Benarkah Hair SPA adalah Perawatan untuk Rambut Kering? Ini Perbedaannya dengan Creambath

0
173
Hair SPA adalah perawatan rambut yang fokus untuk menutrisi rambut
Hair SPA adalah perawatan rambut yang fokus untuk menutrisi rambut

Anda mengalami rambut rusak, kering, atau sulit diatur? Yups, sudah saatnya Anda memperhatikan dan memberikan perawatan yang tepat untuk rambut Anda. Lantas, apakah benar, hair SPA adalah perawatan rambut yang cocok untuk kondisi rambut Anda? Yuk, simak penjelasan tentang hair SPA berikut ini agar Anda tidak salah pilih!

Meski masih sering dianggap sama, pada kenyataannya, perawatan hair SPA dan creambath memiliki perbedaan. Keduanya memang dapat digunakan untuk mengatasi beberapa kondisi rambut tertentu, akan tetapi manfaat hair SPA lebih mendalam jika dibandingkan dengan creambath.

Oleh karena itu, jika Anda melihat di berbagai pusat perawatan seperti salon, dua jenis perawatan itu akan dibedakan. Ada layanan creambath dan ada pula layanan hair SPA. Saat ini, layanan perawatan rambut juga sudah sangat inovatif.

Anda tidak perlu lagi datang ke pusat-pusat kecantikan, karena layanan ini sudah bisa Anda pesan melalui aplikasi. Salah satu aplikasi penyedia jasa layanan creambath dan hair mask adalah Halo Jasa

Hair SPA itu seperti apa, sih? Lalu, hair SPA untuk rambut apa dan bagaimana? Nah, pada artikel kali ini, kita akan membahas mengenai apa itu hair SPA dan apa perbedaannya dengan creambath dan hair mask. 

Nah, agar Anda tidak salah memilih perawatan untuk rambut Anda, pastikan Anda mengikuti penjelasannya berikut ini.

Apa Itu Hair SPA?

Hair SPA adalah perawatan rambut yang berfokus untuk menutrisi rambut. Pada treatment ini, rambut akan dinutrisi dengan menggunakan cream berjenis serum dalam prosedurnya. Cream tersebut dapat lebih mudah menyerap ke dalam rambut untuk memberikan nutrisi dari dalam. 

Selain itu, dalam praktiknya, hair SPA tidak memerlukan steam, melainkan hanya ditutup dengan handuk hangat untuk mengoptimalkan penyerapan vitamin. Perawatan yang satu ini cocok untuk mengatasi berbagai masalah rambut, seperti rambut kering, kusam, rusak, dan kasar. 

Pada saat treatment, terapis biasanya akan memberikan pijatan lembut pada kepala. Hal ini sangat berguna untuk membantu kulit kepala melakukan penyerapan vitamin dengan lebih optimal. Selain itu, gerakan pijat yang diberikan mampu memberikan efek rileks tersendiri.

Apa Perbedaan Creambath dan Hair SPA?

Creambath, hair SPA, dan hair mask hampir selalu dianggap merupakan satu perawatan rambut yang sama. Pada faktanya, ketiga perawatan tersebut memiliki perbedaan dan fungsi yang berbeda. Lalu, apa bedanya creambath dengan hair SPA? 

Perbedaan creambath dan hair SPA adalah prosedurnya. Dilihat dari prosedur yang dilakukan, hair SPA dan creambath memiliki cara dan manfaat yang berbeda. Keduanya memang sama-sama menggunakan cream rambut. Namun, berbeda dengan creambath, hair SPA tidak memerlukan steamer.

Sebaliknya, setelah melakukan mendapatkan cream, rambut orang yang melakukan creambath akan di-streamer. Creambath adalah perawatan rambut dasar yang dipercaya dapat memberikan perlindungan pada lapisan luar rambut.

Creambath lebih cocok untuk Anda yang memiliki rambut yang tidak memiliki masalah yang serius, misalnya dilakukan untuk merawat kondisi rambut supaya tetap sehat. Oleh karena itu, jika dibandingkan dengan hair SPA, proses creambath merupakan yang paling sederhana.

Selain itu, kandungan cream yang digunakan dalam treatment hair SPA mengandung lebih kaya nutrisi. Sebab, hair SPA memang diperuntukkan bagi orang-orang yang mengalami masalah serius pada rambut. 

Adapun manfaat yang dapat Anda peroleh dari hair SPA sangat banyak. Yuk, cari tahu apa saja manfaat hair SPA untuk kesehatan kulit kepala dan rambut Anda!

Apa Saja Manfaat Hair SPA untuk Rambut?

Apa Saja Manfaat Hair SPA?
Apa Saja Manfaat Hair SPA? – [Freepik]
Rambut memang memperoleh nutrisi dari makanan sehat yang Anda konsumsi. Namun, hal itu saja tidak cukup tanpa memperhatikan perawatan yang benar. Akibatnya, rambut akan rentan mengalami berbagai masalah, seperti rambut rontok, kusam, kering, dan sebagainya.

Nah, di sinilah hair SPA bekerja. Sebab, hair SPA merupakan perawatan rambut yang memang dirancang khusus untuk memberikan nutrisi yang cukup pada rambut. Treatment ini kemudian akan memberikan berbagai manfaat tersendiri. Apa saja manfaat hair SPA tersebut? 

  • Menguatkan Akar Rambut

Rambut rontok adalah masalah umum yang sering terjadi pada semua kalangan, tanpa pandang bulu. Nah, jika Anda mengalami masalah ini, creambath bukanlah perawatan yang cocok untuk Anda. Anda sebaiknya melakukan hair SPA untuk menguatkan rambut dari akarnya.

Baca Juga  Kokuo Reflexology - Lotte Shopping Avenue, Andalan Banyak Orang di Jakartan Selatan!

Treatment yang diberikan dalam hair SPA akan bekerja dengan cara menguatkan folikel rambut secara menyeluruh. Dengan begitu, baik rambut lama maupun rambut yang baru tumbuh akan dikuatkan dari akarnya, sehingga mengurangi risiko rambut rontok.

Seperti yang dikatakan sebelumnya, hair SPA memang merupakan perawatan rambut yang berfokus pada pemberian nutrisi. Cream yang digunakan adalah serum yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan nutrisi rambut secara mendalam. 

  • Mengurangi Minyak Pada Kulit Kepala

Bukan hanya cocok untuk mengatasi rambut kering, hair SPA juga solusi untuk mengatasi rambut lepek. Produk-produk tertentu pada hair SPA treatment diformulasikan khusus agar mampu mengontrol kelenjar minyak pada kulit kepala, sehingga produksi minyak jadi lebih stabil. 

  • Mengembalikan Kilau Rambut Alami

Tanpa diwarnai, rambut yang sehat akan memancarkan kilau alaminya. Namun, kebiasaan styling hingga penggunaan produk kimia yang kuat dapat menghilangkan kilau alami rambutnya. Nah, hair SPA adalah solusi yang menawarkan perawatan rambut untuk mengatasi masalah ini.

Kemampuannya menutrisi rambut akan mengatasi berbagai masalah kerusakan pada rambut. Hair SPA secara rutin akan membantu rambut Anda memancarkan kilau alaminya.

  • Melembutkan Rambut

Salah satu produk yang dirancang khusus untuk memberikan manfaat melembutkan rambut adalah kondisioner. Namun, butuh proses yang cukup lama untuk mendapatkan hasilnya. Nah, untuk Anda yang ingin mempunyai rambut lembut secara lebih cepat, Anda bisa memanfaatkan hair SPA.

Nutrisi yang terkandung dalam cream yang diberikan dalam hair SPA treatment akan membantu setiap helai rambut Anda lembut dengan lebih instan. 

  • Merawat Rambut yang Diwarnai

Berbeda dengan rambut yang dibiarkan alami, rambut yang diwarnai membutuhkan perawatan yang lebih intens. Sebab, rambut yang diwarnai akan memerlukan nutrisi yang lebih banyak. Oleh karena itu, Anda membutuhkan perawatan hair SPA untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tersebut. 

  • Mempercepat Proses Pertumbuhan Rambut

Selain efektif untuk mengatasi masalah rambut rontok, nutrisi dalam hair SPA juga dapat mempercepat proses pertumbuhan rambut. Rambut yang ternutrisi dengan baik serta peredaran darah yang lancar karena aktivitas pemijatan saat hair SPA akan membantu pertumbuhan rambut menjadi lebih cepat.

  • Menghilangkan Ketombe

Nah, bagi Anda yang mengalami masalah ketombe yang parah, treatment yang cocok untuk Anda adalah hair SPA. Seperti yang telah dipaparkan oleh banyak penelitian, ketombe disebabkan oleh terjadinya kerusakan sel-sel pada kulit kepala.

Kerusakan tersebut dapat dipicu oleh adanya infeksi jamur hingga hilangnya nutrisi. Oleh karena itu, hair SPA dapat membantu kulit kepala Anda untuk mendapatkan kecukupan nutrisi, sehingga kerusakan tersebut dapat segera diperbaiki.

  • Membuat Rambut Lebih Mudah Diatur

Kesal dengan rambut yang sulit diatur karena kering dan kusut? Jangan khawatir, karena hair SPA treatment dapat mengatasi masalah ini. Rambut yang mendapatkan perawatan rutin seperti hari SPSA akan membuat teksturnya lebih lembut dan tidak lepek. Rambut akan tampak lebih bervolume secara alami dan mudah diatur.

Jenis-Jenis Hair SPA Treatment

Jenis-Jenis Hair SPA
Jenis-Jenis Hair SPA – [Freepik]
Setelah mengenai perbedaan creambath dan hair SPA, Anda juga harus mengetahui jenis-jenis hair SPA treatment yang bisa Anda dapatkan. Hal ini berguna untuk mengurangi risiko kesalahan jenis treatment untuk jenis rambut Anda.

Adapun beberapa jenis hair SPA adalah sebagai berikut:

  • Jasmine atau Melati: berkhasiat untuk melembutkan rambut dan menjaga kelembaban agar rambut tidak kering dan kusut.
  • Strawberry: mengurangi kadar minyak berlebih yang membuat rambut lepek.
  • Madu: jenis yang satu ini cocok untuk Anda yang ingin membuat rambut tampak tebal bervolume. Sebab, jenis hair SPA madu akan membantu menstimulasi pertumbuhan rambut.
  • Kemiri: cocok untuk Anda yang mengalami masalah rambut rontok. Jenis SPA yang satu ini dapat memperkuat akar rambut sekaligus menghitamkan rambut. 
  • Mint: sama seperti kemiri, mint juga cocok untuk Anda yang mengalami rambut rontok.
  • Ginseng: berkhasiat untuk menjaga akar rambut dan kulit kepala agar tetap sehat dan mengatasi kerusakan sel kulit kepala.
  • Avocado: berfungsi menjaga kelembaban batang rambut.
  • Coklat: cocok untuk Anda yang ingin mengurangi kerontokan dan memberikan nutrisi pada rambut agar tidak bercabang.
  • Aloe Vera atau Lidah Buaya: mampu memberikan nutrisi pada akar rambut serta kulit kepala agar mempercepat pertumbuhan rambut. 

Apakah Hair SPA Bisa Dilakukan di Rumah?

Langkah-Langkah Melakukan Hair SPA
Langkah-Langkah Melakukan Hair SPA – [Freepik]
Ingin perawatan hair SPA di rumah? Kenapa tidak! Anda bisa melakukan perawatan ini secara rutin di rumah saja. Hair SPA adalah salah satu perawatan rambut yang penting untuk memberikan nutrisi dan merawat kesehatan rambut. Oleh karena itu, penting untuk melakukan hair SPA secara rutin.

Baca Juga  Kokuo Reflexology FX Sudirman, Tempat Reflexology Paling Recommended di Jakarta Pusat

Namun, jika Anda merasa malas untuk pergi ke salon, Anda bisa melakukanya sendiri di rumah, loh. Eits, tapi jangan dilakukan secara sembarangan. Ada langkah-langkah khusus yang perlu Anda perhatikan saat melakukan hair SPA treatment!

Berikut ini adalah enam langkah yang bisa Anda lakukan untuk memberikan perawatan hair SPA di rumah saja.

  • Pilih Produk Sesuai dengan Kondisi Rambut Anda

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ada jenis-jenis hair SPA yang telah disesuaikan dengan kebutuhan rambut Anda. Oleh karena itu, kenali terlebih dahulu kondisi rambut Anda agar lebih mudah menentukan produk yang dibutuhkan. 

Mengingat bahwa hair SPA adalah perawatan yang bertujuan memberikan nutrisi dan mengembalikan kesehatan rambut, maka Anda harus melakukannya dengan tepat. Ketahui apakah rambut Anda terasa kering, rontok, atau kusam dan sulit diatur?

Kondisi rambut yang berbeda membutuhkan produk perawatan yang berbeda pula. Anda bisa menentukannya dengan melihat uraian sebelumnya mengenai jenis-jenis hair SPA.

  • Pastikan Rambut dalam Keadaan Bersih

Sebelum melakukan hair SPA treatment, pastikan Anda telah membersihkan rambut dengan baik. Cuci rambut terlebih dahulu untuk memastikan kulit kepala Anda dalam keadaan bersih. Setelah itu, Anda baru bisa memulai hair SPA treatment.

  • Sisir Rambut Setelah Dibersihkan

Untuk memudahkan pengaplikasian produk atau cream hair SPA, Anda bisa menggunakan sisir bergigi jarang  untuk mengurai kekusutan. Lakukan perlahan agar rambut Anda tidak semakin rontok. Anda bisa menyisirnya saat rambut masih dalam kondisi sedikit basah.

  • Aplikasikan Produk Hair SPA Secara Merata

Setelah memastikan bahwa rambut Anda sudah bersih dan tidak kusut, Anda baru bisa mengaplikasikan produk hair SPA secara merata di seluruh bagian rambut. Ambil cream secukupnya dan tuangkan di tangan Anda. Kemudian oleskan cream secara merata pada rambut.

Jika rambut Anda tebal dan panjang, Anda bisa membaginya ke beberapa bagian terlebih dahulu agar mudah mendeteksi apakah cream sudah diaplikasikan secara merata. Untuk memudahkan Anda, gunakan hair clip atau jepitan untuk menata rambut menjadi beberapa bagian.

  • Pijat Kulit Kepala Secara Lembut

Sembari mengoleskan cream pada kulit kepala dan rambut secara merata, Anda bisa memberikan gerakan pijatan lembut. Perlu Anda ketahui, proses ini merupakan bagian penting saat melakukan hair SPA. 

Pijatan pada kulit kepala ini akan membantu melancarkan sirkulasi darah di kepala. Selain itu, pemijatan ini akan memudahkan penyerapan nutrisi dalam cream hair SPA agar terserap secara optimal ke dalam pori-pori dan folikel rambut.

Selain itu, pijatan pada kepala juga dapat menstimulasi percepatan pertumbuhan rambut di samping memberikan efek relaksasi. 

  • Bilas Rambut dengan Bersih

Setelah proses perataan cream dan pemijatan selesai, Anda bisa membilas rambut Anda dengan air mengalir. Ingat, Anda tidak perlu keramas lagi setelah memberikan nutrisi tersebut. Anda hanya perlu membilasnya hingga bersih. 

Pastikan cream pada rambut terbilas secara menyeluruh hingga kulit kepala. Sebab, sisa produk perawatan pada rambut dan kulit kepala dapat berisiko memunculkan ketombe. Gosok seluruh bagian kulit kepala untuk memastikan sisa cream hair SPA terbilas sempurna.

Tidak ribet, bukan melakukan perawatan hair SPA di rumah? Nah, itulah step-step yang bisa Anda lakukan untuk perawatan rambut di rumah. Namun, jika Anda merasa tidak yakin melakukannya sendiri, Anda bisa mendapatkan perawatan tersebut melalui jasa pijat panggilan online 24 jam.

Salah satu layanan jasa pijat panggilan yang menawarkan layanan hair SPA dan creambath adalah Halo Massage dari aplikasi Halo Jasa. Dengan layanan berbasis aplikasi, Anda tidak perlu lagi repot-repot keluar rumah.

Anda hanya perlu mengorder layanan sesuai kebutuhan Anda melalui aplikasi. Selain harganya yang transparan, Anda juga akan mendapatkan jaminan layanan berupa garansi dan asuransi jika pelayanan yang diberikan tidak maksimal. Menarik, bukan

Kesimpulan

Nah, mengingat pentingnya perawatan rambut yang tepat, maka Anda harus teliti dalam memberikan perawatan. Perhatikan kondisi rambut Anda sebelum memberikan treatment. Agar Anda bisa mendapatkan layanan yang tepat dan maksimal, Anda bisa menggunakan jasa para terapis profesional.

Tak perlu keluar rumah lagi, Anda bisa melakukannya sambil menonton serial kesukaan Anda. Anda bisa memanfaatkan layanan dari hair SPA atau creambath panggilan seperti dari Halo Jasa. Hanya dengan sekali klik, para terapis akan datang ke hadapan pintu rumah Anda.

Demikian uraian mengenai hair SPA adalah treatment perawatan rambut yang penting untuk mengatasi kerusakan rambut. Semoga uraian ini bisa membantu Anda memilih layanan dan produk yang tepat untuk memberikan perawatan untuk rambut Anda. Selamat mencoba hair SPA treatment di kenyamanan rumah Anda sendiri! Selamat mencoba!