Tips Mengatur Meja Kerja di Rumah Agar Terlihat Lebih Cerah

0
2884
Tips Mengatur Meja Kerja di Rumah
31

Tips Mengatur Meja Kerja di RumahBagi Anda yang memilikiruang khusus untuk melanjutkan ataupun menampung semua pekerjaan di dalam rumah, ada baiknya Anda lebih memerhatikan bagian tersebut agar dapat menambah nilai estetika dalam rumah. Selain itu, menata meja kerja dengan rapi dan sesuai keinginan dapat membuat Anda lebih semangat bekerja dan tidak mudah jenuh. Maka dari itu, Anda harus mengetahui bagaimana tips mengatur meja kerja atau ruangan kerja di dalam rumah agar terlihat lebih rapi dan cerah.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan terkait dengan pengaturan meja atau ruang kerja ini. Mulai dari peletakkan funitur, berkas-berkas, hingga pemilihan warna barang-barang yang ada di atas meja menjadi poin penting dalam pengaturan meja itu. Lantas, apa saja yang harus diperhatikan salam penataan dan pemilihan barang-barang tersebut? Berikut kami berikan ulasan terkait bagaimana mengatur meja kerja di rumah agar terlihat lebih cerah dan rapi.

Pilih Posisi Meja yang Dekat dengan Jendela

Pemilihan posisi meja kerja ini menjadi sebuah poin penting pertama yang harus diperhatikan. Disarankan meja kantor Anda berada dekat dengan jendela, sehingga bisa mendapatkan sinar matahari yang cukup. Hal ini juga dapat membuat mood atau suasana hati Anda lebih ceria, karena Anda juga dapat melihat secara langsung ke bagian luar rumah Anda. Jadi, ketika jenuh bekerja, Anda dapat merelaksasikan pikiran dengan memandang hijaunya rumput di halaman atau sinar matahari yang terbenam.

Perhatikan Funitur atau Perabot

Funitur atau perabot seperti kursi dan meja juga menjadi salah satu hal penting dalam mengatur meja kerja Anda di rumah. Pilihlah kursi yang memiliki fungsi aerodinamis sehingga ukuran pas dengan tekstur tubuh Anda. Jika memang Anda menghemat biaya, Anda juga dapat membei funitur kantor ini secara second, karena kini banyak produsen yang menjual barang-barang second yang masih terjamin kualitasnya tentunya.

Sediakan Rak

Ketika Anda memutuskan untuk membuat tempat kerja di rumah, sebaiknya Anda telah menyiapkan rak berukuran sedang untuk menampung seluruh berkas dan katalog yang berkaitan dengan pekerjaan Anda. Rak ini juga memudahkan Anda untuk mencari berkas yang telah lama. Asalkan Anda menyusunnya dengan rapi dan teratur.

Sediakan Tempat Sampah

Hal ini memang agak sepele. Namun temppat sampah juga penting dekat dengan meja kerja Anda, setidaknya dengan adanya tempat sampah ini, Anda dapat menyingkirkan segala bentuk sampah seperti kertas tidak terpakai, rautan pensil, dan lain-lain yang dapat langsung dibuang ke tempat sampah itu.

Penerangan Lampu

Hal yang penting dan harus diperhatikan jika Anda memiliki meja kerja di rumah adalah perhatian jenis penerangan yang ada. Jika memang kualitas penerangan yang ada di ruangan tersebut kurang, hendaknya Anda menambahkan dengan lampu penerangan melalui lampu meja. Jangan sampai Anda bekerja di situasi yang gelap karena membahayakan kesehatan mata Anda.

Jangan Ada Makanan di Atas Meja

Mengemil saat bekerja memang sangat mengasikan, apalagi ditemani dengan secagkir teh hangat di saat hujan di sore hari. Hmm, namun hendaknya Anda tidak melakukan hal tersebut. Karena membawa makanan di atas meja sama halnya mengundang semut dan serangga yang tertarik dengan bekas makanan Anda. Bekas makanan yang tidak terangkat secara menyeluruh akan mengakibatkan meja kerja menjadi sarang semut. Selain menjadi sarang semut, Anda juga tidak akan fokus bekerja karena sibuk menyantap makanan Anda. Ada baiknya Anda rehat dulu sejenak lalu menyantap makanan Anda di luar meja kerja Anda.

Pilih Peralatan Berwarna Terang

Menurut Eileen Rachman founder Decorous (showroom furniture dan aksesori rumah), warna dapat memengaruhi mood seseorang. “Warna dapat memengaruhi psikologi seseorang, misalnya ketika memilih warna untuk ruangan kamar hindarkan warna gelap seperti abu-abu, pilih warna terang supaya mood seorang yang di dalam kamar tersebut bagus dan memunculkan kreativitas,” ujarnya. Kita juga dapat menerapkan di dalam kantor misalnya dengan memilih peralatan kantor,  lebih baik dipilih warna yang terang sehingga Anda semangat sepanjang hari saat bekerja

Pasang Foto Orang Tersayang

Cara ini yang paling dilakukan oleh orang-orang. Dengan memajang foto orang tersayang, Anda akan mendapat energi positif atau Anda juga bisa menggantungkan foto berukuran kecil  gunanya sekaligus menghias meja kerja.

Letakkan Tanaman Hias

Taruhlah tanaman hias, misalnya bonsai atau kaktus hijau di ruangan meja kerja anda. Adanya tanaman kecil tersebut dapat membantu mengembangkan produktivitas kerja. Menurut riset terbaru yang dilakukan tim psikologi tanaman, Tina Bringslimark beserta tim dari Norwegian University of Life Sciences dan Uppsala University, Swedia, kehadiran tanaman di meja kerja bisa mengurangi kelelahan, stres, tenggorokan kering, sakit kepala, batuk hingga kulit kering, seperti dikutip dari Daily Mail.

Pisahkan File

Untuk memberikan kesan rapi, atur penataan file-file Anda serapi mungkin. Untuk file yang dianggap penting, Anda bisa meletakan di sebelah kiri sehingga dapat mudah terlihat dan terjangkau. Sedangkan untuk file yang tidak terpakai satukan di dalam map atau letakan di laci, sehingga Anda tidak repot memisahkannya lagi

Satukan Peralatan Kantor

Selain memisahkan file, Anda dapat meletakan cangkir berwarna warni untuk meletakan semua peralatan kantor seperti pulpen, pensil, penggaris, dan lain-lain agar meja kantor terkesan lebih rapi dan tertata.

Berikut beberapa tips bagaimana mendesain meja kerja Anda di dalam rumah sehingga mendapatkan suasana hati yang bagus. Jika memang masih membutuhkan konsultasi lanjutan di bidang desain interior, Anda juga dapat mengonsultasikan hal tersebut dengan desainer interior. Selamat mencoba!

31