Tips dan Trik Menggunakan AC Inverter Yang Benar Dan Hemat Energi

0
3213
Halojasa Tips dan trik menggunakan ac inverter

Tips dan trik menggunakan ac inverter – Pernahkah mendengar istilah AC inverter saat menyimak iklan di televisi? Yah teknologi inverter belakangan ini memang menjadi teknologi yang baru dibanding AC biasa. AC inverter sendiri merupakan sebuah teknologi masa kini yang diklaim paling mutakhir. AC jenis ini dipakai untuk mengontrok cepatnya motor kompresor supaya aliran dalam refrigerant variable dapat mengatur suhu dalam ruanganya. Bukan hanya dilengkapi teknologi inverter, AC juga dilengkapi oleh variable-frequency yang bisa menyesuaikan control kecepatan montor sehingga dapat menghemat pemakaian listrik.

Apa saja kelebihan AC inverter? Yah kelebihan AC ini tentu hemat daya listrik serta hemat tagihan listrik. Teknologi inverter yang dibenamkan dalam perangkat membantu pemakaian daya hanya 30 persen lebih kecil ketimbang AC biasa. Sistem teknologi yang berbeda dari AC biasa membuat AC inverter lebih unggul. Tak butuh waktu lama untuk membuat ruangan menjadi dingin serta suhu mudah bertahan setelah dikontrol. Kemampuan AC yang dapat menyesuaikan temperature juga tak lepas dari penggunaan Freon, dimana AC inverter jauh lebih ramah untuk ozon serta bebas suara bising. Berbeda dengan AC biasa yang mudah bising dan kadang kala Freon sering bocor sehingga membutuhkan penanganan service ac.

Mungkinkan AC inverter memiliki kekurangan? Meskipun AC inverter memiliki keunggulan lebh dibanding AC biasa, akan tetapi kekurangan dari AC jenis ini harganya yang cukup mahal. Akan tetapi harganya yang mahal sesuai dengan kemampuannya dalam mengemat listrik. Saat suhu ruangan telah mencapai targer, kompresor akan tetap beroperasi. Berbeda dengan AC biasa dimana kompresor nya akan berhenti ketika suhu ruangan sudah mencapai target yang diinginkan. AC inverter menggunakan pipa khusus agar oli dan Freon yang mengalir tidak kembali ke kompresor. Dan penggunaan AC inverter tidak dianjurkan untuk ruang terbuka sebab dapat merusak komponen main boar DC.

Tips Mengunakan AC Inverter Yang Benar Dan Hemat

Meskipun AC inverter memiliki kemampuan dalam hal menghemat daya listrik, tetapi masih banyak masyarakat yang salah dalam menggunakan AC. Sehingga tak sedikit dari mereka yang mengganggap bahwa semua jenis AC itu sama saja, tidak bisa membuat listrik lebih hemat. Membuat AC inverter tidak boros dan tahan lama ada trik nya. Berikut tips dan trik yang bisa coba lakukan.

  1. PK AC mencukupi kebutuhan ruangan

Sudahkah anda mengetahui kebutuhan PK AC dengan besarnya ruangan? Sebenarnya hal ini adalah permasalahan klasik ketika menggunakan AC. Jadi usahakan anda bisa menghitung kebutuhan AC dalam ruangan. Misalnya jika ruangan anda memiliki luas 4×5 meter maka harus pakai 1.5 PK, jika ruangannya 4×6 maka 2 PK dan jika ruangnnya 4×4 ke bawah maka 1 PK. Mengapa harus demikian? Jika dirumah listrik memakai 450 watt, dan anda menggunakan popma air, kulkas, tv, dan lain-lain maka kebutuhan ruangan 4×5 m dengan AC inverter 1.5 PK sudah cukup untuk Btu AC.

  1. Jangan langsung nyalakan AC lagi jika baru dimatikan

Tips kedua supaya AC inverter tetap hemat listrik adalah apabila tanpa sengaja menekan tombol off atau mati, maka usahakan untuk tidak menghidupkan langsung AC. Biarkan oli kompresor dan Freon kembali ke kompresor dahulu atau istirahatkan AC kurang lebih 1 menit sebelum dinyalakan kembali. Cara ini akan membantu membuat kompresor lebih awet dan cara efektif memperpanjang usia kompresor AC inverter.

  1. Tidak mengatur suhu remote dengan Fan Speed secara maksimum

Ketika mengatur suhu AC ke 16 derajat usahakan untuk tidak menggunakan fan speed maksimum atau kecepatan maksimal. Hal inia dalah kesalahan terbesar ketika memakai AC inverter. Jadi biasakan untuk mengatur suhu 24 dan kecepatan 1 atau 2 saja. Btu AC harus disesuaikan dengan kebutuhan ruangan. Cara kerja AC inverter berbeda dengan AC konvensional dimana kompresornya tidak akan mati sehingga  hanya dayanya yang akan ditambah atau dikurangi. Kompresor inverter yang bekerja terus dan lebih stabil ibarat menggunakan mobil dengan bakan bakar lalu melalui jalan tol yang meski melaju terus maka bahan bakar tetap awet. Berbeda saat kendaraan berada di jalanan yang macet maka bahan bakar bisa cepat habis. Jadi, stel suhu ruangan dengan remot dengan kecepatan perlahan bukan fan speed maksimum.

  1. Lakukan service AC atau cuci minimla 3 bulan sekali

Perawatan AC inverter yang tak perlu terlewatkan adalah rutin melakukan service AC ke jasa service ac. Atau cuci AC minimal 3 bulan sekali terlebih saat melihat bagian filter, evaporator atau kipas AC sudah dipenuhi oleh debu. Semakin banyak debu yang menempel maka semakin banyak daya yang dibutuhkan untuk mendinginkan ruangangan. Dari yang biasanya memakai kecepatan 1, karena kipas AC sudah dipenuhi debu membuat kinerjanya makin merosot alhasil Anda cenderung menekan tombol percepatan 2. Sama dengan unit indoor, pada bagian outdoor seperti kompresor akan sering mati karena sistem di unit outdoor sudah dipenuhi oleh debu dan kotoran. Hal inilah yang mengakibatkan pemborosan listrik. AC yang sering terpapar asap rokok juga harus dicuci minimal 2 bulan sekali. Jika rumah Anda berada di dekat pantai, cucilah AC dengan air isi ulang bukan air PAM supaya tidak mengakibatkan komponen berkarat.

  1. Jangan terlalu sering membuka atau menutup pintu ruangan ketika memasang AC

Hal yang dianggap sepele namun bermanfaat adalah usahakan untuk tidak membuka pintu ketika AC dinyalakan. Pastikan tutup kembali pintu ruangan agar udara dingin tidak langsung keluar ruangan. Jika udara dingin banyak yang keluara ruangan, maka AC akan bekerja ulang menurunkan suhu.

Sekian tips dan trik yang bisa disampaikan tentang cara menggunakan AC inverter yang benar serta hemat energi. AC adalah komponen elektronik yang butuh perawatan, sama dengan komponen elektrik lainnya. Ada kalanya Anda membutuhkan jasa service ac untuk memperbaiki komponen AC jika nanti ada masalah.

Baca juga: Tips Penting Merawat AC dari Tukang Service AC

love
Senang
50%
haha
Terinspirasi
31%
wow
Netral
12%
sad
Sedih
0%
angry
Marah
6%