WOW! Ternyata Bukan Hanya Fisik, Manfaat SPA Juga Baik untuk Kesehatan Mental

0
213
Manfaat SPA untuk Kesehatan dan Kecantikan
Manfaat SPA untuk Kesehatan dan Kecantikan

Apakah Anda sudah sering mendengar atau melihat berbagai layanan SPA tertulis di pusat-pusat perawatan? Anda juga ingin perawatan SPA, tapi masih bingung, apa saja manfaat SPA untuk tubuh? Anda berada di artikel yang tepat! Kali ini, kita akan membahas mengenai manfaat dan jenis-jenis SPA.

Di Indonesia sendiri, SPA telah dikenal sejak zaman kerajaan Hindu dan Budha. Bahkan, perawatan yang satu ini telah menjadi tradisi pada ritual-ritual adat di berbagai wilayah di Indonesia. Oleh karena itu, tak heran jika SPA masih dipercaya masyarakat hingga saat ini untuk perawatan, baik kecantikan maupun kesehatan.

Selain karena kemudahan mendapatkan layanannya, masyarakat masih memilih SPA sebagai perawatan juga karena SPA merupakan perawatan yang alami. Alih-alih dengan mengonsumsi bahan-bahan kimia, seperti obat-obatan, SPA masih cenderung menggunakan aktivitas dan fasilitas yang alami untuk perawatan tubuh. 

Saat ini, layanan SPA sendiri sudah sangat menjamur di Indonesia. Bahkan, aktivitas SPA sudah bisa Anda dapatkan di rumah Anda sendiri. Sebab, SPA merupakan salah satu produk layanan yang ditawarkan oleh penyedia jasa pijat panggilan berbasis aplikasi, seperti Halo Massage dari Halo Jasa.

Nah, agar Anda tidak ragu lagi untuk mendapatkan layanan SPA, Yuk, cari tahu terlebih dahulu, apa itu SPA dan apa manfaatnya untuk tubuh! 

Apa Itu SPA dan Bagaimana Sejarahnya?

Apa Itu SPA dan Bagaimana Sejarahnya - [freepik]
Apa Itu SPA dan Bagaimana Sejarahnya – [freepik]
Merawat kesehatan dan kebugaran tubuh memang sangat diperlukan. Bukan hanya untuk perawatan fisik, melainkan juga untuk kesehatan psikis. Nah, salah satu cara merawat yang modern dan digandrungi masyarakat dewasa ini adalah SPA. Apakah Anda sudah pernah mencobanya?

Oke, sebelum terlalu jauh, yuk kenalan dulu dengan pengertian SPA. SPA adalah singkatan dari Sanus Per Aquam, yang diambil dari bahasa latin. Adapun artinya sendiri adalah ‘kesehatan melalui air’. 

Oleh karena itu, yang dimaksud dengan SPA adalah jenis perawatan tradisional dengan melakukan terapi holistik. SPA tidak hanya memperhatikan kecantikan fisik atau tubuh, melainkan juga sangat berkaitan dengan kecantikan jiwa dan mental. 

Uniknya, SPA sendiri ternyata sudah ada sejak zaman nenek moyang. Hanya saja, pada saat itu namanya bukan SPA. Pemanfaatan SPA sebagai salah satu alternatif merawat tubuh pada saat itu telah tertulis pada relief di Candi Borobudur, Candi Prambanan, Pemandian Taman Sari Yogyakarta, dan banyak lagi.

Dalam berbagai relief tersebut, dituliskan bahwa SPA menjadi salah satu jenis pemijatan dan pemberian obat secara alami melalui tumbuh-tumbuhan. Bahkan, SPA pada zamannya juga menjadi salah satu aktivitas ritual yang dilakukan di berbagai proses adat istiadat.

Namun, perkembangan perawatan tersebut kini berubah sejalan dengan perkembangan tradisi budaya dan ilmu pengetahuan masyarakat. Perawatan tubuh tersebut diwariskan secara turun-temurun, sehingga sampai pada generasi sekarang dengan model yang lebih modern. 

Nah, saat ini, perawatan yang satu ini sudah tersedia di berbagai pusat SPA, bahkan dengan berbagai treatment yang cukup beragam. Apa saja macam-macam treatment SPA yang bisa Anda coba?

Macam-Macam SPA Treatments

Beragamnya jenis-jenis SPA menunjukkan bahwa kebutuhan dan preferensi masyarakat untuk perawatan tubuh juga sangat beragam. Nah, agar Anda tidak salah pilih, yuk ketahui apa saja sih, macam-macam SPA yang biasa tersedia di pusat-pusat SPA!

  • Facials

Manfaat Facial untuk Kesehatan Kulit Wajah
Manfaat Facial untuk Kesehatan Kulit Wajah – [Freepik]
Salah satu jenis layanan SPA yang paling umum digunakan adalah facials atau perawatan wajah. Dengan treatment ini, Anda akan mendapatkan perawatan wajah dengan berbagai alternatif. Salah satunya adalah dengan menggunakan banyak jenis minyak aromaterapi. 

Selain mendapatkan pijatan lembut, Anda juga bisa memilih untuk mendapatkan treatment lanjutan, seperti pembersihan komedo, pemakaian masker, dan sebagainya. Oleh karena itu, treatment yang satu ini, cocok untuk Anda yang sedang ingin memberikan perawatan pada wajah. 

  • Hair SPA

Nah, jika Anda menginginkan perawatan untuk rambut Anda agar lebih cantik alami, maka Anda juga membutuhkan jenis SPA yang berbeda, yakni hair SPA. Perawatan rambut ini bertujuan untuk memperbaiki dan meregenerasi sel-sel rambut mati yang membuat rambut kusam dan mengembang. 

Biasanya, Anda tidak akan hanya bisa mencuci atau mencatok, akan tetapi juga mendapatkan perawatan lanjutan, seperti pemberian masker rambut, vitamin, hingga massage. Anda membutuhkan hair SPA jika Anda ingin melembabkan, menguatkan folikel rambut, memperbaiki rambut kering dan kusam. 

  • Body Massage

Salah satu SPA yang juga populer di kalangan masyarakat adalah SPA massage atau pijat badan. Teknik pijat yang satu ini cocok untuk Anda untuk menghilangkan penat dan pegal-pegal. Selain itu, dengan perpaduan gerakan pijat dan lulur SPA, Anda akan dapat menghilangkan stress dan lebih rileks.

Baca Juga  Yuyuantang Reflexology – Reflexology dari China Pertama didunia

Dengan body massage, Anda bisa mengembalikan stamina dan energi dalam tubuh. Untuk mendapatkan layanan ini sendiri sangat mudah, karena body massage telah banyak tersedia di pusat-pusat SPA. Bahkan, jika Anda tidak mau ribet, Anda bisa memesannya melalui jasa pijat panggilan, salah satunya adalah Halo Massage.

  • Manicure & Pedicure

Nah, berbeda dengan beberapa macam SPA sebelumnya, SPA treatment yang satu ini adalah rangkaian perawatan untuk kuku. Manicure sendiri adalah perawatan kuku tangan, sementara pedicure adalah perawatan kuku jari kaki. 

Pemberian perawatan pada kuku sendiri berguna untuk membersihkan kuku dari jamur, menjaga kehalusan dan kelembutan kulit di sekitar kuku kaki dan tangan. Manicure & pedicure sendiri merupakan salah satu pelayanan yang telah banyak tersedia di salon kecantikan atau SPA.

  • Body Scrub 

Adapun salah satu jenis SPA treatment terbaik yang membuat kulit lebih halus dan cerah adalah body scrub. Perawatan yang satu ini dapat membantu pengelupasan pada kulit mati agar tampak lebih sehat. Biasanya, Anda dapat memilih produk-produk yang digunakan untuk jenis perawatan ini.

  • Mandi Bunga

SPA treatment ini merupakan salah satu jenis perawatan SPA yang cukup legendaris. Bagaimana tidak, mandi bunga hingga saat ini masih menjadi ritual yang populer di berbagai tradisi di Indonesia. Aktivitas ini dapat membantu Anda merasa lebih segar. 

Sebab, khasiat yang terkandung di dalam bunga dapat diserap oleh tubuh. Selain itu, mandi bunga juga dapat membuat jiwa dan pikiran Anda lebih tenang, sehingga dapat menghilangkan stress. 

Nah, itulah beberapa SPA treatment dengan manfaatnya bagi tubuh. Lantas, apa saja sebenarnya manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan melakukan berbagai perawatan SPA? 

Beragam Manfaat SPA: Baik untuk Kesehatan Mental 

Manfaat SPA untuk Kesehatan dan Kecantikan - [Freepik]
Manfaat SPA untuk Kesehatan dan Kecantikan – [Freepik]
Seperti yang telah dijelaskan di atas, manfaat SPA bukan hanya baik untuk fisik, melainkan juga untuk kesehatan mental. Ya, aktivitas sehari-hari memang dapat membuat kebugaran tubuh menurun, sehingga membutuhkan perawatan rutin untuk mengembalikan stamina tubuh. 

Selain itu, pekerjaan yang menumpuk setiap hari, juga dapat membuat Anda stress. Ditambah lagi, jika peredaran darah Anda tidak lancar. Tentu hal tersebut akan membuat Anda jauh lebih suntuk dan terasa pegal-pegal. 

Nah, untuk mengatasinya, tidak melulu harus mengonsumsi obat, Anda juga bisa memberikan treatment pada tubuh melalui pijat. Agar Anda lebih yakin memanfaatkan layanan SPA, yuk kenali apa saja manfaat SPA untuk kesehatan tubuh!

  • Manfaat SPA untuk Kesehatan

Jika Anda memiliki masalah pada fisik Anda, seperti pegal-pegal di sana-sini, nyeri otot, maupun kram akibat terlalu banyak beraktivitas, Anda bisa merilekskan tubuh dengan perawatan SPA. Sebab, bukan hanya memberikan perawatan untuk kecantikan, SPA juga bermanfaat bagi kesehatan, di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Meningkatkan Sirkulasi Darah

Anda sering kesemutan pada bagian tubuh tertentu? SPA adalah salah satu solusinya, karena pijatan lembut pada SPA akan membantu Anda membuka simpul-simpul pada jaringan peredaran darah. Dengan begitu, badan sering kesemutan akan teratasi dan sirkulasi darah akan lebih lancar. 

  • Mengurangi Stress

Selain karena memikirkan pekerjaan yang tak selesai-selesai, salah satu penyebab stress berlebihan adalah peredaran darah yang tidak lancar pada otak. Oleh karena itu, SPA treatment adalah salah satu solusi yang bisa Anda gunakan untuk mereduksi stress. 

Selain itu, perawatan dengan teknik SPA, yang memadukan pijat, air hangat, dan aromaterapi akan membuat suasana yang nyaman. Dengan begitu, SPA akan membantu merangsang produksi hormon endorfin, sehingga tubuh lebih rileks dan tenang.

  • Mencegah Diabetes

Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa salah satu manfaat SPA adalah menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes. Tentu akan sangat menyenangkan, jika salah satu tips perawatan SPA tidak hanya bermanfaat untuk kecantikan, melainkan juga bermanfaat untuk mencegah diabetes.

  • Mencegah Varises

Berdiri sepanjang hari dapat menyebabkan munculnya varises, yakni kondisi vena yang membengkak dan membesar. Namun, tenang saja, hal itu dapat diatasi dengan melakukan perawatan SPA secara rutin. SPA dapat mencegah munculnya varises. 

Nah, bagi Anda yang sering berdiri seharian, jangan ragu untuk mendapatkan perawatan tubuh dengan kualitas terbaik di pelayanan SPA. Jika Anda merasa tidak ingin ribet, Anda bisa memesan SPA panggilan dari aplikasi, salah satunya adalah aplikasi Halo Jasa.

  • Mengurangi Sakit Kepala

Selama periode stress yang tinggi, sakit kepala adalah salah satu gejala yang sangat umum terjadi. Untungnya, Anda bisa meredakannya dengan aktivitas yang sangat menyenangkan, yakni dengan perawatan SPA, seperti body massage, atau hair SPA. 

Baca Juga  Meiso Pacific Place: Pusat Pijat Terpercaya di Jakarta Selatan

Sebab, pijat dapat membantu meredakan ketegangan pada otot-otot tubuh yang menyebabkan sakit kepala.

  • Menjaga Kesehatan Jantung

Selain dapat mencegah diabetes, para ahli juga mengatakan bahwa perawatan menggunakan air dapat digunakan untuk senam jantung. Sebab, air dapat meningkatkan volume jantung melalui tekanannya pada tubuh. 

Nah, jika Anda ingin mendapatkan manfaat yang satu ini, Anda bisa memanfaatkan layanan water SPA. Dengan begitu, jantung Anda akan mulai bekerja lebih keras, sehingga tubuh tetap sehat. 

  • Mengatasi Nyeri Sendi dan Otot

Hal ini sudah bukan rahasia lagi, salah satu manfaat pijat adalah mengatasi nyeri otot dan sendi akibat rutinitas sehari-hari. Dengan perpaduan perawatan pada SPA, Anda akan dapat mengurangi ketegangan otot dan sendi, sehingga mobilitas tubuh kembali lincah.

  • Mengurangi Berat Badan

Sejumlah teori juga mengatakan bahwa antara SPA dan berat badan memiliki hubungan. Nah, untuk mendapatkan manfaat yang satu ini, Anda bisa memanfaatkan layanan hot SPA. Sebab, layanan ini akan membantu Anda membuka pori-pori kulit, menangkal racun, dan mendorong tubuh membakar kalori. 

  • Menjaga Kualitas Tidur

Kesulitan tidur atau tidur yang tidak nyenyak merupakan salah satu gejala yang sangat tidak menyenangkan. Nah, jika Anda sudah mulai merasakan gejala ini, Anda dapat mengatasinya dengan perawatan SPA. Sebab, teknik pijat pada SPA akan membantu badan lebih rileks dan jantung yang lebih sehat.

  • Meningkatkan Kebahagiaan

Di antara sekian banyak manfaat SPA, salah satu manfaat yang sangat menarik adalah meningkatkan kebahagian. Kok bisa, sih? Yups, karena SPA dapat memberikan efek biologis berupa melepaskan hormon serotonin yang berhubungan dengan suasana hati.

  • Manfaat SPA untuk Perawatan Kecantikan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, SPA juga sangat bermanfaat untuk perawatan kecantikan. Adapun beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari SPA, khususnya untuk kecantikan tubuh adalah sebagai berikut.

  • Anti-Aging

Seperti yang Anda tahu, salah satu layanan SPA yang cukup populer adalah facials. Nah, facials akan membantu Anda untuk memberikan perlindungan anti-aging. Dengan begitu, SPA akan membantu Anda menunda dan mencegah timbulnya kerutan dengan menstimulasi dan melembabkan kulit. 

  • Menjaga Kesehatan Kulit

Salah satu manfaat SPA yang paling penting adalah untuk menjaga kesehatan kulit. Dengan SPA, Anda akan dapat membersihkan dan melembabkan kulit secara menyeluruh. Sebab, SPA diyakini dapat memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit. 

Nah, jika Anda memiliki masalah, seperti kulit kering, jangan lewatkan SPA sebagai perawatan kecantikan, ya! Lantas, bagaimana cara mendapatkan layanan SPA yang berkualitas?

Cara Memilih Layanan SPA agar Tidak Menyesal

Meski layanan SPA telah menjamur di Indonesia, akan tetapi Anda tidak bisa serampangan memilihnya. Pastikan Anda telah memilih layanan SPA yang berpengalaman dan memiliki pelayanan yang berkualitas. Nah, untuk memastikannya, Anda dapat mengecek beberapa hal berikut ini.

  • Pastikan penyedia layanan SPA memiliki situs resmi, seperti google business dan website. 
  • Lihat review jujur dari para pelanggan yang telah menggunakan jasanya di google business.
  • Pastikan penyedia jasa tersebut memberikan para terapis yang berpengalaman dan bersertifikat.
  • Pastikan Anda bisa mendapatkan garansi dari pelayanan yang tidak maksimal.

Nah, untuk Anda yang tidak ingin repot untuk keluar rumah mengunjungi pusat-pusat SPA, kini Anda bisa menghadirkan para terapis berpengalaman dan bersertifikat melalui aplikasi. Salah satu aplikasi yang dikembangkan untuk memberikan kemudahan bagi Anda menemukan terapis pijat adalah Halo Jasa.

Kesimpulan

Nah, dengan mengetahui beragam manfaat yang bisa Anda dapatkan dari SPA di atas, tidak ada alasan lagi untuk ragu menggunakan layanan SPA untuk perawatan tubuh. Bukan hanya bermanfaat bagi kecantikan, akan tetapi juga penting untuk kesehatan mental. 

Namun, apabila Anda merasa repot untuk keluar rumah mencari pusat-pusat SPA terbaik, Anda tidak perlu khawatir lagi. Sebab, saat ini, layanan SPA bisa Anda dapatkan melalui layanan home service massage. Salah satu layanan SPA panggilan yang dikembangkan berbasis aplikasi adalah Halo Massage dari Halo Jasa. 

Anda bisa mendapatkan berbagai layanan pijat hanya dengan satu aplikasi saja. Bukan hanya mementingkan kualitas layanan, harga SPA badan juga sangat transparan. Bahkan, Anda akan mendapatkan jaminan layanan berupa garansi dan asuransi jika pelayanan tidak maksimal.

Nah, itulah penjelasan mengenai manfaat SPA yang dapat Anda ketahui. Semoga uraian ini dapat membantu Anda lebih yakin memanfaatkan layanan SPA.