3 Penyebab Utama Lampu Di Rumah Mudah Rusak

0
2504
Penyebab Utama Lampu Di Rumah Mudah Rusak

Setiap orang tentunya memiliki ekspektasi mereka masing-masing ketika memutuskan untuk membeli lampu untuk penerangan rumah mereka. Dimana lampu berfungsi sebagai sumber cahaya buatan yang dihasilkan melalui arus listrik. Namun ada satu ekspektasi yang sepertinya dirasakan atau diharapkan oleh setiap orang. Yakni memiliki lampu rumah yang awet dan tidak mudah untuk rusak. Hal tersebutlah yang kemudian membuat banyak orang yang berbondong-bondong untuk membeli lampu dengan jaminan awet yang dimiliki. Dimana hal tersebut tentunya dilakukan dengan niat untuk menghemat pengeluaran agar tidak terkuras hanya untuk memperbaiki atau bahkan membeli lampu baru secara berulang kali. Karena tentu uang tersebut masih bisa digunakan untuk keperluan lainnya yang lebih mendesak. Namun hal ini juga seringkali menjadi dilemma ketika mengetahui bahwa lampu yang ada di rumah seringkali mengalami kerusakan. Padahal meskipun lampu tersebut sudah berlabel awet maupun tahan lama. Namun pada kenyataannya, seringkali yang malah terjadi sebaliknya. Hal tersebut tentunya menimbulkan pertanyaan tentang apa alasan sebenarnya yang membuat lampu yang ada di rumah menjadi sering rusak? Dan faktanya yang cukup mengejutkan adalah bahwa hal tersebut terjadi disebabkan karena perawatannya yang kurang tepat maupun kecerobohan yang dilakukan sendiri. Sehingga dalam arti kata lain, kerusakan yang terjadi terhadap lampu seringkali tidak berhubungan dengan merk lampu yang miliki. Dimana ternyata ada 3 penyebab utama lampu di rumah mudah rusak.

  1. Pilihan Rumah Lampu Yang Tidak Tepat

Penyebab Utama Lampu Di Rumah Mudah Rusak

Hal pertama yang bisa menjadi penyebab utama lampu yang ada di rumah menjadi mudah rusak ternyata adalah pilihan lampu yang tidak tepat. Dimana hal ini mungkin bagi sebagian orang masih terdengar asing. Hal tersebut disebabkan karena masih banyak orang yang beranggapan bahwa setiap lampu yang dipasang sama saja. Namun pada kenyataannya, anggapan ini adalah sebuah anggapan yang salah kaprah. Karena yang perlu diketahui adalah bahwa setiap lampu memiliki keunikan dan kapasitasnya masing-masing. Sehingga tentunya tidak bisa dipukul sama rata untuk semua lampu cocok dipakai dimana saja. Karena setiap lampu tentunya memiliki ketegangan dan karakteristiknya masing-masing. Sehingga apabila dipaksakan hanya akan membuat lampu tersebut menjadi rusak. Hal tersebut disebabkan karena tegangan yang diterima tidak sesuai maupun tidak cocok dengan criteria dari lampu itu. Sesuatu yang tentunya akan membuat lampu menjadi panas. Hingga kemudian paling terburuknya adalah ketika lampu mengalami kerusakan. Yang bukan hanya kerusakan ringan namun juga bisa jadi adalah kerusakan berat. Sehingga untuk menghindari hal tersebut, cara terbaiknya adalah dengan cara memilih lampu yang cocok untuk setiap kriteria dari sudut rumah. Terutama ketegangan listrik yang dimiliki.

  1. Listrik Yang Tidak Stabil

Penyebab Utama Lampu Di Rumah Mudah Rusak

Penyebab kedua yang membuat lampu di rumah menjadi rusak adalah listrik yang tidak stabil. Dimana hal ini memang sepertinya sudah bukan menjadi rahasia umum lagi. Karena memang tidak bisa dipungkiri bahwa listrik yang tidak stabil pastinya akan membuat kinerja lampu yang sudah bagus akan menjadi menurun. Bahkan yang terburuk adalah ketika lampu tidak bisa menyala lagi atau rusak. Dimana listrik yang tidak stabil ini memang bukan hanya akan membuat barang seperti lampu akan menjadi rusak namun beberapa barang elektronik lainnya juga akan mengalami hal yang sama. Tentu dengan catatan bahwa barang elektronik menjadikan listrik sebagai daya utamanya. Karena tentunya listrik yang tidak stabil akan membuat kinerja dari lampu akan menjadi terganggu. Bahkan pada beberapa kasus akan menyebabkan korslet. Sesuatu yang sudah dapat dipastikan akan membuat lampu menjadi rusak dan tidak dapat digunakan lagi. Dimana listrik yang tidak stabil ini biasanya sering terjadi di tempat-tempat yang masih jauh dari pusat kota maupun mereka yang tinggal di daerah. Sesuatu yang pastinya akan sangat merugikan. Sesuatu yang sangat berbanding terbalik apabila dibandingkan dengan kota. Karena disana memang bisa dibilang, listrik lebih stabil. Dimana untuk kasus yang satu ini memang bisa terbilang sulit untuk bisa dihindari.  Karena memang bisa dibilang kasus yang satu ini ada di luar kuasa kita untuk bisa mengaturnya.

  1. Tidak Menggunakan Lampu Berlabel SNI

Penyebab Utama Lampu Di Rumah Mudah Rusak

Sedangkan hal terakhir yang menjadi penyebab lampu menjadi mudah rusak adalah karena lampu tidak berlabel SNI. Dimana untuk poin yang satu ini memang seringkali dilupakan bahkan diabaikan oleh banyak orang. Karena mereka beranggapan bahwa semua lampu saja. Sehingga beranggapan bahwa semua lampu apapun jenisnya memiliki kapasitas dan kualitas yang tidak jauh berbeda. Namun yang perlu diketahui bahwa sebuah barang memiliki label SNI tentu ada alasan dibaliknya. DImana SNI atau Standar Nasional Indonesia hanya akan melekat pada barang yang telah diuji kemampuan maupun kualitasnya. Sehingga ketika menggunakan barang yang sudah berlabel SNI maka sudah dijamin dengan kualitasnya. Tidak terkecuali dengan lampu. Sehingga bagi mereka yang seringkali mengalami lampu yang rusak maka ada baiknya untuk mulai memperhatikan label lampu yang dimiliki. Karena tentunya dengan memiliki lampu dengan berlabel SNI lebih terjamin kualitasnya. Sehingga kemungkinan lampu yang cepat rusak lebih bisa dihindari.

Tidak bisa dipungkiri, bahwa ketiga tips diatas memang seringkali dilewatkan oleh kaum awam. Maka dengan kemajuan teknologi seperti sekarang, hal tersebut bukan tanpa solusi. Bagi anda yang tidak ingin direpotkan dengan ketiga penyebab kerusakan diatas, dapat mengurangi resiko kerusakan lampu dengan langsung menggunakan jasa pemasangan lampu yang profesional, agar lampu dirumah anda dapat memberikan manfaat maksimal sebagai penerangan.

Facebook Comments
love
Senang
33%
haha
Terinspirasi
0%
wow
Netral
66%
sad
Sedih
0%
angry
Marah
0%