Penyebab Utama Pompa Tidak Mau Mengeluarkan Air

0
69578
Penyebab Utama Pompa Tidak Mau Mengeluarkan Air

Pompa air memang bisa dibilang adalah salah satu mesin yang paling dibutuhkan oleh setiap orang. Karena setiap orang pastinya akan selalu membutuhkan air untuk bisa menjalani aktifitas sehari-harinya. Sedangkan sumber air tentunya tidak bisa diambil dengan mudah begitu saja. Dibutuhkan alat bantuan untuk membuat kegiatan mengambil air menjadi sebuah kegiatan yang lebih mudah dan juga lebih praktis. Hal tersebutlah yang kemudian membuat keberadaan dari pompa air sebagai mesin untuk membantu pengambilan air menjadi sangat dibutuhkan. Namun tak ubahnya seperti mesin-mesin lainnya maka Pompa Air juga seringkali mengalami berbagai kendala dalam cara kerjanya. Atau sesuatu yang kemudian membuat pompa air seringkali disebut mengalami kerusakan. Dan salah kerusakan yang paling sering dialami oleh sebuah mesin pompa air adalah tidak mau mengeluarkan air. Hal ini seringkali dibarengi dengan mesin yang menyala dan mengeluarkan angin namun air sama sekali enggan untuk keluar dari pompa air. Kondisi ini  tentunya membuat banyak orang yang menjadi kebingungan karenanya. Karena mesin yang menyala menandakan bahwa mesin masih berfungsi namun ternyata air yang tidak kunjung keluar pastinya menjadi tanda Tanya. Dimana ternyata ada penyebab utama pompa tidak mau mengeluarkan air. Sesuatu yang pastinya harus diketahui sebelum kemudian memutuskan untuk memperbaiki pompa air tersebut. Agar nantinya bisa lebih tepat dalam mengambil keputusan memperbaiki mesin pompa airnya seperti berikut ini:

  1. Jumlah Air Yang Menipis

Penyebab Utama Pompa Tidak Mau Mengeluarkan Air

Hal pertama yang membuat pompa air tidak mau mengeluarkan air adalah jumlah air yang menipis. Karena tentunya pompa air bisa mengeluarkan air secara terus menerus disebabkan karena memiliki sumber air yang disedot. Maka akan terjadi hal sebaliknya apabila sumber air mengalami kekeringan. Maka dipastikan mesin pompa air yang masih dalam kondisi seprima apapun tetap tidak akan mampu mengeluarkan air. Biasanya untuk kasus ini akan sering dialami ketika musim kemarau sedang terjadi. Karena memang pada musim inilah, debit air akan menurun sangat drastis. Sedangkan intensitas pemakaian air tetap seperti biasanya. Hal tersebut tentunya akan secara langsung membuat sumber air menjadi menipis. Apalagi apabila pemakai atau yang menyedot sumber air tersebut bukan hanya satu mesin pompa air saja. Atau masih ada mesin pompa air yang juga menyedot mesin pompa air. Dimana untuk mengatasi hal ini sendiri hanya ada satu solusinya. Yakni dengan mengganti atau memperbaiki sumber air dari mesin pompa air. Untuk memperbaikinya sendiri bisa dengan cara menggali lebih dalam lagi sumber air yang dimaksud. Hal ini dilakukan agar debit air yang keluar dari sumber air tersebut lebih besar dan lebih banyak lagi.

  1. Mata Jet Yang Tersumbat

Penyebab Utama Pompa Tidak Mau Mengeluarkan Air

Hal berikutnya yang kemudian membuat mesin pompa air menyala namun tidak mengeluarkan air adalah mata jet yang tersumbat. Dimana mata jet ini bisa dibilang sangat krusial untuk mesin pompa air. Karena mata jetlah yang mampu mengangkat air yang berada di tanah untuk bisa naik ke pipa hingga kemudian dihantarkan ke tempat yang dituju. Dimana apabila mata jet mengalami gangguan maka dipastikan bahwa pompa air juga akan mengalami gangguan. Sedangkan untuk masalah mesin pompa air yang menyala namun tidak kunjung mengeluarkan air biasanya disebabkan karena mata jet yang tersumbat. Hal tersebut tidak bisa dilepaskan dari fungsi mata jet sebagai pengambil air dari dalam tanah. Dimana seperti yang diketahui bahwa air dalam tanah seringkali bercampur dengan pasir maupun kotoran. Dan biasanya pasir maupun kotoran tersebut ikut terangkat. Hal tersebutlah yang kemudian membuat mata jet seringkali tersumbat. Sedangkan cara untuk mengatasinya sendiri ada beragam cara. Mulai dari menggoyangkan paralon hingga membersihkan mata jetnya secara langsung. Dimana treatment perbaikan tentunya sangat tergantung dari kerusakan atau penyumbatan mata jet tersebut.

  1. Tusen Klep Yang Bocor

Penyebab Utama Pompa Tidak Mau Mengeluarkan Air

Tusen Klep bisa dibilang juga adalah bagian yang penting dari sebuah mesin pompa air. Hal tersebut bukannya tanpa alasan. Karena Tusen Klep ini berguna untuk menjaga kestabilan air dari mesin pompa air. Yang apabila tusen klep ini mengalami kerusakan tentunya mesin pompa air juga pasti akan terganggu. Salah satu efek yang paling sering terjadi adalah mesin pompa air yang menyala namun tak kunjung mengeluarkan air. Dimana untuk problema yang satu ini biasanya disebabkan karena tusen klep yang bocor. Sesuatu yang kemudian membuat kotoran maupun pasir bisa dengan mudahnya untuk masuk. Hal tersebut pastinya akan membuat tusen klepp tidak berfungsi secara tidak maksimal. Selain itu penyebab lainnya juga bisa disebabkan karena pemasangan tusen klep yang terbalik. Hal ini tentu juga akan membuat kerja dari Tusen Klepp menjadi tidak seperti seharusnya.

  1. Gearbox Yang Rusak

Penyebab Utama Pompa Tidak Mau Mengeluarkan Air

Sedangkan hal terakhir yang bisa membuat mesin pompa air yang menyala namun tidak kunjung mengeluarkan air adalah gearbox yang rusak. Dimana letak dari Gearbox ini sendiri berada di kipas bagian dalam. Yakni berfungsi sebagai penggerak sekaligus sumber tenaga agar mesin pompa air dapat menyedot air. Sehingga apabila Gearbox mengalami kerusakan maka pastinya mesin pompa air juga tidak mampu bekerja secara maksimal. Salah satunya adalah tidak mampu mengeluarkan air.

Tentunya kerusakan terhadap mesin pompa air juga bisa disebabkan karena banyak faktor lainnya. Hal tersebutlah yang kemudian membuat apabila ada kerusakan pompa air ada baiknya untuk menyerahkan pada yang lebih professional. Maka dengan kemajuan teknologi seperti sekarang maka hal tersebut bukan tanpa solusi, menemukan jasa service pompa air yang professional adalah pilihan tepat untuk masalah diatas.

Facebook Comments
love
Senang
32%
haha
Terinspirasi
23%
wow
Netral
20%
sad
Sedih
14%
angry
Marah
9%