Trik Menyiapkan Sajian Rumahan Lezat Dan Sehat Ala Chef Dan Ahli Gizi

0
1878
Halojasa Trik Menyiapkan Sajian Rumahan Lezat Dan Sehat

Trik Menyiapkan Sajian Rumahan Lezat Dan Sehat – Pola makan masyarakat modern saat ini menjadi sejumlah polemik kesehatan. Lantas bagaimana para ahli menilai dengan banyaknya berbagai makanan cepat saji yang meskipun rasanya enak namun belum tentu terjamin kehigienisannya? Pola makan dan kondisi makanan di era sekarang bisa saja menimbulkan sejumlah masalah pada kesehatan seperti kolesterol, darah tinggi, penyakit jantung hingga obesitas. Ketergantungan masyarakat modern akan makanan bisa mengurangi kualitas hidup karena cenderung menyantap hidangan yang tidak sehat dan hanya memuaskan selera makan saja.

Seperti yang diungkap oleh penulis buku Taste Matters, John Prescott, selama ini masyarakat modern lebih banyak memiliki selera makan yang cepat saji dan praktis. Mereka memilih makan hanya untuk kepuasan hidup ketimbang memenuhi kebutuhan dasar untuk bertahan hidup. Padahal selama kita tahu jika makanan yang ada di dunia ini tak semuanya bisa memberikan dampak yang baik bagi kesehatan tubuh. Bukan soal rasanya yang manis, asam, pahit, gurih ataupun enak melainkan sesuai selera.

Jadi permasalahannya, apakah yang kita inginkan dengan makan? Apakah memilih makan untuk menjaga kualitas hidup ataukah hanya ingin mendapatkan kepuasan semata? Memilih makanan sehat tidak harus yang hambar akan tetapi mengandung nutrisi. Seperti tips menyiapkan sajian rumahan yang lezat dan sehat ala chef dan ahli gizi berikut ini akan membantu Anda memuaskan lidah dan sehat tanpa harus mengurangi citarasa masakan.

  • Tambahkan tekstur

Ingin membuat menu makanan yang sehat, sayuran bisa diandalkan. Agar sayuran yang Anda olah menjadi lebih nikmat, memikan dan segar adalah dengan mengkombinasikan rasa dan tekstur sayuran. Misalnya dengan menumis sayiran hijau dengan bumbu vinaigrette atau bumbu yang terbuat dari campuran minyak salad dengan cuka, garam, merica dan gula. Anda bisa tambahkan irisan avokad atau kacang almon agar nutrisi dan gizinya makin bertambah.

  • Kurangi bahan

Sebelum memilih resep masakan, pastikan anda melihat terlebih dahulu komposisi dari bahan yang dibuat. Anda tak perlu mengikuti keseluruhan resep masakan yang ditulis dalam buku resep. Pilihlah bahan yang menurut Anda kurang sehat seperti mentega, gula, minyak atau penyedap rasa. Coba masak dan cicipi apakah masakah yang anda buat sesuai dengan selera. Jika belum mendapatkan taste yang pas, bisa berkreasi dengan sejumlah bahan yang lebih sehat dan lebih sedikit dari jumlah bahan yang ada dalam resep.

  • Simpan rasanya

Mulailah cicipi setiap hidangan yang Anda buat guna mengetahui apakah rasanya sudah pas atau tidak. Selanjutnya mulai simpan rasanya dengan cara memperhatikan setiap rempah dalam masakan. Lihatlah apakah ada daun rempah yang mulai layu, lalu cincang dan letakkan daun rempah tersebut ke dalam wadah yang aman. Bisa tambahkan sedikit minyak zaitun agar aroma dari daun rempah tetap tercium sedap. Jika ingin menggunakannya, Anda bisa ambil daun rempak yang telah disimpan dalam toples untuk diolah.

  • Gunakan dressing yang tidak biasa

Menurut ahli chef Jenn Louis asal Amerika Serikat, kita bisa mengganti dressing salad yang umumnya menggunakan banyak campuran bahan berupa lemak tak sehat dengan bahan lain yang lebih sehat. Seperti menambahkan avokad yang sudah dihaluskan dan tambahkan daun rempah. Untuk memberikan aroma yang segar, bisa gunakan daun mit segar atau cabai. Menurut sang chef, dressing yang tak biasa ini selain rasanya lebih lezat juga lebih sehat. Salah satu contoh resep dressing sehat adalah saus teriyaki yang terbuat dari sari jeruk limau, saus tamari, minyak wijen, gula semut, bawang bombai, jahe, merica dan bawang putih. Seperti kita ketahui bahan-bahan teriyaki ini sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

  • Krim non-hewani

Ketika menyajikan hidangan yang terbuat dari kentang, biasanya akan lebih sempurna apabila ditambah bahan lain seperti mentega, keju atau krim kental. Agar kentang yang disajikan lebih sehat namun tidak merubah citarasanya, Anda bisa mengganti bahan pelengkap dengan susu almound tanpa pemanis serta tambahkan bawang putting yang telah dipanggang. Selain enak, teksturnya pun tampak lebih creamy.

  • Ganti dengan jenis sirup

Cara lain menyajikan hidangan lebih menggoda lidah adalah dengan menambahkan sirup balsamic. Bukan hanya sekedar rasanya yang mirip cuka akan tetapi teksturnya yang lebih kental dan manis. Anda bisa berika masakan dengan membubuhkan sirup ini diatas salad, aneka masakan yang dipanggang atau ikan salmon yang diolah. Cara ini selain lebih sehat juga bisa memperkaya rasa dari masakan. Jika ingin menggunakan sayuran, bisa rendah terlebih dahulu agar mendapat rasa manis dan gurih. Demikian yang disebut chef Roby Webb penulis buku dan ahli nutrisi.

  • Kurangi karbohidrat

Makanan kaya karbohidrat seperti roti, nasi, ubi, salad, dan lain sebagainya merupakan menu yang banyak dihindari oleh mereka yang tengan menjalankan program diet. Karbohidrat yang berlebih bisa membuat tubuh jadi mudah gemuk. Akan tetapi menurut Olga Berman seorang penulis buku menjelaskan jika boleh Anda mengkonsumsi aneka karbohidrat asal menambahkan sayuran. Sayuran bisa mengurangi kandungan karbohidrat. Selain sayuran, Anda bisa juga mencoba aneka nutrisi dalam pasta.

Demikian langkah menyajikan sajian lezat namun sehat yang dapat dilakukan di rumah. Tips ini merupakan himpunan dari resep yang diberikan oleh para ahli masak dan nutrisi. Selain itu, Sarma Melngailis yang seorang CEO One Lucky Duck, New York City sangat menyarankan untuk mereka yang ingin memasak adalah dengan menambahkan makanan asin ke atas manis gunanya agar membantu lidah cepat puas dan tidak banyak makan. Ada juga chef Curtis Stone yang menyarankan memilih wajan terbaik, anti lengket dan berkualitas. Anda yang tertarik mengetahui bagaimana cara memilih menu istimewa, maka gunakan ahli personal chef kuliner.

Facebook Comments
love
Senang
100%
haha
Terinspirasi
0%
wow
Netral
0%
sad
Sedih
0%
angry
Marah
0%