Mau Pijat? Kenali Dulu 10 Jenis-Jenis Pijat dan Manfaatnya

0
754
Jenis-Jenis Pijat
Jenis-Jenis Pijat

Aktivitas yang padat kerap kali membuat tubuh merasa lelah dan nyeri di sana-sini. Jika sudah begitu, merasakan sensasi pijat untuk relaksasi tubuh adalah aktivitas yang dibutuhkan. Namun, sebelum memilih layanan pijat, Anda perlu mengetahui jenis-jenis pijat dan manfaatnya. 

Sebab, setiap jenis pijat memiliki khasiat yang berbeda-beda. Oleh karena itu, artikel kali ini akan membahas mengenai beragam jenis pijat yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda.

Di era perkembangan teknologi yang semakin pesat ini, semua kebutuhan manusia bisa semakin mudah didapatkan, termasuk juga kebutuhan untuk kebugaran badan. Anda tidak akan kesulitan lagi untuk menemukan para terapis pijat profesional.

Bahkan, dengan hanya bermodalkan aplikasi, berbagai macam teknik pijat akan bisa Anda dapatkan dengan mudah, mulai dari reflexology, SPA, pijat ibu hamil dan bayi, hingga hot stone massage. 

Salah satu aplikasi layanan pijat panggilan yang menyediakan berbagai macam teknik pijat adalah Halo Jasa. Anda bisa mendapatkan berbagai layanan pijat di Halo Massage. Nah, semua jenis-jenis pijat tersebut memberikan manfaat yang berbeda-beda untuk tubuh. 

Karena itu, jangan sampai Anda salah pilih jenis teknik pijat. Sebelum mengetahui jenis-jenis pijat, yuk cari tau dulu apa yang dimaksud dengan pijat dan kenapa pijat menjadi salah satu andalan masyarakat Indonesia untuk mengembalikan kebugaran tubuh.

Apa Itu Layanan Pijat?

Jenis-Jenis Pijat - Halo Jasa
Jenis-Jenis Pijat – Halo Jasa

Pijat seringkali disebut dengan istilah massage sebagai padanan katanya dalam bahasa Inggris oleh berbagai penyedia layanan pijat. Pijat sendiri adalah sebuah istilah yang digunakan untuk merujuk pada aktivitas yang memberikan gerakan-gerakan khusus pada tubuh.

Gerakan-gerakan tersebut diberikan dengan maksud untuk mengembalikan kebugaran tubuh, mengurangi rasa nyeri, membuat tubuh kembali rileks, hingga menyembuhkan penyakit-penyakit tertentu.

Namun, tahukah Anda, ternyata gerakan memijat itu diibaratkan sebuah seni, kok bisa? Ya, hal itu dikarenakan setiap gerakan pijat dapat memberikan manfaat tersendiri, apalagi jika dilakukan oleh ahli atau terapis yang sudah berpengalaman. 

Di sisi lain, pijat adalah salah satu bentuk terapi yang sering menjadi pilihan saat otot merasa tegang atau kaku. Terapi yang diberikan dengan gerakan-gerakan khusus itu dapat mengurangi rasa nyeri dan pegal-pegal pada tubuh akibat kelelahan yang berlebihan.

Sebab, gerakan-gerakan dalam jenis pijat tertentu akan memberikan manfaat untuk mengendurkan otot-otot tubuh. Selain itu, gerakan tertentu juga dapat memberikan sensasi rileks dan menenangkan, sehingga dapat mengurangi stress.

Nah, kira-kira jenis pijat apakah yang sedang Anda butuhkan saat ini. Yuk, cari tau ada berapa jenis-jenis pijat yang dapat Anda pilih?

Apa Saja Jenis-Jenis Pijat dan Manfaatnya?

Ketahui Jenis-Jenis Pijat agar Tidak Salah Pilih
Ketahui Jenis-Jenis Pijat agar Tidak Salah Pilih

Aktivitas pijat telah dipercaya masyarakat sejak ribuan tahun yang lalu dapat mengatasi dan menyembuhkan beberapa penyakit tertentu. Setiap daerah biasanya memiliki keunikan tersendiri dalam teknik memijat. Karena itu, pijat acap kali disebut sebagai bentuk seni.

Nah, berikut ini adalah uraian mengenai jenis-jenis pijat yang dapat Anda ketahui beserta dengan manfaatnya. Kenali masing-masing pijatan dan manfaat kesehatan yang diberikan agar Anda tidak salah pilih. Yuk, simak apa saja macam-macam teknik pijat tersebut?

  • Pijat Swedia (Swedish Massage)

Badan Anda sudah merasa pegal-pegal? Nah, teknik Swedish Massage ini adalah solusinya. Kenapa? Pijatan Swedia merupakan salah satu pijat tradisional dengan menggunakan teknik-teknik dasar pijat yang dapat memberikan beragam manfaat. 

Teknik dasar Swedish Massage ini sendiri terdiri dari lima macam, yakni menggosok (effleurage), memijat (petrissage), menggetarkan (vibration), menggerus (friction), dan memukul-mukul kecil (tapotement).

Setiap macam gerakan tersebut tentu akan memberikan sensasi dan fungsi yang berbeda-beda bagi tubuh. Adapun sejumlah manfaat yang bisa Anda dapatkan dari jenis pijat ini adalah sebagai berikut.

  • Meningkatkan aliran darah dalam tubuh, sehingga dapat mengurangi intensitas kesemutan.
  • Mengurangi ketegangan pada saraf dan meningkatkan fungsi sistem saraf.
  • Merangsang peningkatan produksi hormon endorfin 
  • Memperbaiki kinerja pembuluh vena pada jantung, dan 
  • Membuang asam laktat penyebab pegal.
  • Pijat Aromaterapi (aromatherapy massage)

Berbeda dengan swedish massage, pijat aromaterapi ini cocok untuk Anda yang sedang stress. Kok bisa? Yups, karena pijat aromaterapi dapat memberikan sensasi menenangkan yang luar biasa.

Jadi, pijat aromaterapi adalah aktivitas pijat yang menggunakan minyak beraroma atau minyak esensial. Minyak aromatik itu akan dioleskan pada tubuh dengan memberikan gerakan-gerakan pijat yang menenangkan. 

Minyak esensial ini berfungsi untuk merilekskan tubuh. Bahkan, beberapa jenis minyak diyakini dapat menyembuhkan penyakit tertentu. Jenis-jenis aromaterapi yang bisa Anda pilih untuk teknik pijat ini adalah kamomil, lavender, geranium, dan kayu cendana. 

Baca Juga  Meiso Central Park Mall: Family Massage ala Jepang di Jakarta Barat

Jika Anda ingin merasakan sensasi pijat yang dapat membantu membersihkan pikiran dan melegakan hidung tersumbat, Anda bisa menggunakan aroma kayu putih. Sementara itu, aromaterapi lemon dan melati dapat meningkatkan mood dan energi. 

Dengan pilihan aromaterapi yang tepat, Anda akan mendapatkan sensasi pijat yang berbeda. Dengan begitu, Anda akan lebih siap menghadapi hari berikutnya.

  • Pijat Batu Panas (Hot Stone Massage)

Pijat batu panas atau hot stone massage merupakan salah satu dari macam-macam pijat tradisional. Pijat tradisional atau traditional massage adalah salah satu teknik pijat yang paling dikenal di Indonesia dan dipercaya dapat menyembuhkan masuk angin.

Teknik pijat hot stone ini cocok untuk Anda yang sedang nyeri punggung, nyeri pinggang, atau nyeri di sekujur tubuh. Sebab, teknik pijat yang satu ini mampu melemaskan otot-otot tubuh, sehingga nyeri dan pegal-pegal minggat seketika.

Terapi ini bertujuan untuk meningkatkan aliran darah dan mengurangi kesemutan yang intens. Adapun manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dari teknik hot stone massage adalah sebagai berikut.

  • Meningkatkan kualitas tidur, sehingga tubuh siap menghadapi hari saat bangun.
  • Mengurangi stress karena peredaran darah yang lancar, dan 
  • Membantu meredakan gejala penyakit autoimun. 

Namun, jika Anda memiliki riwayat diabetes, penyakit jantung, darah tinggi, maupun varises, Anda perlu berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter sebelum memilih layanan ini. Ini saatnya hidup sehat dengan rutin mendapatkan terapi rileks pada tubuh.

  • Pijat Lapisan Otot (Deep Tissue Massage)

Pijat jaringan atau deep tissue massage berfokus pada memberikan tekanan pada lapisan otot, tendon, dan jaringan di bawah permukaan kulit. Teknik pijat ini lebih mendalam dan perlahan agar mencapai lapisan terdalam otot dan jaringan ikat.

Adapun manfaat lainnya meliputi percepatan pemulihan cedera, peningkatan kelenturan tubuh, sirkulasi darah dan oksigen yang lebih baik, serta peredaan carpal tunnel syndrome.

  • Pijat Shiatsu (Shiatsu Massage)

Rutinitas sehari-hari memang kerap bikin tubuh kehilangan energi, lemas, dan tidak bersemangat. Jangan biarkan hal itu mengganggu aktivitas dan produktivitas Anda! Rasakan sensasi pijat Shiatsu untuk mengembalikan energi tubuh Anda! Apa itu pijat Shiatsu?

Pijat Shiatsu merupakan teknik pijat yang menggunakan gerakan jari-jari tangan, telapak tangan, dan siku untuk merangsang titik-titik akupresur pada tubuh. Ini membantu tubuh kembali rileks dan mengalirkan energi dengan lebih baik.

Sebab, titik-titik akupresur dipercaya merupakan bagian tubuh yang mengalirkan kekuatan energi dalam tubuh. Dengan gerakan pijat ini, titik-titik tersebut akan dirangsang untuk melancarkan energi baik tersebut. 

Dengan begitu, Anda akan merasakan banyak manfaat dari pijat Shiatsu. Adapun manfaat dari pijat shiatsu ini adalah sebagai berikut.

  • Mengurangi rasa stress karena gerakan pijat membuat tubuh rileks.
  • Mengatasi gangguan insomnia, sehingga tidur lebih teratur.
  • Memperbaiki sistem saraf agar tidak tegang.
  • Mengurangi ketegangan dan nyeri sendi.
  • Meningkatkan fungsi pencernaan.
  • Meredakan sakit kepala, serta 
  • Mengatasi sindrom pramenstruasi (PMS), dan kelelahan.
  • Pijat Thai (Thai Massage)

jenis pijat yang satu ini mampu memberikan sensasi tersendiri. Selain merasakan sentuhan dari para terapis profesional, Anda akan dilibatkan secara langsung untuk melakukan gerakan tertentu yang menghadirkan sensasi rileks.

Jadi, pijat thai adalah gabungan pijat dan gerakan yoga. Anda mungkin akan diminta untuk mengikuti berbagai posisi tubuh yang melibatkan gerakan membungkuk, memiringkan badan, membusungkan dada, atau melakukan peregangan. 

Adapun manfaat dari jenis pijat Thai ini adalah mengurangi gejala migrain, mengatasi masalah keseimbangan energi dalam tubuh, mengurangi stress, meningkatkan kelenturan tubuh, dan mengurangi kekakuan otot. 

Rasakan sendiri sensasi pijat thai dari para ahli dan dapatkan sensasi rileks dan bahagia yang mampu mengurangi stress berlebihan akibat rutinitas padat. Badan sehat, stress minggat!

  • Pijat Prenatal (Prenatal Massage)

Jangan khawatir untuk Anda yang sedang hamil dan ingin merasakan sensasi pijat. Sebab, saat ini telah banyak penyedia layanan pijat khusus bagi ibu hamil, yang biasa disebut dengan pijat prenatal.

Jadi, prenatal massage ini adalah teknik pijat yang memang dirancang khusus untuk ibu hamil. Namun, sebelum menjalani terapi ini, pastikan Anda telah memilih terapis yang bersertifikasi dan mendapatkan izin dari dokter kandungan. 

Sebab, dalam kondisi hamil, tidak semua bagian tubuh bisa mendapatkan gerakan pijat secara serampangan. Hal itu dapat mengganggu kesehatan ibu dan anak dalam kandungan. 

Namun, dengan teknik pijat yang benar, terapis pijat prenatal akan membantu Anda untuk memberikan berbagai manfaat saat kehamilan. Di antara manfaat pijat prenatal adalah sebagai berikut.

  • Meredakan ketegangan otot yang sering terjadi pada saat kehamilan.
  • Menjaga kebugaran tubuh pada saat terjadinya perubahan hormon 
  • Mengurangi pembengkakan yang sering terjadi pada ibu hamil. 
  • Mengatasi nyeri saraf akibat ketegangan otot-otot tubuh. 
  • Mengurangi stress selama kehamilan karena gerakan pijat mampu memberikan sensasi rileks, dan 
  • Meningkatkan kualitas tidur yang kerap terganggu pada masa kehamilan.
Baca Juga  Intip Tips Luluran Alami Untuk Mencerahkan Kulit Kusam, Coba Sekarang!

Sekali lagi, pastikan bahwa terapis berfokus pada area pinggul, punggung bawah, dan kaki yang sering merasa pegal selama kehamilan. Sebab, bagian-bagian tersebut merupakan bagian tubuh yang sensitif pada ibu hamil.

  • Pijat Olahraga (Sport Massage)

Pijat olahraga merupakan salah satu dari jenis-jenis pijat yang dikhususkan untuk para olahragawan. Apakah Anda termasuk olahragawan yang sedang mencari pijat untuk kesehatan? Yuk, simak terlebih dahulu penjelasannya berikut ini.

Jadi, pijat olahraga tidak hanya digunakan untuk mengatasi cedera otot atau keseleo, tetapi juga sering diberikan kepada atlet sebelum, selama, dan setelah latihan. 

Selain meregangkan otot yang tegang, pijat olahraga juga dapat merangsang otot yang tidak aktif dan memperbaiki kondisi jaringan lunak. Di samping itu manfaat lain dari teknik pijat ini adalah sebagai berikut.

  • Meningkatkan daya tahan tubuh 
  • Mengurangi risiko cedera 
  • Mengurangi stress berlebihan, dan 
  • Mempercepat pemulihan cedera.
  • Pijat Akupresur (Acupressure Massage)

Pijat akupresur hampir sama dengan pijat Shiatsu. Namun, terdapat perbedaan pada teknik pijat yang digunakan, di mana pijat akupresur hanya menggunakan tekanan-tekanan dengan jari-jari tangan.

Pijat akupresur hanya memberikan tekanan pada titik-titik akupresur di tubuh tanpa menggunakan tusukan benang seperti pada akupunktur. 

Jadi, pijat akupresur dan akupunktur ini merupakan teknik dari warisan budaya China yang telah mengalami akulturasi dengan budaya Indonesia.

Selain mengatasi nyeri dan ketegangan otot, manfaat lainnya dari pijat akupresur adalah sebagai berikut. 

  • Mengembalikan keseimbangan energi tubuh, 
  • Meringankan efek samping kemoterapi, 
  • Meningkatkan kualitas tidur, dan 
  • Mengatasi masalah pencernaan.
  • Pijat Refleksi (Reflexology Massage)

Pijat refleksi mempercayai bahwa telapak kaki dan tangan merupakan pusat dari  seluruh saraf tubuh. Oleh karena itu, teknik pijat refleksi berfokus pada terapi pijat saraf pada kaki dan tangan.

Pijatan tersebut dilakukan dengan memberikan tekanan pada titik-titik tertentu yang terhubung dengan jutaan saraf tubuh. Teknik pijat yang satu ini mampu memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Selain mengatasi masalah otot tegang, pijat refleksi juga dianggap dapat membantu mendeteksi masalah kesehatan yang sedang dialami. 

Meski saat ini telah mudah menemukan layanan jasa pijat reflexology, akan tetapi Anda tidak bisa memilih layanan ini secara serampangan. Artinya, pastikan para terapis yang Anda pilih dapat bekerja profesional dan berpengalaman.

Nah, salah satu rekomendasi pijat reflexology panggilan anti ribet dan berkualitas adalah Halo Massage. Halo Massage telah bekerja sama dengan para terapis yang telah tersertifikasi. Dengan layanan ini, Anda bisa menikmati manfaat reflexology tanpa ngantre.

Ini Tips Memilih Layanan Pijat Berkualitas yang Harus Anda Tahu!

Rekomendasi Pijat Panggilan
Rekomendasi Pijat Panggilan

Saat ini, untuk menemukan penyedia layanan pijat tidaklah sulit. Penyedia jasa pijat telah merebak di berbagai daerah. Bahkan, Anda tidak perlu lagi keluar rumah dan mengantre di pusat-pusat pijat maupun SPA. Kini, telah banyak penyedia jasa pijat panggilan online, baik dari website maupun aplikasi.

Hal itu tentu menarik untuk Anda pertimbangkan. Sebab, dengan hanya duduk di rumah, Anda akan terhindar dari masalah lainnya yang membuat tubuh lelah, seperti macet, antre, dan sebagainya. Dengan begitu, pijat panggilan adalah salah satu solusi yang cukup menarik.

Meski begitu, Anda tidak bisa sembarangan memilih layanan pijat online. Setidaknya, beberapa hal berikut ini perlu Anda pertimbangkan sebelum memilih layanan pijat panggilan.

  • Memiliki Reputasi Baik

Sebelum memilih layanan pijat panggilan, pastikan penyedia layanan memiliki reputasi baik. Hal ini bisa Anda pastikan melalui pengguna layanan sebelumnya atau melalui ulasan di internet. Pastikan bahwa seluruh pelanggan puas dengan kualitas layanannya.

  • Memiliki Terapis atau Ahli Pijat yang Profesional

Pilihlah layanan jasa pijat yang memiliki para terapis andal dan berpengalaman. Pastikan pula para terapisnya memiliki sertifikasi, sehingga keahliannya tidak perlu diragukan lagi.

  • Harga yang Kompetitif

Jangan tergiur dengan harga murah, pastikan bahwa harga yang diberikan sesuai dengan kualitas layanan yang diberikan. Dengan begitu, Anda tidak akan kecewa dengan hasil jasa yang Anda gunakan

  • Memiliki Situs Website, Bahkan Aplikasi

Di era sekarang ini, kepemilikan website bagi perusahaan tertentu menjadi indikator kepercayaan masyarakat terhadap produk maupun jasa yang ditawarkan. Oleh karena itu, pastikan penyedia layanan pijat yang Anda pilih telah memiliki situs website.

Salah satu layanan pijat profesional yang telah dipercaya masyarakat sejak tahun 2017 hingga saat ini adalah Halo Jasa. Penyedia layanan jasa pijat berbasis aplikasi yang dapat memudahkan Anda menemukan terapis profesional tanpa keluar rumah.

Ini Saatnya Anda Mencoba dan Merasakan Manfaat Pijat!

Seperti yang telah diuraikan di atas, manfaat pijat sangatlah banyak dan beragam sesuai dengan jenis dan teknik pijat yang digunakan. 

Oleh karena itu, pilihlah jenis-jenis pijat yang sesuai dengan tujuan serta kondisi fisik Anda. Penting untuk berkonsultasi dengan terapis yang berpengalaman sebelum memutuskan jenis pijat yang sesuai untuk Anda, apalagi jika Anda memiliki kondisi medis tertentu.