Ingin Mendesain Ulang Ruang Rumah, Cek Dulu Konsep Desain Interior 2018 Ini!

0
2477
Halojasa Konsep desain interior

Konsep desain interior – Tahun 2018 menjadi tahun dimana desain interior diprediksi mengalami peningkatan dari segi peminat. Interior rumah tentu saja membutuhkan perhatian khusus bagi setiap pemilik rumah. Mendesain ulang interior diperlukan mengingat tren desain interior setiap saat berubah-ubah. Nah, bagi Anda yang ingin mendesain ulang tidak ada salahnya untuk mengetahui terlebih dahulu konsep desain untuk interior rumah Anda. Hal tersebut bermanfaat agar nantinya Anda tidak salah memilih konsep desain interior untuk rumah Anda. Bukankah salah memilih konsep desain interior sangat menyusahkan apalagi bila Anda harus merovasi ulang konsep yang sudah dikerjakan di rumah Anda. Kenyamanan adalah salah satu alasan mengapa Anda harus tepat dalam memilih konsep desain interior. Interior ruangan yang didesain dengan mempertimbangkan luas ruangan dan warna-warna yang tepat akan mempengaruhi tingkat kenyamanan setiap orang yang ada di dalamnya. Berikut ini ada beberapa konsep desain interior yang sedang tren di tahun 2018 ini. Yuk, cermati konsepnya dan pilih desain interior yang cocok untuk rumah Anda.

Konsep desain interior

  1. Konsep Rustic

Konsep pertama yaitu rustik. Konsep desain interior ruangan ini berbeda dengan unsur konsep desain interior modern. Konsep rustic merupakan konsep desain interior yang lebih menekankan pada alam dan konsep natural. Konsep ini disebut sebagai lawan dari desain interior modern. Mengapa demikian? Hal ini karena bila dilihat, ruangan yang didesain dengan gaya rustic akan terlihat seperti gaya pedesaan. Ya, rustik sendiri lebih mengutamakan suasana alam yang diadopsi ke dalam sebuah ruangan. Lantas bagaimana dengan penggunaan bahan-bahan untuk ruangan yang bergaya rustik? Secara umum, konsep ruangan yang didesain dengan gaya rustik lebih mengandalkan bahan dan material dari alam misalnya saja kayu, bambu dan bebatuan. Adapun keuntungan yang akan dapatkan ketika memilih konsep rustik ialah dapat meminimalkan penggunaan bahan untuk finishing. Sebaliknya, untuk menerapkan gaya rustik Anda harus mengandalkan kualitas material produk yang digunakan. Kesulitan yang biasa dialami saat menerapkan konsep rustik pada ruangan rumah ialah dibutuhkan kehati-hatian dalam memilih material. Pemilihan material yang tidak sesuai dan tidak berkualitas akan mempengaruhi hasil desain interior pada akhirnya. Nah, bila Anda mengingingkan ruangan di rumah Anda terasa adem, nyaman dan tenang maka konsep desain interior rustic sangat cocok untuk Anda pilih.

  1. Konsep Klasik

Konsep kedua yang bisa menjadi pilihan Anda dalam mendesain ulang interior ruangan rumah Anda yaitu konsep klasik. Seperti namanya, desain yang satu ini menekankan gaya klasik atau kuno. Desain interior yang menekankan gaya klasik tersebut terinspirasi dari konsep desain romawi dan yunani kuno. Penerapan konsep klasik sendiri mengandalkan susunan, keseimbangan, keteraturan dan harmonisasi yang sempurna pada ruangan. Interior ruangan yang didesain dengan gaya klasik akan didominasi dengan ukiran unik di beberaoa titik ruangan. Sementara itu, bila Anda memilih gaya klasik ini pada ruangan rumah Anda ada beberapa keuntungan yang akan didapat. Konsep desain interior klasik memiliki kelebihan terutama pada tampilan ruangan. Kesan elegan, mewah dan hangat akan didapat bila interior di ruangan rumah Anda didesain dengan konsep klasik tersebut. Tetapi, jangan lupakan konsep ini juga memiliki kekurangan lho. Beberapa kekurangan dalam penerapan konsep desain interior klasik diantaranya ialah borosnya bahan baku yang digunakan dan dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk menyelesaikan proses desain interior yang maksimal. Nah, konsep desain interior klasik sangat cocok diterapkan di rumah yang luas. Apakah konsep yang satu ini masuk ke dalam pilihan Anda?

  1. Konsep Minimalis

Konsep minimalis sangat cocok untuk rumah yang dibangun dengan gaya minimalis pula. Rumah bergaya minimalis umumnya indentik dengan ruangan-ruangan yang terlihat modern dan ruangan multifungsi. Secara umum, konsep modern minimalis mengutamakan fungsi dan efektifitas ruangan dan beragam furniture serta perabot yang ada di dalamnya. Konsep desain yang satu ini disebut sebagai kebalikan dari konsep desain interior klasik. Biasanya desain interior yang satu ini diterapkan untuk menghasilkan kesan ruangan yang minimalis dan fungsional. Fokus desain minimalis lebih mengarah pada fungsi dan efektifitas saja sehingga desain interiot ini menghasilkan kesan ruangan yang kaku. Hal tersebut lantaran minimnya ornament hiasan di dalam sebuah ruangan. Berbeda dengan yang terlihat pada konsep klasik yang didominasi dengan perabot dan ornament klasik. Perbedaan dari kedua konsep tersebut ialah konsep klasik bisa diterapkan pada ruangan yang besar sementara konsep minimalis dan modern lebih cocok diterapkan di sebuah ruangan yang berukuran kecil. Tidak hanya itu, waktu pemrosesan konsep desain interior minimalis dan modern juga tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama mengingat material yang digunakan tidak terlalu banyak. Bila dilihat dari sisi kekurangannya, untuk menerapkan konsep desain interior minimalis dan modern dibutuhkan tehnik finishing yang mumpuni. Bila hal tersebut tidak terpenuhi, hasil akhir dari desain akan terlihat tidak presisi dan bahkan cenderung kasar.

Jadi, konsep desain interior 2018 yang manakah pilihan Anda? Ingatlah, tidak semua rumah harus menerapkan konsep desain interior yang sama lho. Satu konsep desain interior ruangan misalnya minimalis mungkin cocok diterapkan di rumah rekan Anda namun belum tentu pas bila dikerjakan pada ruangan di hunian Anda. Luas ruangan, gaya rumah, dan warna serta benda-benda di dalam rumah perlu dipertimbangkan sebelum Anda menerapkan desain interior ruangan di atas. Agar hasil desain interior di rumah Anda maksimal tidak ada salahnya Anda memanfaatkan jasa desain interior yang sudah profesional.

Baca juga: 7 Desain Rak Buku Dinding Untuk Mempercantik Rumah

Facebook Comments
love
Senang
100%
haha
Terinspirasi
0%
wow
Netral
0%
sad
Sedih
0%
angry
Marah
0%