Mau Jadi Teknisi AC? Kenali Dulu Peralatan Untuk Teknisi AC Berikut Ini!

0
4714
HaloJasa Peralatan Untuk Teknisi AC

Peralatan Untuk Teknisi AC – Pada era milenial saat ini,sudah banyak sekali perusahaan penyedia jasa,seperti jasa servis AC. Mereka saling berlomba untuk menawarkan jasanya dengan kualitas dan harga yang bersaing. Mereka menawarkan berbagai jasa terkait dunia per-AC an,seperti jasa bongkar pasang AC,jasa cuci AC,dan jasa servis AC. Jasa-jasa tersebut tidak hanya mengandalkan peran seorang staff administrasi,atau seorang sekretaris yang bekerja di dalamnya. Semakin banyak penyedia layanan jasa,maka akan semakin banyak pula tenaga kerja yang dibutuhkan didalamnya. Tetapi Anda juga tidak boleh melupakan peran seorang teknisi didalamnya.  Teknisi adalah orang yang berhadapan dengan konsumen secara langsung. Teknisi juga yang akan tahu bagaimana kondisi dari tingkat kerusakan atau kelayakan sebuah benda yang akan diperbaikinya. Oleh karena itu,setiap penyedia jasa layanan pasti membutuhkan tenaga teknisi yang ramah terhadap konsumen. Tetapi,tak hanya sekadar ramah saja,seorang teknisi juga harus cakap dan terampil dibidangnya. Teknisi harus kompeten pada bidang yang digelutinya. Jika diperusahaan terdapat teknisi-teknisi yang terampil dan berkompeten,maka bukan tidak mungkin jika perusahaan penyedia jasa akan semakin dikenal oleh masyarakat dan semakin dicari keberadaannya.

Berbiacara soal teknisi,maka kita juga akan berbicara alat-alat apa saja yang biasanya dibawa oleh mereka. Teknisi AC contohnya,ia tentu harus tau dan menguasai apa  saja bagian-bagian dari AC,bagaimana cara perawatannya,dan pastinya apa saja peralatan yang harus dibawa. Peralatan ini tak hanya sekadar dibawa saja,tetapi seorang teknisi AC juga harus mengerti dan paham akan fungsi dari peralatan yang dibawanya. Berikut ini,kami informasikan kepada Anda, peralatan apa saja yang biasa digunakan oleh teknisi AC professional. Bagi Anda yang ingin bekerja sebagai teknisi AC,mungkin Anda perlu membaca artikel ini. Dan untuk Anda yang tidak ingin menjadi teknisi AC,tidak ada salahnya juga untuk tahu tentang peralatan apa saja yang biasa dibawa oleh seorang teknisi AC. Inilah beberapa peralatan tersebut

Thermometer

Peralatan Untuk Teknisi AC

Sudah kita ketahui bersama bahwa fungsi dari thermometer adalah untuk mengukur suhu. Thermometer yang kita kenal selama ini ada dua macam,yaitu thermometer manual dan thermometer digital. Thermometer manual adalah thermometer yang menggunakan air raksa untuk mengukur suhunya. Sedangkan thermometer digital dalam penggunaannya tidak menggunakan air raksa, akan tetapi menggunakan sebuah sensor panas dan pembacaannya pun diperlihatkan atau ditampilkan dalam digit angka. Bagi seorang teknisi AC disarankan untuk menggunakan thermometer dengan model digital dalam melakukan pekerjaannya. Thermometer digital digunakan untuk men-service AC dan refrigerator seperti pada kulkas atau pun pada freezer. Karena thermometer dengan model digital ini dalam pengukuran atau pembacaannya lebih akurat dan lebih mudah juga.Dalam pembacaan thermometer yang sering digunakan untuk mengecek mesin pendingin Air Conditioner atau AC dan Refrigerant ada 2 macam jenis skala, yaitu skala Celsius dan skala Fahrenheit.

Peralatan Cuci AC

Peralatan cuci AC ada 3 macam yang perlu dan wajib dimiliki,diantaranya adalah Jet Pump atau mesin steam bertekanan tinggi. Jet pump berfungsi untuk mencuci unit AC yaitu indoor atau bagian evaporator dan outdoor atau pada bagian kondensor. Selanjutnya adalah Plastik steam Air Conditioner atau AC seperti plastik untuk cor. Plastik steam AC berguna untuk melindungi dan mengalirkan air bekas cucian dari unit AC yang kotor setelah terkena berbagai macam kotoran dan debu dari udara luar. Last but not least,adalah Ember atau bak air. Peralatan ini digunakan untuk menampung air bekas pencucian AC ketika sedang membersihkan yang perlu dibersihkan. Itulah tadi,tiga peralatan yang paling mendasar dan wajib dimiliki oleh seorang teknisi AC.

Dental Mirror (cermin) dan Magnet set

Sesuai dengan namanya dental mirror atau cermin kaca berfungsi untuk memeriksa hasil dari pengelasan pipa atau mencari jika terdapat kebocoran pada tempat yang sukar atau sangat sulit untuk dilihat dan dijangkau. Kini,perusahaan pembuat dental mirror tengah berinovasi menciptakan alat yang akan semakin mempermudah hidup manusia. Perusaan produsen memberikan fitur baru berupa adanya lampu pada gagang atau pegangan dental mirror. Lampu tersebut berupa lampu batu batrai atau lampu charger,jadi sekarang para teknisi  AC bisa memeriksa atau megecek tempat-tempat yang gelap atau kekurangan cahaya dengan pengelihatan yang lebih baik.

Gauge Manifold

                              Peralatan Untuk Teknisi AC

Gauge manifold adalah salah satu alat yang digunakan untuk memperbaiki dan mengukur  tekanan pada refrigerant atau Freon di dalam sebuah sistem pendingin Air Conditioner atau AC. Selain terdapat pada pendingin AC, alat ini juga berfungsi untuk mengukur tekanan pada refrigerator seperti pada sebuah kulkas atau freezer. Seperti terlihat pada gambar,pada alat Gauge Manifold memiliki dua macam jenis yang diantaranya adalah gauge manifold dua laluan dan gauge manifold empat laluan. Pada dasarnya gauge manifold sebenarnya hanya terdiri dari dua sisi, yaitu sisi yang bertekanan rendah serta sisi yang bertekanan tinggi. Masing-masing dari alat ini dihubungkan dengan sisi isap dan keluaran dari kompresor melewati selang penghubung atau yang bisa disebut dengan hose.

Pompa Vakum

Tang Amperemeter

Las (Brander)

Las atau brander ini berfungsi sebagai penambal jika terdapat kebocoran pada pipa. Lalu berfungsi sebagai pelepas atau penyambung sambungan pipa pada sistem refrigerator dan sistem pendingin AC. Untuk menyambung sambungan pada sistem refrigerator atau AC,teknisi bisa menggunakan perak atau timah.

Alat Pendeteksi Kebocoran Refrigerant Elektronik (leak detector)

Peralatan Untuk Teknisi AC

Seperti namanya,alat ini memiliki fungsi untuk mengecek jika ada kebocoran pada sebuah system refrigerator atau AC. Jika ternyata benar telah terjadi kebocoran di dalam sistem pendingin Air Contioner (AC) atau pun kulkas,maka langkah yang diambil oleh seorang teknisi biasanya adalah bagian kebocoran akan diisi refrigerant, namun terlebih dahulu diisi dengan gas nitrogen yang bertekanan, lalu pada bagian-bagain yang dikira-kira terdapat kebocoran maka akan dioleskan air sabun untuk mengetahuinya.

Baca juga: Kenali Komponen AC Split Indoor dan Outdoor

love
Senang
19%
haha
Terinspirasi
70%
wow
Netral
6%
sad
Sedih
3%
angry
Marah
0%