Dibalik Trend Street Photography dan Cara Memulainya

0
3283
Trend Sreet Photography dan Cara Memulainya

Jalanan sebagai tempat beraktifitas manusia tenyata mampu memberikan obyek foto yang maksimal. Hal tersebut masuk dalam kategori urban fotografi yang lebih spesifik masuk dalam kategori street photography. Street photography menjadikan manusia yang sedang beraktivitas sebagai salah satu obyek foto. Kali ini Kita akan membahas mengenai beberapa hal tentang Trend Sreet Photography dan Cara Memulainya secara mendalam. Berikut adalah ulasan selengkapnya :

1. Mengenal Lebih Jauh Street Photography

Dari namanya saja sudah dapat ditebak jika obyek foto yang diambil adalah obyek obyek yang berada di jalanan. Obyek disini pun bermacam maca, mulai dari kendaraan umum, hewan, kafe hingga yang cukup nyeleneh yakni WC umum. Selain obyek tersebut, obyek berupa lalu lalang masyarakat pun dapat Kamu abadikan dalam street photography ini.

Dilihat dari segi sejarah, aliran street photography ini berawal dari Eropa saat Eugene Atget mengabadikan suasana kota Paris sekitar tahu 1890an hingga 1920an. Foto foto Atget semula hanya mengambil obyek arsitektural dan sedikit sekali mengambil manusia sebagai salah satu obyek atau unsur penting didalam street photography. Hal ini cukup berbeda dengan aliran street photography dewaa ini yang menjadikan manusia sebagai subyek foto didalamnya. Hal tersebut bermula pada saat Henri Cartier-Bresson memasukkan manusia dan membuat komposisi surealismenya dalam foto foto karyanya yang dimulai dari tahu 1940an. Hingga kini aliran tersebut lah yang berkembang dengan pesat dan menyentuh mobile photography yang mengusung tema street photography.

2. Lebih Nikmat Kalau Pakai Kamera Pocket / Mirrorless

Karena konsep street photography yang mengharuskan Kita untuk melebur dengan keramaian, alangkah lebih baiknya jika Kita menggunakan kamera dengan jenis Mirrorless. Bisa Kamu bayangkan ketika Kita dikeramaian dan Kamu mengeluarkan kamera DSLR yang memiliki body bongsor. Tentunya beberapa orang pun akan merasa terganggu dengan kegiatan hunting Kita. Selain itu untuk alasan keamanan pun kamera pocket maupun kamera mirrorless lebih di sarankan lantaran lebih ringkas dan mudah dibawa kemana mana.

3. Secara Tidak Langusung Membuat Kamu Menjadi Individu yang Cukup Percayadiri

Jika Kamu melakukan street photography pastinya Kamu akan turun ke jalanan, memotret keramaian, serta bertemu dengan orang orang baru. Entah di kendaraan umum, warung, pasar, dan lain sebagainya. Untuk memulai mendekatkan diri dengan obyek yang akan Kita foto tentunya Kita akan mengajak mereka mengobrol bukan? Hal tersebut bertujuan untuk lebih mendapatkan soul dari street photography itu sendiri. Dari hal hal seperti itu lah secara tak langsung akan tumbuh rasa percaya diri.

4. Membuat Kamu Lebih Peka Dengan Segala Hal yang Terjadi di Sekitar

Salah satu hal menarik dari street photography ini, Kita dituntut untuk mau terjun langsung ke lapangan dan berinteraksi dengan masyarakat sekitar. Obyek foto yang akan kita ambil pun tak dapat Kita atur layaknya mengatur foto model lantaran lingkungannya yang dinamis dan tak bisa di reka ulang lagi. Hal tersebut jadi tantangan tersendiri untuk para street photographer.

5. Mengasah Ketabahan Hingga Maksmimal

Jika momen menarik tak kunjung datang, cobalah untuk lebih bersabar. Namanya saja street photography. Sembari menunggu menemukan momen, Kamu bisa sekaligus jalan jalan dan menikmati lingkungan sekitar. Perhatikanlah detail detail kecil yang anti mainstream, dari situ lah Kamu akan menemukan hasil karya photography yang menarik dan ‘out of the box’.

Demikian lah beberapa hal menarik tentang street photography. Selanjutnya Kita akan membahas tentang cara memulai Street Photography. Berikut ulasannya:

1.Tunjukkan minat fotografimu

Pergilah keluar rumah dan perhatikan kehidupan jalanan disekitar tempat tinggal mu. Tak perlu jauh jauh, cukup disekeliling rumah dulu untuk sekedar menciptakan mood yang bagus dan tanpa adanya rekayasa perangkat. Semua keadaan di jalanan akan tertangkap oleh lensa kamera, mulai dari perilaku seseorang, lingkungan, cuaca, kebisingan kota, hinggahal hal menarik seperti kesenjangan sosial.

Orang orang yang ditampilkan dalam foto bukan lah individu yang penting namanya, melainkan tokoh anonym dari sebuah situasi jalanan pada umumnya. Dengan adanya pola pemikiran tersebut Anda mampu menciptakan alur cerita dan aktivitas sehari hari orang yang berada di lingkungan sekitarmu. Menghabiskan masa muda untuk merekam segal kejadian di sekitarmu bukan kah hal yang cukup menarik?

2. Mulailah dengan perangkat foto sederhana

Selalu hilangkan pola pikir menggunakan perangkat foto yang sederhana tak akan mampu menghasilkan foto yang kreatif dan maksimal. Nyatanya tergantung bagaimana Kita mengeksekusi obyek yang akan kita foto dengan menggunakan perangkat yang sederhana. Street Photography hanya memerlukan 80% keberanian serta 20% keahlian. Jadi sangat jelas bukan, yang terpenting keberanian dulu untuk mengeluarkan kameramu. Jika latihan Anda lakukan secara konsisten, bukan mustahil hasil yang berkualitas pun akan tercipta.

3. Minimalkan gear kameramu

Tak perlu mambawa tropod, speedlight, flash lightmeter dan lain sebagainya karena Anda akan terlihat aneh di mata pejalan kaki yang berlalu lalang ditengah kota. Anda bisa menggunakan lensa yang memiliki jarak lebar atau focal length yang pendek dan selalu hindari pengginaan lensa tele yang terlalu mencolok. Hal tersebut akan membuat Anda terlihat mencurigakan dan membuat obyek yang Anda potret pun tak akan merasa nyaman.

Jangan lupa pula teknik dasar fotografi, mulai dari teknis komposisi, angle, dan penguasaan alat yang tak boleh sembarangan. Selanjutnya Anda bisa bereksperimen dengan mencampurkan aturan fotografi, misal foto blury, dead center, dan lain sebagainya untuk menciptakan karya yang lebih artistic.

Gimana, apakah sudah terinpirasi menggunakan kamera untuk hunting obyek obyek menarik? Yuk, berburu obyek di jalanan. Selamat mencoba!

Facebook Comments
love
Senang
100%
haha
Terinspirasi
0%
wow
Netral
0%
sad
Sedih
0%
angry
Marah
0%