Tanda AC Butuh Perbaikan Yang Perlu Anda Perhatikan

0
15140
Halojasa Tanda AC Butuh Perbaikan
32012

Apakah AC di rumah atau kantor Anda terasa tidak nyaman dan panas? Ini bisa menjadi salah satu tanda AC butuh perbaikan. Banyak orang yang memasang AC kemudian hanya menggunakan AC tersebut tanpa memperhatikan perawatan yang dibutuhkan. Karena itu sangat penting untuk menggunakan jasa bongkar pasang AC yang bisa dipercaya. Pada dasarnya kinerja mesin AC memang membutuhkan perhatian oleh ahli AC. Selama ini jika AC tidak nyaman maka pemilik AC justru hanya membersihkan AC dengan vakum. Setelah itu mungkin AC Anda akan mengeluarkan suhu yang lebih dingin. Tapi apakah ini bisa bertahan lama dan akhirnya AC Anda bekerja seperti biasa.

Jika Anda perhatikan maka kondisi itu hanya berlangsung sesaat. AC Anda akan terasa nyaman hanya karena  bersih dan kipas out door sudah bersih dari debu. Tapi itu bukan jaminan bahwa AC Anda akan kembali bekerja seperti baru. Tentu saja sekarang adalah saatnya melakukan bongkar pasang ac yang ditandai dengan beberapa hal, seperti dibawah ini:

  1. Mengeluarkan udara hangat

Tanda pertama yang paling sering terjadi ketika AC bermasalah adalah udara yang keluar dari AC justru lebih hangat. Anda mungkin sudah mengatur suhu AC hingga 18 derajat Celcius tapi tidak ada udara dingin yang keluar. Biasanya AC yang baik akan membuat suhu dingin di sekitar ruangan. Termasuk jika Anda membuka sedikit pintu maka udara dingin masih akan menyebar dengan cepat. Anda mungkin sudah menunggu udara ruangan menjadi dingin tapi tidak keluar sama sekali.

  1. Air dari pipa out door sangat sedikit

Jika Anda memasang AC maka biasanya ada selang atau pipa yang terhubung antara unit dalam dan luar. Kemudian selang kecil akan terhubung dari out door yang berfungsi untuk mengeluarkan air pengeluaran dari AC. Tapi jika AC rusak atau tidak bekerja maksimal maka air yang keluar akan sangat sedikit. Ini bisa menjadi tanda bahwa bagian kompresor AC bermasalah atau tidak bekerja dengan benar. Bahkan kemungkinan air yang menjadi bahan beku di pipa atau saluran out door juga tidak keluar. Akibatnya bisa merusak AC jika tidak segera diperbaiki.

  1. Termostat AC tidak berfungsi

Pengatur suhu AC memang cara yang membuat kita bisa mengatur AC agar bisa mengeluarkan suhu tertentu sesuai keinginan. Tapi ini juga bisa menjadi indikator bahwa AC sudah rusak atau bekerja tidakn normal. Tanda awal yang paling sering terjadi adalah bahwa tiba-tiba suhu dari termostat tidak keluar atau AC Anda mati secara mendadak. Kemudian suhu panas akan keluar dari AC dalam ruangan. Beberapa saat kemudian AC Anda bisa bekerja ketika bagian kipas outdoor sudah bekerja kembali. Lalu masalah ini akan berulang dan akhirnya AC Anda rusak.

  1. Unit dalam AC mengeluarkan suara keras

Bagian out door AC biasanya adalah bagian yang mengeluarkan suara lebih keras. Hal ini terjadi karena ada kipas yang terus menerus bekerja untuk mengatur sistem suhu pada unit dalam. Tapi jika bagian unit dalam yang mengeluarkan suara yang keras maka itu bisa menjadi pertanda AC Anda butuh perawatan. Beberapa penyebab unit dalam AC mengeluarkan suara yang keras termasuk seperti ada salah satu sabuk yang lepas dari unit. Ini termasuk salah satu kerusakan yang rumit sehingga sebaiknya Anda memangil ahli perbaikan AC.

  1. AC mengeluarkan bau aneh dan udara lembab

AC yang mendapatkan perawatan rutin dan tidak memang berbeda. Ketika AC sudah tidak berfungsi dengan baik maka biasanya akan mengeluarkan bau yang lembab. Jika sudah sangat parah maka bisa mengeluarkan bau seperti pakaian basah yang sudah berhari-hari disimpan. Ini bisa menjadi tanda bahwa kawat pada kumparan isolasi AC sudah terbakar habis. Kemudia bau apek yang keluar dari unit dalam menjadi tanda bahwa ada saluran yang tersumbat. Jika ini tidak segera diperbaiki maka Anda bisa sakit karena menghirup bakteri dari udara yang keluar dari AC.

  1. Kebocoran air dari unit AC dalam

Biasanya bagian yang mengeluarkan air adalah unit out door dan ini memang sangat normal. Tapi jika bagian dalam mengeluarkan air maka bisa menjadi tanda bahwa AC Anda sudah rusak. Air akan keluar dari unit dalam karena memang sudah bocor. Jika bagian yang bocor adalah pada komponen refrigeran  AC maka ini kondisi yang sangat berbahaya untuk kesehatan. Hal ini juga berhubungan dengan adanya bagian kondensator AC yang tersumbat atau rusak. Akibatnya jamur bisa terus menumpuk pada bagian ini dan menginfeksi saluran pernafasan melalui paru-paru.

  1. Biaya listrik naik secara tiba-tiba

Tanda lain jika AC memang sudah rusak dan membutuhkan perbaikan adalah ketika tagihan listrik Anda naik. Anda juga bisa merasa bahwa pemakaian AC tidak sebanding dengan tagihan listrik. Terlebih jika AC Anda model hemat energi yang artinya  bahwa tagihan listrik Anda seharusnya tidak terlalu banyak. Kondisi kenaikan pemakaian daya listrik pada AC bisa disebabkan karena ada kebocoran pada saluran pipa AC, ada kebocoran freon, saklar termostat yang rusak dan faktor lain. Dan tentu saja ini adalah waktu yang tepat untuk merawat AC.

  1. Freon AC bocor

Tanda lain yang sangat jelas ketika AC rusak adalah adanya freon yang bocor. Ini adalah masalah yang sangat serius karena freon adalah zat yang berbahaya dan mengandung racun. Freon yang bocor bisa disebabkan karena bagian kondensasi AC rusak atau tersumbat. Anda bisa melihat apakah freon bocor atau tidak adalah jika tiba-tiba unit mesin AC Anda mengeluarkan air baik untuk unit dalam atau luar. Dan ini bisa menjadi hal yang sangat berbahaya karena zat freon bisa masuk ke saluran pernafasan.

Jadi inilah semua tanda – tanda bahwa AC Anda membutuhkan perbaikan dan perawatan rutin. Jangan sampai menunda perawatan AC karena dampaknya bisa berbahaya untuk tubuh dan kesehatan keluarga Anda.

32012