Tips Merawat Mobil dengan Baik Dengan Cara Sederhana

0
33
tipsmerawatmobildengansederhana

Tips Merawat Mobil Dengan Baik – Terkadang ketika seseorang sudah memiliki kendaraan pribadi, hal-hal kecil untuk perawatan mobil tidak diindahkan. Pasalnya karena sudah terlalu sibuk dan tidak memiliki waktu luang untuk merawat mobil. Padahal. Jika mobil dirawat jangka waktu pemakaiannya pun dapat lebih panjang dan terlihat selalu baru dan tampilannya bersih. Namun beberapa orang pun sering menyepelekan beberapa hal untuk merawat mobilnya tersebut.

Padahal seiring waktu berjalan, mobil akan mengalami penurunan kondisi, apalagi jika tidak dirawat secara benar dan rutin. Untuk itu, kami sajikan beberapa tips bagaimana cara merawat mobil dengan baik dan benar sehingga mobil selalu dalam kondisi prima.

Bersihkan bagian dalam mobil

Terkadang pemilik mobil hanya memberi perhatian pada fisik mobil pada bagian luar saja, namun tidak di dalamnya. Ini yang menyebabkan kondisi pada dalam mobil tidak sehat. Jika tidak sering dibersihkan akan banyak bakteri dan kuman yang berkumpul di dalamnya.

Sesuai dengan fungsinya, mobil selalu dalam kondisi tertutup dan terpapar AC, jika tidak sering dibersihkan memungkinkan jamur ataupun serangga yang bersarang di dalamnya. Jangan kaget ketika Anda menumpuk banyak barang di mobil seperti pakaian, sanda, sepatu, jaket, dan lain-lain akan menjadikan sarang nyamuk di dalamnya. Maka dari itu, usahakan bersihkan minimal 2 minggu sekali. Rapikan barang-barang di mobil secara teratur sehingga tidak menyebabkan banyak nyamuk di dalamnya.

Merawat Cat Mobil

Hal ini menjadi konsen pertama bagi pemiliki mobil. Oleh karena itu, tidak jarang mereka sering mengunjungi salon mobil untuk merawat tampilan luar mobilnya. Usahakan juga jangan sampai mobil Anda tergores, hal ini biasanya terjadi saat sedang parkir dan tergores. Selain itu, ketika mencuci mobil, usahakan selalu menggunakan sabun khusus mobil. Karena sabun yang bukan untuk mobil dapat menjadi salah satu faktor rusaknya cat mobil.

Dan satu hal lagi yang perlu diperhatikan adalah, jangan mengelap sembarangan mobil Anda dengan lap apapun. Pilihlah lap yang memiliki tekstur halus sehingga tidak terjadi goresan.

Menjaga Pemakaian Bahan Bakar

Ini merupakan hal penting yang selalu harus diperhatikan bagi pemilik kendaraan. Karena disadari atau tidak, penggunaan bahan bakar yang tidak bersih akan sangat memengaruhi kinerja mesin dalam mobil. Usahakan jika hendak berpergian Anda selalu mengisi bahan bakar di tempat yang resmi sehingga terjamin kualitasnya serta tidak ada bahan campuran lainnya.

Karena jika ada bahan campuran lainnya, akan memengaruhi kinerja mesin mobil. ma adari itu jangan pernah mengisi bahan bakar mobil di tempat-tempat yang tidak resmi untuk menghindari hal tersebut.

Perhatikan Penggantian Oli Mobil

Memperhatikan penggatian oli mobil merupakan salah satu cara bijak dan benar untuk merawat mobil. Disarankan Anda melakukan pergantian oli mesin secara teratur. Jika memungkinkan, buatlah pengingat diagenda ataupun smartphone Anda, kapan jadwal Anda mengganti bahan bakar tersebut. Biasanya mobil yang harus sudah diganti olinya yakni mobil yang sudah menempuh jarak 5000 km. Namun untuk Anda yang sering terkena macet, disarankan untuk melakukan pergantian setiap 7.500 km. Dan pergantian oli ini hendaknya dilakukan di tempat penggantian oli resmi. Jangan lupa untuk melihat kualitasnya juga. Agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Merawat Air Radiator

Tidak jarang pemilik mobil menyepelekan hal ini. Padahal air radiator menujang perfoma dari mobil. Cara ini merupakan cara terbaik untuk merawat mobil Anda. Yang peru diingat dan diperhatikan adalah jangan gunakan air radiator yang kotor dan asal-asalan. Pilihlah yang benar-benar berkualitas baik.

Hal ini menghindari pendingin mobil Anda terdapat banyak kotoran. Anda dapat membeli air radiator ini di tempat-tempat resmi sehingga terjaga kualitasnya.

Menjaga Pemakaian Transmisi yang Benar

Hal ini untuk menjaga agar mesin mobil Anda tetap optimal bekerja. Bagi Anda yang baru belajar menyetir, pastinya perlu sering meningatkan kemampuan agar semakin handal dan paham menggunakan transmisi mobil dengan benar. Baik transmisi otomatis maupun manual memiliki penanganan berbeda.

Untuk itu, disarankan bagi Anda yang baru belajar menyetir mobil untuk melakukan atau mengambil kursus menyetir mobil, sehingga dapat mengetahui dengan detail menggenai transmisi mesin yang baik dan benar saat-saat kondisi tertentu.

Merawat Mobil dengan Service Berkala

Merawat mobil secara berkala merupakan bagian penting yang tidak boleh terlupakan oleh sang pemilik mobil. sama halnya denga manusia, mobil pun perlu satu hari untuk merefresh bagian-bagian tertentu.

Melakukan service secara berkala, membuat mobil selalu terlihat prima dan tidak mudah rusak. Service ini termasuk juga dengan membersihkan interior, penggecekan kondisi baterai atau aki mobil, cairan radiator, pemeriksaan pelumas rem, dan keluhan-keluhan yang terjadi. Dengan melakukan service secara berkala Anda dapat meminimilasir keadaan yang tidak diinginkan atau kerusakaan yang lebih fatal.

Cek Selalu Keluhan yang Ada

Jika sudah memiliki kendaraan terkadang pemiliknya tidak memperhatikan hal-hal kecil seperti mengapa tiba-tiba mogok, atau sering tidak bisa distarter? Hal-hal seperti ini biasanya disepelekan oleh pemilik kendaraan dengan membetulkannya secara individual.

Padahal jika keadaannya sering seperti ini akan menambah beban mobil sehingga kemungkinan kerusakaannya semakin parah. Ada baiknya, jika memang ada sedikit keluhan, langsung ke bengkel ataupun memanggil montir mobil yang memiliki kualitas baik tentunya.

Dengan melakukan hal tersebut, Anda dapat meminimilasir keadaan terburuk yang sewaktu-waktu bisa terjadi. Jadi, jangan tunggu hingga mobil tidak bisa berjalan total ya. Selamat mencoba tips dari kami.

love
Senang
0%
haha
Terinspirasi
0%
wow
Netral
0%
sad
Sedih
0%
angry
Marah
0%