapa manfaat dari pijat prenatal ini yang dapat berguna untuk kelancaran proses kehamilan, yang pertama adalah fisik, pijat prenatal ini akan meningkatkan ketahanan fisik karena pasien mendapatkan sensasi nyaman, rileks dan gerakan yang bisa meredakan rasa sakit. 

Kemudian berikutnya adalah mental, pijat prenatal dapat membangkitkan mental daripada pasiennya dikarenakan mental ibu hamil ini cukup sedikit keganggu sebab beban yang dibawa apalagi yang baru pertama kali hamil akan merasakan stress yang luar biasa, juga berasal dari rasa sakit yang dialami. Maka dari itulah, pijat prenatal ini menjadi salah satu opsi untuk membangkitkan mental dari ibu hamil.

Manfaat terakhir yakni emosional, pijat prenatal tidak hanya memberikan ketahanan fisik dan membangkitkan mental saja, akan tetapi juga berdampak pada sisi emosional ibu hamil. Emosi dari ibu hamil ini kadang kala tidak stabil, ada beberapa hal yang menganggu, maka dari itulah, gunanya pijat hamil ini untuk menstabilkan emosi.

Keamanan Pijat Ibu Hamil yang Harus Kamu Waspadai

Pijat bagi wanita hamil merupakan langkah yang baik guna mendukung kelancaran dari proses kehamilan. Namun pijat ini tidak bisa dilakukan sembarangan, ada beberapa panduan yang harus diikuti guna memastikan bahwa pijat tersebut aman dan optimal. Berikut ini sudah kami tulis panduan aman bagi wanita hamil, diantaranya:

  • Konsultasi Medis. Sebelum melakukan pijat bagi wanita hamil, kamu harus konsuktasikan terlebih dahulu dengan dokter atau tenaga medis terkait. Mereka akan mempertimbangkan apakah kamu dibolehan melakukan pijat atau tidak dengan melihat kondisi kesehatan kamu.
  • Memiliki terapis yang berpengalaman. Pastikan kamu memperoleh pijat hamil dari terapis pijat yang memiliki pengalaman dan terlatih dalam pijat yang satu ini. Terapis tersebut harus dapat memahami dengan betul kebutuhan dan kontraindikasi khusus yang wajib untuk diperhatikan selama masa kehamilan.
  • Trimester. Pijat hamil ada baiknya dilakukan sesudah trimester pertama, atau sesudah 12 minggu sampai akhir kehamilan. Hindarilah pijat yang terlalu intens di daerah perut selama trimester pertama dan hindari berposisi telentang sesudah trimester pertama.
  • Posisi harus nyaman. Selama sesi pijat, pastikan kamu dalam posisi yang nyaman, mintalah alat bantu seperti bantal atau lainnya jika diperlukan.
  • Berkomunikasi dengan jujur. Kamu harus bisa berkomunikasi pada terapis apabila selama proses pijat, kamu tidak nyaman atau ada bagian-bagian yang tiba-tiba sakit.
  • Hindari menekan terlalu kuat. Pijat untuk wanita hamil tidak boleh sama penekanannya seperti pijat biasa, harus lebih lembut dan tidak menekan terlalu kuat, terutama pada bagian perut.
  • Minyak aromaterapi. Dianjutkan menggunakan minyak aromaterapi yang aman selama proses pijat hamil ini, karena sudah terbukti aman. Hal yang harus kamu hindari adalah menggunakan minyak esensial, jadi kamu harus berbicara pada terapis kamu supaya mereka bisa menyiapkan terlebih dahulu.
  • Menghindari area kontraindikasi. Terapis pijat harus dapat mengetahui area-area mana yang harus dihindari selama proses kehamilan agar hasilnya tetap sesuai harapan dan tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan.
  • Istirahat yang cukup sesudah pijat, beri waktu sejenak untuk kamu beristirahat, pijat ini tidak hanya memberikan efek sehat saja akan tetapi ada sensasi rileks yang harus kamu nikmati guna melanjutkan aktivitas sehari-hari nantinya.
Baca Juga  Ini Rahasia Luluran Mencerahkan Kulit dan Menyehatkan loh!

Beberapa Teknik Pijat Ibu Hamil yang Wajib Kamu Ketahui

Ada beberapa teknik pijat ibu hamil yang lembut dan aman untuk dapat membuat reda rasa tidak nyaman, meningkatkan sirkulasi darah dan mempromosikan kesejahteraan selama masa kehamilan. Berikut ini penjelasannya.

  • Pijatan sentuhan lembut. Pijatan ini menggunakan teknik sentuhan lembut dan menenangkan di seluruh tubuh bisa membantu meredakan ketegangan otot dan meningkatkan perasaan relaksasi. Pijatan ini umumnya dimulai dari bagian atas tubuh dan meluas ke area punggung, bahu dan juga lengan.
  • Pijatan pada Punggung Bawah. Pijatan khusus di mana punggung bawah bisa membantu meredakan nyeri pada daerah tersebut, yang kerap dialami oleh ibu hamil sebab perubahan berat badan dan distribusinya.
  • Pijatan pada Pundak dan leher. Teknik pijatan ini berfokus pada pengurangan ketegangan di daerah pundak dan juga leher, yang mana kerapkali menajdi area yang dapat dipengaruhi oleh perubahan hormonal dan juga perubahan postur tubuh selama masa kehamilan.
  • Pijatan pada kaki dan pergelangan kaki. Pijatan pada kaki dan pergelangan kaki yang bisa membantu mengurangi bengkak sirkulasi darah. Sentuhan di area ini juga bisa memberikan perasaan ringan dan menyegarkan.
  • Pijatan pada tangan dan lengan. Pijatan ini berfokus pada tangan dan lengan di mana bisa membantu meredakan ketegangan dan meningkatkan sirkulasi darah pada bagian ini. Ini juga dapat membantu mengurangi gejala carpal tunnel yang mungkin saja bisa muncul selama masa kehamilan.

Masih ada beberapa teknik pijat lainnya yang dapat kamu coba selama masa kehamilan. Di mana lagi kalau bukan di Halo Jasa, jasa pijat panggilan yang menawarkan pijat ibu hamil, terapis yang berpengalaman, khusus dan juga terlatih dapat memberikan kamu beragam manfaat serta sensasi tersendiri.

Apa Saja Titik-Titik Pijat Ibu Hamil?

Pijat prenatal ini tidak bisa dilakukan di sembarang tempat seperti pijat pada umumnya, ada beberapa titik-titik ayng diperbolehkan dan dibolehkan, ini juga harus dalam rekomendasi tenaga medis agar mengetahui dengan pasti kondisi dari ibu hamil tersebut. Namun, umumnya titik-titik pijat untuk ibu hamil ini terletak pada beberapa tempat, diantaranya:

  • Pergelangan tangan
  • Kaki dan pergelangan kaki
  • Bahu dan leher
  • Bagian bawah punggung
  • Lumbar
  • Pijatan perut dengan hati-hati
  • Tekanan ringan pada titik akupresur

Jenis Pijat Ibu Hamil yang Dihindari 

Ada beberapa jenis pijat bagi wanita hamil yang bisa disesuaikan berdasarkan kondisi dan kebutuhan dari ibu hamil. Berikut ini sudah kami tulis beberapa jenis pijat untuk wanita hamil yang paling umum, antara lain:

  • Pijat Prenatal. Pijat prenatal merupakan jenis pijat yang didesain khusus untuk wanita hamil. Ini akan terfokus pada meredakan ketegangan otot dan ketidaknyaman yang mungkin dialami pada saat masa kehamilan. Pijat yang satu ini lebih lembut dan memperhatikan beberapa area yang harus diperhatikan selama kehamilan, seperti kaki, bahu dan lainnya.
  • Pijat Swedish. Pijat Swedish merupakan jenis pijat yang memakai gerakan yang lembut, seperti menggosok, mengelus dan juga menekan. Ini membantu untuk meredakan stress, meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi adanya ketegangan otot.
  • Pijat Shiatsu. Jenis pijat ini asalnya dari Jepang dan menggunakan tekanan jari, tangan dan siku pada titik-titik akupresur tertentu yang ada di tubuh.
  • Refleksiologi Kaki. Refleksiologi kaki melibatkan pijat pada titik-titik kaki yang dihubungkan dengan organ-organ yang ada di tubuh
pijat ibu hamil
pijat ibu hamil

Posisi Pijat Ibu Hamil yang Aman

Beberapa posisi yang aman untuk ibu hamil yakni sebagai berikut:

  • Posisi berbaring miring
  • Posisi setengah duduk
  • Posisi berlutut dan merunduk
  • Posisi duduk tegak
  • Posisi setengah dalam
  • Posisi tidur miring di bawah

Itulah beberapa informasi yang dapat kami bagikan kepada kamu. Layanan pijat untuk ibu hamil ini kini dapat kamu pesan dengan mudah sekarang juga, cukup download aplikasi Halo Jasa di play store atau apps store, cari layanan Halo Massage, pilih pijat hamil dan pesan. Tanpa menunggu waktu lama, kami akan meluncur ke lokasi kamu.