Bingung Memilih Tekstur Karpet Lantai? 5 Tips Ini Akan Membantu Anda!

0
3959
tips memilih tekstur karpet lantai

Untuk memperkuat karakter sebuah ruangan, karpet memang menjadi pilihan yang tepat. Meskipun terlihat cukup sederhana tetapi dengan menambahkan karpet akan membuat perbedaan yang jelas dan memiliki efek yang berbeda untuk ruangan. Karpet memiliki banyak bentuk, motif dan juga tekstur. Bagi Anda yang lebih suka bermain tekstur dan masih bingung memilih untuk karpet maka Anda harus menyimak tips memilih tekstur karpet lantai, hal ini penting Anda lakukan agar karpet yang Anda beli sesuai dengan ruangan. Hadirnya karpet akan membuat ruangan telihat lebih cantik dan juga menimbulkan kesan hangat serta nyaman. Dan tentu saja hal ini akan membuat penghuni rumah merasa nyaman dan betah untuk berlama-lama di rumah.

  1. Memilih Karpet Lantai

Sebelum memilih tekstur karpet lantai ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan.  Yang pertama yaitu konsep ruangan, konsep yang Anda pilih akan mempengaruhi karpet yang akan Anda beli. Kapet bermotif akan membuat ruangan memiliki nuansa yang berbeda dengan karpet polos.

Karpet lantai dengan motif cocok digunakan untuk menambahkan kesan ramai dan ceria. Tetapi jika Anda ingin membuat suasana yang elegan dan minimalis maka karpet polos bisa menjadi pilihan.Selain itu jenis bahan yang Anda pilih juga menjadi perhatian yang penting. Ada banyak sekali karpet yang beredar di pasaran dengan tekstur dan jenis bahan yang berbeda tetapi bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Jika penghuni rumah ada yang memiliki riwayat penyakit asma maka Anda bisa memilih karpet dengan bahan wol yang mana lebih mudah untuk dibersihkan.

Selain konsep dan jenis bahan, peletakan karpet juga harus Anda perhatikan. Untuk ruang tamu Anda bisa memilih karpet yang besar dan dapat menjangkau sofa sampai pada bagian belakang, sehingga tidak bagian depan saja yang tertutup karpet. Untuk ruang makan, Anda bisa memilih karpet dengan bentuk yang sama seperti bentuk meja makan Anda. Jika meja makan berbentuk oval maka karpet dengan bentuk oval bisa menjadi pilihan begitu pula ketika bentuk meja makan persegi panjang maka Anda bisa memilih karpet dengan bentuk persegi panjang. Sedangkan untuk tempat tidur Anda bisa memilih berbentuk persegi panjang yang dapat menjangkai seluruh tempat tidur, tidak disarankan memilih karpet dengan bentuk lingkaran di bawah tempat tidur.

  1. Karpet untuk Kamar Tidur

Menambahkan karpet pada ruangan tidur akan membuat Anda betah berlama-lama di kamar. Selain itu kesan nyaman yang diberikan juga akan membuat Anda sayang untuk keluar kamar. Untuk kamar tidur Anda bisa memilih karpet dengan tekstur bulu yang panjang, lembut dan juga halus. Sentuhan nyaman yang diberikan oleh karpet dengan tekstur bulu ini akan membuat Anda merasa lebih rileks dan juga bersemangat mengawali hari. Jika Anda ingin menambahkan karpet untuk kamar si kecil maka Anda bisa memilih karpet dengan tekstur bulu yang lebih lembut dan lebih tebal agar anak merasa nyaman ketika bermain di kamar. Untuk warna karpet bisa Anda pilih dengan menyesuaikan cat ruangan, misalnya jika kamar Anda dominan dengan warna cokelat muda maka karpet dengan warna putih bisa menjadi pilihan.

  1. Karpet untuk Ruang Tamu

Selain tempat tidur, Anda juga bisa menambahkan karpet pada ruang tamu. Pemilihan tekstur karpet untuk tempat tidur da ruang tamu tentu berbeda. Jika untuk kamar tidur Anda memilih bulu yang panjang maka untuk ruang tamu Anda bisa memilih karpet dengan tekstur bulu pendek dan juga padat. Tekstur karpet dengan bulu pendek ini menjadi pilihan yang tepat untuk diletakkan di ruang tamu dan juga membuat Anda mudah untuk membersihkan noda atau remahan biskuit yang jatuh ketika menyajikan hidangan untuk tamu.  Selain itu Anda juga bisa memilih karpet dengan menyesuaikan interior ruang tamu. Anda bisa memilih karpet dengan motif yang sederhana.

  1. Karpet untuk Ruang Makan

 Untuk ruang makan karpet dengan tekstur bulu pendek bisa menjadi pilihan yang pas pasalnya ruang makan akan lebih muda kotor karena memang disinilah keluarga akan bersantap bersama dengan menu yang berbeda setiap harinya. Tidak menutup kemungkinan kuah atau minyak dari makanan akan jatuh ke lantai dan mengenai karpet. Selain itu di ruang makan biasanya Anda akan lebih sering menggeser kursi atau pun furnitur lain yang mana hal ini akan membuat karpet berbulu panjang lebih mudah rusak bahkan tidak rata. Itu sebabnya karpet berbulu pendek sangat pas untuk ruang makan.

  1. Karpet untuk Ruang Keluarga

 Ruang keluarga tentu menjadi salah satu spot favorit keluarga untuk bertemu dan menghabiskan ahkir pekan. Untuk ruang keluarga sangat disarankan memilih tekstur karpet lantai dengan bulu lebat, lebih panjang dan juga lembut. Dengan tekstur karpet seperti ini maka berkumpul di ruang keluarga akan terasa lebih nyaman dan juga lebih hangat. Dengan begitu quality time bersama keluarga pasti terasa lebih menyenangkan. Berkumpul bersama keluarga pastinya kurang lengkap tanpa adanya makanan ringan dan cemilan. Apalagi saat berkumpul akan menjadi saat dimana ibu menyiapkan hidangan terbaiknya. Untuk itu karpet bisa jadi menjadi kotor. Membersihkan karper harus tetap Anda lakukan agar kebersihan karpet terjaga untuk itu Anda bisa membersihkannya seorang diri atau jika Anda merasa kesulitan tidak ada salahnya untuk memanggil jasa cuci karpet.

Facebook Comments
love
Senang
0%
haha
Terinspirasi
50%
wow
Netral
0%
sad
Sedih
0%
angry
Marah
50%