Tips Merawat Microwave Agar Awet Dan Tahan Lama

0
2931
Halojasa tips merawat microwave agar awet

Rahasia agar Anda terhindar dari pemborosan saat memilih perabotan dapur salah satunya dengan melakukan tips merawat microwave agar awet. Microwave masuk ke dalam perangkat elektronik yang tentu memiliki fungsi dalam hal mempermudah urusan pekerjaan ibu ketika berada di dapur. Karena merupakan perangkat elektrik, maka microwave tentu membutuhkan perawatan agar tetap awet dan tahan lama.

Fungsi utama microwave adalah sebagai penghangat makanan. Microwave dapat juga diartikan sebagai oven yang kegunaannya bisa untuk mengurangi kolesterol atau minyak, dan mencairkan makanan beku yang baru keluar dari kulkas. Perangkat ini bisa dibilang sangat nyaman sebab memudahkan Anda menyiapkan berbagai sajian untuk disantap.

Namanya juga perangkat elektronik, microwave rentan alami kerusakan jika tidak dirawat dan bisa rusak apabila jarang disservice. Tentu jika microwave Anda rusak, dibutuhkan jasa service microwave yang akan memperbaiki kerusakan komponen perangkat. Sementara itu, bila jarang merawat microwave visa membuat Anda harus mengganti komponen yang rusak, tentu saja hal itu bisa berakibat pada pemborosan lebih. Berikut ini sejumlah langkah yang dapat membantu merawat microwave Anda agar tahan lama dan awet.

Cara Merawat Microwave Agar Awet dan Tahan Lama:

  1. Rajin bersihkan microwave setelah digunakan

Perangkat microwave memang terbilang unik selain sebagai alat untuk penghangat makanan juga tidak butuh banyak cara untuk membersihkannya. Namun jangan sampai Anda lalai dalam merawat perangkat ini karena bisa membuatnya cepat rusak. Pertama yang harus diperhatikan adalah rajin membersihkan peralatan masak setelah digunakan. Gunanya agar tidak ada sisa makanan yang tertingga. Jika terlalu banyak sisa makanan yang tertinggal didalam microwave bisa menyebabkan timbulnya kerak atau membuat panas microwave lebih tinggi.

  1. Jika sisa makanan sulit dihilangkan?

Apabila masih ada sisa makanan yang terlinggal didalam microwave dan sulit untuk dihilangkan coba gunakan uap air. Uang air akan membantu mempermudah mengangkat sisa kotoran yang masih menempel. Gunakan uap air caranya siapkan semangkung air panas lalu beri perasan lemon. Uap dari air panas akan membantu melunakkan sisa makanan yang menempel lama di bagian dalam microwave. Selain lemon, campuran air juga bisa dilakukan dengan menambahkan cuka. Masukkan cuka kedalam wadah berisi air dingin lalu masukkan ke dalam microwave. Panaskan microwave berisi wadah tadi hingga airnya mendidi selama kurang lebih 10 menit. Diamkan terlebih dahulu selama 3 menit lalu keluarkan wadah dari dalam microwave. Celupkan spon halus ke dalam larutan air dan cuka tadi dan usap ke bagian microwave yang masih terdapat noda kotoran. Terakhir bersihkan dengan kain kering.

  1. Bersihkan sisa noda dengan serbet basah

Anda juga bisa mengangkat sisa kotoran atau noda didalam microwave dengan menggunakan serbet. Cara ini akan membantu mengangkat noda membandel atau yang sulit diangkat didalam microwave. Pertama siapakan kain atau serbet lembut lalu basahi dengan air. Lap noda didalam microwave dengan kain basah dan bersihkan ulang dengan kain lembut yang kering dan bersih.

  1. Tutuplah pintu microwave

Saat menggunakan microwave untuk menghangatkan makanan, ada baiknya menutup pintunya secara sempurna. Hal ini akan membantu mencegah keluarnya suhu panas karena ada fentilasi udara yang terbuka. Menutup pintu microwave secara sempurna akan mencegah penggunaan konsumsi listrik sebab suhu panas keluar sementara microwave bekerja untuk menghangatkan suhu didalamnya. Jika daya listrik sangat besar bisa membuat boros listrik.

  1. Nyalakan microwave saat dibutuhkan

Jangan gunakan microwave lalu menyalakannya ketika tidak sedang meletakkan makanan didalamnya. Menyalakan microwave tanpa ada makanan bisa mengakibatkan energy yang dikeluarkan besar dan fungsi microwave pun tidak maksimal. Efek buruknya bisa menyebabkan kerusakan pada perangkat microwave karena perangkat berusaha menghasilkan suhu panas.

  1. Matikan microwave jika tidak digunakan

Pastikan Anda selalu mematikan microwave ketika tidak dipakai kembali. Seperti yang sudah dibahas pada poin sebelumnya, menyalakan microwave tanpa menaruh makanan didalamnya hanya akan membuat energy yang dihasilkan sia-sia. Tentu hal ini akan membuat tagihan listrik semakin besar dan terjadi pemborosan. Jadi setelah atau saat tidak digunakan lebih baik tekan tombol off pada microwave.

Trik Gunakan Microwave Agar Awet:

  1. Gunakan wadah terbuat dari bahan khusus

Cara agar microwave Anda tetap awet adalah bisa dilihat dari cara menggunakannya. Pertama adalah usahakan tidak menggunakan wadah dari besi atau aluminium ketika hendak menghangatkan atau memasak makanan. Wadah yang terbuat dari besi atau aluminium akan menghasilkan gelombang micro yang berasal dari magnetron. Gelombang ini nanti akan dipantulkan sehingga bisa menimbulkan perckan api saat microwave dipanaskan. Jika sudah muncul percikan api maka bisa dipastikan perangkat akan terbakar. Untuk mencegah terjadinya hal tersebut, gunakan wadah yang terbuat dari plastic, kayu, kaca atau sejenisnya. Selain aman, juga bisa membuat microwave awet.

  1. Hindari memasak makanan yang terbungkus aluminium foil

Sama seperti tidak meletakkan wadah yang terbuat dari besi atau aluminum, untuk mencegah terjadinya gelombang micro didalam proses memasak menggunakan microwave, lebih baik jangan membungkus makanan dengan bahan yang terbuat dari aluminium foil. Meski makanan yang dibungkus aluminium foil bisa membuatnya cepat matang, tetapi jangan gunakan saat memakai microwave supaya terhindar dari kebakaran.

  1. Sudah saatnya microwave di service secara berkala

Terakhir cara agar microwave selalu awet dan tahan lama adalah melakuakn service secara berkala terlebih jika masa pakai atau usia perangkat sudah lebih dari 5 bahkan 10 tahun. Jangan menunggu perangkat rusak baru anda service tetapi rawatlah perangkat tersebut dengan menggunakan jasa special perbaikan microwave atau jasa service microwave.

Sekian yang bisa disampaikan seputar trik membuat microwave anda tetap awet dan tahan lama meski berkali-kali digunakan. Semoga bermanfaat!

Baca juga: Tips dan Trik Membuat Dispenser Awet Lebih Lama

Facebook Comments
love
Senang
0%
haha
Terinspirasi
100%
wow
Netral
0%
sad
Sedih
0%
angry
Marah
0%