HP Android Anda Bermasalah? Inilah Cara Mengatasi Android Error

0
88128
Halojasa Cara Mengatasi Android Error

Cara Mengatasi Android Error – Selama ini banyak yang tahu jika ponsel dengan sistem operasi Android begitu laris manis dipasaran.  Setelah  kemunculan Android untuk pertama kalinya, bebagai ponsel luar negeri mulai membenamkan sistem operasi tersebut kedalam ponselnya. Alhasil, persaingan ketat pun mulai terjadi dan mulai bermunculan juga ragam ponsel dengan kecanggihan teknologi dan modelnya yang mewah dan elegan. Akan tetapi meskipun ponsel secanggih apapun itu, terkadang permasalahan muncul selama menggunakan ponsel pintar.

Masalah paling umum terjadi adalah error atau lambat pada sistem operasinya. Kinerja ponsel pintang sebenarnya ditentukan pada pemakaian, aplikasi atau perawatan. Android merupakan sistem operasi yang mampu menampung banyak aplikasi gratis. Jika terlalu banyak menginstall aplikasi membuat kinerja ponsel tersebut semakin lambat. Akhirnya ponsel mudah alami error, lambat hingga hang.

Error pada ponsel pintar berbasis Android dapat terjadi karena banyak faktor seperti RAM berkurang kapasitasnya dan efeknya bisa memperlambat booting ponsel. Kinerja processor juga akan menurun, error atau hang dan ponsel bisa tiba-tiba mati atau restart. Sederet permasalah yang buat hp Anda error atau hang bisa diatasi dengan beberapa langkah. Berikut solusi mudah mengatasi hp Android yang kinerjanya mulai menurun.

Cara Mengatasi HP Andtoid Error dan Lambat Dengan Cepat

  1. Hapus Cache pada memori internal secara berkala

Cache adalah sebuah penyimpanan yang menyimpan semua data sementara setiap kali membuka aplikasi tertentu. Chache biasanya akan langsung tersimpan pada file memori masing-masing aplikasi yang biasanya berjalan didalam perangkat android. Memori cache akan terus bertambah dan semakin bertambah seiring banyaknya aplikasi yang Anda pakai. Misalnya setiap kali Anda membuka aplikasi browser, memori situs terakhir yang Anda buka akan tersimpan sementara dalam chache memori internal. Jika semakin sering Anda menggunakannya secara otomatic chache akan tersimpan sementara. Sehingga untuk mengatasinya Anda perlu, mengontrol, membersihkan atau menghapus chache secara rutin. Caranya masuk pada Pengaturan, lalu pilih Aplikasi dan cek setiap aplikasi mana yang memakai banyak memori. Mulailah menghapus memori chache atau Hapus Chache.

  1. Kurangi Multitasking Aplikasi yang Berlebihan

Jika And aperhatikan, kepgunaan Android tak sebatas untuk menelepon atau berkirim pesan saja akan tetapi bisa mencapai penggunaan lain seperti bermain game, editing kamera, membuka browser, atau membuka aplikasi lain. Sementara itu, berbicara soal multitasking aplikasi adalah keadaan dimana ponsel tengah melakukan tugas secara bersamaan dalam satu waktu. Real multitasking ponsel berarti ponsel tersebut tengah menjalankan aplikasi lebih dari satu dan secara bersamaan dengan melakukan minimize aplikasi lalu menjalankan aplikasi lain. Akan tetapi semakin banyak aplikasi yang berjalan pada ponsel bisa membuat kinerja prosesor semakin besar, akibatnya memperlambat kerja aplikasi dan RAM. Karena hal itulah disarankan untuk tidak banyk menjalankan aplikasi pada ponsel pintar inkinerja RAM dan processor tidak semakin berat.

  1. Kosongkan Memori Internal dan Install Aplikasi pada Memori Eksternal

Ketika Anda memilih untuk menginstal sebuah aplikasi, secara otomatis semua memori dalam aplikasi akan terunduh dan tersimpan didalam memori internal ponsel. Semakin banyak aplikasi yang Anda install maka semakin banyak memori yang tersimpan didalam memori internal. Akibatnya, ruang memori dalam ponsel akan penuh dan memngganggu sistem kerja ponsel. Ponsel jadi mudah error atau lambat ketika membua aplikasi. Atau bisa saja ponsel berhenti tiba-tiba sehingga permasalah pada ponsel semakin bertambah. Cara agar bisa mengatasinya adalah dengan memindai penyimpanan dari memori internal ke memori ekternal. Siapkan terlebih dahulu memori ekternal seperti microSD, lalu pasang ke dalam slot memori ponsel yang sudah tersedia. Atur dan pindah penyimpanan aplikasi ke memori ekternal. Dengan begitu kinerja ponsel bisa optimal kembali.

  1. Update Firmware Androit Secara Rutin

Menjalankan sistem operasi Android pada ponsel kadang tak membuat aplikasi yang berjalan itu sempurna. Kadangkala masih saja ditemukan bug sehingga membuat sistem operasu ponsel menjadi error. Hal ini wajar mengingat ponsel berbasis android mampu menjalankan dan menyimpan banyak aplikasi. Cara menghalau error pada ponsel android adalah dengan rajin melakukan update pada firmware. Update secara berkala untuk bisa mendapatkan firmware versi terbaru. Update firmware akan membantu sistem kerja ponsel makin lancer dan semakin optimal. Tambahkan juga sistem pelindung ponsel dengan mengunduh aplikasi antivirus atau aplikasi pembersih. Anda bisa mencoba mengupdate firmware dengan cara masuk ke dalam Pengaturan, lalu Tentang Ponsel, pilih Perbarui Sistem dan Update Firmware yang terbaru.

  1. Restart Ponsel Jika Alami Error

Anda terlalu asyik memainkan ponsel namun tiba-tiba terjadi error, aplikasi macet atau aplikasi berhenti sendiri kemungkinan ada masalah yang belum Anda ketahui. Tak perlu khawatir, Anda bisa mencoba langkah praktis dan cepat yakni dengan merestart ponsel android tersebut. Langkah ini menjadi solusi utama jika ponsel alami error tiba-tiba. Sebab pada saat error terjadi, tombola tau menu pada ponsel tidak bisa berfungsing sehinga Anda harus merestart atau menghidupkan ulang ponsel. Cara menghidupkan ulang setiap merek ponsel pastinya berbeda, jadi pastikan Anda memiliki buku petunjuk ponsel dan baca dengan baik-baik bagaimana cara merestart ponsel Anda. Atau jika masalah ponsel kiat bertambah dan tombol dan menu ponsel masih bisa digunakan, cobalah lakukan pengaturan dengan memilih menu Pengaturan, lalu Buat Cadangan & Setel Ulang dan pilih Kembalikan Ke Setelan Pabrik. Maka seketika ponsel Anda menjadi seperti baru lagi.

Itulah beberapa hal yang bisa membantu Anda mengatasi error pada hp Android. Jika Anda tidak tahu bagaimana cara mengatasinya atau takut melakukan perbaikan sendiri, maka jasa service handpone adalah solusi tepatnya.

Baca juga: Stop! Hentikan Kebiasan yang Dapat Merusak Ponsel Berikut ini

Facebook Comments
love
Senang
31%
haha
Terinspirasi
16%
wow
Netral
15%
sad
Sedih
13%
angry
Marah
22%