Agar Tidak Cepat Rusak, Begini Cara Perawatan AC Saat Musim Hujan

0
10359
Halojasa Perawatan ac saat musim hujan

Perawatan ac saat musim hujan – Dimusim hujan, adalah waktu dimana kitah harus pandai mengecek kondisi perangkat elektronik supaya tidak ada bagian yang konslet karena terkena tetesan air hujan. Sama dengan perangkat elektronik lain, mesin pada AC juga bisa rusak karena kemasukan oleh air hujan. Bukan hanya itu, suhu lembab di musim hujan membuat AC kadang kala harus disetel maksimal bahkan sering standby. Meskipun diluar sedang hujan, terkadang udara didalam ruangan tetap membuat kita gerah sehingga lbih sering menyalakan AC.

Mengapa Anda harus melakukan perawatan AC ketika musim hujan tiba? Tak hanya di musim kemarau saja, musim hujan yang suhunya dingin pun AC membutuhkan perawatan. Tanpa disadari, beberapa AC tidak bisa bekerja dengan baik dan normal ketika musim penghujan. Karena apa, saat suhu udara tengah turun, AC yang lama tidak dibersihkan membuat banyak kotoran tebal menempel pada unit indoor ataupun outdoor perangkat. Karena itulah mengapa pada saat musim hujan tiba, kebanyakan dari kita jarang melakukan pengecekan dan pembersihan terhadap perangkat elektronik yang satu ini. Jadi siapa yang harus Anda hubungi jika AC kotor? Tentu saja jasa cuci ac yang ahli dalam bidang pembersihan dan perawatan AC.

Akan tetapi jika Anda ingin mencoba melakukan perawatan sendiri meski hasilnya tak semaksimal menyewa ahli tukang service ac, maka tak masalah asal Anda tahu cara melakukannya. Supaya AC tetap awet  dan menghindari kerusakan berikut ini sejumlah tips merawat AC dengan benar di musim hujan. Langkah ini akan membantu bagaimana melakukan perawatan terhadap AC supaya nanti saat suhu udara mulai panas kembali, kerusakan pada unit AC bisa dihindari.

  1. Membersih kan filter udara

Filter AC yang telah kotor adalah sumber berkumpulnya segala kotoran, debu atau bakteri. Untuk itu lakukan pembersihan terhadap perangkat ini agar kualitas udara yang dihasilkan oleh AC dapat lebih optimal. Membersihkan filter AC di musim hujan juga sangat penting dan haruslah sesering mungkin. Hal ini bermanfaat agar debu dan kotoran yang menempel tidak menyumbat sirkulasi udara. Filter ini juga lebih mudah kotor saat musim penghujan oleh sebab itu perlu lakukan perawatan atau service AC berkala.

  1. Membersihkan evapurator AC

Selain filter AC, evaporator pada AC juga perangkat yang rawat terkena debu, kotoran bahkan bunga es. Evaporator adalah perangkat pada AC yag fungsinya menyerap dan mengalirkan panas dari udara dalam ke refrigerant. Nantinya cairan akan dirubah menjadi gas usai melewati pipa kapiler. Jadi komponen ini bertugas untuk menukar panas, udara didalam ruangan akan diserap oleh evaporator dan masuk ke bagian sirip pipa sehingga udara dingin akan keluar. Begitu penting membersihkan komponen ini agar nanti tidak terjadi penumpukan bunga es karena pertukaran udara melalui sirip atau fentilasi evaporator.

  1. Membersihkan evapurator pada unit outdor AC

Evaporator juga terdapat pada unit outdoor AC dan bagian ini adalah bagian paling vital. Evaporator di unit outdoor AC memiliki sejumlah komponen compressor yang fungsinya memompa gas Freon. Bagian outdoor AC juga dipasang evaporator karena berfungsi membuang udara panas. Di musim penghujan, kotoran pada unit ini bisa menempel dengan cepat dan tebal. Oleh sebab itu dibutuhkan perawatan rutin dengan cara menyemprot menggunakan air. Air akan membantu menghilangkan kotoran yang menempel caranya bisa dengan menyeprotkan air lalu sikat perlahan bagian tersebut.

  1. Mematikan AC saat tidak dipakai

Meskipun dimusim penghujan, kadang kala AC jarang kita matikan. Padahal suhu ruangan pada musim hujan di waktu tertentu sudah dingin sehingga tak butuh lagi AC. Jadi, jika suhu sudah dingin alangkah baiknya untuk tidak menyalakan AC jika tidak terpakai. Pengguna AC kadang juga lupa untuk mematikan AC padahal udara di dalam ruangan sudah dingin. Alangkah baiknya mematikan AC jika tidak digunakan supaya AC tetap awet dan tahan lama.

  1. Selalu lakukan perawatan AC secara berkala

Jangan malas untuk melakukan perawatan dan pembersihan AC secara berkala meskipun AC sedang dalam kondisi yang baik-baik saja. Perawatan rutin meski AC normal adalah hal agar Anda terhindar dari berbagai penyakit di musim hujan seperti flu atau alergi karena debu tipis yang mulai menempel pada komponen AC. Cara sederhana melakukan perawatan berkala pada AC adalah:

  • ketika menyalakan AC usahakan untuk menutup rapat ruangan supaya AC tidak bekerja terlalu keras meski udara di luar ruangan sudah dingin. AC juga butuh menyesuaikan dengan udara dingin di dalam dan di luar ruangan.
  • Anda bisa gunakan timer saat menyalakan AC dan sesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya menyalakan AC selama 5 jam lalu matikan supaya mesin AC dapat beristirahan.
  • Usahakan juga untuk tidak terlalu mengatur AC di bawah 22 derajat celcius sebab dapat membuat AC cepat rusak karena panas.
  • Alangkah baiknya cek selalu kondisi fron dalam AC. Apabila Freon sudah bocor atau berkurang maka hal itu dapat berpengaruh pada kinerja AC. Cek setiap 6 bulan sekali terlebih saat memasuki musim penghujan.

Demikian cara melakukan perawatan pada AC saat musim penghujan tiba. Alangkah baiknya jika Anda mengetahui cara melakukan perawatan terhada AC dan sadar bahwa penggunaan AC harus tepat dan sesuai kebutuhan. Jika masih bingun cara melakukan perawatan yang benar, maka gunakan tukang service ac yang siap dan cepat membantu membersihkan dan merawat AC Anda.

Baca juga: Tips dan Trik Menggunakan AC Inverter Yang Benar Dan Hemat Energi

Facebook Comments
love
Senang
62%
haha
Terinspirasi
25%
wow
Netral
12%
sad
Sedih
0%
angry
Marah
0%