Trend Fotografi 2017

0
3571
Trend Fotografi

Fotografi sebagai salah satu bentuk seni kian di gemari dan dapat diterima dengan baik oleh masyarakat luas. Hal ini nyatanya di imbangi pula dengan adanya instagram sebagai platform sharing foto yang terus meroket penggunanya. Oleh karenanya tak salah hingga saat ini fotografi masih menjadi hobi yang cukup diminati sejumlah kalangan yang terus bertambah. Hingga sejauh ini, setidaknya di tahun 2017 terdapat 3 genre fotografi yang justru kian eksis di gemari. Nah, berikut ini adalah Trend Fotografi 2017 yang wajib Anda ketahui :

Street and Urban Photography

Fotografi dan travelling ibarat sesuatu yang tak dapat dipisahkan. Boomingnya urban exploration di tahun 2016 pun memberikan impact yang cukup berarti di dunia fotografi. Urban exploration atau yang biasa dikenal dengan jalan jalan menelusuri kota mulai banyak dikenal masyarakat luas. Maka tak heran jika tren tersebut membuat urban exploration dan street fotografi ikut populer.

Dua genre fotografi tersebut menyajikan suasana kota yang lengkap dengan kehidupan masyarakat didalamnya sebagai subyek utama foto. Genre tersebut kian digemari lantaran mampu menceritakan sesuatu yang unik di balik setiap hasil jepretannya. Oleh karenanya, genre fotografi satu ini terbilang cukup fleksibel jika dibandingkan genre foto lainnya.

Tak perlu ribet menyiapkan setting lighting lantaran obyek yang diambil di ruangan terbuka dan dipastikan dengan pencahayaan matahari yang cukup terang. Selain dari sisi kemudahan dalam preparation, popularitas kedua genre tersebut dikarenakan banyaknya kompisisi dan konsep foto yang cenderung mudah untuk di padukan. Bahkan dengan kemauan fotografer untuk berinteraksi dengan orang orang sekitar pun sang fotografer mampu menghasilkan beragam angle.

Memasukin tahun 2017 ini, street fotografi nampaknya kian diminati lantaran memiliki nilai jurnalistik yang cukup kuat. Di lain sisi, penerapan filter monocrom semakin menambah kesan artistik dan menambah citarasa art yang sesungguhnya pada street fotografi ini. Oleh karenanya tak salah jika peminat genre itu pun terus tumbuh pesat di kalangan pencinta fotografi.

Folk Photography, Menikmati Interaksi Manusia dan Alam

Seperti yang telah kita singgung sebelumnya, fotografi dan travelling adalah sesuatu yang tak dapat dipisahkan satu sama lain. Hal tersebut dapat Kita lihat dalam sebuah seni fotografi dengan tema Folk Photography yang semakin hari pun semakin diminati oleh masyarakat luas. Meningkatnya popularitas genre ini nyatanya pun dibarengi dengan adanya kenaikan penghobi traveler di Indonesia. Anda pastinya tak asing lagi bukan dengan banyaknya masyarakat yang mulai mendaki gunung, camping atau sekedar getaway ke tengah alam terbuka dengan pemandangan yang asri sepanjang tahun lalu.

Sebenarnnya apa itu folk photography? Folk Photography adalah karya seni fotografi yang merekam nuansa syahdu serta aktivitas manusia dengan alam. Hal tersebut adalah dasar dari folk photography yang belakangan sering muncul dan banyak dinikmati oleh pecinta alam dan traveler di Indonesia.

Pecinta genre foto grafi satu ini tentunya akan kian bertambah seiring gencarnya pemerintah Indonesia mempromosikan sektor pariwisata nasional. Nah, uniknya fotografi dengan genre ini juga memiliki kesan tenang yang tampil harmonis dengan aliran musik yang hangat serta menghanyutkan seperti genre music folk atau country. Oleh karenanya tak mengherankan bila genre ini semakin popular lantaran semakin berkembangnya genre music tersebut, terutama di Indonesia dewasa ini.

Minimalism Photography, Less is More

Setelah sebelumnya Kita telah mengulas dua genre fotografi yang sering Kita jumpai, genre berikutnya adalah Minimalism Photography. Konsep fotografi satu ini memiliki sisi estetis justru bukan dikarenakan komposisi obyek yang terkesan padat dan mampu menimbulkan cerita. Jenis aliran fotografi ini menonjolkan kepolosan dan kesederhanaan namun yang tetap memiliki arti mendalam.

Hal tersebut di imbangi dengan banyaknya tempat tempat publik yang bergaya minimalis dan modern, oleh karenanya tak heran jika tahun 2017 ini genre minimalis terus berkembang dan kian menari banyak orang. Sejak populer di era 60-an genre ini berkembang semakin pesat dan merambah dunia arsitektur, lanskap, human in frame hingga monokromatik. Komposisi foto bergaya ini sangat identik dengan obyek tengah atau justru pinggir, sementara sisanya adalah ruang kosong. Foto tersebut akan membawa pandangan sesorang untuk tetap tertuju pada obyek.

Dari segi teknis pun komposisi minimalism photography membuat teknik pengambilan gambar lebih bervariasi dan cukup fleksibel. Untuk memulai genre fotografi satu ini pun Anda tak perlu mempunyai kamera yang mahal. Saat ini telah ada banyak sekali mobile photography yang menganut genre satu ini. Hal tersebut terbukti dari feed instagram yang banyak memuat content satu ini. Instagram sebagai wadah menuangkan emosi melalui foto pun telah berkembang dan sebenarnya telah ada sangat banyak sekali genre di dalam kalangan Instagram user.

Sederhananya, foto minimalis adalah menciptakan komposisi dan menjaganya agar tetap minimalis namun hal tersebut bukan berarti membuat foto membosankan. Selama Anda memilih subyek yang menarik perhatian orang, hasil foto Anda pun akan tetap menarik sekalipun obyek yang di ambil hanya punya porsi kecil dalam sebuah frame foto.

Nah, demikianlah beberapa trend fotografi di tahun 2017 ini. Terlihat sangat fleksibel dan cukup mudah untuk Anda mulai sendiri dengan menggunakan smartphone bukan? Selamat mencoba!

Facebook Comments
love
Senang
0%
haha
Terinspirasi
0%
wow
Netral
0%
sad
Sedih
0%
angry
Marah
0%