12 Cara Pijat yang Tepat untuk Mengatasi Pilek dan Batuk

0
307
cara pijat yang tepat untuk mengatasi pilek dan batuk

Cara Pijat yang Tepat untuk Mengatasi Pilek dan Batuk

Apakah untuk mengatasi pilek dan batuk harus dengan obat-obatan? Belum tentu. Terdapat sejumlah cara pijat yang terbukti  efektif  untuk mengatasi pilek dan batuk secara alami. Apa sajakah itu dan bagaimana cara tepat untuk melakukannya? Pijat Panggilan akan membahasnya lebih dalam untuk Anda

Batuk dan pilek bukan sekadar masalah sehari-hari. Keduanya  merupakan  masalah kesehatan yang signifikan. Gangguan kesehatan ini disebabkan oleh virus, bakteri, dan faktor lingkungan, yang mengganggu aktivitas dan menurunkan kualitas hidup. 

Faktor risiko seperti kurang tidur dan merokok dapat mempertinggi peluang seseorang terkena pilek. Di sisi lain, batuk, baik akut maupun kronis, dapat menjadi indikasi masalah kesehatan yang serius, Jika ini tidak segera ditangani, dikhawatirkan munculnya konsekuensi jangka panjang yang tak kalah seriusnya. 

Dengan memahami penyebab dan faktor risiko, serta menerapkan cara pijat  yang tepat, Anda bisa meredakan pilek dan batuk secara alami tanpa obat-obatan Simak panduan lengkapnya di artikel ini!

Memahami Pilek dan Batuk

Apa itu Pilek?

Ketika Anda mengalami pilek, Anda mengalami hidung tersumbat dan berair. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh infeksi atau alergi, dan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari Anda. Sebenarnya, gangguan ini adalah infeksi virus pada saluran pernapasan bagian atas.

Pilek dapat dengan mudah menyebar dari satu orang ke orang lain atau saat menyentuh permukaan yang terpapar virus. Virus penyebab pilek  dapat bertahan lama di permukaan benda. Karena itu, penderita pilek (flu) yang berat dianjurkan untuk beristirahat di rumah agar tidak menyebarkan virus ke lingkungan sekitar 

Pilek Tak Selalu Disebabkan oleh Virus

Meskipun ada banyak virus pernapasan yang dapat menyebabkan pilek, rhinovirus adalah jenis yang paling umum. Virus ini tidak hanya dapat menyebabkan pilek, tetapi juga dapat menyebabkan serangan asma dan sering kali dikaitkan dengan infeksi sinus dan telinga. Beberapa jenis virus lain yang dapat menyebabkan pilek adalah virus pernapasan syncytial, virus parainfluenza, adenovirus, coronavirus, dan metapneumovirus.

Selain virus, pilek juga bisa disebabkan oleh: 

  • Infeksi bakteri; 
  • Alergi, seperti terpapar zat yang menyebabkan alergi, seperti debu atau bulu binatang; 
  • Efek samping obat-obatan; dan
  • Paparan udara dingin atau kering, yang dapat mengubah keseimbangan cairan di saluran hidung.

Faktor Resiko Pilek 

Tidak cukup hanya dengan memahami  dan mengantisipasi segala hal yang dapat menyebabkan pilek, Anda juga mesti mengetahui sejumlah faktor risiko yang dapat meningkatkan peluang seseorang terkena pilek. Berikut sejumlah faktor resiko tersebut: 

  • Anak-anak di bawah 6 tahun lebih rentan dibandingkan orang dewasa
  • Orang dengan penyakit kronis; 
  • Merokok
  • Berada di lingkungan di mana banyak orang menderita pilek
  • Kurang istirahat dan kelelahan menyebabkan sistem kekebalan tubuh melemahkan
  • Faktor cuaca: Saat cuaca dingin, anak-anak dan orang dewasa lebih rentan terhadap pilek.
  • Kelembaban yang rendah dapat menyebabkan saluran hidung kering dan membuat virus flu lebih mudah menyerang.

Mari Berkenalan Lebih Jauh dengan Batuk

Benarkah Batuk Pertanda Sakit? 

Batuk tak selalu berkaitan dengan penyakit. Saat terdapat lendir di tenggorokan akibat iritasi karena benda asing, muncul refleks  batuk. Refleks ini merupakan cara alami tubuh membersihkan tenggorokan dari benda asing  yang menghalangi saluran pernapasan.

Tapi, di sisi lain, sejumlah kondisi dapat meningkatkan kemungkinan batuk berulang. kesehatan Mayoritas batuk biasanya akan hilang atau setidaknya meningkat dalam dua minggu. Namun, ada batuk akut yang bertahan lebih dari tiga minggu.

Selain batuk akut, terdapat pula batuk subakut. Jika batuk berlangsung selama tiga hingga delapan minggu dan berakhir pada akhir periode tersebut, dikategorikan batuk subakut. Sementara itu, bila batuk bertahan selama lebih dari delapan minggu, masuk  kategori batuk kronis. 

Bila batuk Anda disertai darah (batuk berdarah)  dengan tanda – tanda “menggonggong”  harus segera berkonsultasi dengan dokter. Hal yang sama juga mesti Anda lakukan, jika batuk Anda tak juga mereda dalam beberapa  minggu. Ini menunjukkan masalah kesehatan yang signifikan. 

Apa Saja Penyebab Batuk?

Batuk dapat disebabkan oleh banyak hal, baik itu sementara maupun permanen. Berikut adalah beberapa penyebabnya:

Membersihkan Tenggorokan 

Untuk membersihkan tenggorokan, orang biasanya batuk. Batuk adalah refleks yang terjadi ketika saluran udara terhalang oleh lendir atau partikel asing seperti debu atau asap. Tindakan ini bertujuan untuk menghilangkan partikel asing dan memudahkan pernapasan.

Virus dan Bakteri

Infeksi saluran pernapasan, seperti flu atau pilek, biasanya disebabkan oleh virus dan dapat berlangsung dari beberapa hari hingga seminggu. Infeksi flu mungkin memerlukan waktu penyembuhan yang lebih lama dan terkadang memerlukan penggunaan antibiotik.

Merokok

Merokok adalah penyebab umum batuk.  Sering kali ini dikaitkan dengan batuk kronis bila disertai dengan tanda-tanda tertentu.

Baca Juga  Kokuo Eastern Reflexology – Pijat Favorite Di Tangerang
Asma

Batuk yang satu ini seringkali disertai dengan mengi. Batuk jenis ini  banyak terjadi pada anak-anak. Eksaserbasi asma memerlukan pengobatan dengan inhaler.  Terdapat peluang untuk sembuh  seiring bertambahnya usia.

Efek Samping Obat

Batuk dapat terjadi sebagai efek samping dari beberapa obat, terutama inhibitor angiotensin-converting enzyme (ACE) seperti Zestril. Senyawa ini  dikenal juga sebagai lisinopril, atau Vasotec, atau enalapril. Batuk jenis ini dapat diatasi dengan obat-obatan 

Kondisi Lain

Batuk juga dapat disebabkan oleh kerusakan pada pita suara, tetesan postnasal,  atau infeksi bakteri, seperti pneumonia, batuk rejan, dan croup. Selain itu, penyakit serius seperti emboli paru dan gagal jantung juga dapat menyebabkan batuk. 

Selain itu, karena aliran balik isi lambung ke kerongkongan menyebabkan refleks batuk, penyakit refluks gastroesofageal (GERD) juga dapat menjadi penyebab batuk kronis

Faktor Resiko Batuk 

Beberapa faktor yang dapat meningkatkan kemungkinan terkena batuk adalah:

  • Menghirup bahan yang dapat mengiritasi saluran pernapasan;
  • Merokok 
  • Alergi; 
  • Bekerja di lingkungan yang tinggi  polusi.

Bagaimana Cara  Mengatasi Pilek dan Batuk dengan Pijatan?

Cara Pijat untuk Meredakan Pilek

Untuk menghilangkan hidung tersumbat dengan pijatan, Anda dapat melakukannya sendiri atau dengan bantuan orang lain. Namun, jika Anda ingin melakukannya sendiri, Anda harus memiliki cermin untuk membantu Anda menemukan titik pijatan yang tepat. Berikut berupa teknik pijatan untuk meredakan pilek, seperti ditulis  Alodokter.com

Pijat Pangkal Hidung

 

Pijat Pangkal Hidung
Sumber: Health.grid.id

Pijat ini dilakukan di dua titik di pangkal hidung, tepatnya di antara kedua tulang hidung dan sudut mata. Berikut adalah cara melakukan pijatan di pangkal hidung untuk mengatasi hidung tersumbat:

Letakkan kedua jari telunjuk di titik antara kedua tulang hidung dan sudut mata. Kemudian  tekan titik tersebut selama 15 detik. Seteleh itu,  urut perlahan batang hidung dari atas ke bawah dengan jari telunjuk. Sebaiknya ulangi gerakan ini selama sekitar 30 detik, untuk mendapatkan hasil  yang maksimal

Pijat Dahi

Dua titik di dahi—di atas alias kiri dan kanan—dan pangkal hidung adalah bagian berikutnya yang harus dipijat. Berikut panduannya:

Hangatkan  terlebih dahulu kedua tangan dengan menggosoknya. Lalu pijat perlahan dengan gerakan melingkar ke luar dari alis menuju pelipis menggunakan telunjuk dan jari tengah. Agar hasilnya lebih maksimal, lakukan gerakan ini pada dahi kanan dan dahi kiri selama sekitar 30 detik.

Pijat Pipi

Tulang pipi—tepatnya di atas rahang atas atau gigi atas—adalah titik pijatan berikutnya. Pijat ini dapat membantu mengatasi hidung tersumbat. Untuk melakukannya ikuti panduan berikut:

Gunakan telunjuk dan jari tengah untuk menekan area di atas tulang pipi. Selanjutnya, pijat area ini dengan gerakan melingkar selama sekitar 30 detik untuk merasakan manfaat terbaik 

Pijat Tengkuk

Pijat tengkuk dianggap efektif untuk meredakan rasa sakit yang disebabkan oleh tekanan pada rongga sinus, seperti yang dialami oleh penderita sinusitis. Pijat tengkuk juga dianggap ampuh untuk meredakan sakit kepala dan hidung tersumbat. Panduan untuk melakukan pijat tengkuk untuk melegakan hidung tersumbat adalah sebagai berikut:

Tempelkan kedua tangan ke tengkuk. Kemudian unakan kedua jempol untuk menekan lekukan di bagian belakang kepala. Tekan area tersebut dengan kuat secara perlahan dan ulangi sampai hidung tersumbat mereda.

Pijat di Antara Jempol dan Telunjuk

Pijat di Antara Jempol dan Telunjuk
Sumber: Health.grid.id

Menekan titik di punggung tangan juga dapat membantu menghilangkan hidung tersumbat. Panduan untuk melakukannya adalah sebagai berikut:

Posisikan telapak tangan menghadap ke bawah dan tentukan titik sekitar 3 cm dari lekukan antara jempol dan telunjuk. Selanjutnya tarik jempol ke arah luar untuk melihat otot yang menghubungkan antara jempol dan telunjuk. Setelah Anda menemukannya,  tekan titik tersebut selama beberapa saat.

Cara  Pijat untuk Meredakan Batuk 

Sejak lama, beberapa metode terapi komplementer yang berasal dari Tiongkok, seperti akupresur dan akupunktur, dianggap dapat meredakan batuk dan pilek. Teknik akupresur memijat atau menekan bagian tubuh tertentu, seperti tangan, pundak, leher, dan telapak kaki.

Pada saat yang sama, akupunktur dilakukan dengan menusukkan jarum kecil pada lokasi. Sebagian besar orang percaya bahwa metode ini akan menstimulasi  sistem saraf dan mendorong  produksi hormon endorfin dalam tubuh Anda.

Mengutip dari Hellosehat.com, dalam  sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Medicine (2018) juga menemukan bahwa akupunktur dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, yang berarti bahwa tubuh dapat melawan infeksi dengan lebih baik.

Berikut ini penjelasan  tentang titik pijat untuk meredakan batuk dan cara melakukan pijatan pada titik akupresur: 

Pijatan di Titik Hegu (LI4)

Pijakan pada titik Hegu, juga disebut LI4, terbukti efektif untuk meredakan berbagai gejala penyakit di area wajah dan kepala. Selain itu, pijatan pada titik ini juga membantu mengobati batuk dan flu. Titik Hegu (LI4) terletak pada pertemuan antara pangkal ibu jari dan telunjuk.

Pijat titik ini menggunakan ibu jari dan telunjuk dengan cukup kuat hingga terasa sakit. Lakukan pijatan selama 1–2 menit atau sesuai dengan kebutuhan Anda. Teknik ini dapat memperbaiki aliran energi tubuh dan meredakan masalah wajah dan kepala.

Sebelum mencoba teknik ini, pastikan untuk menghindari tekanan berlebihan dan konsultasikan dengan ahli pijat atau profesional kesehatan jika Anda menderita kondisi medis tertentu.

Pijatan di Titik  Fengchi (GB20)

Pijat titik Fengchi adalah metode alami untuk mengurangi gejala gangguan pernapasan. Titik pijat ini  sangat membantu dalam mengobati gangguan pernapasan seperti sakit tenggorokan, batuk, pilek, dan hidung tersumbat. Titik pijat yang dimaksudkan untuk meredakan batuk ini terletak di area tulang besar di belakang kepala, sejajar dengan bagian bawah daun telinga.

Baca Juga  Simak 6 Rekomendasi Salon Spa Terdekat di Bekasi

Terlebih dahulu temukan Titik Fengchi (GB20).  Titik  ini terletak  di belakang kepala, tepat di bawah daun telinga. Selanjutnya tekan kedua sisi titik Fengchi dengan jari tengah dan telunjuk Anda. Beri tekanan yang kuat, namun tetap terasa nyaman. Kemudian pijat dengan gerakan melintasi, seperti gerakan horizontal atau melingkar. Gerakan ini dapat membantu meredakan gejala gangguan pernapasan.

Titik Yingxiang (LI20)

Pijatan pada titik Yingxiang adalah metode alami untuk mengurangi pilek, batuk, dan hidung tersumbat. Titik Yingxiang merupakan  titik akupresur LI20 yang terletak di kedua sisi hidung, di ujung lipatan nasolabial (garis senyum), yang membantu membuka saluran napas, mengatasi hidung tersumbat, dan mempercepat pemulihan dari batuk dan pilek.

Temukan titik Yingxiang pada ujung lipatan nasolabial (garis senyum) di kedua sisi hidung. Kemudian tekan kedua titik secara bersamaan dengan jari telunjuk Anda. Beri tekanan dengan lembut selama 1 hingga 2 detik. 

Selanjutnya angkat jari telunjuk Anda sesaat lalu tekan lagi dan lakukan gerakan ini beberapa kali. Metode pijatan singkat ini dapat menstimulasi  titik Yingxiang dan membantu mengurangi hidung tersumbat.

Titik Tiantu (REN22)

Pijatan pada titik Tiantu dapat meredakan gejala batuk dan membuat tenggorokan lebih nyaman.Untuk membantu mengeluarkan dahak dari tenggorokan, Anda dapat mencoba pijatan pada titik Tiantu atau REN22. Selain membantu Anda menghilangkan rasa tidak nyaman akibat dahak, titik ini juga terbukti membantu meredakan sakit tenggorokan, suara serak, dan nyeri dada.

Temukan  titik Tiantu yang terletak  di tengah pertemuan tulang selangka kiri dan kanan di pangkal leher. Kemudian untuk menekan titik ini, gunakan jari tengah dan telunjuk Anda dengan tekanan yang cukup lembut. 

Silakan mulai dengan tekanan yang ringan dan tingkatkan tekanan seiring waktu. Selanjutnya tekan titik Tiantu selama 1 hingga 2 menit. Meskipun Anda mungkin merasa tidak nyaman saat melakukannya, ini adalah reaksi yang umum terhadap titik akupresur.

Titik Tangzhong (REN17)

Titik Tangzhong
Sumber: Hellosehat.com

Pijat pada titik Tangzhong dapat menjadi cara alami untuk membuat dada lebih nyaman dan mengurangi batuk berdahak. Titik Tangzhong, atau REN17, merupakan  salah satu titik pijat yang berguna untuk meredakan batuk berdahak dan sesak napas. Ini juga dapat meredakan nyeri dada dan sesak napas. Posisi titik ini sejajar dengan kedua puting payudara di tengah tulang dada.

Temukan Titik  Tangzhong yang terletak  sejajar dengan kedua puting payudara di bagian tengah tulang dada. Selanjutnya tekan titik tersebut menggunakan gunakan jari tengah dan telunjuk Anda. Mulailah dengan tekanan yang ringan dan tingkatkan tekanan secara perlahan. 

Setelah itu,  gerakkan jari Anda secara perlahan ke atas dan ke bawah di area titik Tanzhong. Ulangi lagi gerakan ini hingga  hingga hingga rasa sesak dan nyeri di dada mereda. 

Titik Zusanli (ST36)

Titik pijat kaki yang dapat membantu meredakan batuk dan asma, dikenal sebagai titik Zusanli atau ST46. Titik ini  terletak di bagian depan tungkai bawah, sekitar empat jari di bawah patella, tulang lutut. Pijatan pada  titik Zusanli adalah metode alami untuk meredakan batuk dan asma.

Tempatkan jari tengah dan telunjuk Anda pada titik Zusanli dengan tekanan yang nyaman. Lalu pada titik ini, gerakan jari Anda dengan memutar. Selanjutnya  pijat titik Zusanli selama dua hingga tiga menit. Setelah selesai, lakukan hal yang sama pada kaki  yang lain.

Titik Yongquan (KI1)

Pijatan pada titik Yongquan adalah metode alami untuk meredakan batuk dan menyelaraskan tubuh terkait gejala seperti pusing, sakit kepala, muntah, dan mual. Titik Yongquan, juga dikenal sebagai K1, adalah titik pijat yang dapat membantu meredakan batuk kering dan berdahak. 

Temukan titik Yongquan di sepertiga bagian depan telapak kaki, tidak termasuk jari kaki Anda. Lalu gunakan ibu jari dan telunjuk Anda untuk melakukan pijatan lembut pada garis yang menghubungkan kedua sisi tepi telapak kaki.

Setelah itu, pakailah ibu jari dan telunjuk Anda untuk menekan titik ini dengan lembut selama 1–2 menit. Pastikan tekanan yang diberikan nyaman untuk Anda.

Nah, itulah tadi serba serbi pilek dan batuk serta cara pijat yang mudah tapi efektif untuk meredakan pilek dan batuk. Pijatan pada titik tertentu adalah langkah penting untuk mengatasi gangguan ini tanpa tergantung dengan obat-obatan Dengan menggunakan metode yang alami dan menyehatkan, Anda  dapat menikmati kesehatan terbaik tanpa efek samping.

Bila Anda membutuhkan pijat panggilan berbasis aplikasi dan terlengkap, Halo Massage dari Halojasa hadir untuk Anda. Anda bisa mendapatkan terapi pijat pilihan dari mana pun dan kapan pun hanya menggunakan aplikasi resmi kami di ponsel Anda atau melalui layanan pelanggan di official website kami. 

Layanan  pijat panggilan ini merupakan layanan 24 jam dengan harga yang bersahabat. Tunggu apa lagi? Dapatkan kualitas hidup yang lebih baik bersama Halo Massage dari Halojasa

Referensi:
Halodoc.com; Pilek
Halodoc.com; Batuk

Alodokter.com; 5 Cara Mengatas Hidung Tersumbat dengan Pijatan

Hellosehat.com; Titik Pijat Batuk 

Diakses 01 Januari 2024