Cara Berlatih Bermain Drum Paling Mudah

0
3941
Halojasa Cara berlatih bermain drum

Cara berlatih bermain drum – Drum adalah salah satu alat musik modern yang diminati. Bagi sebagian orang, bermain drum sangat menyenangkan. Beberapa orang lainnya menyebut bahwa bermain adalah cara mengekspresikan diri. Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda adalah salah satu orang yang tertarik untuk belajar alat musik yang satu ini? Untuk menjadi pemain drum dibutuhkan kerja keras lho mengingat bermain drum tidaklah mudah. Drum diketahui sebagai alat musik yang paling populer di dunia tetapi untuk memainkannya dengan baik diperlukan tehnik yang tepat. Tehnik dan keterampilan yang tepat harus dilakukan secara bertahap. Beberapa orang bahkan membutuhkan waktu yang lama hingga berbulan-bulan hanya untuk belajar alat musik yang satu ini. Terbiasa berlatih dan mempelajari ritme konon menjadi hal yang penting bila ingin mahir dalam bermain drum. Berikut adalah beberapa cara berlatih drum dengan mudah.

  1. Belajar Ritme Terlebih Dahulu

Langkah pertama bermain drum yang perlu Anda perhatikan ialah dengan mempelajari ritme terlebih dahulu. Hal pertama mulailah dengan belajar drum dengan menggunakan tangan Anda. Untuk menerapkan langkah pertama ini Anda tidak memerlukan peralatan yang lengkap. Bahkan bila Anda tidak memiliki peralatan sama sekali tidak perlu khawatir karena pada dasarnya cara pertama ini mengandalkan teori belajar ritme. Dasar-dasar belajar memainkan drum ialah penguasaan ritme yang tepat. Gunakan tangan dan paha atas dalam posisi tubuh duduk. Umumnya, kebanyakan pemain pemula akan frustasi lantaran menggunakan peralatan drum serta kurang fokus dalam memainkan ritme sederhana. Untuk mengatasinya, lebih baik Anda merasakan ritme terlebih dahulu sebelum pada akhirnya menghabiskan uang untuk membeli peralatan drum dan berlatih menambuhnya.

  1. Menguasai Hitungan Seperempat Ketuk

Langkah kedua yaitu mempelajari cara menghitung ketukan termasuk hitungan seperemapat ketuk. Ada banyak cara dalam menghitung bar pada lagu akan tetapi untuk permulaan pelajarilah ketukan seperempat. Ketukan 4/4 umumnya ditandai dengan 4 ketukan di setiap bar. Ketuklah 4 ketukan dalam jeda waktu yang sama dengan menggunakan satu tangan Anda. Ketukan inilah yang disebut sebagai seperempat ketuk. Pada waktu belajar, hitunglah dengan kencang. Hal ini sangat penting agar Anda dapat mempertahankan ritme saat memainkan drum nantinya. Bila sudah dapat mempertahankan ritme dasar ini, kelak Anda akan lebih mudah mengembangkan perasaan dengan ketukan yang sulit. Bahkan Anda bisa lebih mudah mempelajari ritme lainnya. Agar berhasil tidak ada salahnya Anda menggunakan metronom atau yang lebih dikenal dengan click track untuk melatih ritme yang bagus. Jangan khawatir, asesoris ini sekarang mudah dicari. Gunakan metronom sehingga Anda lebih nyaman menghitung ketukan yang ada pada lagu yang Anda mainkan.

  1. Mempelajari Hitungan Ketukan Seperdelapan

Langkah selanjutnya ialah dengan mempelajari hitungan ketukan seperdelapan. Untuk mempelajari hitungan ketukan yang satu ini sebenarnya tidak terlalu sulit. Pada dasarnya cara mempelajarinya hampir sama dengan hitungan ketukan sebelumnya. Setiap seperempat ketukan yang kita mainkan terdapat dua dari seperdelapan ketukan. Cobalah untuk mempelajari ketukan seperempat ketukan dengan menggunakan satu tangan kemudian perlahan-lahan gantilah dengan ritme seperdelapan ketukan dengan tetap mempertahankan tempo yang sama. Agar lebih mudah hitunglah ketukan dengan cara ucapan kata-kata “1-dan 2 dan 3 dan 4 dan seterusnya”. Ucapkan hitungan tersebut dengan stabil dan ketuk menggunakan tangan Anda. Bila Anda sudah menguasai skill menghitung ketukan di atas maka langkah Anda akan lebih mudah di tahapan selanjutnya.

  1. Berlatih Menggunakan Tangan Yang Lain

Langkah keempat yaitu berlatih dengan menggunakan tangan Anda yang lain. Bila sebelumnya, skill Anda diasah dengan memanfaatkan satu tangan dan hitungan seperempat hingga seperdelapan ketukan, gini giliran tangan satunya yang Anda miliki untuk memaikan hitungan seperdelapan ketukan. Pada tahapan ini, perhatikan ucapan “dua” dan empat”. Pada saat Anda mengatakan hitungan tersebut, ketuklah meja atau bagian atas paha dengan menggunakan tangan yang lain. Untuk mencapai irama yang baik diperlukan keseimbangan antara tangan satu dengan tangan yang lain. Belajarlah mempertahankan keseimbangan tersebut agar Anda bisa memukul snare lebih mudah. Jangan takut untuk melakukan kesalahan saat berusaha memainkan kedua tangan Anda. Anda bisa belajar dari kesalahan tersebut nantinya.

  1. Berlatih Downbeat Anda sendiri

Langkah terakhir ialah mulai belajar downbeat Anda sendiri. Teruslah untuk mengetuk dengan menggunakan kedua tangan Anda dengan gerakan dan ritme yang seimbang. Tingkatkan skill dengan cara mengetuk kaki kanan atau kiri Anda ketika Anda mengatakan hitungan “satu” dan “tiga”. Hal yang Anda lakukan tersebut dinamakan downbeat. Ketukan tersebut nantinya akan Anda lakukan pada bas drum. Bila Anda memainkan ketukan drum sederhana dengan pilihan musik rock, pelajarilah bahwa drum terbagi menjadi dua bagian besar yaitu teknik dan ritme. Tanpa menggunakan peralatan drum, Anda masih bisa mempelajari ritme tetapi tidak dapat mempelajari tehnik dengan sempurna. Untuk dapat bermain drum dengan mahir, Anda setidaknya harus memahami keduanya.

Nah, itulah beberapa cara berlatih bermain drum agar lebih mudah. Memang secara kasat mata bermain drum terlihat mudah akan tetapi faktanya dibutuhkan teori, strategi dan pengetahuan yang tepat. Bila Anda kesulitan dalam memainkan drum dengan cara yang benar, tidak ada salahnya meminta bantuan kepada guru drum yang sudah profesional. Tidak hanya mempermudah Anda dalam memainkan drum, belajar dengan orang yang tepat membuat Anda lebih mudah mengembangkan skill dasar sehingga permainan drum Anda tidak monoton. Jadi, sudah sejauh mana Anda mempelajari alat musik drum? Masih bingung dengan cara Anda, coba dulu cara di atas dan ajaklah guru musik pilihan Anda untuk mengajari Anda.

Baca juga: Trik Belajar Musik Biola Di Rumah

Facebook Comments
love
Senang
66%
haha
Terinspirasi
0%
wow
Netral
16%
sad
Sedih
0%
angry
Marah
16%