Yoga Untuk Pemula? Perhatikan Tips Praktis berikut ini!

0
4675
Tips Yoga Untuk Pemula

Tips Yoga Untuk Pemula – Bicara soal senam yang kini tengah banyak di gandrungi masyarakat luas baik pria maupun wanita, baik tua maupun muda bisa jadi salah satu yang terleintas di benak adalah Yoga. Ya, yoga yang setidaknya saat ini telah berumur 5.000 tahun ini menjadi salah satu pilihan terbaik untuk relaksasi, melatih fisik, mental bahkan hingga tahap spiritual. Yoga sendiri memiliki arti mengontrol, atau menyatukan, bergabung atau bersama. Semua manfaat Yoga tentunya dapat Anda rasakan usai mulai berlatih. Namun, semua tu tak terlepas dari komitmen untuk mau berlatih Yoga untuk memberikan hasil yang maksimal.

Komitmen Itu Penting

Dalam berlatih Yoga, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda harus melakukan Yoga secara konsisten dan menjaga komitmen untuk terus berlatih dengan sungguh sungguh secara rutin dan teratur. Untuk sekedar memulai latihan bagi pemula bukanlah hal yang terlalu sulit, namun yang sulit adalah menjaga komitmen untuk bisa dilakukan secara rutin, hal tersebut lah yang membutuhkan tantangan tersendiri. Latihan yoga yang dilakukan dengan penuh kedisiplinan ini akan memberikan manfaat yang besar bagi pelakunya. Lakukan lah dengan perlahan dan tek perlu terlalu terburu buru ataupun memaksakan diri. Mulailah dengan latihan yang kecil dan ringan namun dijalankan secara teratur dan konsetrasi yang tinggi agar medapatkan ketenangan.

Fokuskan Konsentrasi Pada Nafas, Selami Hubungan Antara Tubuh dan Pikiran

Salah satu kunci penting dalam melakukan yoga adalah memfokuskan pada pengaturan nafas. Banyak pelaku Yoga pemula yang masih kurang memahami arti penting dan prinsip ini sehingga sekalipun mereka melakukan latihan secara rutin, manfaat yang didapatkan pun kurang maksimal. Fokus pada pengaturan pernafasan akan turut serta membantu Anda memberikan kesatuan [ada tubuh serta pikiran. Mengolah nafas dengan baik akan membantu Anda membuat gerakan tubuh yang lebih sinkron. Dilain sisi, mengatur pola [ernafasan dengan baik juga akan membantu Anda untuk dapat melakukan gerakan yang di nilai cukup sulit untuk bisa dilakukan dengan baik.

Fokus pada Keterbatasan Diri

Prinsip Yoga selanjutnya adalah memahami keterbatasan diri sendiri. Hal ini akan membantu Anda meningkatkan performa latihan Yoga Anda menjadi lebih baik. Bagi pelaku Yoga pemula ada baiknya memahami prinsip dimana tak ada gerakan maupun pose Yoga yang sempurna sekalipun di lakukan oleh orang yang profesional.  Yang paling penting dari gerakan yoga adalah fungsi, bukan bentuk gerakan yang sempurna. Dengan memahami keterbatasan diri sendiri diharapkan mampu membuat latihan Yoga menjadi lebih berkualitas.

Lakukan Gerakan Yoga Dinamik dan Statis

Dalam melakukan latihan yoga juga diperlukan untuk melakukan gerakan dan pengaturan yang dinamis dan statis. Perpindahan postur dilakukan secara dinamis dengan berpegang pada pose yang statis. Dengan gerakan yang dinamis hal tersebut  akan membantu meningkatkan sirkulasi darah  serta membantu menyiapkan otot serta sendi untuk melakukan peregangan yang semakin mendalam. Sangat umum dalam banyak asana yoga yang membuat gerakan dinamis sekurangnya tiga kali sebelum melakukan pose yang statis.

Latihan Yoga bukanlah suatu Kompetisi

Prinsip selanjutnya yang harus Anda hindari adalah latihan yoga bukanlah ajang kompetisi. Mengagumi gerakan rekan lantaran sesuai dengan perintah instruktur boleh saja, namun hal tersebut baiknya jangan melakukan gerakan yang memang diluar batas kemampuan Kita. Prinsip yoga sejatinya adalah untuk menyeimbangkan aliran dan irama tubuh. Dengan memahami hal tersebut, peserta latihan pun diharapkan tidak memiliki ambisi untuk melakukan beberapa latihan yang memang diluar batas kemampuan. Bagi pelaku yoga pemula memang harus dilakukan secara perlakan untuk selanjutnya diharapkan mampu meningkatkan kemampuan dari waktu ke waktu.

Nah, selain konsep konsep di aatas yang peru Anda pahami, berikut ini kami rangkum sejumlah tips yoga yang wajib kamu ketahui sebagai pemula :

  • Pelajari Manfaat Yoga

Yoga dinilai mampu meningkatkan keseimbangan, stamina mengurangi stres, meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas serta mengurangi kecemasan.

  • Pilihan Cabang Yoga

Yoga ternyata memiliki banyak sekali macamnya lho, untuk Anda yang tertarik mencoba Yoga dengan jenis lainnya usahakan untuk melakukan secara perlahan dan jangan terlalu memaksakan serta pilihkan cabang yoga sesuai dengan tingkat kebugaran kepribadian Anda, serta kondisi kesehatan. Cabang cabang yoga tersebut antara lain Karma Yoga, Hatha Yoga, Juana Yoga, Bhaki Yoga, Raja Yoga dan masih banyak lagi.

  • Minum dan Makan

Dalam melakukan Yoga, kondisi yang baik adalah ketika perut tidak dalam keadaan penuh. Jika memungkinkan usahakan untuk tidak makan selama 2 jam sebelum melakukan Yoga.

  • Instruktur Yoga

Nah Yoga untuk pemula, harus selalu didampingi dengan instruktur. Seorang instruktur biasanya kan melakukan koreksi postur atau yang biasa disebut asanas sehingga Anda pun terhindar dari cidera dan tentunya instruktur akan menawarkan modifikasi pose jika Anda memang memiliki keterbatasan fisik.

  • Tempat Berlatih Yoga

Yoga umumnya dilakukan di tempat dengan saluran udara yang baik, bebas dari gangguan, serta terang. Untukmenemukan kelas Yoga, Anda bisa mengujungi sejumlah fitness center yang kini banyak menawarkan kelas kelas yoga.

  • Perlengkapan Yoga

Sebelum memulai kelas, ada baiknya Anda menyiapkan terlebih dahulu perlengkapan yoga, seperti matrass atau pengenalan yoga melalui sejumlah video streaming.

  • Posisi Yoga

Anda sebagai pemula, seperti yang sudah di sampaikan sebelumnya, mulailah dengan pose yang mudah terlebih dahulu. Jika Anda sudah memahami dan mennguasai baru selanjutnya Anda lanjutkan ke pose yang lebih sulit. Salah satu pose yang aman bagi pemula adalah Child’s Pose (Balasna), Downward (Facing Dog) dan Dolphin pose.

  • Waktu

Untuk sekedar memulai Yoga alangkah lebih baiknya jika Anda melakukannya pada pagi hari agar lebih santai dan fit.

Demkianlah beberapa tips yang dapat Anda pergunakan ketika memutuskan untuk mencoba Yoga untuk pertama kalinya. Tak perlu ragu karena saat ini sudah ada banyak sekali instuktur yoga yang kompeten yang bisa membantu Anda untuk berlatih Yoga lho. Semoga bermanfaat!

Facebook Comments
love
Senang
100%
haha
Terinspirasi
0%
wow
Netral
0%
sad
Sedih
0%
angry
Marah
0%