6 Jenis Olah Raga yang Terbukti Mengurangi Stres, Tertarik?

0
2598
Olah Raga yang Terbukti Mengurangi Stres

Olah Raga yang Terbukti Mengurangi Stres – Tingginya tingkat stres di kota kota besar layaknya Jakarta semakin berkembang lantaran tuntutan pekerjaan maupun tuntutan ekonomi. Stres tersebut bermula ketika Kita mulai bosan dengan rutinitas yang itu itu saja tanpa adanya variasi kegiatan. Oleh karenanya banyak sekali pekerja kantoran yang justru bergabung di fitness center untuk melampiaskan stres yang sering kali mendera.

Namun bagi Anda yang tak begitu suka kegiatan di dalam sebuah Fitnes center, Anda bisa melakukan olahraga yang akan Kita bahas berikut ini. Olah raga yang dipercaya mempu merangsang hormon-hormon seperti endorfin yang berfungsi merangsang rasa bahagia, senang, dan tenang. Hormon yang diproduksi oleh kelenjar hipofisis ini tentunya tak akan berfungsi dengan baik jika Anda tak melakukan aktifitas. Berikut ini adalah olahraga yang terbukti mengurangi stres :

1. Olahraga yang Mengandung unsur Smash di dalamnya

Jika Kamu tipikal orang yang memiliki emosi yang mudah meluap luap, cobalah untuk menyalurkannya melalui olahraga yang mengandung smash didalamnya. Olah raga tersebut bisa dalam bentuk bulutangkis, bola voli, tenis meja maupun tenis lapangan. Selain mampu menyalurkan emosi, Anda pun akan merasakan tubuh yang lebih bugar dan tentunya lebih bersemangat setiap kali berangkat bekerja lantaran punya aktifitas baru.

2. Jalan Kaki

Tak perlu jalan jalan terlalu jauh untuk dapat menyendiri. Ketika malam malam, cobalah untuk berjalan sejenak dan pasang lah headset di telingamu dan dengarkan lagu lagu relaksasi. Berjalanlah mengelilingi lingkungan sekitarmu dan rasakan setiap langkah. Rasakan pula teduhnya malam yang menaungi serta diiringi alunan musik yang dapat membuatmu semakin rileks. Namun hal tersebut hanya berlaku untuk pria, untuk Anda yang perempuan hindari jalan jalan ditengah malam yang cukup bahaya.

Sebagai gantinya, Kamu bisa berjalan jalan di mall. Selain bejalan jalan, Kamu pun bsia sembari berbelanja kebutuhan Kamu. Tapi ingat, selalu perhatkan keuangan Kamu ya. Jangan justru terlalu boros dan akhirnya justru akan membuat Kamu jadi lebih stres lantaran memikirkan keuangan.

3. Mendaki Gunung

Ada sebuah kata mutiara dari Sir Emund Hillary yang berkata “ Bukan lah gunung yang Kita taklukkan tapi diri Kita sendiri”. Dari kata kata mutiara tersebut tentunya dapat menggambarkan bahwa dengan mendaki gunung bertujuan untuk menaklukkan diri sendiri. Untuk menambah keseruan aktifitas satu ini ajak lah teman teman Anda untuk ikut mendaki. Disini Anda dapat memacu adrenalin dengan tracking di gunung serta menikmati semilir angin malam sewaktu camping.

Duduk diluar tenda sembari menikmati bintang dan merenung serta berusaha menemukan pemikiran-pemikiran positif. Jangan lupa pula abadikan momen momen di gunung dan membagikannya di media sosial. Selain menghilangkan penat, tentunya Anda pun dapat sekaligus plesir serta menyatu dengan alam. Dengan mendaki gunung kegiatan satu ini mampu Anda pergunakan untuk membakar kalori dalam tubuh lho.

4. Renang

Siang siang yang panas sepertinya paling enak memang renang. Selain membuat badan semakin fit, dengan berenang kepala Anda yang terasa berat dan panas lantaran terlalu banyak menyimpan masalah pun akan segera sirna. Cobalah untuk renang di kolam renang infinity pool yang banyak tersedia di hotel hotel. Dengan membayar sejumlah uang, selain menikmati hari liburan, Anda juga mendapatkan bonus refresh pikiran Anda denganmelihat pemandangan Kota dari ketinggian.

5. Yoga

Olah raga satu ini sepertinya sudah banyak yang cukup paham kegunaannya untuk mereduksi stres. Pusatkan pikiran dan hati untuk menuju ketenangan, rasakan lah setiap gerakan gerakan dengan memejamkan mata, serta tarik nafas dalam dalam dan konsetrasikan pikiran. Jika Anda kurang puas dengan gerakan yoga yang dipraktekan sendiri, Anda bisa mengikuti berbagai kelas yoga yang kini telah banyak sekali tersedia baik di fitness center maupun di luar fitness center.

Ada banyak sekali variasi senam yoga yang bisa Kamu lakukan, mulai dari Bikram Yoga, Power Yoga, hingga senam sejenisnya, yakni Pilates. Untuk mulai melakukan senam yoga, tumbuhkan lah pikiran positif agar latihan Anda pun bermanfaat. Tak perlu terlalu memaksakan gerakan, selama Anda konsisten dengan latihan, gerakan terberat pun dapat Anda kuasai selama Anda bersabar dan penuh kesungguhan dalam latihan. Salah satu fungsi yoga adalah menguatkan koordinasi syaraf Anda serta memberikan pikiran positif bagi jiwa. Tertarik?

6. Lari

Selain murah lantaran tak perlu mengeluarkan uang, olah raga lari pun dapat Anda kerjakan dimanapun serta kapan pun selagi Anda memang sempat. Olah raga yang terkenal karena sifatnya yang merakyat ini tengah banyak diminati masyarakat. Dengan olahraga lari produksi endorfin pada tubuh akan semakin lancar sehingga Anda pun lebih bahagia dan lebih segar.

Selain itu, dengan olah raga lari otak Anda pun bisa digunakan untuk memikirkan hal hal positif untuk menemukan solusi permasalahan yang sering kali justru membuat Anda stres. Cukup bermanfaat bukan?

Demikian lah beberapa jenis olahraga yang terbukti dapat mengurangi tingkat stress untuk Anda yang tinggal di perkotaan besar layaknya Jakarta. Selain mengurangi stress, tentunya tubuh semakin bugar dan mampu memberikan enegri positif setiap kali Anda dihadapkan dengan hal hal yang kompleks. Anda tak harus melakukan semua olahraga tersebut, pilih lah salah satu diantara beberapa yang sudah Kita bahas di atas yang menurut Anda menyenangkan. Selamat mencoba dan keep your healthy mind!

Baca juga: Macam-macam Cara Push Up Untuk Pemula

Facebook Comments
love
Senang
50%
haha
Terinspirasi
0%
wow
Netral
0%
sad
Sedih
0%
angry
Marah
50%