Tips Menulis Lagu Bagi Pemula

1
46671
Tips Menulis Lagu

Tips Menulis Lagu – Salah satu kebanggaan dari seorang musisi sejati adalah kemampuannya menciptakan lagu yang ingin memberikan suatu karya musiknya berupa lagu dengan aksen yang menyentuh, easy listening dan tentunya disukai masyarakat luas. Namun menulis lagu baru bagi pemula terkadang sering kali menjadi sandungan lantaran tidak adanya inspirasi maupun bayangan tentang lagu apa yang hendak di tulisnya.

Hakekat lagu sebagai gubahan seni nada atau suara dalam urutan, kombinasi dan hubungan temporal yang biasanya diiringi dengan alat music ditujukan untuk menghasilkan gubahan music yang memiliki harmoniasi dan kesinambungan atau memiliki irama. Nah, pada kesempatan kali ini Halojasa ingin mengulas beberapa hal yang wajib Anda ketahui untuk membuat lagu yang utuh, teratur dan tentunya mempermudah pemusik muda atau musisi muda dalam membuat karya-karya yang berkualitas. Berikut selengkapnya :

Inspirasi Lagu

Step awal dari menulis lagu adalah menentukan inspirasi dari dasar menulis lagu. Inspirasi dapat muncul kapan pun dan dimana pun, entah ketika Anda sedang berada di toilet, di pasar atau bahkan setelah bangun tidur. Inspirasi lah yang dapat menuntukn Kamu membuat lagu mulai dari awal hingga akhir akan sangat berpengaruh.

Selanjutnya, untuk menyari inspirasi cobalah mendengarkan beberapa lagu lagu barat yang telah banyak meraih penghargaan. Boleh saja mencari inspirasi dari music lain selama Anda tahu batasan batasan dalam plagiarism barang satu dua not pun.

1. Tentukan Tipe Lagu

Sudah mendapatkan inspirasi? Langkah selanjutnya adalah Anda harus menentukan tipe lagu apa yang hendak Anda buat. Apakah lagu romantic, cinta, kesedihan, kebahagiaan, petualangan hidup dan lain sebagainya. Tipe lagu ini pastinya dapat Anda tentukan usai inspirasi lagu Anda dapatkan. Dalam menentukan tipe lagu ini juga akan sangat berpengaruh terhadap nuansa musikalitas lagu dan lirik yang akan Anda buat.

2. Tentukan Genre Lagu

Setelah menentukan tipe lagu untuk menciptakan mood selanjutnya yang harus Anda tentukan adalah genre atau aliran lagu. Akan jauh lebih baik jika genre music menyatu atau singkron dengan tipe lagu yang sudah Anda tentukan sebelumnya. Misal tipe lagu romantic dengan aliran pop, tipe lagu petualangan dengan aliran RnB atau Hip Hop, semuanya akan menjadi sinkron dan membuat kagu tersebut memiliki jiwa bagi yang mendengarkan.

3. Buatlah Lirik Lagu

Sudah menentukan genre lagu? Selanjutnya buatlah lirik lagu. Lirik lagu akan memberikan efek dramatis apabila strukturnya memiliki alur serta kedalaman kata kata. Inspirasi yang Anda miliki jadi modal awal untuk membuat lirik lagu yang akan Anda buat.

4. Tentukan Struktur Lagu

Langkah selanjutnya adalah menentukan struktur lagu. Struktur lagu ini nantinya akan berdampingan dengan membuat lirik lagu lantaran sembari Anda membuat lirik lagu secara tidak langsung ANda pun akan menentukan struktur lagunya. Struktur lagu yang sering kali kita dengar adalah reffrain atau chorus dan lain sebagainya. Namun di jaman yang semakin maju ini struktur lagu bukanlah sesuatu pakem yang wajib di penuhi. Saat ini kreatifitas pun dapat Anda  gunakan untuk menentukan struktur lagu yang unik serta menarik. Bagi pemula, buatlah struktur lagu yang simple terlebih dahulu.

5. Tentukan Nada/Kunci Dasar

Selanjutnya, tentukan lah kunci dasar dan nada dasar sebagai patokan range atau wilayah nada – nada yang dapat di jangkau. Kunci dasar ini nantinya akan menentukan seberapa tinggi nada vocal yang mampu dicapai oleh penyanyi yang akan meyanyikan lagu Anda. Untuk suara wanita biasanya memiliki kunci dasar G sedangkan laki – laki menggunakan kunci dasar C. Usahakan lah jangan sampai membuat vocal yang sulit untuk dinyanyikan lantaran mengambil nada dasar yang terlalu tinggi. Akan lebih baik jika Anda mencari kunci dasar yang membuat vocal Anda relax dalam menyanyikannya.

6. Membuat Nada Lagu (Awal – Akhir)

Jika sebelumnya Anda sudah menentukan struktur lagu, berikutnya yang harus Anda lakukan adalah menentukan nada atau lagu dari setiap struktur yang telah Anda buat dengan mengembangkan kunci dasar yang telah ditentukan.

Berikut ini adalah bagian bagian terpenting dari sebuah lagu yang nadanya harus Anda tentukan pada tahap ini :

  • Buatlah Nada Awal (Intro)

Intro atau nada pembuka lagu dapat Anda berikan sentuhan kreativitas yang unik untuk menciptakan ketertarikan pendengar mendengarkan lagu hingga habis. Eksplorasi semua kreativitas Anda hingga mampu tercipta sebuah intro lagu yang indag dan mudah di ingat oleh pendengar. Bagi pemula buatlah intro yang simple dengan kunci kunci dasar atau diselingi variasi petikan gitar dan sedikit nada melodi.

  • Buatlah Nada Untuk Melodi (Middle)

Ciri ciri dari bagian ini adalah adanya alat music yang hendak di tonjolkan nadanya, sementara vocal berhenti menyanyikan lirik atau hanya membacking nada yang dihasilkan oleh nada melodi. Buat lah nada melodi yang simple namun tetap cocok dan menyentuh.

  • Buatlah Nada Akhir (Outro)

Nada akhir ini bersifat opsional tergantung Anda sebagai penulis lagu apakah ingin membuat sebuah akhiran lagu yang memiliki klimaks lantaran biasanya sebuah klimaks dari lagu memang berada pada bagian akhir. Namun di lain sisi bila Anda memang lebih suka memberikan klimaks pada bagian reffrain pun tak masalah. Keberadaan klimaks ini pun turut serta memberikan alur cerita yang runtut, menyambung dan mudah untuk dipahami. Namun jangan pernah menghilangkan bagian ini karena letak daya tarik lagu ada pada bagian ini.

7. Finishing, Cobalah Nyanyikan Lagu Anda Secara Penuh

Langkah terakhir dari semua prosesi pembuatan lagu adalah menyanyikan lagu yang Anda buat secara utuh dari awal hingga akhir agar kombinasi dari struktur lagu, musikalitas serta lirik lagu memmiliki harmonisasi dan jika memang ada kesalahan Anda pun dapat segera mengkoreksi kesalahan tersebut. Cobalah untuk menyanyikan lagu dengan semangat dan rasakan tiap lirik serta nada yang telah Anda buat sendiri untuk merasakan kedalaman arti dari lagu tersebut.

8. Koreksi dan Tambahkan Variasi Untuk Memperindah Lagu

Jika Anda sudah merasa lagu tersebut cukup bagus, koreksi lagi lah lagu Anda dengan cara menyanyikan di depan teman mu, kemudian mintalah mereka untuk mengomentari tentang lagu tersebut. Hal ini sangat efektif untuk memberikan koreksi maksimal bagi lagu yang telah Anda buat.

Demikian lah beberapa tips yang bisa Kamu gunakan untuk memulai menulis lagu. Tak perlu ragu untuk mulai melangkah selama Anda masih memiliki inspirasi dan juga ide ide cemerlang. Selamat mencoba!

Facebook Comments
love
Senang
0%
haha
Terinspirasi
100%
wow
Netral
0%
sad
Sedih
0%
angry
Marah
0%