Kesalahan yang Menyebabkan Bodi Mobil Lecet

0
5007
Kesalahan yang Menyebabkan Bodi Mobil Lecet

Kesalahan yang Menyebabkan Bodi Mobil Lecet – Memiliki mobil yang selalu tampil bersih dan mengkilap merupakan dambaan semua para pemilik mobil. Maka dari itu, tidak jarang para pemilik kendaraan itu selalu merawat cat kendaraan mereka agar tetap terlihat mengkilap dan mulus. Namun tanpa disadari, ada beberapa kesalahan yang dapat menyebabkan body mobil Anda lecet.

Oleh karena itu, kini Anda harus lebih memperhatikan apa saja yang dapat memungkinkan cat mobil Anda lecet. Lalu, apa saja yang dapat menyebabkan cat mobil lecet? Berikut simak ulasannya beberapa kesalahan tersebut.

Noda Aspal

Kesalahan yang Menyebabkan Bodi Mobil Lecet

Ketika Anda mendapati ada noda bintik-bintik putih pada bodi mobil Anda berarti mobil Anda terkena noda aspal. Dan tanpa disadari, noda aspal ini telah merusak cat pada bodi mobil Anda. Memang terlihatnya sepele, namun jika dibiarkan noda akan lebih susah hilang. Untuk menghindari noda aspal ini, sebaiknya Anda menghindari juga jalan berkerikil agar tidak terkena noda aspal.

Air Hujan

Kesalahan yang Menyebabkan Bodi Mobil Lecet

Memang terlihatnya sangat sepele. Namun tahukah Anda, ketika mobil Anda terkena air hujan dan dibiarkan hingga mengering, akan merusak cat pada bodi mobil Anda? Jika dibiarkan, air hujan tersebut akan meninggalkan sebuah noda yang sulit dihilangkan karena mengandung zat asam. Oleh karena itu, hendaknya Anda segera mencuci mobil Anda setelah terkena air hujan supaya tidak meninggalkan noda. Setelah dicuci bersih, segera lap dengan lap hingga kering

Serangga

Kesalahan yang Menyebabkan Bodi Mobil Lecet

Jika Anda perhatikan, sering kali serangga menempel pada bodi mobil Anda. Dan disadari atau tidak, ada beberapa serangga yang dapat menghasilkan zat asam. Zat asam ini berpotensi dapat merusak cat. Maka dari itu, disarankan lap mobil Anda setiap pagi. Dan juga penting untuk menghindari mobil Anda dari serangga berbahaya tersebut.

Menulis di Bodi Mobil Berdebu

Kesalahan yang Menyebabkan Bodi Mobil Lecet

Hal ini biasanya dilakukan oleh beberapa orang dengan maksud hanya iseng. Namun tahukah Anda, dibalik keisengan itu, dapat menjadi pemicu rusaknya cat bodi mobil Anda? Ya, hal ini dapat membuat cat bodi mobil Anda tergores. Debu yang ada di atas bodi mobil mengalami suatu gesekan dan hal ini dapat menimbulkan goresan pada bodi mobil Anda. Lebih baik jika memang sudah terlihat debu yang menempel, segera dicuci untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Getah Pohon

Terkadang Anda memarkir kendaraan di bawah pohon dan Anda tidak menyadari jika pohon ada yang menggandung getah. Jika getah tersebut menetes di atas mobil Anda, hal tersebut akan menjadi pemicu untuk menimbulkan noda pada bodi mobil Anda.

Meskipun ini terlihat sepele, namun Anda benar-benar harus memperhatikan. Bayangkan jika Anda tidak memperhatikannya, saat memarkir di bawah pohon, dan banyak getah yang jatuh di atas mobil Anda, ini akan berpotensi lebih parah menimbulkan noda pada mobil. Namun tidak perlu khawatir, untuk membersihkannya, Anda dapat menggunakan pembersih lem atau cairan anti lengket setelah menggunakan cairan pelindung cat.

Noda Kopi atau Soda

Noda kopi dan soda ini tidak hanya dapat merusak jok mobil saja, namun keduanya dapat merusak cat pada bodi mobil juga. Karena keduanya menggandung  zat asam, maka dari itu bila mobil Anda terkena tumpahan kopi, segera bersihkan noda tersebut dengan air biasa.

Krim Cukur

Mungkin krim cukur ini sangat jarang mengenai bodi mobil Anda. Namun berhati-hatilah dengan noda ini, karena jika bodi mobil Anda  terkena krim cukur ini. Cat pada bodi mobil Anda akan mengelupas. Karena sabun untuk bercukur tersebut terbuat dari bahan kimia, sehingga dapat mengikis lapisan cat mobil.

Kotoran Burung

Jangan dianggap sepele dengan menempelnya kotoran burung di mobil Anda. Karena kotoran burung yang telah menempel terlalu lama di bodi mobil Anda akan merusakn cat bahkan logam. Maka dari itu, Anda harus berhati-hati dengan hal ini. Ketika Anda mendapati ada kotoran burung menempel di bodi mobil Anda, hal yang harus dilakukan adalah jangan langsung dilap dalam keadaan kering. Hal ini akan menyebabkan goresan dan berakibat baret pada cat bodi mobil Anda. Namun Anda perlu siram dengan air dan usap dengan lap lembab agar cat tidak berbaret.

Penyiram otomatis di Taman

Berhati-hatilah saat memarkirkan mobil di dekat taman, apalagi mobil Anda berdekatan dengan penyiram tanaman otomatis. Hal ini dapat menjadi bencana bagi mobil Anda. Dan tahukah Anda? Ternyata penyiram tanaman otomatis ini tidak hanya mnyemprotkan air saja, namun penyiram ini adalah kombinasi air dan zat pada daun, dan hal ini dapat meninggalkan noda yang sulit dibersihkan. Lantas bagaimana solusinya? Solusinya adalah parkir kendaraan jauh dari taman apalagi yang memiliki penyiram tanaman otomatis.

Setelah mengetahui penyebab lecet mobil Anda, berikut beberapa cara untuk menghilangkan baret pada bodi mobil Anda:

Bila baretan atau goresannya masih terlihat halus, Anda hanya perlu menggunakan obat poles yang dikhususkan untuk bodi mobil yang tersedia di swalayan. Namun apabila goresan terlihat dalam, ada beberapa cara yang lebih rumit untuk menghilangkannya. Yakni dengan menggosok sedikit permukaan bodi mobil yang tergores menggunakan amplas halus yang berukuran 4000.

Berikut beberapa penyebab dan sedikit cara membuat mobil Anda terhindar dari goresan. Namun untuk mengurangi risiko yang lebih fatal pada mobil Anda, lebih baik Anda menggunakan jasa salon mobil atau membawanya ke bengkel, sehingga mengurangi dampak lebih negatif. Selamat mencoba!

Baca juga: Tips Mempercantik Interior Mobil

Facebook Comments
love
Senang
60%
haha
Terinspirasi
0%
wow
Netral
0%
sad
Sedih
20%
angry
Marah
20%