Manfaat dan Teknik Pijat Akupresur: Keajaiban Titik-Titik Energi

0
552
Pijat Akupresur
Pijat Akupresur

Ketika tubuh sudah merasa dalam keadaan lelah, artinya tubuh Anda sudah kehilangan banyak energi. Karena itu, wajar jika badan Anda terasa pegal-pegal, bahkan sering kehilangan semangat. Salah satu tips untuk mengembalikan energi itu adalah pijat, khususnya pijat akupresur.  Kenapa harus pijat akupresur?

Nah, pada uraian artikel kali ini akan dijelaskan mengenai terapi akupresur, mulai dari teknik hingga manfaatnya bagi kesehatan tubuh dan mental. Jadi, sebelum Anda merasakan sensasi pijat pada titik akupresur, yuk, kenali lebih jauh apa itu akupresur.

Akupresur adalah salah satu bentuk terapi alternatif yang telah dikenal sejak lama di berbagai budaya di seluruh dunia. Teknik pijat ini menggabungkan konsep titik-titik akupresur, di mana titik-titik tersebut diyakini memiliki energi atau chi tertentu dalam tubuh.

Bisa Anda bayangkan, meredakan sakit kepala, sakit gigi, atau bahkan ketegangan emosional dapat dilakukan hanya dengan menekan titik-titik tertentu pada tubuh Anda. Nah, hal inilah yang menjadi daya tawar terapi akupresur, sebuah seni kuno yang terus berkembang. 

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi dunia magis pijat akupresur, mengupas teknik-teknik lanjutan yang dapat membawa Anda pada sensasi menuju kesehatan dan keseimbangan. Jadi, apa itu pijatan akupresur? Yuk, simak uraian artikel tentang akupresur berikut ini.

Apa Itu Pijat Akupresur?

Pijat Akupresur Memiliki Banyak Manfaat untuk Kesehatan Tubuh
Pijat Akupresur Memiliki Banyak Manfaat untuk Kesehatan Tubuh

Akupresur adalah salah satu bentuk terapi alternatif yang berasal dari tradisi Pengobatan Tradisional China (TCM). Pijatan dengan teknik ini menggunakan tekanan jari-jari tangan untuk memobilisasi chi – atau yang dikenal sebagai energi kekuatan hidup. 

Chi tersebut berada pada titik-titik tertentu di dalam tubuh. Titik-titik itulah yang kemudian disebut dengan akupresur. Beberapa titik dalam tubuh itu juga dikenal dengan sebutan titik akupunktur atau titik akupuntur.

Titik akupresur ini berlokasi pada fisik Anda, tempat di mana chi dapat diakses untuk menyalurkan pusat energi yang tersumbat. Meningkatkan aliran chi dalam tubuh tersebut dipercaya dapat meningkatkan kesehatan dan mengembalikan kebugaran. 

Akupresur sendiri berasal dari kata accus dan pressure, yang berarti jarum dan menekan. Jadi, akupresur merupakan istilah yang digunakan untuk merujuk pada gerakan menekan yang memberikan rangsangan (stimulasi) pada titik akupunktur. 

Sejarah Pijat Akupresur, Dipercaya Selama Ribuan Tahun

Teknik pijat ini pertama kali diperkenalkan di Indonesia oleh pedagang China pada abad ke-5 hingga ke-15. Mereka membawa pengetahuan tentang pengobatan tradisional China, termasuk akupuntur dan akupresur. 

Menurut buku Huang Ti Nei Cing yang dalam bahasa Inggris berarti The Yellow Emperor’s Classic of Internal Medicine, ilmu akupunktur ini mulai berkembang sejak zaman batu, kira-kira empat hingga lima ribu tahun yang lalu.

Teknik ini digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Salah satu kasus yang juga diungkap dalam buku tersebut adalah penyembuhan abses dengan penusukan jarum batu. 

Pengobatan tersebut kemudian masuk ke Indonesia dibawa oleh para pedgang China. Seiring berjalannya waktu pengaruh budaya China ini mengalami penyesuaian dan penggabungan dengan tradisi pengobatan tradisional Indonesia.

Teknik ini didasarkan pada konsep bahwa tubuh manusia memiliki saluran energi, yang dikenal dengan meridian. Energi tersebut kemudian akan mengalir melalui berbagai titik akupresur. 

Pijat ini bertujuan untuk mengembalikan keseimbangan energi dalam tubuh, dengan merangsang atau meredakan titik-titik akupresur tertentu.

Kenali Titik-Titik Akupresur, Pengalir Energi dalam Tubuh

Titik-Titik Pijat Akupresur
Titik-Titik Pijat Akupresur

Beberapa titik akupresur yang umum digunakan untuk terapi ini adalah sebagai berikut.

  • Titik He Gu (LI4)

Titik ini terletak di punggung tangan, dekat jari telunjuk dan ibu jari. Terapi pada titik ini akan membantu meredakan sakit kepala, sinusitis, dan stress.

  • Titik Sanyinjiao (SP6)

Titik ini terletak di bagian dalam kaki, di bawah lutut. Pijatan pada titik ini dapat membantu mengatasi gangguan pencernaan, nyeri menstruasi, dan insomnia.

  • Titik Zusanli (ST36)

Titik Zusanli terletak di dekat otot kalf pada kaki. Tekanan pijat pada titik ini akan meningkatkan energi, daya tahan tubuh, dan membantu mengatasi masalah gastrointestinal.

  • Titik Shenmen (HT7)

Titik yang terletak pada pergelangan tangan di bawah jari kelingking. Pijatan pada titik ini dapat membantu meredakan kecemasan, insomnia, dan depresi. 

  • Drilling Bamboo (B2)

Titik ini berada di sudut dalam kedua mata, di pangkal hidung yang dekat dengan ujung alis. Titik ini berhubungan dengan bagian depan kepala, cocok untuk meredakan sakit kepala, migrain, dan sinusitis.

  • Feng Chi (GB20)

Sementara itu, titik Feng Chi berada di bagian belakang kepala, tepatnya di cekungan antara dua otot leher. Memijat bagian ini dapat merangsang pelepasan endorfin dan pereda nyeri. Masih banyak lagi titik akupresur yang dapat digunakan untuk mengatasi berbagai masalah tubuh.

Baca Juga  Halo Massage Layanan Jasa Terapis Pijat Profesional ( Panggilan ke Rumah )

Biasanya, teknik pijat ini akan menggunakan jari tangan atau alat-alat pijat khusus untuk memberikan tekanan pada titik-titik tersebut. Tekanan dilakukan dengan lembut dan konsisten selama beberapa menit untuk merangsang aliran energi.

Di samping itu, terdapat titik-titik akupresure yang biasa digunakan dalam terapi akupresur dan sekolah terapi dalam pengobatan. Di antaranya adalah titik lokal dan titik pemicu. Apa itu?

  • Titik Lokal

Titik lokal merupakan titik akupresur yang menargetkan area tubuh, di mana pasien mengalami nyeri atau ketegangan. Titik inilah yang akan dirangsang oleh terapis untuk menghilangkan ketidaknyamanan pada tubuh.

  • Titik Pemicu

Berbeda dengan titik lokal, titik pemicu adalah titik akupresure yang dirangsang oleh terapis untuk menghilangkan rasa sakit, ketegangan, atau masalah tertentu yang lain. Bagian tubuh yang sakit itu terkadang jauh dari area titik yang dirangsang.

Nah, itulah titik-titik akupunktur atau akupresur yang biasanya dieksplorasi oleh para terapis untuk meningkatkan mekanisme saluran energi manusia yang disebut dengan meridian.

Meridian adalah jalur yang menghubungkan titik-titik yang sebelumnya dibahas satu sama lain. Titik-titik itu dipercaya memiliki jalur ke organ dalam. Nah, itulah penjelasan mengenai titik akupresure, lantas apa sebeanarnya manfaat terapi akupresur?

Teknik Pijat Akupresur

Dalam memilih teknik pijat, Anda tidak bisa serampangan. Kenapa? Sebab, setiap gerakan masing-masing teknik pijat itu memberikan manfaat dan pantangan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, penting untuk memahami kebutuhan tubuh Anda sebelum memilih layanan pijat.

Teknik akupresur berbeda dengan pijat reflexology. Begitu pula pijat reflexology berbeda dengan SPA dan sebagainya. Nah, teknik pijat akupresur sendiri melibatkan penggunaan tekanan yang tepat pada titik-titik tertentu pada tubuh, yakni titik akupresur.

Yuk, kenali beberapa teknik pijatan akupresur yang disesuaikan dengan titik-titik tertentu yang diterapi. 

  • Menggunakan Kekuatan Tekanan yang Terukur

Terapis akan memberikan tekanan pada titik-titik tubuh yang dibutuhkan untuk memberikan stimulasi. Terapis yang andal akan mengetahui ukuran kekuatan tekanan yang diberikan kepada pasien. 

Beberapa titik pada tubuh mungkin akan merasa tegang, sementara bagian lainnya akan terasa sakit saat ditekan. Namun, terapis akan mengetahui ketika pasien sudah sangat kesakitan, sehingga tekanan akan dikurangi secara perlahan agar pasien tetap nyaman.

  • Menggunakan Alat Bantu yang Tepat

Terapi ini biasanya dilakukan dengan jari-jari tangan, baik untuk memijat, menggosok, atau memberikan stimulasi pada titik-titik tertentu. Namun, para terapis juga bisa menggunakan kepalan tangan, siku, lutut, betis, hingga telapak kaki.

Pada kondisi-kondisi tertentu, para terapis akan menggunakan bantuan benda tumpul untuk memberikan tekanan pada beberapa titik yang dianggap terlalu tebal, misalnya biji avokad, bola golf, dan sebagainya.

  • Memberikan Tekanan yang Cukup Panjang Pada Area Tekan

Teknik akupresur memang melibatkan penekanan yang stabil pada titik-titik yang diyakini merupakan aliran energi dalam tubuh. Tekanan biasanya dilakukan lebih lama sesuai dengan kebutuhan terapi. 

Untuk mendapatkan efek maksimal, akupresur ditekan dan ditahan selama 2-3 menit. Namun, durasi ini disesuaikan dengan kebutuhan pasien.

  • Menghentikan Tekanan dengan Cara Bertahap

Setelah melakukan terapi yang diinginkan, tekanan dikurangi dengan cara sedikit demi sedikit. Hal ini dipercaya mampu merangsang jaringan tubuh untuk menyembuhkan dirinya sendiri. 

  • Teknik Lanjutan Akupresur

Teknik lanjutan terapi akupresur dapat dilakukan dengan menekan titik-titik khusus pada tubuh. Berikut ini adalah beberapa teknik pijat akupresur yang dapat dilakukan secara runtut sebagai teknik lanjutan.

  • Teknik Pijat Tangan: Teknik ini melibatkan penekanan pada titik-titik tertentu di tangan yang dapat membantu mengurangi ketidaknyamanan, seperti sakit kepala, sakit gigi, dan sakit perut.
  • Teknik Pijat Kaki: Dengan menekan titik-titik tertentu pada kaki, teknik ini juga dapat membantu meredakan masalah sakit kepala, sakit gigi, dan sakit perut.
  • Teknik Pijat Wajah: Pijatan pada titik-titik tertentu di wajah juga dapat membantu meredakan gejala seperti sakit kepala, sakit gigi, dan sakit perut.

Apa Saja Manfaat Pijat Akupresur?

Kenali Manfaat Pijat Akupresur
Kenali Manfaat Pijat Akupresur

Terapi yang satu ini seringkali digunakan sebagai perawatan pelengkap di samping pengobatan lainnya. Akupresur dianggap menjadi tambahan pengobatan yang efektif untuk perawatan chiropractic. 

Setidaknya, terapi akupresur ini dapat memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh dan mental seseorang. Apa manfaat dari akupresur? Yuk, simak penjelasan manfaat akupresur berikut ini.

  • Mengurangi Rasa Nyeri

Pada berbagai kondisi, terapi ini mampu membantu meredakan rasa nyeri, seperti sakit kepala, nyeri punggung, nyeri sendi, dan sebagainya. Oleh karena itu, bagi Anda yang sudah merasakan tubuh pegal-pegal dan nyeri sendi, terapi ini cocok untuk Anda.

  • Mengurangi Stress dan Gangguan Kecemasan

Tekanan yang diberikan pada titik-titik akupresur itu dapat merangsang pelepasan endorfin, sehingga tubuh menjadi lebih rileks dan menghilangkan stress serta gangguan kecemasan. Ini saatnya Anda merasakan sensasi akupresur dan biarkan stress minggat!

  • Peningkatan Sirkulasi Darah

Seperti halnya manfaat jenis pijat yang lainnya, pijat akupresure juga dapat digunakan untuk mengatasi peredaran darah yang tidak lancar. Dengan teknik pijat ini, tubuh Anda tidak lagi dihinggapi kesemutan, karena pijatan ini membantu menyuplai oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh.

  • Meningkatkan Kualitas Tidur

Duh!! Gangguan tidur memang seringkali membuat aktivitas sehari-hari jadi berantakan. Sudahi insomnia berkepanjangan dan gangguan tidur lainnya dengan pijatan akupresur.

  • Meningkatkan Fungsi Pencernaan 

Sejumlah titik akupresur berhubungan dengan sistem pencernaan. Karena itu, tekanan yang digunakan untuk merangsangnya dapat membantu meredakan gangguan pencernaan. Badan akan jadi lebih enteng dengan pencernaan yang lancar!

  • Peningkatan Energi dan Vitalitas

Pijatan dengan teknik ini dapat membantu meningkatkan energi dan vitalitas tubuh. Dengan merangsang titik-titik tertentu, Anda dapat merasa lebih segar dan bersemangat. Jangan biarkan semangat kendor hanya karena otot kaku dan kesemutan.

  • Meningkatkan Keseimbangan Emosional

Selain memberikan manfaat terhadap kesehatan fisik, terapi ini juga dapat membantu meredakan gejala depresi dan kecemasan, serta meningkatkan mood secara keseluruhan. Badan sehat emosi dengan pijatan akupresur.

  • Meningkatkan Konsentrasi

Beberapa titik akupresur di kepala dan wajah dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan ketajaman mental. Terapi ini sering digunakan oleh orang yang ingin meningkatkan produktivitas dan fokus mereka.

  • Meningkatkan Kesehatan Kulit

Pijatan akupresur dapat membantu meningkatkan aliran darah ke wajah. Hal itu dapat memperbaiki kulit dan memberikan efek muda serta membantu mengurangi pembengkakan dan mata panda.

  • Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Di tengah aktivitas yang padat, pastikan bahwa sistem kekebalan tubuh Anda tetap terjaga. Merangsang titik-titik akupresur tertentu dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh lebih tahan terhadap penyakit dan infeksi. 

Baca Juga  GRIYA SEHAT Reflexology Scientia: Saatnya Manjakan Tubuh dengan Pijatan Terbaik

Terapi Akupresur untuk Penyakit Apa Saja?

Seperti yang telah diketahui, terapi akupresur digunakan sebagai alternatif pendorong disamping perawatan lainnya. 

Terapi akupresur dapat digunakan sebagai pendukung pengobatan konvensional untuk berbagai penyakit dan kondisi tertentu. Di antara beberapa penyakit yang dipercaya dapat disembuhkan dengan terapi ini adalah sebagai berikut.

  • Sakit kepala dan migrain
  • Nyeri punggung dan leher
  • Nyeri sendi dan otot
  • Insomnia dan gangguan tidur
  • Kecemasan dan depresi
  • Masalah pencernaan, seperti sembelit dan sindrom iritasi usus besar (IBS)
  • Nyeri menstruasi dan gejala menopause

Dengan gerakan-gerakan sesuai pada titik-titik tertentu, terapi akupresur juga dapat menjadi pendekatan yang berguna dalam pengelolaan hipertensi atau tekanan darah tinggi. Pijatan pada titik-titik tertentu dapat membantu relaksasi, meningkatkan sirkulasi darah, dan mengurangi stress.

Jadi, terapi akupresur untuk hipertensi sangat disarankan. Sebab, semua manfaat yang diberikan dapat berkontribusi pada penurunan tekanan darah.

Akupresur Tidak Boleh Dilakukan Pada Keadaan Apa Saja?

Meskipun pijatan akupresur dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan yang signifikan, akan tetapi terdapat beberapa situasi di mana terapi ini sebaiknya dihindari. Jadi, akupresur tidak boleh dilakukan pada saat-saat seperti berikut ini.

  • Luka terbuka atau infeksi pada titik akupresur
  • Ibu hamil, kecuali oleh terapis yang terlatih dalam akupresur untuk ibu hamil
  • Orang dengan penyakit serius atau kondisi medis yang tidak sesuai dengan praktik terapi ini
  • Orang dengan tekanan darah rendah, terutama jika menggunakan teknik akupresur yang merangsang titik-titik tertentu yang dapat menurunkan tekanan darah

Sebenarnya, pijat akupresur juga dapat bermanfaat bagi ibu hamil dan bayi. Terapi akupresur khusus, dapat membantu meredakan ketidaknyamanan selama kehamilan, seperti mual, nyeri punggung, dan ketegangan otot berlebih. 

Begitu pula pada bayi, pijat akupresur bayi tertentu dapat membantu meredakan kolik, meningkatkan kualitas tidur, dan menciptakan ikatan antara bayi dan orang tua. 

Namun, penting untuk mencari seorang terapis yang terlatih dalam memberikan pijat akupresur untuk ibu hamil, karena terdapat titik-titik yang harus dihindari selama kehamilan.

Nah, salah satu penyedia jasa pijat panggilan yang dapat memiliki keahlian dan sertifikasi terpercaya adalah terapis dari Halo Massage. Penyedia layanan Halo Massage juga menyediakan pijat reflexology kaki yang sesuai dengan teknik pijat akupresur ini. 

Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir lagi untuk mempercayakan kesehatan dan kebugaran tubuh Anda terhadap para terapis tersebut. Ini saatnya Anda menikmati pijat akupresur dengan ahli reflexology andal dan berpengalaman di Halo Massage!