Jika Anda Mengalami 7 Budaya Perusahaan Ini, Segera Resign dan Cari Perusahaan Lain!

0
3670
Budaya Perusahaan Yang Harus Dihindari

Budaya Perusahaan Yang Harus Dihindari – Setiap orang tentu memiliki pekerjaan impiannya masing-masing. Hanya saja tidak setiap orang beruntung bisa memiliki pekerjaan yang diinginkan. Meskipun Anda tidak memiliki pekerjaan impian Anda, atau bahkan saat ini Anda sudah mendapatkan pekerjaan yang sudah lama Anda impikan hanya saja ada beberapa budaya perusahaan yang sedikit kurang nyaman.

Memilih tempat kerja terkadang mirip dengan memilih pendamping hidup. Butuh pertimbangan dan harus selektif. Bisa saja Anda menerima pekerjaan Anda yang sekarang karena memang Anda butuh kerja dan Anda menerima pekerjaan tanpa memikirkan busaya perusahaan. Gaji boleh saja tinggi dan perusahaan bonfide tetapi hal krusial yang tidak boleh Anda lupakan adalah budaya perusahaan. Budaya perusahaan pastinya bisa Anda ketahui ketika Anda sudah menjadi karyawan pada perusahaan tersebut. Anda tentu sering mendengar mengapa ada orang yang memiliki potensi tetapi tidak terlihat bersinar dikantor. Tentu saja hal ini menjadi pertanyaan dengan jawaban yang sangat banyak dari berbagai faktor. Ada satu hal yang selalu dilupakan yaitu budaya perusahaan. Budaya perusahaan yang buruk justru menghambat jutsru membuat karir dan prestasi Anda terhambat. Jika Anda mengalami 7 budaya perusahaan ini di kantor maka resign merupakan pilihan terbaik yang bisa Anda lakukan. Daripada harus bertahan pada lingkungan yang tidak nyaman.

Menggosip yang Jadi Budaya

Bergosip bukanlah hal baik yang harus dipelihara, meskipun Anda sering melihat berbagai acara gosip ditelevisi. Hanya saja dalam dunia kerja Anda akan bertemu dengan teman-teman baru yang memiliki karakter dan juga sifat yang berbeda. Hal ini terjadi karena setiap orang memiliki lingkungan kerja yang berbeda. Percaya atau tidak, disetiap kantor pasti ada seorang karyawan yang suka membicarakan keburukan orang lain. Dan parahnya lagi bergosip menjadi kebiasaan yang susah untuk dihilangkan dan lama-lama menjadi budaya. Jika Anda menemui teman-teman kantor yang suka bergosip, tidak hanya satu orang tetapi hampir semua karyawannya sudah pasti di kantor tempat Anda bekerja gosip menjadi budaya yang nyata. Dan hal ini pasti membuat lingkungan kerja tidak nyaman. Yang namanya gosip selalu cenderung membicarakan keburukan orang lain daripada kebaikan yang ada pada orang lain. Jika Anda tidak ikut bergosip maka bisa jadi Andalah yang menjadi bahan gosip. Budaya seperti ini tidak akan selesai dengan mudah. Jika Anda tidak pandai menjaga diri serta menahan diri maka Anda bisa menjadi bagian dari budaya perusahaan yaitu bergosip.

Potensi Tidak Berkembang

Sebagai karyawan, Anda merupakan asset untuk perusahaan tempat Anda bekerja. Sebagai asset Anda tentu harus mendapatkan hal-hal baik yang mana bisa menunjang potensi Anda untuk berkembang, seperti workshop dan berbagai macam pelatihan yang nantinya membuat potensi pada diri Anda menjadi lebih baik lagi. Hal ini tidak hanya berguna bagi Anda pribadi tetapi juga output yang Anda berikan akan memiliki dampak baik bagi perusahaan. Selain itu perusahan juga melakukan evaluasi secara rutin karena perusahaan ingin agar semua karyawan bisa mengembangkan potensi dan memperbaiki kesalahan yang telah dilakukan. Tetapi jika semua ini tidak pernah terjadi meskipun Anda sudah bekerja lama disini, sudah pasti di sini tidak ada potensi untuk berkembang. Bukan keputusan yang tepat untuk Anda tinggal di lingkungan seperti ini. Budaya perusahaan yang tidak seharusnya Anda pertahankan.

Keluar Masuk Karyawan Berjalan Sangat Cepat

Salah alasan terkuat orang bekerja lama diperusahan adalah kenyamanan. Faktor satu ini memang tidak bisa digantikan oleh apapun bahkan dengan gaji yang tinggi sekalipun. Ada banyak cerita karyawan memiliki gaji besar tetapi memilih untuk keluar dari perusahaan hanya karena merasa tidak nyaman. Jika memang ini yang terjadi tentu saja ada masalh intern yang berlarut-larut. Atau mungkin Anda sering melihat In-Out karyawan berjalan dengan sangat cepat padahal bekerja di perusahaan yang elit. Sebagus apapun perusahaan jika memiliki budaya yang buruk maka tidak akan ada karyawan yang betah bekerja disana. Jika memang Anda baru saja diterima di perusahaan yang memiliki in-out karyawan yang berjalan dengan sangat cepat maka Anda harus berhati-hati. Jangan sampai Anda menolak perusahaan yang jauh lebih baik hanya karena perusahaan yang memiliki budaya buruk.

Jangan tertipu penampilan kantor

Penampilan memang menjadi daya tarik tersendir, itu sebabnya banyak orang yang tertipu dengan penampilan bahkan kantor tempat mereka bekerja. Kantor dengan desain yang menarik dan konsep yang bagus pun tidak akan menjamin budaya perusahaan yang dimiliki juga sama kerennya.

Karyawan Tidak Mau Menerima Kritik

Dalam bekerja terkadang ada yang membuat kesalahan dan juga ada yang mengetahui dimana letak kesalahan yang terjadi. Jika hal ini terjadi maka perusahaan yang baik akan membuat evaluasi untuk memperbaiki kinerja perusahan. Disinilah Anda akan melihat bagaimana budaya perusahaan yang sudah dijalankan. Jika Anda melihat ada banyak tema kerja yang tidak mau menerima kritik dan malah cenderung menyalahkan orang lain maka Anda perlu berpikir ulang untuk tetap bertahan disini. Krtiki diperlukan untuk memperbaiki kesalahan masing-masing pihak agar sumber daya manusia dan perusahaan mengalami kemajuan bersama-sama.

Gaji Stagnan

Jika Anda sudah bertahun-tahun mengabdikan diri untuk perusahaan dan tidak ada perubahan pada gaji Anda dari pertama masuk lebih baik Anda mencari perusahaan lain. Masih banyak perusahaan di luar sana yang akan menggaji Anda sesuai dengan kompetensi yang Anda miliki.

Jam Kerja Tidak Teratur

Sebagai pekerja full time dan harus datang ke kantor sudah seharusnya Anda memiliki jam kerja teratur. Hal ini penting karena hidup Anda tidak hanya untuk bekerja saja tetapi ada keluarga dan juga sahabat yang memiliki Anda. Jika jam kerja kantor tidak teratur, mengharuskan Anda untuk sering lembur atau pun cenderung berubah saat masuk, sebaiknya Anda mencari perusahaan lain yang memiliki jam kerja teratur agar hidup Anda juga termanajemen dengan baik.

Facebook Comments
love
Senang
0%
haha
Terinspirasi
50%
wow
Netral
0%
sad
Sedih
0%
angry
Marah
50%