AC Tiba-tiba Mati Sendiri? Kenali Gejala dan Cara Mengatasinya!

0
74
ac tiba tiba mati

Bete nggak sih kalau AC tiba-tiba mati sendiri di tengah cuaca yang begitu panas?  Niat hati ingin tetap fokus sambil produktif tanpa takut kegerahan, tetapi pendingin ruangan mengalami malfungsi yang bikin pekerjaan nambah dua kali lipat. Alhasil kita perlu mengecek kondisi sebenarnya, belum lagi jika ternyata ada kerusakan parah yang harus ditangani oleh ahlinya.

Sebenarnya kita bisa melakukan pencegahan dini dengan rutin service AC dan melakukan cuci AC secara berkala. Jika hanya sekedar perawatan Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya sampe ratusan ribu. Sudah pasti terjangkau dan dijamin memberikan suasana sejuk yang lebih optimal lagi. Sebelum itu, pahami terlebih dulu penyebab AC suka mati secara tiba-tiba melalui artikel dibawah ini!

Alasan AC Tiba-tiba Mati 

 ac tiba tiba mati

Kenapa AC tiba-tiba mati? Jika terjadi kerusakan pendingin ruangan bisa nyala mati sendiri atau bisa juga ruangan tidak terasa dingin padahal suhu AC sudah diatur pada temperatur maksimal. Agar tak salah mengambil langkah perbaikan, Anda bisa mengetahui beberapa faktor penyebabnya berikut ini.

Kurangnya Jumlah Freon 

Freon adalah senyawa kimia yang digunakan oleh AC untuk menghasilkan udara dingin. Jika level freon rendah, AC tidak bisa beroperasi dengan baik dan menyebabkan mesin mati tiba-tiba. Termasuk juga kebocoran unit. Freon yang bocor menyebabkan mesin mudah aus, ubu karena unit akan bekerja lebih keras sehingga membuat kerusakan pada beberapa komponen. 

Filter Udara yang Kotor 

Sirkulasi yang buruk membuat udara dalam ruangan mengandung banyak penyakit, hal ini disebabkan oleh air filter yang kotor. Tidak hanya mengurangi kinerja mesin tetapi juga bisa menyebabkan kerusakan pada unit indoor. Membersihkan atau mengganti filter udara dengan teratur dapat membuat udara jauh lebih bersih dan sehat, serta membuat daya tahan AC lebih lama. 

Terjadinya Overheating 

Salah satu alasan kenapa AC tiba-tiba mati adalah overheating. Ketika AC bekerja terlalu keras, terutama di kondisi cuaca yang sangat panas, komponen AC seperti kompresor bisa menjadi sangat panas, Ini  karena dipaksa untuk mengubah udara panas menjadi dingin sehingga tak heran jika sistem mati sendiri, Itu  karena sistem mendapat sinyal untuk segera berhenti agar tidak mengalami kerusakan lebih lanjut. 

Masalah pada Thermostat 

Thermostat sendiri berfungsi untuk mengontrol suhu dan mengatur kapan AC nyala. Jika ada masalah dengan sensornya, penyejuk ruangan Anda bisa mendadak tidak berfungsi seperti biasanya. Anda bisa memindahkan thermostat ke tempat yang lebih aman dan tidak mudah terpapar dengan aktivitas luar ruangan seperti hujan atau debu. 

Tips Atasi AC Suka Mati Sendiri 

kenapa ac tiba-tiba mati

Jika AC sudah dinyalakan namun kembali mati ada beberapa langkah yang bisa dilakukan sembari memesan jasa tukang AC untuk mengatasi kerusakan. Pada penjelasan kali ini kita berselancar untuk mengatasi AC yang kerap kali mati saat dipakai. Pastikan Anda memahami bagian AC secara menyeluruh agar tidak terjadi kekeliruan saat pengecekan atau lebih mudahnya silahkan hubungi teknisi AC profesional. 

Periksa Freon Berkala

Karena freon sendiri memiliki fungsi sebagai zat yang mendinginkan ruangan, AC tidak boleh mencapai titik freon yang rendah sebab bisa membuat mesin mati mendadak. Dengan begitu Anda bisa mengantisipasi jika terjadi tanda-tanda kebocoran AC  melalui beberapa hal yakni dengan munculnya bunga es pada pipa dan terdengar suara desisan yang nyaring pada mesin. 

Service AC Secara Berkala 

Perawatan rutin sangat penting untuk menjaga kinerja AC dan mencegah masalah terutama kerusakan. Jadwalkan untuk service AC secara rutin dengan teknisi berpengalaman untuk membersihkan unit, memeriksa komponen, dan memastikan bagian AC berfungsi dengan baik. Pengecekan berkala membantu mendeteksi kerusakan ringan atau pencegahan sebelum timbulnya kerusakan besar. 

Rutin Membersihkan Kondensor

Kondensor yang kotor menyebabkan siklus AC lebih pendek, selain itu suhu yang dihasilkan cenderung rendah dan tidak maksimal. Hal ini membuat pembuangan hawa panas berkurang dan tekanan pada kondensasi kian meningkat. Untuk mencegahnya Anda dapat membersihkan evaporator, penyaring udara, dan yang terpenting yakni bagian kondensornya.

Cek Timer AC

Jika Anda sering mendapati pendingin ruangan yang sering mati, cobalah untuk mematikan timer AC. Biasanya terjadi karena sedari awal pengaturan pada remote dan sistem saling terhubung agar AC mati dengan sendirinya. Apabila membuatnya jadi kurang nyaman, pastikan timer sudah mati agar bisa menikmati kesejukan sesuai dengan waktu yang diinginkan. 

Solusi Service AC Cepat dengan Halo Fix

Kebutuhan masyarakat yang semakin tinggi terkait  keberadaan AC dalam setiap aktivitas di dalam ruangan, menjadikan peranan AC cukup krusial. Karena itu, tak heran bila, sebagian dari mereka tak segan untuk membeli unit AC dengan fitur dan teknologi terkini  yang dibandrol dengan harga cukup fantastis. 

Pendingin ruangan memiliki dampak bagi lingkungan dan kesehatan. Anda dapat menikmati kualitas udara yang baik meskipun menggunakan AC. Mengapa demikian? Karena pendingin ruangan memiliki fungsi untuk menyerap kotoran, bau maupun debu dalam udara Daya hisap yang kuat inilah membuat hawa jauh lebih segar dan sejuk. 

Namun, untuk mendapatkannya sepanjang hari bahkan sampai bertahun-tahun kita harus memperhatikan kondisi AC itu sendiri. Mengingat  sifat barang elektronik yang  mudah rusak apalagi jika sudah dipakai lama. Kini saatnya Anda menjadi pengguna bijak dengan rutin melakukan pengecekan dan service AC. Halojasa, hadir sebagai layanan jasa tukang AC panggilan yang bisa datang kapanpun dan kemanapun. 

Mulai rumah, perkantoran, kos, bahkan sampai area industrial dengan jenis AC yang tentunya berbeda dari ukuran sampai komponennya juga perlu dipastikan kebersihannya. Membersihkan AC membutuhkan serangkaian tindakan, seperti   pembongkaran, pemasangan, dan juga instalasi lainnya yang terbilang rumit. Untuk itu, Halo Fix hadir dengan menawarkan layanan terlengkap.  

Tak hanya itu,  vendor Halo Fix juga sudah memiliki pengalaman dan sertifikat terkait bidangnya. Peralatan yang dimiliki sudah lengkap, terstandarisasi dan menggunakan teknologi terkini, sehingga dapat melakukan berbagai prosedur perawatan dan perbaikan untuk berbagai tipe/ jenis AC. 

Selain itu, Halojasa juga menyediakan layanan survey dan konsultasi online. Dengan begitu, Anda jadi bisa lebih leluasa untuk mengkonsultasikan beragam keluhan terkait unit AC yang digunakan. Menariknya lagi layanan tukang AC panggilan dari Halojasa ini selain  praktis juga hemat bujet dan waktu. Keseluruhan biaya penangan sudah dikonfirmasi sejak awal dan prosesnya pun terbilang cepat dan efisien karena berbasis aplikasi. 

Penutup

Dapat disimpulkan, alasan kenapa ac tiba-tiba mati awal mulanya memiliki gejala seperti jumlah level freon yang rendah, air filter kotor, thermostat yang bermasalah, dan beban kerja yang terlalu berat pada mesin. Dikarenakan salah satu komponennya mengalami kerusakan membuat AC tidak bisa bekerja semestinya. 

Dari sini peranan diri kita dan teknisi AC sangat diperlukan. Sebagai pengguna, kita bisa mencegahnya dengan memastikan jumlah freon bisa terisi penuh, membersihkan air filter dan kondensor, sampai dengan melakukan service oleh tukang AC yang berpengalaman pada bidang terkait. 

Bersama vendor Halojasa Anda bisa melakukan pemasangan, bongkar, isi freon, service, dan juga cuci AC hanya melalui panggilan. Memiliki aktivitas yang super padat tidak menjadikan halangan untuk memesan layanan cuci AC yang bisa disesuaikan dengan jadwal kesibukan Anda. 

Bahkan melalui aplikasi yang kini bisa di unduh lewat Appstore dan Playstore sudah dilengkapi konsultasi dan layanan survei. Tenti ini akan sangat membantu Anda menemukan permasalahan sekaligus solusi yang tepat untuk menangani AC yang suka mati atau hidup sendiri. 

Jangan khawatir, harga vendor Halo Fix disesuaikan dengan standar peralatan dan pelayanan yang memadai, dari peralatan, transportasi, hingga jasa sudah tercover tanpa ada tambahan tarif lainnya. Biaya yang Anda bayarkan sebanding dengan kualitas penanganan dan layanan yang Anda dapatkan

Yuk,  sadari sejak dini untuk menjaga masa pakai AC lebih lama hanya di Halojasa! Layanan seputar Halojasa lainnya bisa Anda akses melalui IG Official, IG Cuci AC, Tiktok, Twitter, dan Youtube!