Tips Membuat Taman Kecil di Lahan Terbatas

0
3662
tips membuat taman kecil di lahan terbatas

Tips Membuat Taman Kecil di Lahan Terbatas – Lahan di perkotaan yang semakin terbatas, berdampak pada perumahan kaum urban di perkotaan yang semakin terbatas pula luasannya. Keterbatasaan lahan di perkotaan ini juga berdampak dengan nilai harga jual tanah yang tinggi sehingga tidak banyak orang yang dapat memiliki lahan rumah yang luas di perkotaan ini.

Oleh karena itu, untuk mengatasi persoalan tersebut, beberapa masyarakat menyiasati dengan berbagai cara agar hunian mereka tidak terlalu sempit. Misalnya dengan menggunakan partisi untuk membedakan ruang (tidak menggunakan partisi massif seperti tembok) agar tidak terlalu sumpek, memilih perabot dengan ukuran mini, atau mengecat ruangan dengan warna cerah sehingga ruangan terlihat lebih luas. Lalu bagaimana jika ingin membuat sebuah taman mini di hunian dengan lahan terbatas ini? Jangan khawatir, Anda masih bisa membuatnya di hunian kecil Anda itu. Berikut kami sajikan beberapa ulasan tips membuat taman kecil di lahan terbatas.

Menempatkan pot-pot dalam satu sisi

Jika Anda tidak memiliki lahan yang cukup luas untuk menanam berbagai jenis tanaman, Anda dapat menyiasati dengan menanam di pot tanaman. Untuk mendapatkan hasil yang bagus, Anda dapat menematkan semua pot-pot tersebut dalam satu sisi, misalnya di pojok depan rumah Anda, ataupun di bagian belakang rumah Anda. Anda juga dapat menggantung ataupun menempelkannya ke dinding rumah Anda. Agar mempercantik pot tanaman tersebut, Anda dapat menempelkan stiker-stiker cantik ataupun mengecatnya dengan warna pastel.

Tanaman Rambat

Tidak seperti tanaman yang harus ditanam di lahan kosong, tanaman rambat ini dapat hidup di media dinding rumah Anda. Walaupun berada di dinding, tanaman ini dapat memberikan efek sejuk di hunian Anda. Selain itu, tanaman jenis ini tidak memerlukan perawatan atau penangganan yag khusus.

Taman Kecil di Pintu Depan

Jika memang tidak ada lahan di rumah Anda yang dapat dialokasikan untuk dijadikan sebuah taman, teras halaman depan dan ruang sekitar pintu masuk juga dapat dimanfaatkan sebagai lahan untuk taman kecil. Letakkan beberapa pot atau buat sebuah space untuk lahan hijau di area tersebut dapat memberikan kesegaran rumah Anda.

Manfaatkan Area Samping Rumah

Jika rumah Anda memiliki lahan tersisa di area samping rumah, ini dapat dijadikan opsi untuk membuat taman kecil. Buat barisan tanaman di lahan tersebut, Anda dapat menanam satu jenis tanaman di area tersebut dengan jarak berdekatan untuk menghadirkan nuansa hijau di halaman samping rumah Anda.

Tanam Pohon Kerdil

Jika tanaman bedaun dan berakar besar membuat rumah Anda terlihat lebih sempit, Anda dapat menanam pohon kerdil atau dengan ketinggian batang pendek (seperti lidah buaya) di depan teras rumah Anda. Pohon dengan ketinggian sedang dan rendah ini dapat menambah estetika taman Anda. Untuk bagian taman yang terlihat di atas, satu pohon ditanam pada bagian tengah taman, kemudian pohon kedua ditanam di seberangnya. Masing-masing ketinggian pohon tersebut dapat Anda sesuaikan dengan ukuran taman Anda sendiri.

Tanam Rumput-rumputan

Menanam rumput-rumputan juga dapat menjadi pilihan Anda untuk menghadirkan zona hijau di hunian Anda. Sebaiknya, pilihlah jenis rumput gajah, karena jenis rumput ini memiliki kualitas yang baik dibanding dengan jenis rumput lainnya. Anda dapat menata rumput ini menjadi seperti bentuk pagar ataupun bentuk-bentuk cantik lainnya. Tergantung selera Anda dan keuarga.

Taman Vertikal

Cara ini sebenarnya hampir sama dengan cara pertama yang menempatkan berbagai pot dalam satu sisi, namun perbedaannya adalah pot-pot tersebut diletakkan dalam posisi vertikal. Bagaimana caranya? Anda harus menyiapkan beberapa perlengkapannya seperti papan yang akan dijadikan ambalan. Susun secara vertikal papan-papan tersebut, kemudian baru letakkan beberapa pot yang sudah ditanami dengan berbagai bunga. Hal ini dapat menghemat ruang Anda.

Pemakaian Batu Alam

Untuk memperindah taman di lahan terbatas, Anda dapat menggunakan batu alam pada penataan desainnya. Walaupun taman yang dibuat tidaklah luas dan di lahan terbatas, namun penggunaan batu alam ini dapat memperindah tatanan desainnya.

Manfaatkan Carport

Bagi Anda yang memiliki carport dan masih tersisa lahan pada bagian sisi pinggirnya, hal ini dapat Anda siasati dengan meletakkan berbagai tanaman di dalam pot dengan cara berjejer. Namun karena posisinya di carport, Anda harus rajin menyiramnya agar tanaman tetap segara walaupun berada di dalam carport.

Taman di dalam ruangan

Ketika lahan di luar ruangan rumah Anda sudah tidak dapat lagi ditanami, pembuatan taman di dalam ruangan menjadi salah satu opsi yang dapat Anda pilih. Namun untuk membuat taman mini di dalam ruangan ini, Anda harus memanggil atau memakai jasa pembuatan taman. Karena harus benar-benar diukur dan ada tahapan yang tidak dapat dilakukan secara sendiri. Anda dapat meletakkan taman ini di dalam ruang tamu ataupun ruang keluarga. Selain memberikan kesan estetika, taman di dalam ruangan ini dapat membuat sejuk ruangan. Sehingga di dalam ruangan Anda terjadi pertukaran udara setiap harinya. Pilihan tanaman yang tidak memiliki batang yang besar. Karena hal ini akan mengakibatkan ruangan sempit dan terkesan sumpek.

Manfaatkan Jendela Kamar

Cara ini dapat dipilih ketika Anda memang benar-benar ingin melihat bunga atau tanaman bermekaran di dalam hunian Anda. Anda dapat menggunakan kusen jendela kamar (yang langsung menghadap luar atau terpapar sinar matahari) untuk meletakkan beberapa tanaman. Pilihlah tanaman yang berbunga indah dan memiliki warna yang cerah sehingga dapat memberikan kesan segar dan indah di kamar Anda.

Berikut beberapa cara untuk menyiasati membuat taman mini di tengah hunian terbatas di kota. Apakah Anda tertarik? Jika memang masih ragu untuk membuat salah satu taman tersebut, Anda dapat langsung memanggil jasa pembuatan taman agar hasilnya lebih maksimal. Selamat mencoba!

Baca juga: Bagaimana Membuat Halaman Rumah Yang Kecil Terlihat Luas? Lakukan 8 Hal Ini!

Facebook Comments
love
Senang
0%
haha
Terinspirasi
0%
wow
Netral
0%
sad
Sedih
100%
angry
Marah
0%